Dengan harga kebutuhan primer naik, tidak ada salahnya untuk membuka ide usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan. Maka dari itu, buka bisnis sampingan di rumah merupakan langkah yang tepat untuk kamu yang membutuhkan uang tambahan. Banyak sekali peluang bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Inilah beberapa peluang ide usaha rumahan modal kecil yang dijanjikan.

30 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Menjanjikan Di 2022

Memulai bisnis di zaman sekarang bisa dibilang lebih mudah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Sebab, perkembangan teknologi sangat luas sehingga kita bisa membuka bisnis hanya dari rumah saja. Bahkan, tidak jarang ide bisnis rumahan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan yang begitu besar.

Sebuah bisnis rumahan tidak perlu membutuhkan tempat dan juga modal yang besar.

Berikut ini daftar ide usaha rumahan yang bermodal kecil :

1. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa Bikin Untung

Sebagai salah satu bisnis, usaha ini sangat menguntungkan karena orang suka dengan hal yang praktis. Sebelum membuka bisnis ini, kamu perlu membuat riset terlebih dahulu agar penanaman modal yang dikeluarkan tidak sia-sia. Setelah mengumpulkan modal uang dan pengetahuan, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa keraguan lagi.

2. Agen pulsa dan paket internet

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa Bikin Untung

Kebutuhan akan pulsa dan paket internet sangat meningkat dalam beberapa tahun terakhir akibat pandemi covid-19.  sehingga banyak orang yang memiliki waktu yang cukup banyak di depan layar handphone. Untuk menjalankan usaha ini, hal- hal yang diperlukan hanyalah ponsel dan spanduk sebagai informasi di depan rumah.

Bahkan, kamu bisa memperkenalkan usaha ini melalui media sosial maupun pesan singkat.

3. Konveksi bisnis

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa Bikin Untung

Bisa dikatakan, bisnis konveksi ini sudah ada sejak zaman dulu. Bedanya adalah kini tidak perlu menyewa tempat khusus karena sekarang bisa dilakukan di rumah. Modal yang diperlukan untuk bisnis konfeksi adalah mesin jahit dan Handphone  yang terhubung dengan internet.

Kamu bisa mempromosikan usaha konveksi melalui media sosial maupun pesan singkat. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan modal tambahan untuk pemasaran.

4. Membuka toko kelontong atau warung

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa Bikin Untung

Meskipun saat ini sudah banyak berbagai minimarket dan supermarket, namun membuka toko kelontong atau warung juga termasuk ide rumahan modal kecil yang cukup dijanjikan bisnis. Hal itu dikarenakan masih banyak masyarakat yang memilih belanja di warung atau toko kelontong. Selain harganya lebih murah, lokasinya pun dekat dengan pemukiman warga. Bahkan, kamu bisa membuka usaha lainnya seperti agen pulsa dan pembayaran PPOB .

Cara ini tentunya lebih mudah dilakukan dan bisa lebih besar. Untuk membuka toko kelontong atau warung, pastikan memberikan harga yang murah dan jika bisa memberikan diskon menarik agar pelanggan tetap.

5. Menjual kerajinan tangan

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa Bikin Untung

Kerajinan tangan merupakan salah satu bisnis yang sudah cukup umum dan termasuk ke dalam industri rumahan. Jika kamu memiliki keahlian tertentu, maka kerajinan tangan ini bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya yang bisa kamu coba. Agar lebih mudah, kamu bisa menciptakan produk yang memiliki nilai pakai seperti tas, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pemasaran, kamu pun bisa memperkenalkannya di media sosial atau pesan singkat yang saat ini lebih mudah dicapai.

6. Menjadi Dropshipper

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Bisa Bikin Untung
Gadis cantik Asia berbelanja online menggunakan panggilan telepon dengan pemilik usaha kecil perempuan mengantarkan kotak parsel. Gaya hidup belanja internet, E-niaga, layanan pengiriman, konsep iklan promosi penjualan UKM

Seiring dengan peningkatan transaksi belanja online, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut menjadi usaha Dropship. Bisa dikatakan, Dropship adalah ide bisnis rumahan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Alat yang kamu pesan hanya alat komunikasi seperti Smartphone dan juga komunikasi marketing yang baik.

