Resep Pindang Ikan Lezat dengan Berbagai Olahan

Resep Pindang Ikan

Pindang Ikan merupakan salah satu jenis makanan olahan ikan yang diawetkan dengan bahan alami dan dengan cara dipanaskan. Pindang ikan dapat dijadikan berbagai olahan makanan salah satunya balado pindang ikan. Berikut adalah informasi dan resep pindang ikan lezat dengan berbagai olahan.

Pengertian Pindang

Pindang merupakan hasil olahan ikan dengan cara kombinasi perebusan (pemasakan) dan penggaraman. Produk yang dihasilkan adalah produk awetan ikan dengan kadar garam rendah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pindang memiliki pengertian “ikan yg digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar dapat tahan lama”.

Setelah selesai pemasakan, biasanya wadah di mana ikan disusun langsung digunakan sebagai wadah penyimpanan dan pengangkutan untuk dipasarkan.

Pindang memiliki penampakan, citarasa, tekstur, dan keawetan yang khas dan bervariasi sesuai dengan jenis ikan, kadar garam, dan lama perebusan. Jenis-jenis ikan yang umum diolah dengan cara pemindangan adalah ikan-ikan pelagis seperti ikan layang, selar, japu, ikan tembang, lemuru, ikan kembung, tuna, cakalang, dan tongkol.

Berbeda dengan ikan asin, pengolahan pindang selain menggunakan garam juga dengan proses pemanasan sehingga produk yang dihasilkan mempunyai karakteristik tersendiri. Untuk ikan kecil dipindang dalam keadaan utuh sedangkan ikan besar dipindang dalam bentuk potongan.

Jenis Pindang

Resep Pindang ikan

1. Teknik Pemindangan

Pemindangan Garam

Pemindangan garam juga disebut pindang badeng (Jawa Barat) atau pindang paso (karena menggunakan kendil atau paso tanah liat). Menurut pemindangan jenis ini, ikan disusun di dalam kendil tanah liat dan setiap lapisannya ditaburi garam, direbus selama 4-6 jam (atau 6-8 jam), kemudian ditiriskan. Kendil tetap digunakan sebagai wadah saat proses distribusi.

Pemindang Air Garam

Pemindangan air garam juga disebut pemindangan naya atau cue. Pada proses ini, ikan disusun pada keranjang atau rak bambu (naya) kemudian direbus dalam larutan garam pekat hingga ikan matang (15-45 menit). Selanjutnya, ikan pindnag diangin-anginkan dan disusun pada besek bambu untuk didistribusikan.

Pemindangan Presto

Pemindangan presto menggunakan tekanan tinggi menghasilkan ikan dengan duri lunak.

2. Cara Pengolahan

Cara Bawean

Pengolahan ikan pindang cara Bawean termasuk jenis pemindangan garam menggunakan pendil atau paso, daun pisang kering, dan garam (20–30% dari berat ikan). Ikan yang digunakan biasanya ikan layang dan ikan bandeng. Ikan diatur berlapis-lapis dengan merapat dan setiap lapisan ditaburi garam. Setelah pendil penuh, air ditambahkan sampai ikan terendam.

Setelah ikan masak, air yang tersisa dikeluarkan dengan cara melubangi bagian bawa pendil atau dituang. Selanjutnya pendil dibungkus daun jati dan diikat supaya tidak pecah selama penyimpanan dan pengangkutan. Pindang bisa tahan sampai 3 bulan.

Cara Muncar

Perbedaan pengolahan ikan pindang cara Bawean dengan cara Muncar adalah cara pemasakannya tidak direbus melainkan dikukus di atas tungku khusus. Wadah yang digunakan adalah loko, sejenis beswek dari bambu.

Pemindangan cara ini membutuhkan larutan garam 25%,peti pemasakan, tungku khusus, serta belanga atau wajan besar. Ikan direndam larutan garam selama 15 menit, kemudian ditata di atas loko sampai penuh dan ditiriskan ditempat teduh sampai kering. Loko dimasukkkan peti pemasakan sampai penuh, sementara air dimasak dalam belanga sampai mendidih.

