Membuka Peluang Usaha Pertanian Desa merupakan sebuah langkah awal untuk berkembang. Kenapa tidak, lahan yang sangat luas dan juga udara segar membuat pertanian subur.

Harga yang murah dan juga perawatan yang terbilang mudah dan juga sulit bagi beberapa hal membuat Usaha Pertanian Desa banyak diminati banyak kalangan orang.

Strategi Usaha Pertanian Desa

1. Meningkatkan produktivitas

Tanaman pangan merupakan kebutuhan utama masyarakat harus terus ditingkatkan produktivitasnya. Lahan pertanian alternatif potensial, akan meningkatkan stok pangan nasional.

2. Diversifikasi pangan lokal

Makanan pokok masyarakat tidak hanya bertumpu pada beras. Potensi sumber karbohidrat lainnya seperti singkong, jagung, pisang, kentang, dan sorgum harus dibiasakan untuk mensubstitusi beras.

3. Penguatan cadangan logistik

Lumbung pangan nasional yang dikelola Bulog harus diperkuat. Pengelolaan pangan ini bisa diperkuat dengan penguatan cadangan pangan di tingkat provinsi oleh masyarakat secara langsung.

4. Modernisasi pertanian

Modernisasi dan mekanisasi pertanian melalui pendekatan teknologi dan peran dari para generasi muda, menjadikan lahan pertanian tergarap dengan maksimal.

 

Usaha Pertanian Desa

1. Usaha Desa Tanaman Organik

usaha pertanian organik

Buah-buahan dan sayuran yang bersih akan pestisida menjadi incaran orang banyak hingga saat ini. Pasalnya, selain lebih sehat, tentu saat dijual penampakan buahnya terlihat sangat segar.

Dengan Usaha Pertanian Desa menjual tanaman organik ini kamu akan meraup untung banyak. Harganya pun lebih murah dibandingkan beberapa sayur dan buah yang ada di supermarket.

2. Usaha Desa Tanaman Obat

usaha pertanian obat

Obat-obatan alternatif kini banyak dikonsumsi orang. Jangan salah harga dari beberapa tanaman obat ini bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah dari beberapa gram saja.

Bagaimana, cukup tertarik untuk memulainya? meskipun membutuhkan ketekunan dan konsisten untuk meraciknya, tetapi jika anda memulai usaha ini akan meraup untung yang besar

3.  Usaha Pertanian Tanaman Rempah

usaha pertanian rempah

Usaha Pertanian Desa dari tanaman rempah dapat dibilang hanya memerlukan modal yang kecil. Rempah-rempah adalah komoditi yang populer dipasaran pasar lokal maupun luar negeri.

Kandungan zat yang terdapat dalam setiap tanaman rempah mengandung berbagai bahan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang ada pada tubuh manusia.

Jenis tanaman yang termasuk rempah-rempah seperti, adas, akar wangi, bawang putih, asam jawa, bawang merah, kapulaga, cabai, cengkih, dan yang lainnya.

4. Usaha Pertanian Tempat Makan

pertanian desa makan

Selain dibidang pertanian, kamu juga tertarik dalam Usaha Pertanian Desa? Mempunyai lahan pertanian dengan macam tanaman yang beragam adalah salah satu yang unik.

Kamu dapat membuka tempat makan sekaligus menjual makanan yang sehat untuk dikomsumsi dan diolah dari sayur serta bumbu-bumbu organik.

5. Usaha Pertanian Warung Jus

desa warung jus

apabila kamu memilih berbisnis pertanian modal kecil dengan buah organik, coba membuka usaha warung jus. Buah-buahan yang dipakai lebih segar, dan tak perlu membeli lagi ke pasar.

Bisnis pertanian terbaru ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan dari hasil panen kamu sendiri dengan modal kecil.

6. Usaha Pertanian Bibit Tanaman

desa bibit tanaman

Selanjutnya ide bisnis pertanian tersebut dengan modal kecil adalah dengan menjadi seorang penjual bibit tanaman. Cobalah menjual bibit tanaman yang berkualitas.

Bibit tanaman yang paling sering dicari banyak orang seperti, jagung manis, bibit kangkung, bayam, dan masih banyak lagi hal bibit tanaman yang dicari orang banyak.