Bisnis Dropship melibatkan pihak ketiga sebagai penghubung antara pembeli dan produsen atau pemasok barang tersebut. Pada bisnis ini, kamu sebagai Dropshipper akan meminta agen barang untuk dapat mengirimkan barang pada pembeli. Di bagian itu, kamu simpan barang-barang yang dimiliki agen melalui media sosial dan pesan instan.

7. Jasa buket bunga atau kado

Jasa pembuatan buket bunga atau kado merupakan salah satu ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa menguntungkan. Untuk modalnya, kamu hanya perlu membeli kardus dalam berbagai ukuran, pita, lem tembak, dan juga kertas warna-warni. Dengan sedikit keterampilan, kamu sudah bisa membuat buket bunga atau kado.

Sistem promosinya pun bisa melalui media sosial, pesan singkat, maupun marketplace sehingga jauh lebih mudah.

8. Manajemen media sosial

Seperti yang didapati bahwa pengguna media sosial terus berkembang dari beberapa tahun terakhir. Bahkan, media sosial bukan hanya sebagai alat untuk membuat status saja, tetapi juga bisa untuk kegiatan bisnis. Maka dari itu, hampir semua perusahaan baik yang terkenal maupun kecil membutuhkan media sosial manajemen untuk pemasaran produk.

Kamu hanya perlu laptop atau handphone serta pengetahuan sebagai admin media sosial untuk usaha ini. dengan situs freelancer yang biasanya memiliki banyak lowongan kerja untuk bagian manajemen media sosial.

9. Menjadi guru les atau bimbingan belajar

Kondisi pandemi covid-19 membuat banyak anak sekolah yang harus belajar secara berani atau online. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuka guru les atau bimbingan belajar tambahan. Modal untuk usaha ini cukup handhone dan kuota internet dan tidak perlu banyak tatap muka.

Selain bimbingan belajar, kamu juga bisa membuka les privat pada bidang tertentu seperti pembuatan situs web, desain grafis, dan lain sebagainya.

10. Menjual makanan ringan atau snack

Usaha makanan ringan bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa di coba. Dengan kemudahan pemasaran di era sekarang, kamu bisa membangun usaha ini di rumah saja.  Modalnya pun sangat minim dan itu tergantung pada jenis makanan ringan yang kamu buat.

Kamu bisa mencari pemasok makanan ringan atau bisa juga membuat dan menjualnya sendiri melalui internet. Sistem penjualannya bisa melalui media sosial, marketplace, dan juga pesan singkat.

11. Jasa cuci sepatu, tas, sampai topi

Jasa  laundry sepatu juga sedang booming   akhir-akhir ini. Selain sepatu, kamu juga bisa menawarkan berbagai barang lain seperti topi dan tas. Jangan lupa untuk memberikan promo agar banyak pelanggan yang berminat. kamu juga bisa mempromosikannya di media sosial dan juga pesan instan.

12. Membuka jasa desain grafis atau video editing

Punya keterampilan yang cukup dalam membuat desain grafis hingga menemukan video merupakan peluang bisnis yang besar , kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan di internet yang membutuhkan pekerja lepas untuk membuat desain grafis dan pengeditan video. Selain itu, kamu pun bisa membuka jasa desain grafis dan video editing di rumah dengan membuat  banner  di depan rumahmu dan juga bisa mempromosikannya di media sosial.  

13. Sewa Usaha

Jika kamu memiliki berbagai alat produksi yang banyak dibutuhkan orang seperti perlengkapan kamera dan komputer hingga playstation, Kamu bisa mengambil peluang usaha dengan membuka jasa sewa. Karena harga barang yang cukup mahal, banyak orang yang membutuhkan jasa sewa untuk beberapa barang seperti di atas. Jika jasa sewamu ramai digunakan, tak menutup kemungkinan untuk membeli barang-barang tersebut bisa kembali hanya dalam waktu singkat. 

14. Menjadi penulis lepas

Jika kamu gemar menulis,Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk membuat ulasan produk, pembuat  skrip, menulis artikel atau berita, hingga ikut serta dalam lomba menulis. Kamu juga bisa menulis puisi yang menarik untuk di jual,kamu bisa mempromosikan puisi buatanmu di media sosial.

