Apakah kamu sudah terpikir untuk memulai bisnis usaha rumahan yang cocok untuk pemula? Waktu berjalan dengan cepat, sekarang sudah tahun 2022 dan sekarang juga teknologi semakin canggih. Tetapi  untuk yang sudah mempunyai bisnis atau usaha, pasti kamu sadar bahwa persaingan usaha dan bisnis semakin sengit.

Mungkin kamu pernah berfikir adakah usaha rumahan yang cocok untuk pemula dan bagaimana cara memulai serta mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Menjalankan bisnis rumahan sebaiknya perhatikan dulu jenis bidang apa yang ingin kamu jalani.

Jangan khawatir, karena usaha rumahan yang cocok untuk pemula ada begitu banyak peluang, untuk kamu jalankan. Adanya teknologi internet juga mempermudah kamu untuk menjalankan bisnis yang akan kamu mulai.Tak heran jika saat ini banyak bisnis yang dijalankan lebih ringan dari segi modal, bahkan ada pula yang memulai tanpa modal sekalipun.

Pengertian tentang usaha rumahan adalah sebuah bisnis jualan produk atau jasa yang dilakukan di rumah. Biasanya usaha rumahan tidak memerlukan kantor, alias bisa dikerjakan dari mana saja, termasuk di rumah sendiri. Setelah itu bisnis satu ini tentu sangat cocok bagi ibu rumah tangga, karena seluruh aktivitasnya berada di rumah.

Mengapa Harus Usaha Rumahan?

Usaha rumahan menjadi alternatif untuk para pemula yang ingin mencoba belajar berbisnis,  ini merupakan langkah yang efektif bagi para pemula untuk mencoba membuka usahanya sendir dan bisnis yang dimulai dirumah dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk menyewa tempat

Kita tahu bahwa tidak hanya biaya saja yang dapat diperkirakan ketika akan mulai berbisnis di suatu lokasi. Tetapi juga biaya makan siang, belum lagi mengisi bensin kendaraan atau keperluan mendadak. Usaha rumahan juga dapat mengurangi jumlah pajak penghasilan yang nanti kamu harus bayarkan kepada pemerintah, sehingga lebih hemat lagi.

Manfaat Mengerjakan Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Memulai bisnis rumahan dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.Berbisnis juga tidak memerlukan keahlian yang khusus karena hanya fokus pada keterampilan penjualan produk.

Maka tidak mengherankan lagi jika kita sering menemui para pekerja kantoran yang mencoba usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Manfaat memiliki bisnis rumahan bagi pemula:

  1. Menambah penghasilan diri sendiri juga keluarga anda.
  2. Mendapatkan bonus keringanan pajak.
  3. Dapat menjaga kesejahteraan dalam jangka panjang
  4. Melatih kita untuk mandiri dalam finansial dan tidak bergantung pada pekerjaan utama kita
  5. Menjadi aset yang bernilai untuk kamu jual kemudian hari
  6. Dapat mengenali lebih dalam tentang perekonomian

Macam Macam Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

Setelah kamu memahami apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan dari memulai usaha rumahan, kamu harus tahu macam-macam usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Saat ingin memilih usaha yang akan kamu mulai, hendaknya pikirkan dengan matang yang sesuai dengan modal kamu agar tidak terlau merepotkan kamu.

Penasaran dengan macam-macam usahanya?, Mari simak ulasannya dalam artikel berikut dan pastikan kamu membacanya sampai habis.

Macam-macam usaha rumahan yang cocok untuk pemula

1. Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula (Jasa Cuci Sepatu dan Tas)

 usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Yang pertama adalah usaha jasa cuci sepatu dan tas yang sedang booming dan jadi tren bagi usaha anak muda kekinian.

Dijaman sekarang jasa laundry bukan hanya untuk mencuci pakaian saja, tetapi sekarang sudah berkembang hiingga jasa laundry sepatu dan tas pun bisa di tawarkan kepada konsumen.

Saat baru pertama memulai bisnis ini, kamu bisa memberikan promo atau diskon sebagai strategi marketing yang menarik kepada pelanggan.

Modal yang kamu perlukan:

  • Rp 3-5 jutaan

Sementara itu untuk modal usaha jasa cuci sepatu dan tas kamu memerlukan modal senilai Rp 3-5 jutaan untuk membeli peralatan dan perlengkapan yang kamu butuhkan dalam menjalankan bisnis ini

Penghasilan yang kamu dapatkan:

Dalam jangka waktu sebulan jika kamu berhasil mendapatkan orderan sebanyak 100 pasang sepatu dengan tarif Rp 40ribu perpasangnya maka keuntungan kotornya adalah Rp 4 jutaan sebelum dikurangi dengan modal investasi dan aset.

2. Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula (Bisnis Camilan Makaroni)

 usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Sebagaimana pada umumnya bisnis makanan merupakan bisnis yang dapat kamu kerjakan dalam modal yang kecil.

Dengan modal yang kecil akan memberikan keuntungan bagi kamu yang pemula sehingga meminimalisir kerugian yang di akibatkan jika usaha sedang sepi.

