Olahan dari bahan baku singkong memang tak pernah ada habisnya. Meski zaman semakin berubah, para penggila olahan singkong tetap tak ada habisnya. Namun, selain olahan dari daging singkong itu sendiri, ternyata kulit singkong juga dapat diolah menjadi kudapan yang enak. Salah satunya menjadi olahan keripik kulit singkong. Memang keripik kulit singkong enak? atau bagaimana cara membuat keripik kulit singkonng? Hari ini kita akan membahas cara membuat keripik kulit singkong. Yuk kita simak baik-baik penjelasan tentang hal tersebut di bawah ini

Olahan Kulit Singkong

cara membuat keripik kulit singkong

Lazimnya olahan singkong berasal dari dagingnya. Kulit singkong sering dianggap menjadi limbah dan hanya dibuang. Mulai sekarang jika kamu sedang menjalankan bisnis yang berbahan baku singkong maka jangan buang kulitnya. Karena kulit singkong yang sering disebut dengan limbah singkong ini ternyata bisa dimanfaatkan menjadi kudapan yang nikmat yaitu berupa keripik kulit singkong.

Bentuk untuk mengatasi limbah dari banyaknya kulit singkong dapat dilakukan dengan cara membuat keripik kulit singkong. Kita telah tahu bahwa singkong merupakan umbi-umbian yang memiliki sumber energi yang kaya akan karbohidrat. Selain itu daun singkong juga mempunyai manfaat yang bisa dijadikan bahan makanan karena mempunyai kandungan protein serta zat besi.

Kulit singkong ini merupakan kategori yang termasuk sampah organik, hal ini disebabkan karena sampah ini bisa hancur atau membusuk dengan istilah lainnya  yaitu terdegradasi secara alami. Limbah kulit singkong ini banyak diolah menjadi bio energi, kompos, atau pun sebagai pakan ternak.

Nah, tetapi selain berguna untuk dijadikan kompos, kulit singkong juga bisa dimanfaatkan menjadi makanan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Itu sebabnya kulit singkong bisa dikonsumsi oleh manusia. Limbah dari kulit singkong ini jika diolah oleh orang kreatif maka limbah ini bisa menjadi makanan yang enak, nikmat, lezat, serta bergizi. Selain itu olahan keripik ini bisa mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Manfaat Kulit Singkong

Meski kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit singkong tak sekompleks kulit pada buah dan sayur, namun kulit singkong tetap memiliki manfaat. Seperti di bawah ini, beberapa manfaat kulit singkong yang tidak banyak diketahui orang-orang :

1. Menguatkan Gigi dan Tulang

Salah satu manfaat kulit singkong adalah menguatkan tulang dan mempercantik gigi. Karena didalam daging dan kulitnya, singkong mempunyai kandungan kalsium, mengonsumsi kulit singkong ini juga dapat dipakai sebagai alternatif sumber kalsium bagi tubuh.

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan semua organisme hidup, termasuk juga manusia. Kalsium ini adalah mineral yang paling banyak tersedia di tubuh, dan sangat penting bagi kesehatan tulang. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh manusia ada pada gigi dan tulang sehingga kalsium sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, serta pemeliharaan tulang.

2. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat kulit Singkong yang lain yaitu memperlambat penuaan kulit. Karena di dalam kulit singkong terdapat kandungan Vitamin C membuat konsumsi makanan olahan dari bahan ini memiliki manfaat bagi kulit.

Tahukah kamu, di dalam tiap porsi 100 gram tepung kulit singkong terkandung 20,6 mg Vitamin C. Selain itu, kulit singkong kering yang belum diproses memiliki kandungan vitamin C hingga 50 mg.

3. Cepat Menambahkan Berat Badan

Kita tidak bisa memungkiri berat badan adalah aspek penting dalam kesehatan dan kecantikan tubuh. Terlalu kurus atau kurang berat badan bagi sebagian orang bisa mengurangi rasa percaya diri.

Jika kamu adalah salah satu orang yang merasa sulit menaikkan berat badan. Karena kalorinya yang tinggi kamu bisa memanfaatkan kulit singkong dan produk olahannya untuk diet menambah berat badan . Satu cangkir tepung tapioka mengandung 135 gram karbohidrat dan 544 kalori.

