Kamu pelajar keren yang mau menghasilkan uang di usia muda? Nah cocok banget artikel ini buat kamu. Kami akan paparkan 15 ide bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu coba.

Walaupun kamu masih sekolah, tak ada yang salah bila ingin belajar menghasilkan uang sendiri agar bisa memenuhi kebutuhan sendiri tanpa meminta dari orang tua, terutama jika kamu memiliki mental pebisnis.

Apalagi di era internet seperti saat ini, ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang tanpa perlu menyewa atau membuat toko offline yang pasti membutuhkan banyak sekali modal.

Ets… sebelum memulai usaha ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Bahwa untuk menjalankan sebuah bisnis atau usaha, kamu harus memahami bagaimana bisnis itu berjalan, siapa target marketnya, bagaimana peluangnya, siapa pesaingnya, dan value bisnis apa yang ingin kita tonjolkan.

Value bisnis itu apa sih? Value itu artinya nilai, tetapi untuk lebih mudahnya, value bisnis adalah nilai apa yang menjadi pembeda antara bisnis kita dengan bisnis orang lain. Misalnya nih, value bisnis kita adalah tentang pelayanan. Apakah pelayanannya terbaik, fast response, membuat customer senang, melakukan repeat order, bahkan loyal? Kamu bisa tentukan sendiri apa value yang mau kamu tonjolkan.

Yaps, kamu pasti udah ga sabar mau tau ide-ide bisnis online untuk pelajar dari kami kan? Yups tak perlu berlama-lama lagi, kita simak ide bisnis online untuk pelajar di bawah ini kuyyy!

15 Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Di bawah ini adalah 15 contoh bisnis online untuk pelajar yang bisa menambah pengalaman dan juga penghasilan tambahan kamu, diantaranya:

1. Menjadi Affiliate Marketing

Ide bisnis online untuk pelajar pertama yaitu affiliate marketing atau bisa disebut juga bisnis affiliate. Bagaimana cara kerja affiliate marketing? Sederhananya, kamu hanya perlu membagikan link produk, lalu akan mendapatkan keuntungan atau komisi apabila ada pembelian menggunakan link tersebut.

2. Membuat Blog

bisnis online untuk pelajar

Kamu suka nulis dan pandai merangkai kata-kata? Bisa jadi loh ide bisnis online untuk pelajar satu ini cocok buat kamu. Ide tersebut ialah membuat blog atau menjadi blogger.

Kamu bisa memulai belajar menulis artikel, cerita, dokumenter, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di blog yang sudah kamu buat tersebut.

3. Menjadi Admin Media Sosial

Ide bisnis online untuk pelajar yang selanjutnya ialah menjadi admin media sosial. Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang sangat senang mengelola media sosial. Kamu bisa membuka jasa admin media sosial untuk akun Instagram atau TikTok UMKM atau bisnis orang lain.

4. Menjadi Reseller atau Dropshipper

bisnis online untuk pelajar

Nah Ide bisnis online untuk pelajar yang keempat yaitu menjadi reseller atau dropshipper. Kalau kamu ingin pekerjaan ini memberimu keuntungan yang banyak, ada baiknya agar kamu memilih supplier yang memiliki brand yang kuat, sedang tren, terpercaya, dan kamu memahami target marketnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kamu belum meraih kesuksesan menjadi reseller antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memilih supplier yang tidak profesional atau tidak bisa menjaga kualitas produk. Supplier yang tidak professional akan mengakibatkan kamu sering berhadapan dengan keluhan dari pelanggan atau permintaan pengembalian barang (refund),
  2. Tidak memiliki beragam alternatif pilihan supplier, sehingga ketika ada masalah maka kamu tidak bisa atau tidak tahu bagaimana menggantinya dengan yang lainnya,
  3. Kamu melakukan kesalahan umum dalam mengelola bisnis, seperti tidak melakukan manajemen keuangan yang baik, menyusun strategi pemasaran dan penjualan yang matang, tidak memberikan pelayanan terbaik, dan lain sebagainya,
  4. Produk atau jasa yang kamu jual tidak bisa diterima oleh market.
  5. Salah dalam memilih media penjualan atau pemasaran. Media yang kamu pilih ternyata tidak sesuai dengan keberadaan target market yang kamu incar,
  6. Pelayanan yang buruk, seperti telat merespons pesanan, atau slow respon ketika menjawab pertanyaan calon customer,
  7. Tidak menghitung harga jual dengan baik dan cermat.

