Olahan singkong tak pernah mati dari pasaran. Semakin hari penggiat usaha ini semakin meningkat. Keripik singkong adalah olahan yang paling laris. Namun dalam pembuatan keripik singkong tak semudah yang dibayangkan. Ketebalan potongan singkong menjadi kunci dalam keberhasilan membuat olahan ini. Karena hal itu, hari ini kita akan menjelaskan cara memotong singkong untuk keripik. Sudah siap untuk pembelajaran hari ini, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini

Apa Itu Keripik Singkong?

cara memotong singkong untuk keripik

Singkong atau ketela pohon adalah pohon tahunan subtropika dan tropika. Singkong dikenal luas jika daunnya sebagai sayuran dan umbinya sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat. Olahan dari singkong pun beraneka macam, ada yang dijadikan sebagai makanan khas suatu daerah seperti tape, getuk, dan keripik menjadi salah satu olahan primadona dari singkong yang banyak digemari

Keripik merupakan kudapan yang terbuat dari buah-buahan, umbi-umbian, juga sayuran yang dijemur, digoreng, atau dikeringkan, yang kemudian diiris dengan cara tipis-tipis. Untuk menciptakan rasa yang renyah dan gurih, keripik biasanya dicampur dengan bumbu rempah ataupun adonan tepung tertentu.

Berdasarkan definisi keripik di atas, Keripik singkong bisa didefinisikan sebagai makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Kemudian irisan singkong digoreng dengan rasa asin asli yang beraroma bawang dengan cita rasa yang gurih. Keripik singkong banyak digemari masyarakat karena rasanya renyah dan gurih, serta memiliki harga yang murah. Keripik singkong sangat pas jika dinikmati di waktu luang bersama keluarga dan sahabat.

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Meski singkong dan olahannya terlihat sederhana dan seringkali dipandang sebagai makanan kalangan bawah, singkong memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk kesehatan karena memiliki nutrisi cukup lengkap. Maka dari itu sebelum membahas cara memotong singkong untuk keripik, sebagai olahan singkong, keripik singkong juga memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Sumber Vitamin B Kompleks.

Singkong bisa disebut sumber vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, thiamin,piridoksin (vitamin B6), asam patotenat, dan folat. Riboflavin dapat mencegah penyakit anemia karena bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah.

Singkong juga mengandung amygdaline atau vitamin B17 yang berguna dalam membantu menghancurkan enzim penyebab kanker. Vitamin B17 juga bermanfaat sebagai alat pengobatan kanker tanpa perlu kemoterapi.

2. Sumber Vitamin K

Vitamin K diperlukan tubuh untuk membangun massa tulang dengan cara memicu aktivitas osteotrophic di dalam tulang. Tulang sendiri memiliki fungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Mengonsumsi singkong bisa menjaga tulangmu supaya tetap kuat.

Vitamin K juga dapat mengurangi kerusakan saraf pada otak sehingga bermanfaat dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer atau pikun. Tanda-tanda penyakit alzheimer bisa dilihat jika seseorang mengalami penurunan kemampuan berbicara dan berpikir.

3. Sumber Mineral

Singkong juga mempunyai beberapa kandungan mineral yang penting bagi tubuh. Seperti seng, tembaga, besi, magnesium, mangan dan kalium. Kandungan kalium yang terdapat di singkong juga cukup tinggi, yaitu dalam 100 gram singkong terdapat 271 mg kalium.

Kalium adalah bagian yang sangat penting dari cairan tubuh dan sel, serta mempunyai peran dalam membantu mengatur tekanan darah dan denyut jantung. Jika kamu kekurangan kalium bisa menyebabkan gangguan pada irama jantung, atau yang biasa disebut dengan aritmia. Bukan hanya itu, kalium juga memiliki kegunaan dalam mengantur tekanan darah sehingga mencegah hipertensi.

4. Sumber Energi

Singkong adalah bahan makanan rendah lemak dan kolesterol. Namun, singkong tinggi kalori, yaitu dalam 100 gram mengandung 160 kalori. Pada zaman dahulu, singkong pernah dijadikan bahan makanan pokok sebagian rakyat Indonesia. Di masa sekarang pun, pemerintah mulai menggalakkan gerakan supaya umbi-umbian termasuk singkong bisa menjadi salah satu makanan pengganti nasi.

