Dari waktu ke waktu, olahan singkong makin beragam dan berkembang. Olahan yang paling banyak peminatnya adalah keripik singkong. Karena peminat keripik singkong bertambah banyak setiap harinya, para pelaku usaha banyak yang menjalankan bisnis ini. Akan tetapi masalah yang sering ditemui penjual adalah keripik yang dihasilkan keras. Maka dari itu, hari ini kita akan membahas cara membuat keripik singkong renyah tidak keras. Yuk kita simak penjelasannya

Keripik Singkong

cara membuat keripik singkong renyah tidak keras

Keripik Singkong adalah salah satu dari banyaknya olahan singkong. Singkong sendiri termasuk umbi-umbian yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Sama dengan namanya, keripik singkong dibuat dari bahan dasar singkong yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga garing atau renyah. Keripik singkong biasanya imemiliki rasa asin gurih yang lezat.

Selain itu, kamu juga bisa membuat keripik dengan macam-macam varian rasa yang diinginkan. Mulai dari keripik singkong manis, keripik singkong pedas bubuk cabai, atau keripik singkong dengan cita rasa rempah- rempah Indonesia. Karena rasanya cocok dilidah masyarakat Indonesia, para pelaku usaha memanfaatkan hal ini.

Cara Memilih Singkong

Memilah dan memilih singkong bisa disebut gampang-gampang susah. Untuk orang yang baru berkenalan dengan keluarga umbi-umbian ini bisa menerapkan tips berikut ini untuk memilih singkong yang tepat sebelum mengolahnya jadi keripik singkong yang nikmat :

  1. Pilih singkong yang masih fresh, masih segar yang dimaksud adalah baru dicabut dari tanah. Memang lumayan sulit untuk memastikan ini, kecuali kamu menanam singkong sendiri di kebun belakang rumah. Apabila memungkinkan kamu bisa membeli singkong ketika baru diturunkan atau datang dari mobil pengepul. Biasanya singkong yang seperti ini masih segar dan baru pasca panen.
  2. Cara yang lainnya kamu bisa memilih singkong yang memiliki kulit tidak terkoyak. Kulit singkongnya masih segar, mulus, dan tidak ada tanda-tanda kecacatan. Bisa juga disebut terkelupas.
  3. Pada umumnya singkong yang empuk memiliki tanda kulit ari yang sudah mulai mengelupas. Kamu bisa memperhatikan kulit arinya yang tampak kasar, atau biasa disebut kriwil-kriwilnya dalam Bahasa Jawa.
  4. Kamu perhatikan saat mengupas, kulit singkong yang bisa dengan mudah terkelupas kulitnya pasti empuk (kualitasnya bagus). Ini salah satu tanda yang menandai bahwa singkong itu baik.
  5. Perhatikan bagian penampang daging. Jika tampak sebuah pola lingkaran berwarna kehijauan serta kebiruan, batalkan niat untuk membeli singkong itu. Singkong jenis ini sudah tak layak lagi untuk dikomsumsi.
  6. Daging singkong yang mempunyai warna krem biasanya sangat empuk. Namun hal ini bukan berarti singkong yang mempunyai warna daging putih tidak kalah empuk.
  7. Jika melihat singkong yang di bagian dagingnya terlihat keras, tidak mempunyai serat, serta kasar, biasanya singkong seperti ini tidak empuk. Hindari memilih singkong dengan ciri tersebut.
  8. Jika singkong telah kamu kupas maka cara menyimpannya dengan direndam didalam air. Kemudian masukkan ke lemari es dengan bagian daging singkong terendam penuh dengan air.
  9. Jika singkong yang kamu beli belum dikupas simpan di tempat terbuka. Jangan pernah menyimpan singkong di ruangan atau suhu yang lembab.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

Bagi pelaku usaha keripik singkong, produksi adalah hal yang dilakukan. Hal yang diperhatikan selama produksi adalah tekstur dan rasa keripik singkong. Tekstur dan rasa adalah hal yang penting mengingat hal tersebut yang menentukan keberhasilan usaha.

