Hallo semua, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang usaha teh sendiri serta bagaimana cara menentukan usaha teh sendiri. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan tambahan suatu pengalaman mencoba untuk memulai usaha. Di antaranya adalah bisnis yang sangat populer di masa pandemi ini yaitu usaha teh poci sendiri

Ada beraneka macam jenis usaha teh poci sendiri yang bisa dilakukan, baik dengan modal kecil maupun modal besar. mempelajari mengenai usaha, peluang usaha waralaba saat ini bisa dikatakan sangat banyak diminati. Hal ini dikarenakan biasanya dengan embel-embel industri besar tersebut, akan sangat menguntungkan bagi para mitranya. Salah satu di antaranya adalah produk dagang dengan keuntungan yang cukup banyak diminati saat ini adalah Teh Poci.

Siapa sih yang tidak mengenal Teh Poci ini? Mungkin sebagian besar semua orang mengetahui produk dagang satu ini, banyak juga jenis yang penting. Usaha teh Poci sendiri menjalankan peluang bisnis bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra franchise Teh Poci. Hal ini juga bisa membuat salah satu cara bisnis yang bisa dilakukan oleh kalian semua. Penting mengetahui juga bahwa ada beberapa syarat dan prosedur yang diperlukan dalam proses ini.

Membahas perihal cara usaha Teh Poci sendiri dengan metode waralaba, salah satu syarat awal yang diperlukan adalah modal awal. Mengenai modal tersebut, kalian bisa menyiapkan modal awal kurang lebih Rp 9 juta sampai Rp 12 juta.

Semuanya sudah termasuk gerobak serta fasilitas-fasilitas lainnya yang diberikan oleh pihak Teh Poci itu sendiri. Selain itu ada juga beberapa informasi penting yang nanti akan kami sampaikan di pertemuan kali ini. Cara usaha Teh Poci sendiri ini juga bisa menjadi salah satu peluang seperti sekarang ini

Peluang Usaha Teh Poci Sendiri

Berbicara mengenai Teh Poci, seperti diketahui bahwa sampai saat ini masih menjadi salah satu jenis minuman yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak jarang juga yang menjadikan teh sebagai minuman sehari-hari baik di rumah, di kantor maupun di tempat lain. Bagi Anda yang berminat menjadi mitra franchise Teh Poci, saat ini Anda bisa bergabung dengan syarat serta cara yang cukup mudah. Banyak juga yang bermanfaat bahwa bisnis waralaba ini cukup menjanjikan di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Maka dari itu, ngomong-ngomong soal peluang usaha Teh Poci Sendiri, ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Sebenarnya untuk cara usaha Teh Poci sendiri sudah terjadi, yang ada harus menjadi mitra franchise lebih dulu agar bisa menjual produk tersebut. Orang-orang juga tentu akan mengetahui produk tersebut dan tanpa berpikir karena sudah terkenal di Indonesia.

Usaha teh poci sendiri di masa yang akan datang yang bisa kalian lakukan Peluang usaha teh poci membutuhkan website juga untuk meningkatkan pembelian. Namun tidak semua peluang usaha teh poci paham bagaimana cara membuat website yang baik, usaha ini sangat menjanjikan mengingat pasar digital saat ini sedang berkembang pesat

Keuntungan Usaha Teh Poci Sendiri

Di poin selanjutnya mengenai pembahasan cara usaha Teh Poci sendiri metode mitra franchise. Penting diketahui bahwa ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bergabung menjadi mitra franchise Teh Poci, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Modal awal yang tergolong ringan
  2. Penghasilan cukup besar
  3. Memiliki reputasi yang baik
  4. banyak orang
  5. Didukung penuh oleh perusahaan

Modal Awal Usaha Teh Poci Sendiri

Sampai pembahasan utama mengenai cara usaha Teh Poci sendiri, disini penting bahwa diketahui bahwa kalian harus menganalisis biaya-biaya yang dikeluarkan dan juga syarat-syarat yang diperlukan dalam hal ini. Untuk persyaratan, pihak Teh Poci sendiri tentu memiliki syarat ketentuan yang wajib diikuti.

Sedangkan untuk analisis biaya dan lain-lainnya, bisa simak perkiraan yang telah kami siapkan di bawah ini.