Kemudian peti pemasakan diletakkan di atas belanga. Setiap 15 menit, loko paling atas dipindahkan ke paling bawah dan ikan sekali-kali dibalik supaya masak merata. Setelah matang, ikan bersama loko disimpan dalam rak-rak bambu di tempat yang teduh, dibiarkan semalam hingga kulit ikan kering dan mengilap. Pindang dapat bertahan selama 7 – 15 hari.

Gaya baru

Ikan yang telah dicuci bersih selanjutnya dilumuri garam dan diatur berlapis-lapis dalam besek yang sudah dialasi merang atau daun pisang kering. Selanjutnya ikan dibiarkan selama 1–3 jam supaya garam meresap. Besek dimasukkan ke dalam belanga yang berisi larutan garam yang mendidih sampai matang, diangkat, dan ditiriskan, lalu disimpan.

Manfaat Pindang Ikan

Resep Pindang ikan

1.Tingginya Kandungan Protein

Manfaat protein sangatlah banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi depresi, terutama pada ibu hamil. Mood ibu hamil sangatlah tidak dapat terkontrol dan terdapat kecenderungan untuk mengalami depresi. Masalah ini dapat dicegah dengan cara memenuhi kebutuhan protein ibu dengan baik, khususnya pada masa tri semester pertama.

2. Meminimalisir Risiko Anemia

Anemia adalah keadaan di mana tubuh kekurangan hemoglobin karena rusaknya sel darah merah. Akibatnya akan kekurangan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan akan lemas, pucat, lelah, bahkan bisa sampai sesak nafas. Berbagai zat yang ada pada ikan pindang dapat meregenerasi sel-sel darah merah yang berarti meminimalisir risiko terjadinya anemia.

3. Menjaga Mood Positif 

Bad mood merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari dan kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti keadaan yang menjengkelkan atau adanya hal-hal yang membuat kita kecewa. Untuk menjaga mood tetap positif, maka diperlukan kadar hormon sertonin yang seimbang dan untuk menghindarkan kita dari depresi.

4. Mengoptimalkan Kinerja Dopamin

Dopamin adalah salah satu neurotransmitter yang berperan penting dalam sistem saraf pusat dan berfungsi untuk mengontrol beberapa gerakan tubuh dan emosi manusia. Jika dopamin tidak berfungsi secara seharusnya akan berdampak negatif, seperti kita sulit berkonsentrasi, melakukan gerak yang tidak terkontrol alias mengalami tremor, ataupun mengontrol rasa senang.

5. Meminimalisir Risiko Serangan Jantung

Manfaat berikutnya adalah meminimalisir risiko jantung. Ikan pindang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi dan manfaatnya sangatlah beragam untuk tubuh dan salah satunya untuk meminimalisir risiko serangan jantung. Omega 3 berfungsi untuk meningkatkan elastisitas arterial dan menurunkan risiko detak jantung abnormal (aritmia) dan tekanan darah tinggi.

Resep Pindang Ikan

Resep Pindang ikan

Resep Pindang Ikan

Bahan Yang Digunakan:

  • Ikan nila, gurame, bandeng atau jenis ikan air tawar lainnya yang kondisinya masih segar kurang lebih sebanyak 1 kg.
  • Buah jeruk nipis untuk mengurangi dan menghilangkan bau amis ikannya kurang lebih sebanyak 2 buah jeruk nipis. Potong potong dan peras air jeruknya.
  • Serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs lalu cuci bersih dan memarkan sebelum digunakan.
  • Lengkuas secukupnya atau kurang lebih sepanjang 5-6 cm.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm dan memarkan dahulu.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 4 lembar.
  • Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja tidak perlu berlebihan.
  • Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 4 sendok makan.
  • Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok teh saja.
  • Daun kemangi secukupnya.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Gula pasir putih secukupnya.
  • Cabai merah sebanyak 10-15 buah. Bisa ditambahkan cabai rawit dan cabai hijau.
  • Tomat merah sebanyak 3 buah. Cuci bersih lalu belah menjadi 4-5 bagian untuk mempercantik tampilannya.
  • Air bersih secukupnya untuk merebus ikan dan bumbunya.

Bahan Bumbu :

  • Bawang putih 6 siung saja.
  • Bawang merah 7 siung juga.
  • Buah cabai kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih lalu buang bijinya.

