Membuka Usaha Bulan Ramadhan bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan apabila kita dapat memanfaatkan hal tersebut dengan baik dan benar.

Karena banyak orang menghabiskan waktu berpuasa untuk berada diluar, entah itu membeli baju, celana maupun sepatu guna mempersiapkan hari idul adha dengan sebaik-baiknya.

Tak lupa juga setiap sore pasti banyak orang yang mencari takjil untuk berbuka puasa maupun acara bersama yang membuat usaha mu ramai  didatangi banyak orang.

Sebelum memulai Usaha jangan lupa untuk menyusun rencana terlebih dahulu guna memberikan hasil yang maksimal, berikut adalah beberapa strategi usaha yang dapat kamu coba:

Strategi usaha Bulan Ramadan

Jika ide bisnis sudah terkumpul, apalagi yang disiapkan? Tentu sebuah bisnis tidak dapat berjalan apabila tidak ada pembeli. Percuma kamu memiliki produk dengan kualitas bagus jika tidak ada yang tahu sehingga tidak ada yang membeli.

Maka, strategi bisnis perlu kamu siapkan. Setidaknya ada empat hal yang perlu kamu perhatikan sebagai berikut:

1. Kenali Target Pasarmu

Tentukan target pembeli produk yang kamu tawarkan dan ketahui kebutuhannya. Untuk itu, kamu dapat melakukan survei kecil-kecilan ke orang-orang yang kamu anggap dapat mewakili karakter target pembeli produk kamu.

Menentukan dan mengenal target pasar itu sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis agar produk yang kamu tawarkan dapat sesuai dengan kebutuhan pasar.

Penentuan target pasar juga akan berjalan dengan lebih baik jika dilakukan secara jelas dan spesifik baik dari sisi usia, golongan ekonomi, hingga hobi atau kebiasaannya.

2. Buatlah Produk yang Unik dan Berbeda

Selain kualitas produk, kamu juga harus menentukan keunikan produk. Namanya usaha, dalam bidang apapun pasti sudah tentu tredapat pesaing. Keunikan produk ini penting dilakukan guna membedakan produk yang kamu tawarkan.

Apa yang membuat produk atau jasamu terlihat berbeda dengan pesaing? Mengapa pembeli harus membeli produk yang kamu tawarkan, dikarenakan produk yang kamu buat Unik.

3. Cari Cara Promosi yang Tepat

Marketing dan promosi menjadi salah satu pilar yang penting untuk menjalankan sebuah bisnis. Kegiatan ini yang membuat produk maupun jasa yang kamu tawarkan dapat diketahui oleh orang-orang.

Setelah mengetahui, apakah orang lain dapat bersedia untuk membelinya atau tidak. Berbagai sarana marketing dan promosi yang dapat kamu lakukan antara lain viralkan lewat media sosial.

Kamu juga perlu menawarkan sebuah promosi untuk menarik pembeli mencoba dulu produk yang kamu tawarkan. Selain itu kamu juga bisa melakukan pelatihan dalam pemasaran produk.

4. Tentukan Besaran Modal Usahamu

Hal yang tak kalah penting untuk dipikirkan dalam menentukan strategi adalah modal usaha yang dikeluarkan. Setiap usaha membutuhkan modal, baik dalam bentuk uang maupun pemikiran.

Oleh karena itu, sebelum memulai usaha, kamu perlu melakukan perhitungan sederhana terkait modal yang dibutuhkan dan bagaimana memenuhi modal tersebut.

Atau perlu mengajukan pinjaman ke bank. Atau mencari partner untuk menjalankan usaha tersebut. Hitung juga risiko-risiko keuangan yang akan muncul sebelum maupun setelah dari usaha tersebut.

 

Usaha Bulan Ramadhan

Berikut merupakan beberapa Usaha Rumahan diBulan Ramadhan yang dapat kamu coba dengan mudah tanpa perlu biaya yang lumayan mahal:

1. Usaha Ramadhan Takjil

Usaha takjil

Takjil menjadi hal yang identik dengan bulan Ramadhan. Berburu takjil menjelang berbuka menjadi satu hal yang dirindukan dan membuat bulan Ramadhan berbeda dengan bulan yang lainnya.

Oleh karena itu, menjual makanan ringan untuk berbuka puasa merupakan Usaha Bulan Ramadhan yang menarik untuk dicoba. Makanan ringan seperti kolak hingga es campur bisa menjadi pilihan.