Banyak yang memulai bisnis makanan ringan mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga, karena tidak terlalu sulit untuk dikerjakan.

Modal yang kamu perlukan:

  • Rp 1 jutaan – Rp 5 jutaan

Bagi kamu yang ingin menjalani bisnis dengan memproduksi makanan ringan seperti keripik, makaroni, dan lainnya dapat menekan modal mulai dari ratusan ribu, sementara jika kamu ingin bermitra dengan supplier produk makanan ringan, kamu dapat langsung membeli produk dan modal pengemasan yang dibutuhkan.

Penghasilan yang kamu dapatkan: 

Berdasarkan modal yang kamu keluarkan, keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis makanan ringan sebagai usaha rumahan yang cocok bagi pemula mulai dari Rp 350 ribu.

3. Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula (Popcorn Makanan Ringan)

 usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Salah satu makanan ringan yang sangat renyah dan gurih dengan bermacam-macam varian rasa ini cukup banyak digemari oleh beberapa kalangan anak muda. Popcorn adalah camilan yang pas jika dinikmati ketika sedang bersantai dengan keluarga maupun menonton film

Apa kalian tahu jika bisnis ini juga dapat meraup keuntungan yang lumayan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari..

Modal yang kamu perlukan:

  • Rp 2 jutaan

Dengan modal minimal sebesar Rp 2 jutaan, kamu sudah bisa mendapat keuntungan dari bisnis makanan ringan popcorn. Kamu dapat menggunakan peralatan-peralatan yang sudah ada di rumah, karena bisnis ini termasuk usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

Penghasilan yang kamu dapatkan:

Dengan perhitungan modal Rp 2 jutaan, perkiraan penghasilan yang akan kamu dapatkan dari penjualan popcorn adalah Rp 4,75 juta yang dapat menutupi sekaligus balik modal.

4. Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula (Bisnis Online)

Teknologi itu selain memudahkan berkomunikasi, teknologi juga berfungsi untuk mengembangkan bisnis online. Bisnis online ini merupakan sesuatu yang baru dan canggih yang sekarang sedang menjadi trending karena bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun asalkan anda memiliki perangkat yang terhubung dengan internet.

Sebagai contoh dari bisnis online ini dengan seperti bisnis online fashion, bisnis online barang, ataupun bisnis online mesin. Seperti pada produk di rumahmesin.com, di rumahmesin.com anda dapat menemukan mesin-mesin untuk usaha atau bisnis anda.

5. Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula (Bisnis Fotocopy)

Usaha fotocopy adalah salah satu usaha yang membutuhkan keahlian, karena bisnis ini dapat berjalan lancar apabila pengusaha bisa melirik hal yang tepat untuk memulai usaha fotocopy ini.

Tips untuk kamu yang akan memulai bisnis ini adalah harus cermat ketika memilih tempat yang tepat, modal usaha, biaya bulanan juga perlu diperhitungkan, keuntungan yang sepadan, kualitas fotocopy, menjual alat tulis dan jasa print yang murah.

Untuk usaha ini tentu anda membutuhkan mesin Fotocopy dan Mesin Laminating SH- 320 dengan mesin ini produk yang akan anda lapisi tidak akan mudah rusak dan aman.

6. Usaha Rumahan Yang Cocok Untuk Pemula (Warung Nasi)

Usaha warung nasi memanglah sudah sangat populer, dengan membuka warung nasi ini orang akan mudah jika melakukan sarapan pagi ataupun makan malam. Karena, tidak semua orang mempunyai waktu luang untuk memasak.

Jika ingin memulai usaha satu ini kamu harus menyiapkan modal, dengan mempunyai modal kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Maka mempersiapkan modal adalah  satu hal yang paling penting untuk memulai suatu bisnis.

Setelah mempunyai modal yang cukup kamu bisa meriset tempat atau pasar untuk warung nasi kamu, untuk bisnis ini kamu tentunya membutuhkan rice cooker besar untuk menunjang kapasitas nasi.  Pilihlah sesuai dengan kebutuhan untuk membuka warung nasi kamu.

7. Bisnis Jasa

Suata bisnis tidaklah harus mengenai fisik, kamu bisa menjual keterampilan dengan bentuk jasa. Bisnis jasa merupakan jenis usaha yang menawarkan ilmu maupun keahlian yang kamu miliki dan konsumen akan membayar sesuai dengan jasa yang sudah diberikan.

Di era kemajuan teknologi saat ini, membuat permintaan jasa semakin berkembang. Dalam bisnis jasa ini utamakan pelayanan yang baik merupakan faktor utama yang dapat memuaskan konsumen, selain dapat memuaskan konsumen jika pelayanan kamu baik juga akan membuat usaha semakin maju dan semakin berkembang.

Namun jika pelayanan yang kamu berikan buruk ataupun kurang memuaskan maka konsumen tidak akan mau lagi menggunakan jasa yang kamu berikan lagi. Ada beberapa contoh usaha dari bisnis jasa ini seperti jasa membuat tepung.

