Halo guys, kita akan membahas mengenai cara membuat popcorn caramel. Nah sebelum saya menjelaskan cara membuat popcorn caramel saya akan jelaskan lebih dahulu sejarah singkat popcorn. Lain bagi kita bila tidak membeli popcorn saat menonton film di bioskop.
Pada tahun 1948, biji popcorn yang diperkirakan telah berusia 4000 tahun ditemukan  di Bat Cave Meksiko . Hal ini meyakinkan bahwa popcorn ada samanejak z suku Indian Aztec. Kemudian popcorn mulai terkenal sejak tahun 1800an.
Cemilan popcorn ini sudah lahir sejak beribu-ribu tahun silam. Cemilan jagung meletus ini menjadi makanan yang dikonsumsi oleh suku Indian Aztec di abad jke 16. Berbeda dengan kita yang menjadikan popcorn sebagai cemilan, suku Indian Aztec di Mexico mengkonsumsi popcorn hanya pada saat mengikuti upacara penghormatan Dewa-Dewa mereka.
Bentuk popcorn yang unik ini disebabkan oleh meletusnya butiran biji jagung yang dipanaskan. Isinya yang mencuat keluar lalu berbentuk seperti bunga berwarna putih. Inilah alasan suku Indian Aztec tersebut menjadikan popcorn sebagai persembahan kepada Dewa Air. Warnanya yang putih bersih lalu berterbangan saat dipanaskan, dianggap sebagai hujan yang membawa berkah bagi suku mereka.

 

Mengenal Salah Satu Merk Untuk Cara Membuat Popcorn Caramel (Jolly time)

Salah satu merk pop corn yang terkenal adalah Jolly Time. Yang kini hadir di Indonesia dan menawarkan bisnis jagung Pop Corn asli Amrik. International brand, Low investment, low risk and high return.
Seiring perkembangan jaman tentunya ekspektasi konsumen akan produk baru juga berkembang. Mereka tidak hanya menginginkan Pop Corn yang biasa saja tetapi juga memiliki variasi rasa yang lebih banyak, unik dan cepat. Nah, menjawab ekspektasi tersebut kini telah hadir Jolly Time, merek Pop Corn  asal Amerika yang sudah sangat melegenda secara internasional dan sudah ada di 50 negara di dunia.
Sekedar mengingatkan, di negeri asalnya Jolly Time adalah produk dari American Pop Corn Company yang sudah ada sejak 1914 dengan pabriknya berlokasi di Sioux City, Iowa, Amerika Serikat.Jolly Time memang berbeda dengan Pop Corn pada umumnya. Perbedaannya adalah selain di teknologi juga packaging dan varian rasanya yang mengikuti selera konsumen. Proses masak Jolly Time Pop Corn sangatlah simple, tidak rumit layaknya memproses Pop Corn  tradisional yang membutuhkan panci, minyak, mentega, garam, gula, dan sebagainya. Pop Corn Jolly Time diproses menggunakan teknologi Microwave sehingga proses masaknya sangat cepat, kurang dari 3 menit.

 

8 manfaat kesehatan konsumsi popcorn :

1. Bisa menurunkan berat badan
Tahukah Anda bahwa popcorn dikatakan normal karena mengandung 30 kalori yang 5 kali lebih sedikit daripada keripik kentang berminyak? Dan tahukan anda bahwa kandungan serat dalam popcorn dapat membuat Anda merasa kenyang dan menghambat pelepasan hormon kelaparan.

 

2. Menurunkan tingkat kolesterol
Popcorn mengandung serat yang bisa menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri, sehingga mengurangi keseluruhan kadar kolesterol Anda. Ini juga dapat membantu menurunkan kemungkinan kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

 

3. Memperbaiki pencernaan
Popcorn merupakan biji utuh yang didalamnya mengandung endosperm, kuman dan dedak. Brondong jagung ini mengandung semua serat yang bisa membantu mengobati pencernaan. Ini membantu buang air besar (BAB) yang tepat dan akan mencegah sembelit.

 

4. Kontrol tingkat gula darah
Popcorn memiliki jumlah serat yang cukup banyak, ini mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin. Ini akan menjaga kadar gula darah sehingga mencegah diabetes. Jadi, meningkatkan asupan popcorn organik untuk mencegah diabetes.

 

5. Mencegah kanker
Popcorn mengandung sejumlah besar senyawa poli-fenolik, salah satu jenis antioksidan lebih kuat yang dapat Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Antioksidan adalah zat pertahanan kuat yang bisa menghilangkan radikal bebas.

 

6. Mendukung pertumbuhan tulang sehat
Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Mangan membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

 

7. Pengganti gandum atau oatmeal
Popcorn merupakan satu-satunya camilan yang 100 persen diproses dari biji. Tahukah Anda bahwa satu porsi popcorn mengandung lebih dari 70 persen asupan gandum harian yang direkomendasikan. Jika Anda bosan makan oatmeal, Anda bisa mengonsumsi popcorn sesekali.