2. Usaha Ramadhan Lauk Matang

Usaha Bulan matang

Tidak hanya takjil, kamu juga bisa mencoba menjual aneka lauk matang. Menyediakan menu lauk yang sudah matang bisa sangat membantu orang yang mungkin tidak sempat untuk memasak menu berbuka puasa.

Tidak hanya itu, makanan matang tersebut juga dapat menjadi pilihan untuk dihangatkan kembali ketika ingin melaksanakan sahur karena biasanya makanan tersebut dapat bertahan 1 hari.

3. Usaha Ramadhan Katering Harian

Bulan Ramadhan catering

Jika passion kamu adalah memasak, kamu bisa juga dengan menawarkan untuk menyediakan jasa layanan katering harian ataupun acara berbuka puasa bersama.

Katering harian mungkin akan membantu karyawan maupun para mahasiswa yang tinggal di kost. Daripada setiap hari harus cari menu sahur dan berbuka, akan lebih memudahkan jika memesan katering harian.

Kamu bisa juga sediakan katering untuk buka bersama. Meskipun sedang masa pandemi, potensi untuk buka bersama keluarga besar yang tinggalnya berdekatan tetap dapat dilakukan.

4. Usaha Ramadhan Frozen Food

Bulan Ramadhan Frozen

Selain makanan matang, olahan beku juga dapat menjadi menu yang paling dibutuhkan oleh orang-orang. Selain mudah untuk dimasak, makanan beku juga bisa disimpan untuk waktu lama.

Sejumlah frozen food yang bisa kamu coba untuk dijual seperti sosis, nugget, bakso, hingga ayam. Akhir-akhir ini juga marak menu lele frozen yang sudah dibumbui.

Selain makanan berat, kamu bisa juga menyediakan makanan ringan dalam bentuk frozen seperti dimsum, donat, kebab, otak-otak dan pentol.

5. Usaha Ramadhan Frozen Meat

Usaha dagingbeku

Selain makanan olahan beku, kamu bisa coba bahan makanan mentah dalam kondisi beku seperti frozen meat. Aneka daging sapi beku dalam bentuk steak cukup menarik untuk orang yang ingin melakukan BBQ di rumah.

Aneka daging beku lainnya seperti fillet daging ayam, ikan dori, dan aneka seafood juga bisa menjadi pilihan usaha rumahan kamu selama Ramadhan berlangsung.

6. Usaha Ramadhan Kue Kering

Usaha kue kering

Kue kering menjadi “makanan wajib” yang selalu hadir dihari Lebaran bagi sejumlah keluarga. Jika kamu memang senang membuat kue, ini saatnya kamu pasarkan karyamu untuk teman- maupun pasar yang lebih luas lagi.

Tidak hanya akan mendapatkan kesenangan dari menjalankan hobi, kamu juga berpeluang besar mendapat untung dari bisnis menjual kue kering tersebut tanpa terbebani apapun.

7. Usaha Ramadhan Parcel

Usaha Parcel makanan

Mendekati hari lebaran, biasanya banyak orang yang sering berbagi hampers atau parcel sebagai cemilan di hari Raya. Usaha Bulan Ramadhan ini memiliki peluang besar, apalagi masa pandemi.

Saat raga tidak bisa bertemu langsung, kiriman parcel bisa mewakili ungkapan selamat menyambut hari Lebaran. Isi dari hampers ini pun bermacam-macam. Bisa dari kue kering hingga pakaian.

8. Usaha Ramadhan Perlengkapan Ibadah

Usaha perlengkapan ibadah

Selain baju muslim, kamu juga bisa mencoba menjual beberapa perlengkapan ibadah seperti sajadah, dan mukena. Tidak hanya untuk lebaran, perlengkapan ibadah ini dapat juga dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

9. Usaha Ramadhan Perlengkapan Memasak atau Membuat Kue

Usaha Perlengkapan memasak

Bagi kamu yang tidak bisa memasak dan kenalan produsen makanan yang enak, jangan khawatir. Kamu bisa menjalankan usaha bulan Ramadan dengan cara menawarkan perlengkapan masak.

Seperti diketahui, masa pandemi ini cenderung membuat orang lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan antara lain memasak dan membuat kue sendiri.

Oleh karena itu, kamu dapat mencoba menjual perlengkapan memasak dan membuat kue. Dari mulai alat memasak dan membuat kue hingga bahan-bahan pembuatan kue.

10. Usaha Ramadhan Packaging

usaha paket

Masa pandemi ini membuat banyak orang memilih untuk membuka usaha. Jika kamu merasa semua sudah dilakukan oleh kebanyakan orang, maka kamu bisa coba melirik peluang bisnis jualan kemasan.

