Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol Yang Sehat dan Lezat – Bakso, siapa yang tak kenal dengan makanan khas Indonesia ini, makanan lezat berupa yang berbentuk bola-bola daging ini memang menjadi salah satu makanan yang paling digemari orang Indonesia, bahkan sampai terkenal ke mancanegara.

Kalau kita mendengar sebutan makanan itu pastinya langsung ingat dengan kuahnya yang gurih juga ditambah sambal pedas, yang membuat makanan khas yang satu ini menjadi terasa sangat nikmat. Bakso saat ini ada beragam macamnya, ada bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, bakso udang, dan lain sebagainya. Semua jenis bakso itu tentunya memiliki rasa yang sangat enak dan lezat.

Variasi bakso saat ini semakin menarik saja, kalau biasanya bakso yang sering kita nikmati itu diolah dengan baik dari daging sapi, daging ayam, atau ikan tanpa menggunakan isian tertentu, kini banyak para pedagang bakso yang menjual bakso buatannya dengan menambahkan isian tertentu, seperti bakso urat yang diisi dengan irisan tendon atau urat serta daging tetelan kasar, bakso telur yang diisi dengan telur ayam rebus, bakso gepeng yang bentuknya pipih, bakso ikan yang diolah dengan menggunakan berbagai macam jenis ikan, dan masih banyak lainnya.

Bakso Ikan Lezat

mesin pencetak bakso

Bakso ikan merupakan salah satu jajanan yang sudah terkenal akan kelezatannya. Olahan ikan ini banyak digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remeja, sampai orang dewasa menyukai makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar ikan ini.

Bakso ikan ini memiliki rasa yang yang enak dan gurih. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi untuk dikonsumsi. Dipasaran terdapat banyak jenis bakso ikan, seperti bakso ikan tenggiri, ikan kakap, dan ikan tuna, .

Cara membuat bakso ikan ini memang tidak semudah membuat resep bakso pada umumnya. Ada beberapa tips khusus yang harus kita perhatikan supaya bakso ikan kuah yang kita buat nanti hasilnya bisa sempurna dan rasanya juga enak dan lezat. Hal yang paling utama tentunya bahan utama yang digunakan harus benar-benar ikan segar dan kualitasnya baik.

Jenis Bakso Ikan Tongkol Yang Lezat

Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, speerti ikan patin, ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan tuna bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah kita proses menjadi bakso ikan yang enak dan lezat. Yang paling penting daging ikan itu harus segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan kuah yang kita bikin nanti hasilnya juga menjadi kenyal dan nikmat disantap. Satu lagi yang paling penting adalah daging ikan yang digunakan harus benar-benar bersih dari duri ikan.

Bicara soal bakso ikan, pada kali ini kami juga akan share tentang cara membuat bakso dari ikan tongkol, karena jenis bakso yang satu ini belum banyak orang yang mengetahuinya, padahal rasa dari bakso ikan tongkol ini sangat lezat dan tentunya menyehatkan. Untuk membuat bakso ikan tongkol tidaklah sulit, bisa dibilang hampir sama dengan cara membuat bakso pada umumnya.

Selain itu, bakso ikan akan sangat enak dan nikmat kalau dihidangkan dengan kuahnya yang gurih dan pedas, yang akan membuat badan kita terasa segar dan juga hangat, apalagi kalau disajikan pada cuaca yang dingin atau waktu hujan. Tapi yang pasti, bakso ikan tongkol ini juga terasa enak untuk dinikmati di setiap waktu kapan saja.

Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol

Cara #1

Bahan-bahan
  • 500 gr daging ikan tongkol
  • 4 siung bawang putih
  • Es batu yang sudah diserut
  • 3 sdm tepung sagu atau tepung tapioka
  • Ayam 2 butir telur (diambil putih telurnya saja)
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air bersih secukupnya
Langkah-langkah Membuat
  1. Langkah pertama adalah masukkan daging ikan tongkol yang sudah dibersihkan ke dalam food processor atau mesin bakso ikan bersama dengan putih telur, gula pasir, garam, dan es serut sedikit saja. Kemudian haluskan semua bahan itu sampai benar-benar halus.
  2. Setelah itu tuangkan ke dalam sebuah wadah, lalu masukkan tepung sagu atau tepung tapioka sambil diaduk-aduk sampai merata dan diuleni searah jarum jam sampai semua bahannya tercampur rata. Untuk tepung tapioka atau tepung sagu bisa Anda tambahkan sedikit demi sedikit kalau adonannya masih terlalu lembek.
  3. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih, kemudian matikan apinya.
  4. Bentuklah adonan bakso tadi dengan menggunakan genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan-bulatan bakso.
  5. Lalu ambil adonan pentol bakso diatas dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci yang sudah direbus. Ulangi terus cara teresebut sampai adonan pentol bakso ikannya habis.
  6. Kalau sudah, rebus lagi bakso dengan menggunakan api sedang sampai bakso ikannya mengambang dan matang.
  7. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan.
Bahan Kuah Bakso Ikan Tongkol
  • 1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi
  • 12 siung bawang putih
  • 1 bungkus kaldu sapi
  • Merica halus secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air bersih secukupnya
Langkah-langkah Membuat
  1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik keatas.
  3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.
  4. Tambahkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.
  5. Kemudian masukkan tumisan bawang putih diatas bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.
  6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

#Cara 2

Bahan-bahan
  • 300-400 gr daging ikan tongkol
  • 1 butir telur (ambil putih telurnya saja)
  • Garam 1 sdt
  • Merica bubuk 1 sdt
  • 3-4 sdt air es
  • Kaldu bubuk 1 sdt
  • 2 sdm tepung maizena
  • Air es 1 mangkuk (untuk merendam bakso)
Langkah-langkah Membuat
  1. Langkah pertama adalah siapkan ikan tongkol yang sudah dicuci bersih dan dihilangkan kulit maupun duri-durinya, setelah itu ambil dagingnya.
  2. Kemudian lakukan proses penggilingan. Dan agar mudah dalam proses penggilingan daging ikan, Anda bisa menggunakan food processor atau mesin bakso ikan. Tapi kalau tidak ada, Anda bisa menggunakan pisau dan mencincang daging ikannya secara manual sampai hancur dan menjadi lebih lembut.
  3. Kalau semua daging ikannya sudah hancur dan membentuk sebuah gumpalan padat yang halus, bersihkan serpihan daging yang masih tertinggal di beberapa sisi mangkuk food processor, kemudian proses lagi daging ikannya selama 30 detik saja.
  4. Kemudian masukkan putih telur dan juga air es, kemudian proses adonan ikannya lagi sampai menjadi lebih halus dan bisa menyatu dengan baik, lalu tambahkan garam, kaldu bubuk, dan aduk lagi hingga semua bumbunya meresap ke dalam adonan, juga rasanyapun sudah sesuai dengan selera.
  5. Setelah adonan sudah terlihat lebih lembut dan kenyal, keluarkan adonan dari dalam mangkuk food processor dan tuangkan adonan ke atas permukaan telanan, lalu taburi adonan dengan tepung maizena dan aduk dengan tangan sampai merata.
  6. Tapi kalau Anda tidak memakai food processor, Anda bisa cincang daging ikan di atas talenan sampai daging ikan halus, lalu tambahkan merica, kaldu bubuk, garam dan juga tepung maizena, cincang adonan ikan dan campur semua bahan.
  7. Siapkan mangkuk yang telah diisi dengan air es, kemudian basahi tangan Anda dengan air es tersebut setelah itu ambilah adonan lalu banting adonan ke atas talenan beberapa kali sampai tekstur adonannya menjadi sangat halus.
  8. Cara membuat bakso ikan tongkol yang terakhir ini yaitu rebus bakso ikan tongkol yang telah dibentuk menjadi bulatan dan didinginkan di dalam air es selama beberapa menit hingga bakso mengapung dan bakso pun siap dihidangkan menjadi berbagai makanan yang lezat.