Hari ini kita akan membahas cara mengemas keripik singkong yang baik dan benar. Keripik Singkong bukan lagi kudapan yang asing ditelinga kita. Banyak pelaku usaha yang mengelola bisnis ini. Semakin banyak yang menekuni bidang ini tentunya membuat persaingan antar penjual semakin ketat. Salah satu hal yang bisa menarik pembeli dalam membeli produk adalah kemasan.  Yuk kita simak penjelasan cara mengemas keripik singkong di bawah ini!

Mengapa Kita Perlu Mengemas Keripik Singkong?

cara mengemas keripik singkong

Mengapa kita perlu mengemas keripik singkong? atau kenapa kita harus mengemas produk yang kita hasilkan? Sebagai seorang produsen keripik singkong, kamu harus tahu betapa pentingnya kemasan terhadap produkmu. Kemasan dapat melindungi produkmu dari berbagai macam hal. Hal ini membuat kemasan semakin bermanfaat untuk produk. Sebelum kita membahas cara mengemas keripik singkong, kita akan terlebih dahulu membahas apa saja manfaat kemasan bagi produk kita.

Sejak dahulu, produk yang berada di dalam kemasan sangat berguna dan berfungsi untuk melindungi produk yang kita miliki. Seiring dengan perubahan zaman, fungsi kemasan mulai diakui sebagai salah satu kekuatan yang utama dalam persaingan pasar. Dahulu, kemasan masih terbuat dari kayu, batu, kain, keramik dan kaca. Saat itu, kemasan berfungsi untuk melindungi produk terhadap cuaca dan yang lainnya. Sekarang, bagaimana dengan fungsi utama kemasan pada produk saat ini?

1. Identitas suatu produk

Dilansir dari beberapa sumber, kemasan produk dapat berfungsi sebagai identitas produk. Hal ini dikarenakan warna, ukuran, dan bentuk khusus dari kemasan bisa berbeda-beda, sehingga dapat diidentifikasi atau dibedakan dari produk pesaing lainnya.

Identitas produk sendiri memiliki peran yang sangat penting karena akan mempengaruhi minat konsumen atau pembeli. Bukan hanya itu, identitas produk pada kemasan juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi suatu citra tertentu dan media informasi kepada pembeli lewat label yang tercantum pada kemasan. Dengan adanya identitas suatu produk akan memiliki nilai yang melekat dan menjadi ciri khas sendiri.

2. Melindungi dan mengawetkan produk

Dilihat dari keseluruhan, fungsi kemasan produk yaitu untuk melindungi isinya dari berbagai macam jenis kerusakan. Kerusakan-kerusakan ini bisa terjadi baik saat penyimpanan di gudang, handling, dan pengiriman.

Selain itu, kemasan juga dapat berguna untuk melindungi produk dari panas, sinar UV, kelembaban udara, hingga kontaminasi yang berasal dari mikroba atau kotoran yang bisa menurunkan atau merusak mutu produk.

Dengan begitu, adanya kemasan dari suatu produk bisa membuat isinya dapat terlindungi dari produsen, penjual atau distributor, sampai ke konsumen. Produk juga menjadi lebih aman dan awet.

3. Keamanan produk dan konsumen, serta legalitas

Kemasan amat penting untuk memastikan keamanan produk dan pembeli. Hal ini disebabkan karena selain mencantumkan nama merek, kemasan juga memuat informasi produk dan informasi keamanan juga. Misalnya, bahan baku pembuatan, tanggal kedaluwarsa, bahkan informasi mengenai risiko.

Informasi yang dimuat tersebut sangat berkaitan dengan keamanan pembeli. Semakin rinci informasi yang dituliskan dalam kemasan, maka akan semakin baik pula.

Bukan hanya itu saja, kemasan juga bisa menjadi media keabsahan produk, misalnya HALAL MUI, BPOM, SNI, dan P-IRT, sehingga pembeli akan tertarik dan percaya untuk membeli produk tersebut karena kualitas dan keamanannya terjamin.

4. Media Promosi

Fungsi dari kemasan selanjutnya adalah sebagai media pemasaran dan promosi. Oleh sebab itu, kemasan harus memiliki pengaruh baik terhadap keputusan konsumen.