7. Usaha Pertanian Pupuk

desa pupuk sawah

Bisnis pertanian yang satu hanya perlu modal kecil untuk membuat pupuk lalu menjualnya kepada beberapa petani. Pelajari cara membuat pupuk, seperti pupuk kompos untuk kedepannya.

Kedua pupuk tersebut tentu banyak dicari para petani, penjual tanaman hias, maupun penghuni rumah yang juga suka mengoleksi berbagai tanaman.

8. Usaha Pertanian Tanaman Hias

desa tanaman hias

Usaha berjualan tanaman hias merupakan usaha yang lumayan populer dalam hal pertanian. Keuntungan yang bisa didapatkan dari tanaman hias ini cukup besar, mengingat pasar yang luas.

Beberapa jenis tanaman hias seperti bonsai, gelombang cinta, adenium, dan tanaman dolar. Pernah mengalami masa populer dan laris manis dengan harga yang tinggi.

9. Usaha Pertanian Pengepul Padi

desa pengepul padi

Mudah dengan keuntungan cukup besar merupakan beberapa hal yang akan kamu dapatkan apabila berbisnis pengepul padi. Kamu hanya harus membeli gabah kering dari para petani.

Kemudian padi kering yang kamu beli dari para petani atau masyarakat akan dijual kembali kepada pabrik penggilingan padi skala besar atau kantor Bulog yang ada di sekitarmu.

10. Usaha Desa Blogger Ahli Tani

desa blogger tani

Seiring dengan berkembangnya zaman yang dimana bisnis usaha pertanian tahun 2022 ini tidak lepas dari internet maupun digital. Cobalah manfaatkan fitur tersebut sebaik-baiknya.

Kamu dapat  dengan mudah mencoba membuat sebuah blog pribadi untuk menjelaskan budidaya pertanian yang sedang dilakukan dan mendokumentasikannya.

Informasi seperti ini mungkin akan sangat dicari banyak orang, dan yang paling menguntungkan adalah bisnis pertanian ini memiliki modal yang sangat kecil sekali.

Kamu hanya harus membeli domain agar situs-mu dapat lebih banyak dilihat oleh orang.. Hal tersebut dapat mendatangkan uang kaget apabila kamu rajin menulis kedalam situs blog-mu.

11. Usaha Pertanian Tanaman Hidroponik

Ide bisnis pertanian yang ini merupakan peluang bisnis cukup populer yang digemari kebanyakan orang. Memulai usaha tanaman hidroponik termasuk ide pertanian yang cepat untung, dan laris.

Mengingat harga produk sayuran hidroponik akan lebih mahal apabila harga jualnya ketimbang sayuran yang ditanam secara konvensional, konvensional yang diartiikan sesuatu yang berdasarkan kesepakatan umum.

12. Usaha Pertanian Sosin (Sawi Hijau)

Tanaman pertanian yang menguntungkan pertama adalah tanaman sawi hijau. Tanaman sawi hijau populer di kalangan masyarakat.Sawi hijau termasuk jenis tanaman yang cepat panen yaitu, kurang dari satu bulan.

Ciri-ciri tanaman sawi berikut ini warna bunganya yang keputihan dan juga daunnya yang berwarna hijau, kemudian memiliki batang yang lebih panjang dibandingkan dengan sawi putih.

Kamu dapat menanam sosin di kebun kosong ataupun di tempat pekarangan belakang rumah yang kosong dan subur tidak banyak hama yang menyerang.

Banyak sumber mengatakan kalau petani sawi hijau dapat meraup keuntungan dari usaha pertanian ini hingga mencapai puluhan juta rupiah perbulan dalam sekali panen.

Langkah-langkah singkat dalam penanaman sawi hijau yang dapat kamu lakukan seperti di bawah ini dengan mudah:

  • Memilih benih sawi yang bagus
  • Proses pembibitan tanaman sawi
  • Mempersiapkan lahan pindah tanam (bedengan)
  • Penanaman bibit sawi di lahan bedengan
  • Pemeliharaan tanaman sawi
  • Panen tanaman sawi

13. Usaha Pertanian dengan Tanaman Hidroponik

Jenis-jenis tanaman hidroponik juga merupakan salah satu bisnis yang populer hingga saat ini. Sayuran yang ditanam dengan cara hidroponik lebih bersih, sehat dan lebih segar untuk dimakan.