Singkong merupakan umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori tertinggi, hal ini terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. Jika dibandingkan dengan kentang kandungan kalori pada singkong dua kali lipat lebih tinggi. Singkong bisa mencukupi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Sumber Serat

Serat pangan sangat berguna bagi kesehatan tubuh karena memiliki banyak kegunaan, yaitu seperti di bawah ini :

  • Dapat menurunkan tekanan darah sehingga berguna dalam mencegah penyakit hipertensi.
  • Berguna untuk mencegah penyakit jantung karena dapat menjaga kadar kolestrol yang terdapat di dalam darah. Zaman dahulu, penyakit jantung banyak diderita kaum lansia, tetapi saat ini anak yang berusia muda pun banyak terserang penyakit ini. Hal ini akibat gaya hidup, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, tingkat stres yang tinggi dan kurangnya olahraga.
  • Membantu memperlancar sistem pencernaan pada tubuh
  • Mencegah obesitas, karena singkong mempunyai kandungan serat yang tinggi namun rendah lemak.
  • Mengurangi risiko penyakit diabetes, sebab serat mampu mengontrol kadar gula darah supaya tetap berada dalam batas normal.
  • Bisa mencegah kanker usus besar, hal ini karena kandungan serat yang ada di dalam singkong membantu proses buang air besar atau BAB menjadi lancar.
  • Dapat mengurangi risiko terkena stroke, yaitu hilangnya fungsi otak dengan cepat yang disebabkan karena gangguan aliran darah menuju ke otak.

6. Bebas Gluten

Belakangan ini, tren makanan bebas gluten banyak dilakukan masyarakat yang menggandrungi gaya hidup sehat. Kandungan gluten yang terdapat pada makanan diketahui dapat menyebabkan penyakit celiac. Celiac merupakan reaksi tubuh yang disebabkan intoleransi terhadap zat gluten. Celiac ditandai dengan kerusakan usus halus yang menyebabkan usus kehilangan kemampuan dalam mencerna beberapa nutrisi tertentu.

Jenis-Jenis Cara Memotong Singkong Untuk Keripik

cara memotong singkong untuk keripik

Berbagai varian pada olahan keripik singkong sudah banyak disajikan. Namun, kendala yang paling sering dijumpai adalah cara memotong singkong untuk keripik. Memotong singkong untuk keripik bisa dibilang sulit. Hal ini disebabkan karena tebal tipisnya singkong dapat mempengaruhi proses produksi keripik singkong.

Kecepatan, ketepatan, dan keseragaman potongan singkong juga memnjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk keripik singkong. Jenis jenis potongan singkong juga menjadi hal yang sering dipertimbangkan. Berikut ini jenis-jenis potongan singkong yang dapat kamu gunakan dalam produkmu, yaitu :

1. Memanjang

Memotong singkong dengan cara memanjang cukup mudah dilakukan. Dalam memotong singkong bentuk memanjang harus memperhatikan dalam ketebalan ukuran potongan supaya seragam.

2. Spiral

Potongan spiral bisa menjadi alternatif untuk singkong yang diolah dengan dipanggang atau goreng. Dikutip dari sebuah sumber, jika singkong dipanggang dengan potongan spiral akan menghasilkan tekstur renyah pada bagian luar dan dalamnya lembut. Sedangkan jika singkong digoreng spiral biasanya disajikan dengan ditusuk pada lidi terlebih dahulu atau dikenal dengan sebutan singkong tornado.

Cara memotong singkong spiral dilakukan dengan menusuk tusuk sate kayu pada potongan singkong dari satu ujung sempit ke ujung lainnya. Kemudian potong singkong di salah satu ujungnya dengan pisau kecil sampai mengenai tusuk sate. Putar singkong perlahan dan gerakkan pisau di sepanjang singkong. Potonglah menjadi spiral di sekitar tusuk sate. Saat sudah mencapai ujung lainnya, geser singkong yang sudah diiris ke bawah tusuk sate untuk membuka spiral.

Namun, memotong bentuk spiral secara manual membutuhkan waktu dan usaha yang lebih banyak. Lebih baik gunakan alat atau mesin pemotong singkong jika ingin menghemat tenaga dan biaya.