 

6 bahaya Sering Makan Popcorn

Alasan popcorn yang dipanaskan di microwave tidak baik bagi kesehatan :

1. PFOA
Saat proses pembuatan, popcron dibuat di dalam secarik kantong berseger yang dilapisi bahan kimia yang disebut PFOA. Satu penelitian menunjukkan PFOA merupakan bahan kimia bersifat karsinogenik. Bila dikonsumsi jangka panjang, menyebabkan kanker.

 

2. Diacetyl
Bahan kimia diacetyl digunakan untuk memberi rasa mentega.

 

3. TBHQ
TBHQ adalah pengawet paling umum, yang paling sering ditemukan di dalam makanan ringan.

 

4. Sakit paru-paru
Akibat adanya diacetyl, tubuh akan memprosesnya, yang tak jarang membuat kita sulit bernapas.

 

5. Tinggi garam dan lemak jenuh
Popcorn mengandung kadar garam yang tinggi. Selain itu, mentega yang terkadang digunakan mengandung lemak jenuh cukup tinggi.

 

6. Masalah pencernaan
Popcorn mengiritas saluran pencernaan. Bila terlalu sering, maka pencernaan dalam bahaya, dan kita membutuhkan makanan tinggi serat agar pencernaan berfungsi seperti semula.

 

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN POPCORN

Keunggulan :

  • Lemak
  • vitamin B1
  • protein
  • vitamin B2

Kelemahan :

Menurut Penelitian yang dilakukan National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS), sebagai bagian National Institutes of Health menguji kandungan diacetyl dalam popcorn. Penelitian menggunakan tikus sebagai subjek. Diacetyl merupakan komponen mentega buatan dan menyebabkan kondisi lymphocytic bronchiolitis. Walaupun renyah dan terasa gurih, Anda harus berhati-hati terhadap kandungan yang terdapat di dalamnya. Bahan kimia yang digunakan untuk memberikan rasa gurih pada popcorn dapat merusak paru-paru dan saluran pernapasan pada tikus.
Kondisi tersebut merupakan pemicu utama obliterative bronchiolitis atau “popcorn lung”. Gangguan tersebut membuat susahnya sirkulasi udara di paru-paru.
Meskipun masih jarang dan diperdebatkan, beberapa produsen pop corn menggunakan bahan tambahan untuk memberikan rasa gurih. Produsen menggunakan konsentrat untuk memberikan rasa gurih dan pekerja menghirup asap dari pop corn yang masih panas.Dan berdasarkan penelitian dari NIEHS terungkap bahwa penelitian tikus di laboratorium yang menghirup udara yang tercemar diacety lselama tiga bulan, lama-kelamaan berisiko mengalami lymphocytic bronchiolitis.

 

Berkenalan dengan bisnis popcorn

 

 

Apa itu bisnis popcorn! Dan bagaimanakah cara memulainya! Bisnis popcorn merupakan salah satu usaha camilan gurih yang begitu laris manis di pasaran maupun dibioskop loh. Nah, Kemunculannnya memang bisa dibilang sangat lama tapi hingga kini camilan itu membuktikan jika bisnis pocorn patut diperhitungkan. Nah, Untuk Anda yang akan menjalankan usaha popcorn memang Anda dapat memulainya dengan langkah yang mudah. Bisnis menjanjikan ini memang layak dinamakan bisnis tak lekang waktu, dimana makanan ini sejak dahulu hingga kini banyak dicari.

Memulai bisnis popcorn

Untuk Anda yang akan mengawali bisnis popcorn bisa dibilang tidak begitu sulit. Untuk Anda yang sudah memiliki ketertarikan menjalankan bisnis popcorn Anda bisa memulainya dengan mudah. Untuk Anda yang akan memulai bisnis pocorn dapat dibilang tidak terlalu gampang dan tidak terlalu susah Anda yang akan menerjuni bisnis popcorn tak butuh keahlian. Proses pembuatan popcorn hanya mengandalkan mesin popcorn sehingga tak erlu keahlian yang khusus. Agar dapat mengawali bisnis popcorn Anda bisa menggunakan modal mulai dari 1 hingga 3 jutaan saja. Dengan modal 1-3 jutaan Anda bisa langsung memiliki mesin popcorn sebagai mesin andalan yang digunakan.

Prospek usaha popcorn

Bercerita tentang prospek popcorn memang bisnis popcorn ini dalam kedepannya sangat cerah dan menguntungkan. Yang mana bisnis tak pernah hapis termakan jaman sehingga memiliki prospek gemilang. Makanan yang terus popular ini tentunya akan menjadi ladang bisnis menguntungkan bila Anda jeli memanfaatkannya. Nah, usaha popcorn menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Dalam memaksimalkan suatu bisnis popcorn Anda bisa jalankan dengan menerjuni usahanya. Dalam bisnis popcorn ini bisa dibilang gampang susah. Tetapi makanan ini cukup menjadi daya tarik loh bagi para kosumen khususnya untuk acara menonton di bioskop ataupun di rumah.