Pastikan kamu tidak melakukannya ya!

Baca juga: 15 Peluang Usaha Online untuk Pemula Tanpa Modal Terbaru!

5. Fotografer

Bisnis online untuk pelajar satu ini merupakan salah satu ide bisnis yang paling mudah dimulai, apalagi jika kamu memiliki hobi di bidang fotografi. Kamu hanya membutuhkan kamera DSLR atau kamera sejenis lainnya, serta kemampuan mengambil angle gambar dan mengeditnya.

Kalau tidak punya kamera? Kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa menyewanya dari tempat rental kamera bahkan sekarang ini sudah banyak juga lho yang bisa menghasilkan foto yang bagus meskipun hanya menggunakan smartphone.

6. Menjadi Content Creator

Siapa yang tak mengenal kata content creator? Kamu pasti udah sangat familiar sama kata itu bukan? Content creator ini cakupannya cukup luas, tak hanya di YouTube, tapi kamu juga bisa membuat konten yang sekreatif, semenarik, dan bermanfaat sesuai passion kamu di beberapa media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Dengan ketekunananmu dalam membuat konten, kesempatanmu untuk menjadi content creator yang terkenal sangat terbuka lebar. Jika sudah terkenal, peluang untuk mendapat endorse menjadi lebih tinggi.

7. Bisnis Camilan

Ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya yaitu menjual makanan camilan. Ada banyak pilihan jenis makanan camilan menarik yang bisa kamu jual, seperti keripik kentang, keripik ubi, keripik singkong, keripik kaca, basreng, camilan dari tepung aci, biskuit, dan masih banyak yang lainnya.

Kamu bisa menjualnya melalui media sosial atau bahkan e-commerce dengan modal yang tidak terlalu besar, bahkan bisa saja hanya dengan modal di bawah Rp100.000,00. Untuk mengemas camilan tersebut kamu bisa menggunakan Alat Press Plastik agar lebih awet dan rapi.

8. Menjual Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang suka membuat kreasi seperti sulam, gelang tangan, boneka dari benang wall, dan sebagainya, kamu dapat mulai menjual kerajinan tangan. Di samping menyalurkan hobi, kamu juga akan memperoleh keuntungan besar dari bisnis ini.

Apalagi saat ini banyak orang Indonesia yang telah membuktikan kesuksesan bisnis kerajinan tangan hingga mereka mengekspor produk mereka ke luar negeri. Peluang usaha yang sangat menggiurkan bukan?

9. Jasa Penerjemah

Kamu bisa berbahasa asing? Kamu bisa lho menawarkan layanan jasa penerjemah dokumen secara online kepada mereka yang membutuhkan. Kebutuhan akan hal ini juga cukup tinggi sehingga peluangnya juga sangat besar.

Jasa penerjemah ini biasanya akan berlangsung dua sisi, entah kamu akan diminta untuk menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa asing ataupun sebaliknya. Kadang kamu juga akan diminta secara spesifik untuk memahami terminologi dari suatu industry agar kamu bisa menerjemahkan dengan tepat.

10. Blogger

Meskipun menjadi blogger tidak tergolong “jualan”, namun menjadi seorang blogger dan mendaftarkan blog kamu sebagai publisher Adsense merupakan salah satu cara yang menarik untuk mendapatkan pendapatan semi-pasif.

Ketika ingin menjadi seorang blogger, yang harus kamu kuasai adalah bagaimana membuat artikel yang bermanfaat, banyak dicari, dan menarik untuk dibaca sehingga blog kamu akan dikunjungi banyak pengunjung setiap harinya. Dengan banyak dikunjunginya blogmu maka akan berdampak baik pada penghasilan kamu melalui adsense.

11. Jasa Penulis Artikel

Jika menurut kamu menjadi blogger akan terlalu lama menghasilkan uang-nya, maka kamu bisa memilih untuk menjual jasa penulisan artikel melalui situs-situs bisnis bagi para freelance seperti projects.co.id, sribulancer, dan lain sebagainya.