Maka dari itulah keuntungan yang dapat kamu raup dari salah satu usaha tanaman hidroponik. Kamu dapat menanam selada, tomat, pak pakrika , kangkung, seledri, dan melon.

14. Tanaman Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih juga merupakan bahan dapur yang utama dan sering digunakan. Selain itu harga dari kedua bawang ini melonjak dengan tajam terutama pada bulan puasa ini.

Manfaatkan salah satu peluang usaha tanaman di rumah ini untuk bisnismu dalam bidang pertanian, selain mudah dalam penanaman juga kamu akan mengalami keuntungan yang besar.

Langkah-langkah dalam penanaman Bawang Merah dan Putih yang harus kamu simak sekarang juga sebagai catatan:

  • Kebutuhan umbi bibit 1-1.2ton/ha dengan ukuran umbi sedang (5-10g) dan berumur 2-3 bulan dari panen ( ciri tunas sudah sampai ke ujung umbi) jarak tanam yang digunakan 20 cm x 15 cm.
  • Tanaman bawang merah membutuhkan air yang cukup banyak selama pertumbuhan dan pembentukan umbi, terutama pada musing kemarau.
  • Pada lahan bekas sawah, penyiraman dilakukan satu kali sehari pada pagi atau sore hari sejak tanaman sampai umur menjelang panen.
  • Pada musim hujan penyiraman dituukan untuk membilas daun tanaman dari tanah yang menempel, periode kritis dari kekurangan air terjadi saat pembentukan umbi.
  • Penyiangan ddilakukan 2-3 kali selama satu musim tanam, teruutama pada umur 2 minggu setelah tanam.
  • Perbaikan pinggir bedengan harus dilakukan secara bersamaan dengan waktu penyiangan berlangsung

15. Tanaman Cabai Merah Keriting

Kamu penikmat makanan pedas, selain untuk dikonsumsi pribadi, cabai merah keriting juga dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha pertanian.

Teknik penanaman cabai sangatlah mudah juga sederhana. Kamu dapat juga memanfaatkan halaman rumah maupun dengan cara penanaman hidroponik.

  • Siapkan Pot dan Isi dengan Media Tanam: Untuk menanam cabai, kamu dapat memilih pot berlubang, isi pot dengan media tanam hingga menyisakan 5-10 cm dari bibit pot.
  • Sebar Bibit Cabai: Bisa langsunng menyebar bibit cabai yang kammu beli di toko pertanian dengan jarak 5-10 cm. Setelah itu tutup dengan media tanam.
  • Siram dengan Air Bersih: Siram bibit cabai yang telah ditanam dengan air bersih meenggunakan semprotan tanaman. Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari agar bibit tetap lembab

16. Tanaman Tomat

Usaha tanaman pertanian yang selanjutnya dapat bisa menghasilkan untung melalui menanam tomat. Tomat dapat tetap tumbuh asalkan tanah dari tanaman tersebut basah.

Kunci utama menanam tomat tergantung pada proses stek. Kemudian cara mudah untuk menumbuhkan akar pada tunas cukup tambahkan air di wadah yang kamu pakai.

  • Pilih Benih: Menanam tomat dari biji atau benih tentu saja sangat penting dan menarik. Namun demikian, memilih benih haruslah cermat.
  • Menurut BUczek, pilihlah varrietas tomat yang sesuai dengan cuaca tempat tinggal anda. Anda mungkin perlu menempatkan benih di lampu khusus untuk memastikan benih anda berkecambah.
  • Tentukan Wadahnya: Anda bisa menanam tomat di pot, atau langsung di tanah. Jika anda akan menanam tomat di halaman rumah, pastikan untuk memilih sepetak tanah yang mendapat banyak sinar matahari.
  • Tetapi bertentangan pada logika keebanyakan tanaman hias: Anda akan menumbuhkan pot yang jauh lebih besar dari tanamannya karena tomat tumbuh dengan sangat cepat selama periode yang relatif singkat.
  • Pastikan menyiram lebih awal dan siram air sanngat penting untuk membantu tanaman tomat anda membangun akar, yang menurut Buczek bisa memakan waktu hingga dua minggu.

17. Tanaman Kangkung

usaha tanaman yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah tanaman kangkung. Hanya membutuhkan waktu 4-6 minggu saja untuk memanen kangkung, loh

Kamu dapat menggunakan baskom untuk media tanaman dan gunakanlah cara hidroponik agar lebih mudah dalam proses penanaman tersebut.