Selain 3 manfaat kulit singkong di atas, kulit singkong masih memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan atau mengonsumsinya.

Peluang Usaha Keripik Kulit Singkong

Peluang usaha keripik kulit singkong ini memiliki masa depan yang cukup cerah. Belum banyak pelaku usaha yang tahu cara mengolah kulit singkong ini membuat bisnis ini cukup menguntungkan. Produksi keripik kulit singkong dapat dijalankan dengan mudah. Tersedianya bahan baku berupa kulit singkong yang melimpah menjadikan kamu mudah untuk mendapatkan bahan baku serta harga yang harus dikeluarkan untuk bahan baku jauh lebih murah.

Cara pengolahan kulit singkong ini bisa terus dikembangkan. Semua itu bergantung pada kreativitas dan inovasimu dalam mengembangkan produk, semakin baik kamu mengembangkan bisnis ini semakain tinggi pula harga jualnya. Keripik kulit singkong adalah salah satu cemilan yang bisa kamu kembangkan dari bahan baku tersebut.

Cara membuat keripik kulit singkong bisa kamu pelajari dengan mudah. Meskipun cara pembuatannya mudah kamu perlu mengembangkannya agar produkmu bisa bersaing dengan produk lain di pasaran.

Kiat Memulai Usaha Keripik Kulit Singkong

cara membuat keripik kulit singkong

Menjalankan bisnis keripik kulit singkong tidak bisa dibilang mudah ataupun sulit. Bisnis ini mengalami pasang surutnya sendiri. Ketika kamu membuat usaha minuman atau makanan ringan kamu akan bersaing dengan pemilik bisnis yang lebih dahulu memulai usaha. Hal ini tentu tidak mudah mengingat mereka sudah mempunyai nama di pasaran serta resep cara membuat keripik kulit singkong lebih dahulu.

Supaya kamu dapat bersaing dan mempertahankan bisnismu di pasaran berikut ini  kiat – kiat menjalankan usaha keripik kulit singkong yang bisa kamu lakukan :

1. Mengenali Jenis Cemilan

Sebelum kamu memulai usaha ini, penting bagi kamu untuk mengenali usaha terlebih dahulu. Kamu harus mempelajari terlebih dahulu bahan baku. Pelajari juga cara pengelolahan yang aman serta manfaat dan kandungan yang terdapat pada keripik kulit singkong.

2. Siapkan Produk

Sebelum kamu benar – benar memulai meluncurkan produkmu, kamu harus mengetahui betul bahan yang dibutuhkan, cara pengelolahan, resep cara membuat keripik singkong dengan baik agar tidak ada masalah saat produkmu sudah diluncurkan.

3. Kekuatan Kemasan

Seperti yang kita ketahui, fungsi kemasan bukan hanya sebagai pembungkus produk itu sendri melainkan juga sebagai penentu keberhasilan produkmu di pasaran. Maka buatlah kemasan dengan memperhatikan bahan kemasan dan desain kemasan produkmu. Buat semenarik mungking agar menarik minat konsumen di pasaran.

Kamu juga bisa menggunakan mesin untuk merekatkan atau menyegel plastik kemasan untuk membuat produkmu lebih higienis. Selain itu, juga terdapat mesin yang bisa membuat kemasan seperti Cheetos, atau merek keripik terkenal jika kamu ingin membuat produkmu lebih memiliki daya saing di pasaran.

4. Strategi Pemasaran

Tetapkan strategi pemasaran yang akan kamu gunakan dalam menjual dan menganalkan produkmu. Ada banyak jenis metode pemasaran produk, kamu nisa memilih tipe pemasaran yang paling sesuai dan sejalan dengan target pasarmu. Jangan lupa gunakan sloga menarik dan unik yang bisa membuat pembeli penasaran terhadap produkmu.

5. Siapkan Modal

Hal yang paling penting sebelum kamu memulai dan menjalankan bisnis apapun adalah modal usaha. Hitung dan cermati dengan matang – matang apa saja yang perlu kamu siapkan. Modal usaha ini nantinya akan menjadi tolak ukur untuk harga jual produk keripik kulit singkongmu.