Membuat keripik singkong sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun, terkadang rasa dan tekstur yang diinginkan tidak sesuai dengan keinginan. Kendala yang sering dialami oleh pelaku usaha adalah tekstur keripik singkong menjadi keras. Selain itu, terkadang rasa yang dihasilkan juga tidak pas. Hal ini tentunya menjadi masalah yang harus diatasi oleh pemilik usaha. Apa kamu tertarik membuat keripik singkong yang renyah? Ayo kita bahas bersama-sama. Berikut ini beberapa tips cara membuat keripik singkong renyah tidak keras, antara lain :

1. Singkong Diiris Tipis Terlebih Dahulu

Terlebih dahulu kupaslah singkong. Lalu, setelah itu iris singkong tipis-tipis. Tebalnya irisan singkong ini bisa berpengaruh pada kerenyahan keripik. Jika kamu memotong terlalu tebal kerpik menjadi keras. Sebaiknya untuk memotong singkong, gunakan alat atau mesin pemotong singkong untuk hasil yang maksimal.

Kamu bisa bentuk irisan singkong menjadi bulat-bulat atau persegi sesuai dengan selera.

2. Siapkan Larutan Garam dan Baking Soda

Sediakan wadah atau baskom untuk diisi dengan air panas. Senjutnya kamu bisa menambahkan garam dan baking soda. Larutkan baking soda dan garam kedalam air panas. Campuran dari baking soda dan garam inilah yang akan digunakan untuk merendam singkong.

3. Singkong Direndam sekitar Satu Jam 

Kamu dapat merenda singkong selama sekitar satu jam. Waktu untuk merendam singkong tidak harus satu jam, minimal 30 menit. Setelah itu, cucilah singkong dengan air mengalir. Tiriskan sampai kering selama beberapa menit sebelum kamu goreng.

4. Goreng dengan Api Sedang

Tuangkan minyak goreng yang cukup banyak dan panaskan dengan api sedang. Setelah itu, gorenglah singkong sampai kuning keemasan. Angkat hasil keripik yang sudah digoreng dan taruh di mangkok atau wadah dengan dialasi kertas untuk menyerap minyak yang berlebihan.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Menurut Pakar Kuliner dan Gizi

cara membuat keripik singkong renyah tidak keras

Cita rasa gurih ditambah sensasi renyah, membuat keripik singkong menjadi salah satu camilan favorit ketika mencari teman pendamping pengisi weekend. Menurut pakar kuliner dan gizi Budi Sutomo, berikut ini cara untuk membuat keripik singkong renyah tidak keras :

1. Pilih Singkong yang Tidak Terlalu Tua

Pilihlah singkong yang tidak terlalu tua, sebab singkong yang terlalu tua mempunyai kandungan banyak serat, selain itu jika memilih singkong yang muda tidak cocok, sebab kandungan patinya rendah. Jika kandungan patinya rendah keripik yang dihasilkan kurang renyah. Singkong yang pas digunakan untuk keripik adalah singkong yang berusia 6-7 bulan.

2. Ketebalan Potongan

Ketebalan untuk membuatan keripik singkong kira-kira sekitar 1 mm. Semakin tipis irisan singkong maka hasilnya semakin renyah keripik. Singkong bisa dipotong menggunakan pisau yang tajam atau dengan mesin pemotong keripik agar ketebalannya sama semua.

3. Rendam dengan Baking Soda dan Garam

Supaya keripik singkong yang dihasilkan menjadi renyah, kamu bisa melakukan perendaman dengan campuran baking soda dan garam . Takaran yang bisa kamu gunakan untuk 2 kilogram singkong adalah  dengan menambahkan 3 sdm garam halus, 1 sendok makan baking soda, kedalam 1,5 liter air lalu larutkan.

Kemudian, rendam singkong kurang lebih 30 menit, tiriskan hingga kering setelah itu digoreng. Dengan cara ini keripik singkong menjadi lebih renyah.

4. Tambahkan Sodium Meta Bisulfit Untuk Warna Yang Bagus

Selain tekstur dan rasa, warna adalah hal yang penting. Supaya dapat menghasilkan warna keripik singkong kuning kecokelatan yang bagus, Budi Sutomo mengatakan,tambahkan Sodium Meta Bisulfit 1 1/2 sdt ke dalam rendaman singkong. Waktu untuk proses perendaman dilakukan kurang lebih 30 menit lalu tiriskan.

Fungsi dari bubuk Sodium Meta Bisulfit selain menghasilkan warna yang lebih menarik pada keripik juga dapat digunakan sebagai pengawet. Bubuk Sodium Meta Bisulfit bisa didapatkan di toko bahan kimia dan toko bahan kue.