Proses penanamannya terbilang sangat mudah hanya perlu mempersiapkan pupuk, ZPT, bibit kangkung, plastik bentuk saringan dan baskom.

18. Tanaman Bayam

Tanaman bayam sangat bagus guna menambah zat besi pada tubuh. Bayam dapat dijadikan ide bisnis agrikultur di rumah karena hanya dengan modal kecil menggunakan polybag.

Bahan yang diperlukan seperti pupuk kompos, polybag, pestisida alami, tanah dan bibit bayam berupa biji ataupun stek batang.

19. Tanaman Terong

Tanaman terong kaya akan kandungan gizi seperti kalsium, mineral Bioflavonoid dan vitamin K. Syarat utama usaha pertanian terong yang perlu tahu adalah suhu stabil 22-30 derajat celcius.

Proses panen dapat kamu lakukan selama 3-4 bulan dan pohon bisa panen sampai usia 5-6 bulan dengan rentan waktu panen sekitar 3-7 hari sekali.

Langkah-langkah dalam penanaman tanaman terong yang mudah dilakukan dan harus dibaca sekarang juga untuk catatan:

  • Siapkan polybag sesuai jumlah bibit.
  • Campurkan medi tanah deengan pupuk kandangn dan padi sekam, lalu masukkan kedalam polybag yang tersedia.
  • Buat lubang di antara tengahnya dengan kedalaman kurang lebih 5 cm, lalu tanam bibit terong ungu pada lubang tersebut.

20. Usaha Pertanian Jahe

Jahe juga merupakan tanaman obat berupa tumbuhan. Harga jual banderol jahe dapat dijual dengan nilai yang lumayan tinggi.

Jahe sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu jahe emprit seharga 4 ribu – 7 ribu per kg, jahe gajah 12 ribu – 15 ribu per kg, dan jahe merah seharga 18 ribu – 20 ribu per kg.

Manfaat mengkonsumsi jahe dapat melancarkan peredaran darah, sakit gigi, migrain, hipertensi, obat masuk angin, dan masih banyak lagi manfaat pada tubuh manusia.

21. Peluang Usaha Kunyit

Tanaman selanjutnya adalah kunyit. Tanaman kunyit biasa digunakan untuk pewarna makanan alami, obat, jamu, dan bumbu masakan agar lebih terasa dan tidak amis saat dimakan.

Kunyit dapat kamu jadikan sebagai usaha pertanian karna nilai harga jualnya bisa mencapai sekitar 15 ribu sampai dengan 50 ribu. bagaimana? Lumayan bukan.

22. Budidaya Jamur Tiram

Usaha pertanian lainnya yang harus kamu coba adalah budidaya tanaman jamur tiram. Tidak memerlukan modal yang cukup besar, budidaya jamur tiram dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang kosong pada pekarangan sekitar rumah.

Selain itu, Ide bisnis pertanian ini cukup menjanjikan dikarenakan di pasaran saja harga jamur tiram dapat dihargai sekitar Rp10 ribu per kilonya oleh sebab itu budidaya jamur tiram terbilang menguntungkan.

23. Budidaya Vanili

Tanaman selanjutnya yang menjanjikan masa depan tentunya adalah budidaya vanili. Vanili merupakan penyedap rasa paling mahal di seluruh dunia, loh karena rasanya yang unik dan langka.

Di tahun 2018 saja, vanili berkualitas tinggi dapat dihargai sekitar Rp8 juta – Rp9juta perkilonya. Harganya yang mahal setara dengan kesulitan dalam penanamannya.

24. Usaha Alat Pertanian

Di tahun 2018 sektor pertanian, perikanan dan perkebunan tercatat sebesar 9,93 persen pertumbuhan ekonomi muncul dari berbagai sektor tersebut.

Dari hasil inilah kamu dapat mendorong pasar permintaan alat-alat pertanian kamu guna untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan petani dan pribadi.

Kamu bisa menjual alat-alat usaha pertanian rumahan maupun menyewakan berbagai alat untuk pertanian dengan sistem pembayaran saat panen.

Mungkin itu saja beberapa strategi usaha pertanian maupun ide usaha pertanian di desa yang dapat kalian coba dengan mudah dan hasil yang cukup menguntungkan.

 

× Whatsapp Kami!