15. Unggah konten menarik di YouTube

Apakah kamu tertarik untuk menjadi Youtuber dan sudah punya ide yang menarik untuk topik yang akan dibahas? Sayangnya, kamu mungkin kurang percaya diri untuk menampilkan wajahmu di depan kamera. Tenang, tidak semua Youtuber harus menunjukan wajah sumringahnya di depan kamera. Misalnya, kamu punya pengetahuan luas mengenai dunia teknologi dan  gadget , maka kamu bisa mencoba membuat ulasan menariknya di YouTube tanpa menunjukan wajahmu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat video tutorial menarik seperti cara memecahkan masalah pada  smartphone  dan komputer, hingga menjadi guru tutor mandiri. 

16. Jasa jahit pakaian

sebagian orang lebih menyukai pakaian yang dibuat oleh penjahit berlangganan mereka. Yang pasti, dengan memesan pakaian pada penjahit, mereka bisa mendapatkan pakaian yang sesuai dengan keinginan mereka, baik dari model segi, bahan hingga ukuran pakaian. Jika kamu memiliki hobi dan keahlian menjahit ini adalah peluang besar untuk kamu.

Kamu bisa dulu dengan menawarkan ke tetangga, seperti menjahit baju lebaran atau yang lainnya.

17.Jasa cuci motor

Meskipun terlihat sulit, namun ternyata jasa cuci motor bisa menjadi salah satu bisnis ide usaha rumahan modal kecil yang berhasil. Sebab, kini cukup banyak yang telah memiliki kendaraan pribadi, khususnya Motor. Membuka jasa cuci motor tidak membutuhkan modal yang besar. Untuk langkah awal, kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan air, selang dan sabun kendaraan khusus.

Jika bisnismu kemudian berkembang, kamu bisa menambah aset berupa  cuci salju untuk memudahkanmu membersihkan mesin.

18. Budidaya tanaman hias

Sejak adanya pandemi kamu jadi memiliki hobi mengoleksi tanaman hias? Jika iya, hal ini bisa menjadi ide usaha rumahan modal kecil. Kamu bisa membudidayakan tanaman hias tersebut dan menjualnya. Caranya, pisahkan anak tanaman yang sudah siap dipisahkan dari tanaman induk. Tanaman tersebut bisa kamu pindahkan ke pot baru.

Tanaman-tanaman ini kemudian bisa kamu jual secara online dengan cara mempromosikannya ke media sosial . Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu modal untuk membeli pot baru, tanah (media tanam) dan pupuk.

19. Membuka Warung Sembako

Bisnis warung sembako tidak akan matinya karena masyarakat akan selalu membutuhkan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, bumbu dapur, sabun dan lainnya. Jika kamu mampu mengelola bisnis warung sembako dengan benar dan baik, tentu ide usaha rumahan modal kecil ini bisa sangat cepat berkembang. ini bisa menjadi peluang untuk kamu,selain itu kamu juga bisa membuka usaha ini di rumah dan juga bisa mempromosikannya di media sosial agar penghasilanmu lebih banyak.

20. Kedai Kopi Bikin

Bisnis warung kopi memang sedang banyak berkembang saat ini. Banyak anak muda yang mencoba untuk bersaing di bidang usaha satu ini. Apalagi dengan tren WFH atau Work From Home yang hadir sejak adanya pandemi Covid-19. Banyak orang yang memerlukan tempat untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka dengan suasana yang nyaman. 

Jika kamu ingin membuka kedai kopi untuk para kelompok produktif, tentu kamu harus menciptakan suasana yang nyaman dan tenang. Namun, jika tujuannya adalah untuk bersantai dan bergembira, kamu dapat menciptakan suasana yang hangat dan dapat digunakan untuk banyak orang.

21. Buka Pertamini

Ternyata bisnis pertamini bisa memberi keuntungan besar loh! Apalagi juga rumah kamu berada di pinggir jalan atau kawasan yang jauh dari pom bensin. Tentu saja pertamini memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada bensin-bensin eceran. Ini bisa menjadi peluang kamu untuk membuka bisnis rumahan.

Selain menjual bensin,kamu juga bisa membuka warung di dekat pertamini.

22. Menerima Jasa Kursus Masak

Jika kamu memiliki keterampilan dalam hal memasak dan meracik bumbu masakan, jangan sampai kamu menyia-nyiakan bakat tersebut.  Kamu bisa membuka kursus untuk orang yang ingin belajar memasak. Selain itu, kamu juga bisa mengajaknya ke internet.