Warna, Logo, Simbol, Desain, komposisi, manfaat, dan keunggulan sangat memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. Semakin unik dan menarik sebuah kemasan produk, maka akan semakin mempengaruhi peningkatan daya beli konsumen.

5. Meningkatkan efisiensi

Efisiensi juga menjadi salah satu dari banyaknya fungsi dari kemasan produk. Karena, hal tersebut berpengaruh terhadap kecepatan distribusi sebuah produk.

Kemasan harus efisien dan simpel agar mudah dihitung, dipindahkan, diangkat, dan disimpan, sehingga tidak menghambat pendistribusian produk. Dengan begitu, sebuah produk akan selalu terjamin keamanan dan kualitasnya karena tidak rusak dan siap digunakan atau dikonsumsi sebagaimana mestinya produk itu dibuat.

6. Simbol Estetika

Sebuah kemasan keripik bisa memberikan kesan unik entah dari warna, tulisan ataupun bentuk. Ciri estetika ini bisa kamu lihat dari elemen desain seperti pemilihan tipografi, warna, dan komposisi.

7. Aspek Ergonomi

Meskipun kita tahu membuat desain kemasan keripik atau bentuk kemasan tidak boleh sembarangan dan tidak mudah. Aspek ergonomi ini menjadi salah satu bahan penting dalam pertimbangan pembuatan kemasan. Tata cara penataan kemasan dan kemudahan dalam membuka kemasan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Nah itu tadi beberapa manfaaat kemasan produk, untuk kamu yang khususnya memiliki atau berencana membuka usaha cemilan keripik singkong atau chips, kamu harus mencari beberapa referensi kemasan menarik dan keren, dan kamu  bisa jadikan ide kemasan untuk produkmu!

Cara Membuat Desain Kemasan Keripik Singkong Menarik

cara mengemas keripik singkong

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengemas keripik singkong, kita bahas terlebih dahulu cara membuat desain kemasan supaya menarik. Di bawah ini adalah beberapa cara membuat desain kemasan keripik yang menarik :

  • Kamu harus mendesain kemasan keripik singkong dengan kreatif dan inovatif, serta mempermudah konsumen saat mengkonsumsi dan membawanya karena saat ini para pembeli lebih mengutamakan nilai kepraktisan suatu produk.
  • Memperhatikan dalam memilih warna kemasan yang menarik dan cerah. Pemilihan warna yang menarik dan tepat pada kemasan produk akan membuat kemasan itu sendiri terlihat lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang ditimbulkan dari warna kemasan itulah yang akan lebih memberi kesan berkualitas, mewah dan bermutu pada kemasan produkmu.
  • Informasi yang jelas dan singkat tentang produk keripik singkong yang ada di dalam kemasan produk. Informasi yang dituliskan mengenai petunjuk penggunaan, varian rasa(apabila berupa makanan dan minuman) dan manfaat produk. Selain itu, penting dan perlu juga bagi pelaku usaha makanan ringan untuk mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintah yang berwenang. Misalnya untuk bisnis makanan ringan maka badan yang terkait diantaranya adalah Dinas Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, juga sertivikasi halal.
  • Nilai dari jenis kemasan produk yang tampilannya dibuat mewah, terkadang membutuhkan harga produksi yang banyak pula sehingga dapat memberatkan harga beli konsumen. Untuk itu, sebelum kamu membuat kemasan produk perlu mempertimbangkan target pembeli yang akan kamu bidik. Jika target konsumenmu adalah kelas menengah ke bawah, maka akan sulit untuk produkmu bersaing. Berbeda lagi ketika konsumen yang akan kamu bidik adalah kelas menengah ke atas, maka kemasan produk yang mewah dengan harga produk yang tinggi pula tidak akan memberatkan ataupun menjadi penghalang untuk bersaing di pasaran.

Referensi Desain Kemasan Keripik Singkong

Di bawah ini ada beberapa ide referensi desain kemasan keripik singkong yang menarik dan dapat memikat konsumen untuk membelinya :

Standing Pouch

Keripik Singkong dengan kemasan plastik sudah pasaran! Ayo buat keripik singkong kamu terlihat lebih berkelas dan berbeda dengan kemasan standing pouch ini! Selain membuat produkmu terlihat lebih eksklusif, penggunaan standing pouch ini juga dapat mempermudah konsumen saat menikmati keripik kamu!