Di masa pandemi, apalagi memasuki Ramadhan, pasti banyak pengusaha yang membutuhkan packaging untuk produknya. Maka ini bisa menjadi usaha bulan ramadhan menarik juga untuk kamu lakukan.

11. Usaha Hidangan Sahur

Kegiatan berpuasa sudah pasti diawali dengan sahur. Ada yang sudah mempersiapkan dimalam hari ataupun pagi harinya. Menghidangkan berbagai makanan agar puasa esok hari bisa dijalani dengan penuh semangat.

Akan tetapi sebagian orang yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan makanan sahur walaupun sangat membutuhkan. Anda bisa membuat hidangan sahur menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tidak harus langsung membuka usaha catering, tawarkan saja dulu  kepada tetangga atau orang-orang terdekat yang membutuhkan. Jika puas, tidak menutup kemungkinan mereka akan mempromosikan kepada orang lain.

12. Usaha Hidangan Buka Puasa

Waktu berbuka puasa sudah pasti menjadi saat-saat paling ditunggu. Setelah seharian menahan haus dan lapar, keinginan untuk mencicipi berbagai jenis makanan dan minuman pastinya sangat tinggi.

Menjelang berbuka puasa, orang-orang sudah berhamburan di pasar ramadhan untuk mencari hidangan kesukaannya. Karena hidangan buka puasa selalu menjadi primadona, tidak ada salahnya membuka usaha ini.

Ada banyak ide usaha makanan maupun minuman di bulan puasa. Anda bisa menjual minuman yang segar seperti es teh, es jeruk, air mineral dingin atau minuman botol yang lainnya.

Jika mempunyai cukup waktu dan modal, Anda bisa menjajakan hidangan yang lebih bervariasi seperti es dawet, es degan, jajanan pasar, gorengan, kolak dan masih banyak lagi.

13. Usaha Kurma

Ramadan sangat lekat dengan kurma. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini selalu diburu dan permintaan yang cukup tinggi di hari menjelang Ramadan hingga lebaran.

Ini karna kurma merupakan makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ketika berbuka. Kandungan serat dan glukosa pada isinya dapat menambah energi setelah seharian berpuasa.

Karena kepopulerannya, permintaan yang cukup banyak dan stok yang melimpah, menjajakan kurma bisa jadi usaha yang menggiurkan untuk menambah pemasukan di bulan suci.

14. Usaha Peralatan Ibadah

Bulan ramadhan adalah saat yang tepat bagi seluruh umat memupuk amalan. Jadi tidak mengherankan jika bulan ini masjid setiap saat penuh karena semangatnya orang-orang beribadah.

Dengan waktu ibadah yang padat, pasti diperlukan peralatan ibadah yang banyak. Bukan hanya untuk individu, masjid-masjid juga butuh menyediakan Alqur’an, sarung atau sajadah dengan jumlah yang lebih.

Kebutuhan yang banyak ini menjadikan peralatan ibadah untuk sholat inisebagai ide peluang usaha jualan bulan puasa yang cukup menjanjikan.

15. Usaha Jilbab dan Busana Muslim

Di bulan Ramadan orang berlomba-lomba untuk merubah penampilan ke arah yang lebih baik. Yang awalnya belum berjilbab, maka di bulan ini berusaha menjadi lebih baik untuk menutup aurat.

Yang tadinya pakaian masih membentuk tubuh badan, pada akhirnya banyak yang memutuskan untuk sedikit melebarkan ukuran baju untuk menyamarkannya.

Dengan berubahnya hal tersebut membuat sisi dari penjual jilbab dan busana muslim diuntungkan. Akan ada sebuah peningkatan permintaan untuk produk jilbab dan busana muslim tersebut.

Hal ini juga berlaku untuk Anda. Mengapa tidak mencoba untuk menjadi salah satu dari pihak yang mendapatkan peluang yang cukup menguntungkan?

Dengan mencoba usaha jilbab dan busana muslim, Anda tidak hanya mendapatkan uang melimpah tetapi juga memfasilitasi orang-orang yang berusaha merubah penampilannya.

16. Usaha Jasa Jahit

Mode baju yang banyak dijual sudah terlalu pasaran? Membuat baju dari kain yang dipilih sendiri dan desain yang dibuat sendiri dapat menjadi sebuah ide cemerlang.