Cara Membuat Pindang Ikan :

  1. Langkah pertama, siangi dan cuci bersih ikan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotorannya kemudian potong menjadi 2 atau 4 bagian
  2. Bersihkan bagian luar ikan sampai bersih dengan cara menekan sedikit menariknya keluar dengan pisau tajam. Jangan sampai membuat dagingnya robek.
  3. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis sambil sedikit diremas remas sampai semua bagian terkena rata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih selama 15 menit).
  4. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  5. Sambil menunggu airnya mendidih, haluskan bahan bumbu pindang ikan, seperti bawang merah, bawang putih dan lainya.
  6. Masukkan bumbu halus ke dalam panci yang berisi air beserta jahe, serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan,  serta daun salam. Aduk aduk sebentar sampai mendidih.
  7. Masukkan ikan nila atau gurame yang sudah dicuci bersih kemudian aduk aduk sebentar.
  8. Tambahkan air asam, gula merah, cabai, kecap manis, gula pasir dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk merata sampai masak dan ikannya matang.
  9. Setelah matang dan airnya menyusut (kurang lebih selama 15 menit), masukkan daun kemangi dan irisan tomatnya.
  10. Jangan lupa cicipi sebentar dan tambahkan garam dapur, gula dan kecap kalau diperlukan.
  11. Angkat dan sajikan.

Resep Pindang Ikan Tongkol 

Bahan Yang Digunakan:

  • 250 gr pindang ikan tongkol siap pakai
  • Air putih bersih secukupnya
  • 2 buah tomat merah ( potong dadu )
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • 2 batang daun bawang polong untuk taburan ( iris kasar )
  • 2 buah cabe merah besar ( potong serong tipis )
  • 3 cm lengkuas
  • 3 siung bawang putih ( iris tipis )
  • 5 butir bawang merah ( iris tipis )
  • Garam secukupnya
  • 3 lembar daun salam
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Tumis Pindang Ikan Tongkol :

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum.
  2. Masukkan daun salam yang sudah dicuci bersih dan lengkuas yang sudah dimemarkan, aduk sampai layu.
  3. Tuang sedikit air kedalam bumbu tumis, tunggu sampai mendidih.
  4. Masukkan potongan tomat merah dan potongan cabe merah.
  5. Masukkan pindang ikan tongkol kedalam air bumbu.
  6. Tambahkan gula pasir, garam dan penyedap rasa, tunggu sampai ikan tongkol matang sambil diaduk perlahan.
  7. Taburi irisan daun bawang polong.
  8. Tumis pindang ikan tongkol siap disajikan dengan.

Resep Pindang Ikan Gurame

Bahan Yang Digunakan:

  • 1/2 kg ikan gurame
  • 4 siung bawang merah,diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 batang sereh dimemarkan
  • 1 buah tomat ukuran sedang,diiris
  • 3 buah belimbing wuluh iris
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 cm jahe iris tipis
  • 2 cm lengkuas iris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • Air secukupnya Gula putih secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 buah Cabe rawit

Cara Membuat Pindang Ikan Gurame :

  1. Langkah pertama adalah mencuci bersih ikan gurame, kemudian potong menjadi tiga bagian.
  2. Selanjutnya adalah mendidihkan air, menggunakan api sedang.
  3. Masukan semua bahan, lalu masak sampai ikan gurae matang dan rasanya manis.
  4. Biarkan hingga nanti terlihat airnya menyusut dan bumbunya pun meresap.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Resep Pindang Ikan Patin Bumbu Kuning

Bahan Yang Digunakan:

  • 500 gram Ikan patin
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya untuk melumuri ikan
  • 1 sdt garam, untuk melumuri ikan
  • 10 buah cabe rawit, biarkan utuh
  • 1 ikat daun kemangi, petik
  •  2 buah tomat, belah jadi 4 bagian
  • 1/4 buah nanas, potong-potong
  • 1 ruas jahe, iris
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 750 ml air

Bumbu Halus:

  • 5 buah cabe merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit (pedas sesuai selera)
  • 2 ruas jari kunyit, bakar
  • 2 cm terasi, bakar

Cara Membuat Pindang Ikan Patin:

  1. Siangi ikan patin, potong-potong dan cuci hingga bersih. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan serai, lengkuas, jahe, cabe rawit utuh, daun salam, dan daun jeruk. Aduk rata dan masak hingga layu.
  3. Tuangkan air, masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis. Aduk rata.
  5. Masukkan ikan patin, masak hingga mendidih kembali.
  6. Masukkan potongan nanas dan tomat. Biarkan hingga ikan matang dan kuah sedikit menyusut. Koreksi rasanya
  7. Terakhir, masukkan daun kemangi. Angkat.
  8. Siap disajikan.