Dalam menulis artikel yang biasanya akan ditempatkan di website ini, kamu perlu memahami skill bagaimana menulis yang benar sesuai kaidah SEO, mulai dari pengulangan kata kunci yang proporsional, judul meta untuk gambar artikel, dan lain sebagainya.

12. Jasa Rakit Komputer

Ide jualan online untuk pelajar selanjutnya ialah menawarkan jasa rakit komputer, terutama bagi kamu yang mengerti mengenai spare part komputer seperti processor, motherboard, RAM, hard disk, dan tentu saja bagaimana cara merakitnya.

Kamu juga bisa menawarkan spare part tersebut secara terpisah, atau membuat paket pc rakitan sendiri yang kamu buat semaksimal mungkin dan sudah optimal untuk digunakan pada kebutuhan tertentu, seperti PC untuk kantor, PC untuk editing video, PC untuk gaming, dan lain sebagainya.

13. Jasa Desain Grafis

Kebutuhan akan desain grafis saat ini sangat tinggi. Hal ini jadi peluang buat kamu yang menguasai desain grafis menggunakan Photoshop, Ilustrator, ataupun Coreldraw. Kamu juga bisa menawarkan keahlianmu itu untuk menawarkan jasa desain poster, flyer, spanduk, dan kebutuhan lainnya yang masih terkait.

14. Jasa Editing Video

Seperti halnya desain grafis, jika kamu menguasai editing video menggunakan Adobe Premiere, Vegas Pro, atau bahkan Filmora. Kamu juga bisa menawarkan keahlianmu itu di beberapa website penyedia jasa.

Baik untuk kebutuhan membuat video undangan pernikahan, editing video profil perusahaan, editing video untuk iklan, dan lain sebagainya bisa kamu coba tawarkan kepada calon customer.

15. Jasa Pengetikan

Kamu menguasai teknik penulisan ilmiah dengan baik dan benar? Kamu juga bisa mengetik dengan cepat halaman yang berlembar-lembar? Kemampuanmu ini bisa kamu manfaatkan dengan menawarkan jasa pengetikan skripsi, tugas akhir, dokumen, dan lain sebagainya. Lumayan bukan? Tinggal ngetik-ngetik tau-tau dapat duit.

Manakah ide bisnis online untuk pelajar yang akan kamu pilih?

Nah itu tadi 15 ide bisnis online untuk pelajar yang bisa kamu coba. Untuk mendukung kamu dalam memulai bisnis, mungkin 10 tips memulai bisnis online untuk pelajar oleh Scott Gerber; seorang pengusaha muda, penulis, dan investor asal Amerika Serikat ini cocok untuk kamu.

10 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pelajar 

bisnis online untuk pelajarApa saja tipsnya? mari kita simak bersama!

1. Fokus pada Satu Peluang Bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, peluang bisnis menjadi sangat banyak. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan kamu dikembangkan.

Sehingga banyak orang yang mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun apakah itu benar? Tiada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

Dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terfokus dan maksimal. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide yang kamu punya. Mengurus satu bisnis saja sudah begitu rumit, apalagi kalau banyak, ya nggak?

2. Pilih Ide Hal yang Kamu Sukai

Dengan memilih ide bisnis online untuk pelajar yang kamu sukai, maka kamu akan melakukannya dengan sepenuh hati, tidak terpaksa, dan memungkinkan untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Bagi kamu yang punya cita-cita sebagai pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena tergiur bahwa ide bisnis tersebut menjanjikan untung besar, terlihat keren, atau karena disuruh.

Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai usaha ialah berdasarkan hobi. Jika kamu memiliki hobi fotografi, kamu bisa memulai belajar fotografi, jika tidak memiliki kamera, kamu bisa menyewanya. Bahkan jika kamu tidak memiliki uang untuk menyewa, kamu bisa memanfaatkan smartphone yang kamu punya. Meskipun hanya menggunakan smartphone banyak fotografer yang bisa menghasilkan foto yang “layak jual”.

3. Menguasai Banyak Hal Tentang Bisnis yang akan Kamu Tekuni

Awal-awal kamu memulai bisnis, biasanya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya pada bisnismu. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul banyak hal tentang bisnis yang kamu tekuni dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya.