Di bulan puasa menjelang hari raya tidak hanya satu maupun dua orang saja yang berpikiran seperti ini. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya dibutuhkan tukang jahit yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan menjahit, tidak ada salahnya juga untuk menyalurkannya menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan yang terbilang menguntungkan.

17. Usaha Kue Lebaran

Lebaran dengan suasana yang sangat lekat dengan berbagai jenis kue kering. Namun, membuat kue lebaran biasanya membutuhkan kemampuan khusus. Salah bahan dan pengolahan bisa membuat kue gagal.

Padahal kue ini akan dihidangkan kepada para tamu. Ini yang membuat kebanyakan orang lebih banyak membeli kue lebaran daripada harus membuat sendiri.

Jika Anda hobi masak dan membuat kue, tidak ada salahnya mencoba peruntungan bisnis kue lebaran ini. Kreasikan kue lebaran buatan Anda untuk membuat pelanggan anda tertarik.

18. Usaha Toples Kue

Usaha Bulan Ramadhan satu ini memang cukup sepele. Namun disaat banyaknya permintaan kue untuk lebaran, sudah pasti banyak yang membutuhkan wadah untuk toples pengemasannya.

Tidak perlu membuka usaha modal besar untuk bisa berjualan toples kue. Cukup mencari grosir toples yang bisa dicari dengan gampang secara online.

Di saat tingginya kebutuhan, toples tersedia dari berbagai ukuran. Dengan desain unik hingga biasa saja sudah pasti barang tentu akan menjadi ide jualan bulan puasa yang cukup laku di pasaran.

19. Usaha Parcel

Di Indonesia, berkirim parcel disaat lebaran sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Pekerja kantoran juga sering mendapatkan tunjangan hari raya yang biasanya berbentuk parcel.

Jika Anda adalah salah satu produsennya, sudah barang tentu akan kebanjiran pembelian. Namun tentu saja tidak boleh sembarangan. Buat desain produk parcel menarik agar pelanggan puas.

Bisa juga dengan mengkreasikan isi parcelnya. Tidak hanya roti dan sirup, Anda dapat mengubahnya dengan barang peralatan ibadah, buku dan lain sebagainya.

20. Usaha Rental Mobil

Selain berbagai parcel, mudik juga jadi salah satu tradisi yang melekat dengan orang Indonesia. Ketika dimulai cuti bersama, semua orang bergegas mempersiapkan bawaan dan pulang ke rumah orang tua.

Terdapat banyak jasa transportasi publik yang tersedia, mulai dari bus, kereta api, dan pesawat. Namun menggunakan transportasi publik sering sekali menimbulkan masalah.

Ongkos yang sangat tinggi, penumpang yang banyak, jadwal keberangkatan dan waktu istirahat yang tidak fleksibel, tempat yang kotor dan masih banyak lagi.

Tidak heran banyak orang lebih memilih untuk menggunakan mobil pribadi, apalagi jika membawa keluarga besar. Bagaimana jika tidak memiliki mobil pribadi?

Ini adalah kesempatan Anda untuk menyediakan usaha berupa rental mobil. Jika Anda mempunyai mobil pribadi dan tidak sering digunakan, maka Anda dapat merentalkan kepada orang lain.

21. Usaha Oleh-Oleh Khas

Setelah kendaraan siap, yang biasanya dilakukan para pemudik adalah membeli oleh-oleh untuk keluarga yang dikunjungi. Mendekati hari besar seperti lebaran, toko oleh-oleh biasanya akan kebanjiran pembeli.

Bahkan banyak toko yang kehabisan stok dalam waktu yang singkat. Menggeluti bisnis pembuatan oleh-oleh khas daerah Anda tinggal jadi sesuatu yang cukup menjanjikan.

22. Usaha Ketupat

Lebaran tidak lengkap rasanya jika tidak menyantap ketupat dengan opor ayam dan rendang. Berjualan ketupat dapat menjadi alternatif tambahan pendapatan menjelang masa lebaran.

Apalagi pembuatan ketupat yang rumit dan tidak semua orang dapat melakukannya. Itu tadi beberapa Usaha Bulan Ramadhan yang dapat kamu coba.

Tidak perlu membuat usaha besar dengan toko yang tampak secara fisik. Anda bisa memanfaatkan berbagai saluran promosi seperti media sosial dan orang sekitar juga cukup efektif.

Mungkin itu saja hal yang dapat saya bagikan mengenai Usaha Bulan Ramadhan yang dapat kamu coba dengan niat dan tekad yang kuat, pasti akan berhasil.

× Whatsapp Kami!