3. Potongan Bulat-bulat

Potongan singkong bulat-bulat tipis paling enak dimasak untuk camilan keripik. Singkong yang dipotong tipis ini bisa memberi tekstur renyah setelah digoreng, karena panas minyak dapat mematangkan singkong dengan cepat dan mengeringkannya.

Supaya bisa memperoleh potongan singkong yang tipis, pisau yang digunakan harus tajam sehingga mudah untuk mengiris singkong. Sekarang, dengan berkembangnya teknologi memotong singkong berukuran bulat-bulat tipis sudah bisa didapatkan dengan menggunakan mesin pemotong singkong.

Cara Membuat Mesin Pemotong Singkong Manual

Bagi sebagian orang membuat peralatan sendiri dikatakan dapat menghemat biaya, sebagian yang lain membuat peralatan sendiri karena suka. Dalam pembuatan keripik singkong, terdapat alat yang digunakan untuk memotong singkong agar menjadi keripik.

Cara memotong singkong untuk keripik memiliki berbagai macam cara sehingga bisa menggunakan berbagai macam peralatan pula. Ini dia cara membuat alat pemotong singkong untuk keripik secara sederhana, murah, dan mudah. Berikut langkah-langkah pembuatannya :

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan dirakit menjadi alat atau mesin pemotong singkong menjadi keripik
  2. Untuk itu siapkan klem penjepit, rangka utama, ring, bearing, ring, piringan pisau, pisau, sekrup, handel, dan baut utama
  3. Setelah itu kita masuk ke dalam proses perakitan mesin pengiris singkong manual
  4. pasanglah kedua bearing pada rangka utama, setelah itu dilanjut dengan ring, piringan pisau, pisau, sekrup, handel, dan ring yang berada diseberang piringan pisau. Pastikan terlebih dahulu bahwa semua komponen tadi sudah benar-benar terpasang dan jangan sampai kurang pas dalam pemasangan.
  5. Setelah yakin semua komponen tersebut terpasang, barulah yang terakhir pasang baut utama.
  6. Mesin pemotong singkong manual sudah jadi dan bisa digunakan

Alat Untuk Memotong Singkong Menjadi Keripik

Terdapat banyak cara memotong singkong untuk keripik. Dari mulai manual, membuat DIY alat pemotong singkong, hingga menggunakan alat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan menghemat biaya semaksimal mungkin.

Memotong menggunakan pisau membutuhkan lebih banyak keterampilan. Kamu perlu berlatih hingga terbiasa supaya potongan singkong yang kamu hasilkan benar- benar rapi dan memuaskan. Selain itu, memotong singkong menggunakan pisau atau manual memerlukan lebih banyak pekerja.

Mengerjakan secara manual jelas memerlukan waktu yang lebih lama dibanding menggunakan mesin atau alat yang dihasilkan suatu perusahaan. Selain itu kecepatan dalam memotong singkong juga tidak sebaik mesin. Mesin memiliki jangka waktu memotong lebih cepat dibandingkan manusia.

Sedangkan jika kamu membuat DIY alat pemotong singkong untuk keripik sendiri akan membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya. Bukan hanya itu kamu benar- benar harus menguasai dalam perakitan supaya alat yang kamu buat tidak mengecewakan dan tidak mengganggu proses produksi.

Karena hal di atas, menyababkan mesin pemotong singkong buatan suatu perusahaan atau pabrik lebih digemari banyak pelaku usaha keripik singkong. Berikut ini rekomendasi mesin pemotong singkong :

Mesin Pemotong Singkong

Alat atau Mesin Pemotong Singkong merupakan mesin atau alat untuk memotong singkong yang dijadikan keripik singkong.

Mesin atau alat ini memakai sistem piringan pisau berputar dengan mengandalkan kekuatan tangan untuk menekan singkong supaya bisa terpotong tipis-tipis.

Mesin pemotong singkong ini tersedia dengan jenis yang digunakan secara manual yang menggunakan engkol tangan atau juga yang digunakan langsung digerakkan dengan motor.

Keunggulan Mesin Pemotong Singkong

  • Mesin mudah dibawa kemana-mana.
  • Cara pengoprasionalnya mudah.
  • Lebih hemat bahan bakar.
  • Perawatan mesin atau alat ini mudah dan sederhana.