Jika ingin memulai bisnis jasa seperti membuat tepung, kamu bisa menggunakan Mesin Penepung FFC45 Stainless Steel atau sering disebut Disk Mill ini adalah mesin untuk membuat tepung yang beraneka.

Tujuan penggunaan mesin ini adalah untuk mempermudah kamu dalam pemakaian, pengemasan dan hal yang paling terpenting adalah mudah dalam pengangutan.

8. Bisnis Waralaba

Konsep waralaba atau franchise yaitu dapat dilakukan dengan mengikuti aturan yang diterapkan pada pemilik waralaba, mulai dari yang inovasi sampai konsep pemasaran. Dalam bisnis waralaba ini kepercayaan pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk selalu diutamakan, yaitu dengan cara garansi produk atau dengan pelayanannya yang sangat baik.

Jika ingin menjaga kepercayaan pelanggan maka pilihlah walaraba yang memberikan jaminan pada produk dan memberikan pelayanan yang baik. Hal ini sangatlah membantu kamu dalam mengembangkan bisnis waralaba ini menuju jalan yang lebih baik.

Di bisnis ini kamu dapat menjual makanan ringan, bermacam-macam jenis kue, dan minuman. Karena itu bisnis waralaba dibidang kuliner ini memang banyak diminati untuk sekarang ini, sebab dengan modal yang kecil bisa mendatangkan banyak konsumen pada semua kategori umur.

Untuk kamu yang sedang mencari bisnis franchise dibidang kuliner yang menguntungkan dan bisa berjalan dengan modal kecil kamu bisa memilih usaha donat. Kenapa usaha donat? karena donat merupakan makanan yang banyak disukai semua kalangan.

Donat memiliki banyak variasi bentuk dan rasa, orang yang akan memakannya pun tidak akan merasa bosan dengan donat. Beberapa orang juga memilih donat sebagai makanan penunda rasa lapar, karena donat dibuat dari bahan baku yang bisa membuat kita  merasa kenyang.

Banyak orang yang memulai bisnis franchise waralaba, Jika ingin membuat donat maka kamu bisa dengan mengunakan Mesin Pembuat Donat DM 35, mesin ini bisa membantu kamu dibidang bisnis ini, sehingga kamu akan lebih menghemat waktu, lebih efeki dan efisien.

9. Menjual Sembako

Usaha menjual sembako adalah jenis bisnis yang dapat dijalankan dengan skala kecil maupun besar. Usaha sembako juga termasuk kategori usaha yang tidak ada batasnya,  karena sembako adalah kebutuhan kita untuk sehari-hari.

Sebab itu, jika kamu sedang bingung untuk memilih usaha apa. Ada baiknya jika kamu pikirkan untuk membuka usaha sembako ini. Jangan khawatir mengenai modal, bisnis sembako adalah salah satu usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil . Bahkan usaha sembako ini bisa kamu buka dirumah kamu sendiri.

Agar bisnis usaha yang ingin kamu mulai tidak berakhir dengan begitu saja, kamu bisa mengawali dengan rencana yang matang, lakukan riset lokasi usaha kamu,sebisa mungkin kamu menyediakan kebutuhan apa saja yang akan dibutuhkan.

Tidak hanya itu kamu juga harus memperhitungkan modal dengan baik,  kamu juga bisa mencari agen/ suplier terpercaya. Peralatan dan perlengkapan toko juga harus dipersiapkan dan dicek menggunakan kode pada barang, atau juga dilihat kode expirednya jika sudah tidak terlihat dengan jelas anda bisa menggunakan Mesin Pad Printing DDYM – 520.

10. Bisnis Sabut Kelapa

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan penghasil kelapa dan produsen kelapa, tetapi memanfaatkannya masih kurang baik. Sebab itu, peluang bisnis ini masih terbuka lebar untuk kamu.

Sekitar 35 persen dari bauah kelapa, sabut kelapa adalah bagian terbesarnya dari buah kelapa. Agar tidak terbuang dengan sia-sia, sabut kelapa dapat diolah menjadi produk sehingga sabut kelapa memiliki nilai tambah. Awalnya sabut kelapa hanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat peralatan rumah tangga, dengan perkembangan jaman, sabut kelapa semakin berinovasi.

Sabut kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan,  bahan bakar, dijadikan pupuk cair organik, untuk menetralisir air, sebagai bahan dasar membuat briket, penahan erosi ditebing dan bekas tambang dan sebagai salah satu komponen alat penyaringan air sederhana.

Untuk menjadikan sabut kelapa menjadi salah satu bahan produk ,kamu bisa menggunakan Mesin Pengurai Sabut Kelapa USK-K400. Produk yang dapat dihasilkan dari sabut kelapa seperti keset, sapu, tali tambang, peredam getar dan suara, dan masih banyak lagi.

Semoga informasi mengenai macam-macam usaha rumahan yang cocok untuk pemula di atas bermanfaat untuk anda semua.

× Whatsapp Kami!