Analisis Usaha

  • Biaya investasi awal : Rp 5.000.000,-
  • Penjualan rata-rata/hari : 70 cup/hari
  • Harga jual per cup : Rp 2.500,- (harga standar)
  • Omset per bulan : 70 cup x 30 hari x 2.500,- : Rp 5.250.000

Biaya Variabel (Biaya Variabel)

  • Sewa tempat : Rp 500.000,-
  • Karyawan : Rp 700.000,-
  • Modal Kerja : Rp 2.559.900,-
  • Jumlah : Rp 3.759.900,-
  • Laba / keuntungan : Rp 5.250.000 – Rp 3.759.900 : Rp 1.490.100
  • ROI : Rp 5.000.000/1.490.100 = 3,4 Bulan

Ilustrasi Perhitungan Modal Kerja

  • Modal per cup : Rp 1.219,-
  • Penjualan rata-rata per hari : 70 cup
  • Hari kerja : 30 hari
  • Modal kerja per bulan : 70 cup x 30 hari x Rp 1.219,- = Rp 2.559.900

Estimasi Harga Gerobak dan Paket Usaha Teh Poci Sendiri

Manajemen Poci Kreasi Bersama menyediakan dua paket usaha, paket hemat dan reguler. Untuk paket hemat dipatok for 5 juta rupiah, sementara paket reguler for for 6,4 juta rupiah. Bentuk booth regular sedikit lebih besar dan desainnya lebih unik dibandingkan dengan paket hemat.

Pembelian kedua paket ini akan mendapatkan mesin sealer cup. Tapi, untuk paket hemat tidak ada cool box, dispenser, sodet, dan alat – alat seduh lainnya. Pembeli paket hemat dipersilahkan menggunakan atau membeli alat – alat usaha teh poci sendiri tersebut.

Estimasi biaya yang perlu Anda siapkan untuk usaha Teh Poci sendiri tergolong rendah. Ditambah sewa tempat, karyawan, dan juga bahan baku, kira – kira hanya butuh 20 hingga 25 juta rupiah. Jika Anda sebelumnya sudah memiliki warung atau usaha lain, gerobak yang satu ini juga bisa. Sebab untuk operasinya, Anda tidak butuh tempat yang besar atau pun setup washbak.

Tips Usaha Teh Poci Sendiri

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar nantinya Teh Poci yang dijual bisa laris manis. Cara tersebut bisa dimulai dari pemilihan lokasi atau tempat yang strategis seperti di keramaian, mal, pusat rekreasi dan lainnya. Selain itu pastikan kembali bahwa pelayanan yang diberikan kepada konsumen harus yang terbaik agar dapat menarik minat konsumen untuk datang kembali di lain waktu. Lalu tips terakhir adalah menjalankannya sesuai SOP (Standard Operating Procedure).

Jika sudah siap untuk memulai usaha  franchise minuman segar ini, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini. Tips untuk membantu usaha Teh Poci yang bisa Anda simak di bawah ini.

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Pertama, pastikan tempat Anda menjual adalah tempat yang ramai dan mudah ditemukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peluang penjualan itu sendiri.

Tempat-tempat seperti pusat perbelan, area pertokoan, pasar, atau di depan supermarket maupun minimarket bisa menjadi pilihan. Periksa juga biaya sewa tempat, sesuaikan dengan  anggaran  usaha Anda. Pastikan juga Anda mendapat akses air dan listrik ya.

2. Berikan Pelayanan yang Ramah

Tips yang kedua, pastikan Anda memberikan pelayanan yang baik. Sapa dengan senyuman dan penuh impian. Ini dapat memberi kesan yang baik bagi para pembeli. Bukan mungkin karena pelayanan yang ramah, pembeli akan kembali lagi di lain waktu untuk membeli beberapa gelas Teh Poci.

3. Tetap Mengikuti SOP

Terakhir, pastikan Anda dan pegawai yang menjaga  booth memahami SOP dengan baik. Dokumen SOP ini akan Anda dapatkan saat membeli  franchise  minuman. Tata-cara menjual ini akan membantu usaha Anda jadi lebih baik, sehingga ikuti dengan teliti agar kualitas minuman yang dijual juga terjaga.

Jika sudah resmi memulai bisnis  waralaba  minuman Anda, tidak ada salahnya juga untuk mendaftar ke layanan pesan antar, seperti GoFood

Syarat Membuka Usaha Teh Poci Sendiri

Seperti yang tadi sempat disinggung, saat membeli paket waralaba Teh Poci Anda akan membeli putus. Tapi Anda tidak diperbolehkan membeli di tempat lain selain manajemen untuk bahan baku wajib.