Seperti mengupload video tentang resep makanan dan cara memasak yang benar.

23. Bisnis Catering

Untuk kamu yang hobi sekali memasak. kamu bisa membuka usaha rumahan yang tidak terkalahkan, yaitu usaha katering. Usaha ini bisa kamu lakukan di rumah dengan memberi ruangan khusus untuk memasak. Jika kamu yakin bahwa hasil masakan kamu memiliki cita rasa yang lezat, kamu bisa mencoba untuk membuka usaha katering ini.

Banyak jenis catering yang bisa kamu geluti mulai dari catering snack box, catering nikahan, catering kantoran, catering sehat atau diet dan masih banyak lagi.

24. Bisnis Top Up  dan Jual Akun Game

Meskipun terlihat seperti main-main saja, ternyata usaha  top up  dan jual akun game bisa memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Jika kamu pecinta game, coba usaha ini untuk menghasilkan uang hanya dengan menggunakan usaha rumahan. Kamu bisa membuka usaha  voucher game isi ulang pulsa online  untuk membeli hero di game tersebut atau menjual akun game yang sudah lengkap dengan hero level tinggi dan item-item game yang canggih.

25. Jual Jasa Penerjemah

Selain keren, kamu juga memiliki kemampuan bahasa yang istimewa untuk memberikan hak kamu untuk bekerja di rumah saja. Misalnya dengan membuka usaha rumahan untuk jasa penerjemah. Bisnis ini tentu sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan masyarakat umum seperti mahasiswa atau perusahaan penerbit.

Ini bisa menjadi peluang kamu untuk bisa mendapatkan uang.

26. Jasa Konsultan SEO

Pekerjaan SEO ini cukup penting untuk mengembangkan suatu situs atau situs web perusahaan. Jasa SEO sangat dibutuhkan untuk para pelaku usaha yang membutuhkan trafik dari mesin pencarian seperti Google. D isebut usaha rumahan Karena kamu bisa melakukannya di rumah saja atau dengan cara  freelancer .

Jika kamu memiliki bakat di bidang SEO, jangan sampai kamu melewatkan peluang bisnis satu ini!

27. Bisnis Jual Beli Pakaian Online

Bisnis jual pakaian seperti baju, celana, kerudung dan lainnya memang selalu diminati oleh kalangan masyarakat. Namun, untuk menghemat biaya, kamu dapat melakukannya secara online. kamu bisa membuat model baju sesuai dengan tren dan target pasar yang telah ditentukan. 

kamu juga bisa banyak mengunjungi berbagai media sosial agar peminatnya.

28. Buka Franchise Depan Rumah

Ada usaha di bidang waralaba yang bisa kamu geluti untuk memulai berwirausaha tanpa modal yang besar. Kamu bisa membuka usaha franchise minuman, makanan, cemilan dan masih banyak lagi. jika ingin ramai kamu bisa mengunjunginya di internet dan jangan lupa untuk memberikan promo agar banyak orang tertarik.

29. Jasa Pembuatan Website

Salah satu bisnis yang menghasilkan yang bisa dijalankan dari rumah yaitu jasa pembuatan situs web. Jika kamu seorang pengembang web, tidak ada salahnya menekuni bisnis ini. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar.

Seperti halnya bisnis jasa yang lain, peluang keuntungannya cukup besar.  Tidak hanya dari jasa pembuatan situs web saja, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerja sama dengan pihak atau perusahaan lain. 

30. Pemasaran Afiliasi

Affiliate marketing memungkinkan kamu mendapatkan uang dengan mempromosikan produk orang lain. Jadi, sudah jelas ini merupakan salah satu contoh peluang usaha yang membuktikan. Sebab, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. 

Cara kerjanya pun cukup mudah. Jika seseorang membeli produk menggunakan kode referral yang kamu berikan, kamu akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian yang disepakati. 

Itu dia ide usaha rumahan modal kecil yang bisa menjadi bisnis bagi Anda yang baru mulai berwirausaha. Selain itu anda bisa mencoba bisnis paket usaha minuman kekinian modal kecil. Pasti semua usaha memerlukan tekad yang kuat, mau berkembang dan belajar untuk melakukan yang tepat untuk bisa mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Semoga artikel ini membantu teman teman semua. Selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!