5. Menggoreng Keripik Singkong

Setelah singkong ditiriskan dari rendaman, gorenglah dengan suhu 200-300 derajat Celsius. Untuk lama menggoreng kerupuk berbeda, hal ini tergantung dari banyaknya keripik. Namun, biasanya proses matangannya keripik bisa terlihat jika sudah berwarna kuning kecokelatan dan keripik sudah kering.

Dalam menggoreng keripik singkong ini, ada dua jenis minyak yang bisa kamu gunakan. Kedua minyak itu adalah minyak goreng beku dan minyak goreng biasa. Jenis minyak goreng beku adalah yang paling baik untuk menggoreng keripik singkong, sebab jika menggoreng dengan menggunakan minyak goreng ini akan membuat gorengan lebih renyah dan hasil gorengan yang didapatkan kering dan tidak berminyak. Namun, jenis minyak goreng beku ini susah didapatkan dan harganya lebih mahal dibandingkan minyak goreng pada umumnya.

Keripik singkong bisa juga digoreng dengan minyak goreng pada umumnya, hasilnya juga cukup renyah asalkan kamu goreng dengan minyak  yang panas dan banyak. Serta hal yang perlu diperhatikan saat menggoreng singkong adalah jangan terlalu banyak mengguanakan minyak, hal itu agar kelembaban minyak tidak menjadi tinggi dan bisa membuat keripik kurang renyah. Supaya keripik singkong tidak berminyak, kamu juga dapat menggunakan mesin pengering minyak.

6. Tambah Varian Rasa

Agar lebih nikmat lagi, sesudah keripik singkong sudah matang, kamu dapat memberi penambahan rasa original. Varian original dapat dibuat dari campuran garam halus dan gula bubuk. Selain itu, kamu dapat menambakan rasa yang lain seperti rasa barbeque, keju, rumput laut, bubuk cokelat, dll.

Bumbu topping perasa bisanya dibeli dengan harga murah dan mudah didapatkan di toko. Selain itu, keripik singkong juga dapat ditambahi rasa dengan bumbu balado pedas yaitu berupa campuran dari bawang putih, cabai merah, garam, dan gula pasir. Keripik juga dapat dibuat dengan cara dibesta, dibesta yaitu diaduk menggunakan gula pasir yang dimasak menjadi karamel.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

cara membuat keripik singkong renyah tidak keras

Kamu bisa memanfaatkan kapur sirih untuk memproduksi keripik singkong ini. Bahan kapur sirih bisa dipakai untuk merendam singkong agar lebih empuk dan renyah saat digoreng. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini rangkuman beberapa cara membuat keripik singkong renyah tidak keras yang bisa kamu coba :

Keripik Singkong Gurih Renyah

Bahan-bahan :

  • 1 sdt baking soda
  • 2 kg singkong (bersihkan terlebih dahulu kulitnya, kupas, lalu kemudian iris tipis)
  • 1 liter air panas (jangan air yang baru mendidih)
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 sdt garam

Cara membuat keripik singkong renyah tidak keras:

  1. Cuci bersih terlebih dahulu singkong yang telah diiris tipis sampai bersih.
  2. Kemudian siapkan bahan rendaman. Air panas yang digunakan bukan yang baru mendidih. Lalu tambahkan garam dan baking soda  dan aduk rata.
  3. Setelah itu, masukkan singkong ke bahan rendaman. Rendam singkong sekitar 45 menit-1 jam.
  4. Cara selanjutnya kamu tiriskan singkong kemudian bilas lagi menggunakan air bersih tiriskan lagi.
  5. Panaskan minyak secukupnya dan singkong harus terendam. Gorenglah singkong sampai kuning kecoklatan, sesekali diaduk-aduk supaya matang. Setelah singkong matang langsung taburi bumbu sesuai selera.
  6. Sajikan

Keripik Singkong Kunyit

Bahan-bahan:

  • Singkong
  • Minyak goreng
  • 1 batang bawang daun yang sudah diiris
  • Garam, Gula Merah, Kaldu Bubuk
  • Bahan bumbu halus:
  • 3 bawang putih
  • 15 buah cabai merah
  • 3 cabai rawit

Cara membuat keripik singkong renyah tidak keras:

  1. Kupaslah singkong, bersihkan dan kemudian iris tipis-tipis.
  2. Goreng keripik sampai kering dan teksturnya keriuk-keriuk.
  3. Gorenglah irisan bawang daun sampai harum lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sampai wangi matang.
  4. Lalu masukkan gula, garam, kaldu aduk-aduk cek rasa dan masukkan keripik yang sudah dingin, aduk-aduk kembali sampai semua tercampur rata angkat dinginkan.