Selain itu Anda juga harus mengajukan rencana lokasi penjualan ke manajemen. Pindah tempat juga diizinkan, hanya saja harus meminta izin kepada manajemen. Tidak ada syarat minimal jarak antar gerai yang ditentukan manajemen, tapi umumnya jarak antar gerai sepanjang 1 km.

Siap Membuka Usaha Teh Poci Sendiri?

Demikian penjelasan tentang bisnis waralaba Teh Poci beserta perkiraan harga gerobak dan bahan bakunya. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk memulai?

Tentu menarik saat membaca setup cost dan harga waralaba yang rendah. Tapi pertimbangkan jual pula minusnya, misal tanggal putus atau pun tidak adanya standarisasi harga. Kurangnya kontrol manajemen atas franchisee mungkin membuat nilai merek turun, penilaian produk Anda juga akan semakin buruk. Simak Penjelasan di bawah ini

Wasgitel

Wangi, panas, sepet, legi, kentel, disingkat wasgitel , merupakan akronim yang menjelaskan rasa khas teh asal Slawi ini. Sebab bagi orang Jawa, rasa sepet dan kental merupakan tolak ukur secangkir teh yang nikmat. Cita rasa sepat dan kental ini didapatkan berkat kerak yang ada di dalam poci.

Masyarakat Slawi, Tegal, Brebes, dan sekitarnya percaya bahwa dengan tidak mencuci poci maka rasa tehnya akan meningkatkan dan nikmat. Poci biasanya hanya dibuang ampasnya lalu dibilas dengan udara, kemudian mereka menggunakannya untuk menyeduh kembali.

Wasgitel inilah yang ingin dipertahankan oleh bisnis franchise Teh Poci. tentunya dengan panas, karena produk yang dijual adalah minuman dingin. Oleh sebab itu, calon mitra akan diajari cara menyeduh sesuai standar manajemen. Usaha teh poci sendiri juga ada cara pembuatannya atau sering di sebut juga komposisi

Komposisi Usaha Teh Poci Sendiri

Teh Poci terbuat dari teh hitam asli yang diproduksi dengan kualitas tinggi. Kemudian dikeringkan dengan panas yang cukup, barulah teh diproduksi dengan dimasukkan ke dalam kantung-kantung yang telah diuji kehigienisannya. Keunggulan dan Kelemahan Teh Poci, simak penjelasannya di bawah ini

Keunggulan Usaha Teh Poci Sendiri:

1. Terdapat Varian Rasa

Salah satu keunggulan yang dimiliki Teh Poci yakni memiliki beragam varian rasa. Sangat jarang ditemui teh dengan berbagai aroma dan varian rasa, bukan? Hal ini berbeda dengan Teh Poci.

2. Aroma yang Khas dan Menyegarkan

Hal ini mungkin dianggap biasa oleh beberapa orang. Akan tetapi aroma teh yang satu ini, memang memiliki khas yang sedikit berbeda. Aroma wanginya masih berkesan natural dan menyegarkan.

3. Ada Bisnis Waralaba

Saat ini, Teh Poci juga merupakan suatu badan usaha waralaba.

4. Harga Murah dan Terjangkau

Keunggulan yang satu ini, yang paling dominan. Harga Teh Poci terjangkau per pack yang berisi 25 kantong teh.

Kekurangan Usaha Teh Poci Sendiri:

1. Masih Kurang Terkenal

Seperti yang kita ketahui, produk Teh Poci masih jarang diketahui banyak orang. baru di beberapa supermarket masih jarang ditemui.

2. Rasa Pada Teh Sepat dan Sedikit Pahit

Jika Anda pecinta rasa manis, mungkin Anda akan sedikit merasa aneh dengan rasa dari Teh Poci. Dikarenakan pahit dan sepatnya sangat terasa.
Teh Poci merupakan teh yang legendaris dan memiliki nilai sejarah sendiri untuk masyarakat Jawa terutama daerah Tegal, Slawi, Pemalang dan sekitarnya. Teh ini memiliki nilai filosofi yang mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Tegal dan sekitarnya.
Ketika Anda menikmati Teh Poci dan memberinya gula batu, maka harus Anda tidak perlu mengaduk teh tersebut.
Teguklah teh tersebut dimulai dari rasa pahit terlebih dahulu. Baru saat di bagian dasar cangkir, anda akan merasakan manis. Maknanya, seperti kehidupan yang harus dijalani setiap prosesnya. Nah apakah ini juga berlaku bagi produk Teh Cap Poci? Tentu saja. Bila Anda mengikuti langkah-langkah tradisional untuk menikmati teh tersebut.