Menguasai banyak hal tentang bisnismu memungkinkan investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang paling paham tentang bisnis ini.

4. Selalu Mau Belajar dari Orang Lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tiada orang yang mengetahui semua hal, maka dari itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Ingat kata-kata Steve job; mantan CEO Apple? “Stay hungry, stay foolish.”

Dari kata-kata tersebut kita belajar untuk terus merasa haus akan ilmu sehingga tidak pernah berhenti belajar. Salah satu cara belajar adalah dengan berbincang-bincang dengan orang lain. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah mereka lakukan.

Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang harus kamu dilakukan agar kamu sukses. Lebih banyak mendengar memiliki efek lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

5. Hiduplah dengan Sederhana

Lupakan semua bayangan keindahan ketika menjadi pengusaha yang sudah sukses. Mobil mewah, makan di restoran mahal, rumah besar, pakaian mahal atau segala hal yang menunjukkan kemewahan.

Hiduplah dengan bayangan bahwa kamu adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Tahan gengsimu, nikmati prosesmu, dan segala hal yang kamu impikan itu akan datang pada saatnya nanti.

6. Belajar dari Kegagalan

Tiada ada hal yang pasti di dunia ini, sama halnya dengan dunia bisnis. Ada dua pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu untuk berjuang atau diam.

Jika kamu ingin berjuang, maka kamu juga harus siap terhadap risiko, yaitu kegagalan. Karena tidak semua hal yang telah kamu rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginanmu. Justru kegagalan harus terjadi untuk memberikan kamu pelajaran dan mempersiapkan kamu untuk menjadi orang yang sukses nantinya.

Ketika gagal, jangan putus asa, gapapa merenung dulu, tapi tetap harus stay on the track, dan mencoba lagi. Jangan lupa untuk mengambil pelajaran berharga dari kegagalan yang kamu alami. Ingat! Kegagalan itu adalah guru terbaik loh!

7. Buktikan dengan Tindakan, Bukan Cuma Kata-Kata

Perhatikan apa yang kamu katakan. Katakanlah apa-apa yang mampu kamu lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak bisa berbuat apa-apa. Buktikan yang kamu katakan melalui tindakan, karena dengan bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Speak less, do more, right? Sedikit bicara, banyak karya, right?

8. Tahu Kapan Harus Berhenti Berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan mungkin karam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak ialah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan ia harus berhenti. Memberhentikan bisnis tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kamu untuk berhenti.

Jika tidak kamu akan semakin terpuruk. Demikian juga dalam membangun bisnis. Terkadang, bisnis yang kamu mulai tidak membawa kamu kepada kesuksesan, tetapi malah membuat kamu menjadi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kamu harus paham kapan harus berhenti.

Bersikap bijaksana dan memahami situasi dan kondisi akan membantu kamu untuk terhindar dari keterpurukan.

9. Tunjukkan Bahwa Konsep Bisnis Kamu yang Terbaik

Yakinlah bahwa tiada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis kamu, karena mereka belum paham standar dari konsep bisnismu. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis yang kamu bangun akan sangat menguntungkan bagi para investor.

Eksekusi konsep bisnismu dengan modal yang kamu punya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu bisa dieksekusi dengan baik, dan menjadi konsep bisnis yang terbaik, percayalah bahwa para investor yang akan mencari kamu.

10. Jagalah Kesehatan

Untuk mencapai kesuksesan, kamu memang harus bekerja keras, namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga penting. Jika badanmu sehat, apapun yang kamu kerjakan akan menjadi lebih produktif.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan antara lain: atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan. Bayangkan jika kamu jatuh sakit, banyak hal menjadi terbengkalai. Kesehatan memberi kamu kesempatan untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih optimal dan produktif. Kamu bisa bekerja dengan optimal dan tetap menjaga kesehatan.

Jadi, itulah 10 tips untuk kamu yang mau sukses memulai bisnis. Jadi jangan ragu untuk memulai meski kamu baru pemula, terus belajar, tekuni bidang yang kamu pilih dan ambil peluangmu. Tiada yang tidak mungkin selama kamu berani bermimpi dan mau berusaha. Jalani semua proses yang kamu inginkan dengan selalu memberi yang terbaik. Selamat berproses dan semangat!

× Whatsapp Kami!