Bahan Baku Cara Membuat Popcorn

Untuk Anda yang akan menjalankan usaha popcorn ini memang membutuhkan bahan baku di untuk kebutuhan produksinya. Dimana dalam menjalankan usaha popcorn ini membutuhkan bahan baku utama yakni jagung, pewarna makanan, perasa makanan dan lainnya. Anda dapat membeli bahan pembuatan popcorn ini di toko, supermerket dan pasar. Apakah jumlah biaya di perlukan besar atau kecil? jawaabannya yaitu Jumlah biaya yang diperlukan untuk membeli bahan baku popcorn terbilang kecil. Sebagai bahan utama jagung yang Anda gunakan bisa membeli langsung ke petani. Sehingga Anda bisa menentukan kualitas yang dinginkan serta hargaya menjadi lebih murah.

Harga Jual Popcorn

Harga jual popcorn yang akan Anda jual bisa menyesuaikan harga yang ada di pasaran. Harga sebungkus popcorn yang dijual dipasar biasanya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Anda dapat menentukan harga yang pas sesuai dengan baiya produksi yang dibutuhkan.

Lokasi Bisnin Popcorn

Untuk menentukan tempat berjualan popcorn Anda bisa memilih lokasi ramai dimana banyak orang lalu lalang. Anda dapat menjual popcorn mulai di bioskop, pinggiran jalan, pusat kota, pusat perbelanjaan dan tempat bermain anak. Terlebih dahulu pastikan lokasi yang dipilih dalam menjual popcorn tentunya yang ramai dan banyak peminatnya.

Promosi Bisnis Popcorn

Siapkan strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan supaya produk popcorn laris di pasaran. Banyak cara yang bisa Anda lakukan yaitu promosi untuk menjual atau menawarkan produk popcorn dapat dilakukan dengan berbagai cara. Atau anda bisa mengambil cara yang paling efektif untuk memasarkan produk popcorn. Mulai dengan memasarkan secara online yang akhir akhir ini sangat boming. Anda dapat memosting produk popcorn Anda ke website atau berbagai situs penjualan seperti tokopedia, olx, elevenia, shopee, lazada dan lainnnya. Selain hal itu ada cara pemasaran yang lainnya seperti memanfaatkan facebook, instagram dan bbm bisa juga Anda lakukan.

Cara Membuat Popcorn Caramel

cara membuat popcorn caramel

Bahan-bahan yang Dibutuhkan Untuk Cara Membuat Popcorn Caramel :

  • 1/2 cup jagung popcorn
  • 1/4 cup minyak sayur
  • 1 cup gula pasir
  • 125 gr unsalted butter 
  • 1/4 sdt garam (resep asli tidak ada)

Cara Membuat Popcorn Caramel

  1. Siapkan panci di atas kompor dengan api sedang.
  2. Tuang minyak dan biarkan hingga panas. Untuk memastikan minyak sudah panas atau tidak bisa masukkan satu dua jagung jika meletup maka minyak sudah siap.
  3. Masukkan jagung dan segera tutup pancinya.
  4. Jangan lupa goyang-goyangkan panci agar panasnya merata dan hasilnya tidak gosong.
  5. Lalu, Jika sudah berhenti meletup, popcorn yang kita buat sudah jadi.Tuang ke dalam wadah dan buang sisa-sisa jagung yang gagal move on hehe.. Sisihkan.
  6.  Dalam panci anti lengket masukkan mentega, gula pasir dan garam. Gunakan api sedang.
  7. Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula.
  8. Diamkan hingga mendidih, jangan diaduk! Masak hingga berwarna coklat keemasan atau maksimal 10 menit. Jangan sampai lebih dari 10 menit, karena caramel bisa gosong dan terasa pahit.
  9. setelah sudahmatang, angkat dan segera tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar.
  10. Aduk-aduk hingga merata. Untuk mengaduknya ini harus dilakukan dengan cepat ya, karena begitu dingin maka caramel akan mengeras.
    Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.
  11. Jika sudah dingin, gerombolan-gerombolan popcorn itu kita pisah-pisahkan dengan tangan. Dan caramel popcorn pun siap untuk dinikmati.
    Nah, itulah penjelasan singkat mengenai popcorn serta cara membuat popcorn caramel dan bagi kalian yang ingin mempermudah dalam pembuatan popcorn kini telah ada mesin pengolah popcorn loh kalian bisa memilikinya untuk lebih mempermudah dalam bisnis popcorn, dan ada juga mesin untuk mehancurkan bonggol jagung yaitu mesin penghancur bonggol jagung

    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

× Whatsapp Kami!