 Keripik Singkong Original

Bahan – bahan :

  • 1 kilogramg singkong
  • 3 sendok makan garam

Cara Membuat :

  1. Pertama, kupas singkong terlebih dahulu. Setelahnya, kupas bagian terluar singkong agar tekstur yang dihasilkan lebih renyah dan tidak mudah gosong.
  2. Kemudian, cuci singkong dengan air bersih.
  3. Iris-iris singkong menggunakan pisau tajam atau mesin pemotong keripik singkong supaya lebih cepat.
  4. Lalu masukkan keripik singkong ke dalam baskom yang telah diisi air, lakukan sampai semua singkong habis.
  5. Jika sudah, cucilah singkong tersebut hingga bersih menggunakan air, lalu tiriskan.
  6. Setelah itu, rendam singkong menggunakan air panas. Kamu tidak perlu menggunakan bahan perenyah keripik singkong karena air panas bisa membuat tekstur singkong menjadi tidak keras.
  7. Tuangkan 3 sendok makan garam halus. Diamkan terlebih dahulu selama 30 menit sampai airnya dingin.
  8. Panaskan minyak tunggu sampai panas, kemudian tiriskan potongan singkong sampai kesat. Kamu bisa menggoreng di minyak yang panas memakai api besar.
  9. Jika keripik sudah agak kering ubahlah menjadi api sedang. Jika bagian tepinya berwarna keemasan, tiriskan.
  10. Setelah dingin, masukkan ke dalam toples, keripik singkong pun siap dinikmati!

Keripik Singkong Balado

Bahan – bahan :

  • 1 kilogram singkong
  • 3 sendok makan soda kue
  • Air
  • 3 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 potong jeruk nipis
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan cabai haluskan terlebih dahulu
  • 100 ml air

Cara Membuat :

  1. Pertama, kupas dan cuci singkong sampai bersih.
  2. Kedua, rendam singkong menggunakan air dan soda kue. Diamkan dahulu sekitar 3 jam.
  3. Ketiga, siapkan bumbu pedas dengan menghaluskan garam, bawang merah, dan bawang putih. Jangan lupa haluskan juga gula merah.
  4. Keempat, tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan cabai dan sedikit air. Tambahkan gula pasir serta gula merah. Aduklah hingga air dan gula mencair serta mengental. Matikan apinya dan diamkan sampai dingin. Sisihkan dahulu.
  5. Kelima, iris tipis singkong menggunakan pisau atau memakai alat khusus untuk membuat keripik.
  6. Keenam, gorenglah singkong yang sudah diiris tipis pada minyak yang panas menggunakan api kecil. Jika sudah kering, angkat. Tunggu hingga dingin.
  7. Keenam, kamu campurkan keripik singkong dengan bumbu pedas yang dibuat tadi hingga merata.

Resep Keripik Singkong Balado

Bahan – bahan :

  • 500 g Singkong
  • 1 sdt Garam
  • Minyak goreng
  • Air, untuk merendam
  • 10 Cabai merah besar
  • 5 Cabai rawit
  • 3 Bawang putih
  • 2 sisir Gula merah
  • 2 sdm Gula pasir
  • Air asam jawa secukupnya
  • 1/4 sdt Garam
  • 50 ml Air

Cara Membuat :

  1. Pertama, kupas singkong, cuci bersih kemudian potong tipis singkong dengan slicer atau pisau.
  2. Selanjutnya rendamlah singkong yang sudah dipotong dengan air yang sudah diberi garam sampai semua terendam.
  3. Diamkan rendaman tersebut 15 menit, kemudian tiriskan
  4. Lalu, gorenglah singkong dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan, jika sudah matang angkat.
  5. Untuk bumbu, haluskan Cabai merah, cabai rawit, bawang putih, gula merah.
  6. Gunakan food chopper atau alat apapun supaya cabai benar-benar halus.
  7. Setelah itu, tumis dengan sedikit minyak, tambahkan air, lalu masukkan gula pasir dan air asam jawa.
  8. Masak hingga bumbu yang dihaluskan tadi mengental.
  9. Jika sudah, masukkan singkong yang sudah digoreng, Kamu perlu mengaduk rata hingga semua permukaan terbalut bumbu.
  10. Saat sudah tercampur, matikan api. Tunggu sampai dingin, dan simpan di toples kedap udara.
× Whatsapp Kami!