6. Tentukan Waktu Untuk Memulai

Setelah kamu sudah matang dalam memikirkan semua kebutuhan, baik itu strategi pemasaran, modal usaha, ataupun resep produkmu, kamu juga harus memperhatikan kapan waktu untuk memulai usahamu. Memperhatikan waktu untuk memulai usahamu juga termasuk hal yang utama.

Yakinkan dirimu dan siapkan diri untuk terus berinovasi dan mengembangkan produkmu selama dipasaran

Cara Membuat Keripik Kulit Singkong yang Praktis

  1. Kulit singkong yang sudah kamu kupas ini kemudian dibersihkan serta dicuci sampai bersih. Pastikan sudah tidak ada kotoran atau tanah dikulit singkong tersebut.
  2. Setelah dicuci bersih lalu kulit singkong ini dimasak sampai warnanya kecoklatan.
  3. Kemudian setelah digoreng, kulit singkong ini dicuci lagi, dan direndam dengan menggunakan air garam yang dicampuri penyedap rasa.
  4. Pada saat proses merendam kulit singkong ini kamu perlu dua sampai tiga hari dan jangan lupa untuk mengganti air rendaman setiap harinya.
  5. Setelah bumbu dalam air rendaman ini meresap, kulit singkong yang sudah direndam tadi dijemur dibawah sinar matahari. Pengeringan ini memerlukan waktu dua hari, setelah keripik singkong ini kering barulah digoreng.

Keripik kulit singkong yang telah digoreng ini mempunyai rasa yang hampir mirip dengan keripik paru atau keripik ubi singkong. Keripik kulit ini memiliki tekstur yang gurih dan renyah, rasa pahit yang berasal dari getah singkong ini tidak akan terasa lagi karena proses perendaman yang memerlukan waktu kurang lebih selama 3 hari ini.

Olahan kulit keripik singkong ini sangat enak, mempunyai nilai jual yang tinggi serta kandungan gizi. Peluang usaha ini bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin karena masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui manfaat serta cara mengolah limbah kulit singkong ini. Jika olahan keripik singkong yang kamu hasilkan ini mempunyai hasil dan rasa yang memuaskan dan enak serta kemasan yang menarik, maka bukan tidak mungkin kamu bisa memasarkan produk kamu ini di supermarket atau toko atau pun nantinya bisa mengimpornya ke luar negeri.

Aneka Resep Cara Membuat Keripik Kulit Singkong

cara membuat keripik kulit singkong

Cara membuat keripik kulit singkong yang enak dan nikmat itu mudah banget. Berikut ini kumpulan rahasia aneka variasi dan kreasi olahan resep kripik kulit singkong sedap istimewa lengkap dengan cara membuat sendiri di rumah ala rumahan (Homemade). Cara yang diperlihatkan step by step anti gagal, simple, mudah dan praktis untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk dijual dengan ide usaha bisnis keripik kulit singkong gurih renyah enak secara online ataupun offline. Dibawah ini adalah cara membuat keripik kulit singkong, antaralain :

1. Keripik Kulit Singkong

Bahan :

  • 300 gram kulit singkong ambil bagian dalam yang berwarna putih
  • 450 ml air bersih
  • 2 siung bawang putih, yang sudah halus
  • 1 sendok makan ketumbar, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula merah, disisir halus
  • 500 ml minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Siapkan panci. Lalu masukkan air, masak sampai mendidih.
  2. Kemudian masukkan kulit singkong dan rebuslah kurang lebih 5 menit, angkat, lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya, potong-potong kulit singkong yang sudah direbus menjadi bentuk persegi , lalu sisihkan.
  4. Setelah itu, masukkan ketumbar dan bawang putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu ke dalam kulit singkong. Tambahkan garam dan gula merah, aduk hingga merata.
  5. Keringkan kulit singkong di bawah terik sinar matahari kurang lebih 1-2 hari atau sampai kering.
  6. Jjika ingin dimakan, panaskan minyak. Gorenglah kulit singkong tadi sampai matang. Angkat, lalu tiriskan.
  7. Sajikan.