Desain unik buat kripik ber-LEVEL

Nah untuk kamu yang memiliki produk keripik pedas berlevel, bisa nih kemasan produknya dibuat seperti snack dari U.K, luar negeri. Selain memperindah dan membuat kemasan terlihat lebih unik, penggunaan nomor berukuran jumbo juga dapat mempermudah konsumen untuk memilih level pedas yang mereka inginkan!

Simple but Super Elegant

Kemasan produk yang satu ini sederhana dan gak terlalu rame. Tapi kemasan produkmu bisa terlihat super elegan dan mahal. Memadukan warna dasar hitam pada kemasan akan menyatu sempurna dengan warna emas pada tulisannya. Nah ini bisa dijadikan contoh referensi dalam merancang sebuah kemasan yang bagus dan gak harus rame ataupun colorful. Yang paling penting adalah MATCH!

Paper Box Unik Super Lucu

Nah kemasan yang satu ini termasuk unik banget! Kamu bisa menggunakan paper box dengan bentuk yang unik dan menarik untuk mengemas keripik kamu! Bentuk box produknya pun bisa kamu modifikasi sesuai kreasi, selera, dan target pasar kamu! Karena kemasan paper box ini menambah kesan eksklusif pada produk kamu, pastinya kamu pun bisa memperoleh keuntungan lebih dengan memberikan harga eksklusif juga untuk keripik pisangmu!

Transparant Packaging

Untuk kemasan yang satu ini buatlah yang terdapat bagian transparannya. Hal ini membuat konsumen dapat melihat kondisi produk yang kamu jual. Jadi pastikan kondisi keripik singkong kamu dalam kondisi OKE supaya konsumen makin tertarik buat membeli produkmu!

Cara Mengemas Keripik Singkong

cara mengemas keripik singkong

Untuk kamu yang memiliki usaha keripik singkong,hendaknya tahu bagaimana cara mengemas keripik singkong yang baik dan benar supaya bisa memiliki tampilan yang bagus dan memiliki daya tarik tersendiri tentunya.

Dalam hal cara megemas keripik singkong biasanya kamu sering menemui dalam bentuk kemasan plastik. Namun perlu kamu ketahui bahwa keripik singkong juga perlu dikemas dalam bentuk semenarik mungkin agar menarik para pembeli.

Ya, keripik singkong yang di produksi menggunakan mesin Vacuum Frying mempunyai tingkat kerenyahan yang cukup tinggi dan bagus. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu kekurangan dan kelebihan, mengapa begitu? Karena mengemas keripik singkong dalam suatu wadah bukanlah hal yang mudah di lakukan. Oleh sebab itu banyak pelaku usaha kudapan ini yang menggunakan kemasan keripik khusus agar isi kemasanya bisa tetap terjaga dengan baik dan tetap berkualitas hingga berada di tangan konsumen.

Kini semakin berkembangnya jenis kemasan, kemasan keripik singkong hadir dalam bentuk paper craft, gussete maupun kemasan kotak sekalipun. Inilah berbagai cara mengemas keripik singkong yang benar.

Kemasan Keripik Singkong sendiri hampir sama seperti kemasan keripik pada umumnya, hanya saja perbedaan paling kentara adalah pada material bahan yang akan di pilih. Pertama, pengemasan keripik singkong menggunakan plastik yang bersablon. Dengan kemasan ini tentunya tampilan keripik singkong akan terlihat lebih rapi dan menarik. Selain itu pada kemasannya terlihat jelas desain gambarnya.

Banyak pengusaha atau pebisnis kuliner keripik singkong UKM memilih menggunakan kemasan pouch dengan material nylon, untuk system segelnya menggunakan tipe pressing sealer. Namun ada pula sebagian produsen yang memilih menggunakan kemasan Standing zipper pouch. Nah, khusus untuk tipe zipper kemasan ini dirasa paling pas untuk mengemas keripik UKM.