Tips:

  • Cuci bersih ikan patin sampai tidak ada darah sama sekal agar hilang bau amisnya.
  • Air jeruk nipis bisa diganti dengan air asam jawa.
  • Bila suka lebih asam,  bisa menambahkan belimbing wuluh.

Resep Pindang Ikan Patin Khas Palembang

Bahan Yang Digunakan:

  • ikan patin segar 1 kg ( dipotong-potong )
  • daun kunyit 1 lembar
  • garam secukupnya
  • daun salam 3 lembar
  • 3 cm lengkuas ( memarkan )
  • daun kemangi 1 genggam
  • buah nanas 60 gr ( potong-potong )
  • bawang daun polong 2 batang ( iris halus )
  • gula pasir 2 sendok makan
  • air asam jawa 2 sendok makan
  • penyedap rasa 1 sendok makan
  • 1 batang serai ( memarkan )
  • air bersih secukupnya

Bumbu Halus :

  • 3 buah cabe merah besar
  • cabe rawit hijau 15 buah
  • terasi bakar 1 sendok teh
  • 2 buah tomat merah
  • bawang merah 6 butir
  • bawang putih 4 siung

Cara Membuat Pindang Ikan Patin :

  1. Rebus semua bumbu yang dihaluskan dalam air mendidih.
  2. Masukkan daun salam, daun kunyit, lengkuas, batang serai dan air asam jawa.
  3. Masukkan potongan ikan patin dan potongan buah nanas kedalam rebuasan air bumbu.
  4. Tunggu sampai ikan matang, empuk, dan juga airnya meresap.
  5. Masukkan daun kemangi dan irisan bawang daun polong kedalamnya, masak lagi selama 3-5 menit saja.

Resep Pindang Ikan Mas

Bahan Yang Digunakan :

  • 1 kg ikan mas
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 3 batang serai
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan garam 6 lembar daun salam
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 250 ml air kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh margarine

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 2 buah tomat
  • 2 cm lengkuas

Cara Membuat Pindang Ikan Mas :

  1. Bersihkan sisik, buang isi di dalam perutnya sampai benar-benar bersih, lalu taburi dengan garam dan air jeruk nipis sampai merata selanjutnya diamkan beberapa menit. Cuci kembali lalu tiriskan.
  2. Taruh ikan di wajan yang ada tutupnya lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Masukkan juga daun salam, kecap manis, serai, gula merah, air asam jawa, serta margarine.
  4. Setelah semua bahan masuk, beri air kelapa. Aduk sebentar agar bumbu bisa merata dan meresap sempurna.
  5. Tutup wajan, lalu masak menggunakan api sedang. Agar bumbu bisa meresap semua dan nantinya bisa matang dengan tekstur yang lunak. Masak selama 45 menit sampai air habis dan matang.
  6. Setelah matang, angkat dan hidangkan dengan ditaburi bawang goreng atau bisa juga ditambah dengan irisan tomat cery.

Resep Pindang Ikan Bandeng

Bahan Yang Digunakan :

  • 2 buah ikan bandeng, dibersihkan, dipotong 3 bagian
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 4 buah cabai merah, potong bulat 1 cm
  • 2 buah cabai hijau, potong bulat 1 cm
  • 4 buah tomat, potong-potong
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sendok makan garam
  • 2 buah serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 1 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1.200 ml air
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 10 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit

Cara Membuat Pindang Ikan Bandeng :

  1. Lumuri ikan bandeng dengan air asam jawa dan garam. Diamkan 30 menit. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Tambahkan cabai merah, cabai hijau, tomat, lengkuas, serai, dan daun jeruk. Aduk sampai layu.
  4. Masukkan air, garam, dan gula pasir. Rebus sampai mendidih.
  5. Masukkan ikan. Masak sampai matang dan meresap.
  6. Setelah itu, angkat dan hidangkan.

Kunjungi juga Resep Selai Kacang Ala Rumahan

WhatsApp chat