2. Keripik Kulit Singkong Renyah dan Gurih

Bahan :

  • 500 gram kulit singkong
  • 25 gram gula merah, sudah disisir halus
  • 500 gram minyak goreng untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh ketumbar, dihaluskan
  • 5 bawang putih, dihaluskan
  • 3/4 sendok teh garam
  • 800 ml air bersih untuk merebus

Cara Membuat :

  1. Pertama – tama, bersihkan kulit singkong dengan cara mengupas kulit tipis yang berwarna kecoklatan, lalu dicuci sampai benar-benar bersih dari kotoran dan tanah
  2. Kedua, rebuslah kulit singkong kedalam air yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 5 menit, angkat lalu tiriskan.
  3. Ketiga siapkan wadah lalu masukkan bawang putih, ketumbar, kulit singkong, gula merah serta garam dan aduk sampai merata. Setelah itu jemur kulit singkong sampai benar-benar kering. Angkat
  4. Keempat, gorenglah kulit singkong yang sudah dijemur sampai kering ke dalam minyak goreng panas, dan gorenglah sampai renyah dan gurih. Angkat dan tiriskan.
  5. Keripik kulit singkong siap untuk disajikan.

3. Keripik Kulit Singkong Pedas Manis

Bahan :

  • 1/2 kilo gram kulit singkong
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 10 cabai merah dan rawit merah dicampur dan iris panjang
  • 1 sisir gula merah iris tipis
  • 2 sendok teh garam
  • 2 bawang merah diiris tipis
  • 1 sendok makan gula putih
  • Air untuk melumerkan gula secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Potong berbentuk stik atau sesuai selera limbah kulit singkong yang berwarna putih, inapkan terlebih dahulu selama 1 hari agar renyah dan mengering kemudian setelah diinapkan lalu rendam di air hangat yang dicampur garam
  2. Gorenglah stik kulit singkong hingga bewarna coklat kekuningan atau matang atau kering lalu tiriskan dan sisihkan
  3. Bawang putih digoreng hingga berbau harum dilanjutkan memasukkan bawang merah tunggu hingga kekuningan
  4. Kemudian masukkan irisan cabai tumis sebentar serta masukkan gula merah sambil diberi air sedit demi sedikit dan tunggu hingga mendidih
  5. Masukkan garam dan rasakan lebih dahulu kemudian aduk hingga rata. Setelah gula mengental masukkan kulit singkong yang digoreng tadi dan matikan apinya lalu aduk hingga rata
  6. Keripik kulit singkong pedas manis sudah siap disajikan

4. Keripik Kulit Singkong

Bahan :

  • Kulit singkong dari 1 kg singkong
  • 1/2 bungkus tepung serbaguna (me Sasa)
  • secukupnya Garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Pertama, cuci bersih kulit singkong, masukkan ke panci yang diberi garam dan air, kemudian rebus kulit singkong sampai lunak. Biarkan sampai dingin jika kamu sudah selesai merebus
  2. Kedua, potong bentuk stik atau bisa sesuai selera masukkan ke dalam wadah toples dan masukkan tepung serbaguna,kocok atau campur agar rata.
  3. Terakhir. panaskan minyak dan setelah panas masukkan kulit singkong. Goreng dengan api sedang sambil di aduk dan jangan ditinggal ketika kamu menggoreng keripik kulit itu. Setelah kecoklatan angkat dan sajikan, selamat mencoba!

5. Keripik Kulit Singkong Enak

Bahan :

  • Kulit singkong diambil bagian putih secukupnya
  • 750 ml air untuk merebus
  • 1 sendok teh garam
  • 3 bawang putih

Cara Membuat :

  1. Yang pertama, siapkan terlebih dahulu semua bahan yang diperlukan, cuci bersih kulit singkong dan potong-potong sesuai selera sisihkan
  2. Lalu masak air sampai mendidih dan beri bawang putih serta garam yang sudah kamu haluskan, rebus kulit singkong sampai empuk. Angkat, cucilah rebusan tadi dengan air mengalir untuk menghilangkan lendir dan tiriskan setelah itu jemur kulit singkong hingga mengering
  3. Kemudian panaskan minyak dengan api sedang dan goreng kulit singkong sambil diaduk-aduk agar tidak gosong. Angkat gorengan jika sudah kuning keemasan dan tiriskan kemudian taruh dalam toples agar tetap garing dan renyah

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat keripik kulit singkong. Kamu bisa mencobanya untuk dibuat di rumah atau sebagai ide bisnismu. Selamat mencoba!

× Whatsapp Kami!