Spesifikasi Mesin Pemotong Singkong :

Kapasitas Proses Yang Dihasilkan:50 Kg / Jam.
Material Rangka Yang Dihasilkan:Besi Siku.
Bahan Material Tutup Yang Dihasilkan:Platezzer.
Material Pringan Yang Dihasilkan:Pisau Baja.
Dimensi Mesin Yang Dihasilkan:500 mm x 500 mm x 650 mm.
Penggerak Yang Dihasilkan:Elektro Motor.
Daya Yang Dihasilkan:1/2 HP.
Voltase / Tegangan Listrik Yang Dihasilkan:220 V.
Frekuensi Yang Dihasilkan:50 Hz / 60 Hz.
Energi Yang Digunakan Yang Dihasilkan:Listrik.
Fungsi Dari Mesin Ini:Untuk Merajang Dan Memotong Singkong Yang Akan Dijadikan Keripik Singkong.

Mesin Keripik Singkong Multifungsi Terbaru 2022

Alat Pemotong Keripik Singkong / Mesin Keripik Singkong / Alat Pemotong Singkong ini dapat difungsikan untuk perajang ketela, pisang, talas dan lain-lain. Hasil rajangan yang dihasilkan mesin ini berbentuk tipis, mudah dalam proses penggorengan dan menghasilkan keripik singkong yang renyah.

Spesifikasi Mesin Keripik Singkong ini tidak jauh berbeda dengan mesin pemotong singkong diatas.

Cara Membuat Beraneka Ragam Keripik Singkong

cara memotong singkong untuk keripik

Setelah mengetahui cara memotong keripik untuk singkong, ayo kita membuat beraneka varian rasa keripik singkong yang bisa dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Kamu bisa menggunakan mesin untuk memotong singkong ataupun memotong singkong secara manual. Berikut ini beberapa cara membuat beraneka ragam keripik singkong, yaitu :

Keripik Singkong Balado Khas Minang

Bahan-bahan :

  • 1 kg singkong
  • Minyak kelapa untuk menggoreng Keripik
  • Bahan Balado
  • 100 gram cabe yang sudah digiling
  • 2 bawang merah
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 mili liter minyak kelapa
  • 1 sendok makan jeruk nipis

Cara Membuat :

  1. Potong singkong (gunakan mesin pemotong untuk hasil yang seragam), cuci bersih singkong hingga hilang getahnya, hal itu bertujuan supaya ketika digoreng tidak menghitam
  2. Panaskan minyak kelapa dan goreng singkong hingga warnanya sedikit kekuningan
  3. Panaskan kembali minyak kelapa (sekitar 100 ml sisa dari menggoreng keripik) tumis bawang merah hingga harum, kemudian masukkan cabe giling masak juga hingga wangi, dan tambahkan gula pasir. Masak bumbu tersebut hingga menyatu dengan minyak
  4. Masukkan jeruk nipis supaya wangi dan masak hingga minyak kering.
  5. Tuang keripik singkong kedalam bumbu yang sudah dibuat lalu aduk rata
  6. Sajikan

Keripik Singkong Balado Basah

Bahan-bahan :

  • 1 kg Singkong (kurang lebih)
  • Bumbu halus (bumbu halus berupa : cabe keriting, bawang putih, cabe rawit,dan cabe merah)
  • 3 Gula Merah
  • Gula pasir
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • 2 bungkus kecil Asam Jawa
  • 15 lembar Daun jeruk

Cara Membuat :

  1. Pertama, kupaslah singkong dan cuci bersih lalu di potong memakai alat untuk membuat keripik singkong
  2. Kedua, gorenglah singkong yang telah di potong tipis hingga kering lalu sisihkan dulu
  3. Ketiga, haluskan bumbu bumbu yang sudah seharusnya dihaluskan setelah itu di tumis hingga harum bersamaan dengan daun jeruk
  4. Keempat, jika sudah wangi masukan air dan gula serta penyedap rasa secukupnya tunggu hingga bumbu sampai mengental
  5. Kelima, jika bumbu sudah mengental tuang keripik singkong yang tadi lalu aduk sampai rata
  6. Terakhir, Keripik singkong balado basah siap dihidangkan

Demikian pembahasan kita hari ini tentang cara memotong singkong untuk keripik. Kamu bisa menggunakan cara-cara di atas supaya hasil potongan keripikmu lebih memuaskan. Semoga bermanfaat ya!

× Whatsapp Kami!