Secara umum ada 4 jenis teh yang biasa kita temui . Masing-masing memiliki proses pengolahan yang berbeda. Yuk simak penjelasan masing-masing.

Contoh Usaha Teh Poci Sendiri:

1. Teh Putih

Usaha Teh Poci Sendiri

Yaitu jenis teh yang berasal dari pucuk daun teh. Teh putih tidak mengalami pengalaman dan langsung dikeringkan. Teh putih memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, sehingga khasiat ini juga dapat berpengaruh pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Teh putih diolah menjadi minuman berwarna kuning dan rasanya lebih lembut dari teh biasa.

2. Teh Hijau

Usaha Teh Poci Sendiri

Diproses dari daun teh yang sama dengan teh hitam, namun tanpa melalui proses yang lebih panjang. Setelah dipetik, daun teh langsung diolah dengan cara dipanggang, digulung dan kemudian dikeringkan. Warna muda dan aroma yang menyegarkan menjadi ciri hijau khas utamanya. Dibandingkan dengan teh hitam dan hijau, teh oolong merupakan jenis teh yang paling sulit untuk kuliah, walaupun hanya membutuhkan sekitar 2-3 hari

3. Teh Oolong

Usaha Teh Poci Sendiri

Dipengaruhi oleh proses pengolahan dan penggulungan yang berbeda,  Teh  Oolong memberikan aroma tajam yang khas. Setelah diseduh dengan baik,  Teh Oolong  pada awalnya akan terasa pahit, tetapi kemudian akan meninggalkan sedikit rasa manis setelah diminum.

4. Teh Hitam

Usaha Teh Poci Sendiri

Yaitu  jenis teh  yang paling sering ditemui. Teh celup yang biasa kita seduh dan es teh manis yang menjadi teman makan siang kita termasuk ke dalam teh jenis ini. Teh hitam melalui proses pengolahan yang mirip dengan teh oolong melalui pelayuan, penggulungan, oksidasi, pengeringan hanya dengan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan oolong. Karena teh hitam adalah jenis teh yang paling lama. Oleh karena itu, jenis ini memiliki aroma dan rasa yang paling kuat dibandingkan dengan jenis lainnya.

5. Teh Celup Sosro

Pada tahun 1940, keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merek Teh Cap Botol. Seiring berjalannya waktu, Soegiharto Sosrodjojo hijrah ke Jakarta dan melakukan banyak inovasi pembuatan teh. Teh celup sosro hanya menggunakan bahan baku asli dan alami.

Daun tehnya dipetik dari perkebunan sendiri kemudian diolah menjadi teh wangi yang dicampur bunga melati dan bunga gambir sehingga menghasilkan rasa yang unik. Teh celup sosro adalah contoh usaha teh poci sendiri

6. Teh Sariwangi

SariWangi Teh Asli adalah usaha teh poci sendiri dengan cara dicelup yang pertama hadir di Indonesia sejak 1973. Diolah dari daun teh pilihan berkualitas, memberikan rasa dan aroma teh lebih segar. Kamu bisa memilih teh celup SariWangi varian Sari Murni, Teh Melati, Teh Hijau Asli, dan Teh Asli.

7. Teh Lemon Kepala Djenggot

Satu cangkir teh lemon akan membuat hari kamu menjadi lebih ringan. Kini, sudah ada teh celup lemon buatan Indonesia  lho . Produk teh celup rasa lemon dari Kepala Djenggot ini memiliki aroma lemon yang segar. dengan kandungan kafein di dalam teh, kerjaan kamu akan lebih fokus! Teh lemon kepala djenggot termasuk dalam usaha teh poci sendiri

8. Teh Bendera

Untuk kamu yang mencari teh melati dengan harga ekonomis, teh celup Bendera adalah jawabannya. Teh yang telah dikenal lama di Indonesia ini berasal dari Sumatera dan dibuat dari daun teh pilihan terbaik. Itulah beberapa peluang usaha yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Selain mudah untuk dilakukan sendiri, Peluang usaha ini juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk memulai bisnis di masa pandemi saat ini. Selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!