Mengapa  Tipe Zipper?
  • Bahan yang kuat dan tebal
  • System zipper lock pada kemasan memungkinkan isi produk tetap baik meski mengalami buka tutup
  • Terdapat tipe standing, membuat produk kamu semakin berkelas dan elegan
  • Mempunyai variasi ukuran banyak

Nah, hal-hal di atas tadi merupakan kelebihan dari plastic zipper pouch disbanding dengan bahan nylon pouch. Akan tetapi kekurangan dari kemasan keripik yang satu ini adalah harga yang lebih mahal. Jika kamu melakukan kalkukasi dari sisi ekonomi tentu saja hal ini kurang baik, namun dari sisi promosi dan branding ini adalah hal yang harus bisa kamu terapkan.

Selain 2 kemasan di atas, ternyata ada satu lagi jenis kemasan keripik yang saat ini sedang ngetren dikalangan anak muda. Kemasan yang dimaksud adalah Carton Tube. Ya kemasan ini bisa kamu lihat dari produk keripik kentang perusahaan camilan terkenal seperti Chitato, Pringless, dan lain – lain. Dengan menggunakan kemasan keripik jenis carton tube ini, maka bisa dibilang dari sisi tampilan produkmu akan terlihat sangat berkelas dan bersaing.

Cara Mengemas Keripik Singkong Menggunakan Mesin

 

Seperti yang dijelaskan di atas, terdapat banyak cara mengemas keripik singkong dengan baik dan benar. Selain menggunakan jenis kemasan seperti yang sudah diterangkan di atas, kamu juga bisa mengemas keripik singkong menggunakan mesin. Kenapa harus menggunakan mesin? Apa ada mesin yang bisa digunakan untuk mengemas makanan?

Cara mengemas keripik singkong secara manual sering dilakukan oleh para pelaku usaha. Hal ini disebabkan karena anggapan biaya yang lebih mudah. Namun, pengemasan secara manual juga memiliki kekurangan. Apabila pesanan produk keripik singkong membludak dan proses pengemasan tidak bisa memenuhi targret, hal ini akan menghambat proses penjualan.

Berbeda dengan mesin, kita hanya perlu orang yang ahli dalam operator mesin dan mesin dengan sendirinya mengemas keripk tanpa perlu menggunakan banyak tenaga. Dibawah ini, beberapa mesin yang bisa kamu gunakan untuk mengemas keripik singkong :

1. Mesin Kemasan Sachet – Mesin Pengemas Sachet Terbaru 2022

Mesin Kemasan Sachet atau Mesin Pengemas Sachet merupakan mesin atau alat yang berguna untuk mengisi kemasan sachet sekaligus menyegel ( menutupnya ) dengan steril dan rapat.

Kemasan yang paling banyak beredar di dunia adalah kemasan sachet. Melihat dari ukuran kemasan yang ekonomis membuat para konsumen bisa memungkinkan untuk tertarik atau bisa membelinya.

Mesin Kemasan Sachet ini bisa membuat kemasan dengan ukuran kecil yang membutuhkan penyegelan atau pengemasan steril namun tetap dengan proses yang cepat dan tepat. Hal ini membuat para pengusaha industri membutuhkan atau mencari alat / mesin yang dapat melakukan semua itu dengan lebih optimal.

2. Mesin Continuous Sealer

Mesin Continuous Sealer merupakan sebuah mesin atau perangkat yang memiliki fungsi sebagai penyegel atau penutup kemasan dengan sangat rapat.

Penyegelan kemasan adalah proses yang lazim dilakukan oleh banyak industri, baik industri minuman, makanan, otomotif, farmasi, elektronik, dan lain sebagainya.

Dengan dilakukannya proses penyegelan kemasan, maka kemasan akan tertutup dengan rapat dan terhindar dari kontaminasi virus, bakteri, dan debu, serta menghalangi udara masuk.

Dengan dilakukannya proses penyegelan,umur dan daya tahan produk yang dikemas lalu disegel dengan Mesin Press Plastik akan lebih lama.in pengemas yang satu ini sangat cocok digunakan pada industri minuman dan makanan, ataupun industri lain yang memerlukan kemasan berstandar mutu tinggi.

Demikian tadi penjelasan tentang berbagai macam cara mengemas keripik singkong. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis keripik singkong. Selamat mencoba cara mengemas keripik singkong yang sesuai dengan usahamu!

× Whatsapp Kami!