Cara Membuka usha laundry bisa merupakan peluangmu di tengah kesibukan orang-orang. Karena, tidak semua orang mempunyai waktu untuk mencuci pakaian mereka. Masalah mencuci bukanlah pekerjaan gampang. Sesudah mencuci, pakaian mesti dikeringkan, lantas disetrika dan dilipat atau digantung dengan baik.

Cara membuka usaha laundry terlihat sepele, tetapi ada banyak tahapan dalam mencuci baju dan itu sangat menghabiskan waktu. Bagi orang-orang dengan pekerjaan tinggi, baik karena pekerjaan maupun kuliah, masalah mencuci baju jadi sangat mengganggu. Kamu bisa menghilangkan gangguan tersebut dengan menawarkan jasa cuci. Selain itu, usaha laundry terkadang dibutuhkan untuk merawat pakaian yang membutuhkan penyelesaian khusus.

Cara Membuka Usaha Laundry

Cara Membuka Usaha Laundry

1.Pengertian Cara Membuka Usaha Laundry

Usaha Laundry adalah salah satu jenis usaha yang masih terkenal dan tidak tergerus oleh waktu. Sejak tahun 1813 sampai dengan saat ini usaha laundry masih sangat diminati dan masih terus akan berkembang. Dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar khusus nya para pengusaha laundry telah menyediakan beberapa paket usaha dari kelas pemula sampai kelas profesional. Mesin yang digunakanpun bervariasi dari mulai mesin kapasitas kecil sampai mesin yang berkapasitas besar.

Konsep self service menjadi salah satu konsep yang sedang hits saat ini, dimana customer bisa melakukan pencucian sendiri dengan cara yang mudah dan waktu yang relative singkat, dengan konsep lokasi laundry yang nyaman ber AC dan di dukung dengan fasilitas wifi serta minuman geratis, menjadikan konsep ini menjadi kecenderungan di market.

Oleh karena itu, usaha laundry ada untuk menjadi jalan keluar bagi orang-orang yang ingin masalah pakaian kotornya selesai dengan instan tanpa membuang waktu dan tenaga yang banyak. Cukup membayar sekian rupiah, orang-orang sudah bisa mendapatkan layanan mencuci dan menyetrika pakaian.

Usaha laundry dapat mengurangi beban pekerjaan rumah mahasiswa dan karyawan yang awalnya mencuci pakaian dilakukan sendiri menjadi tidak dengan adanya jasa laundry. Bagi mereka yang tinggal dan hidup di kost-kostan ataupun apartemen, usaha laundry akan cukup menguntungkan karena mudah di akses oleh target pasar dari usaha ini, yaitu mahasiswa dan karyawan yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian.

Baca Juga Artikel Ini: Cara mengurangi sampah plastik.

2.Langkah-langkah Cara Membuka Usaha Laundry

Selain itu, ada beberapa cara membuka usaha laundry lainnya yang perlu dipersiapkan dalam merintis sebuah usaha laundry, yaitu:

  1. Mempersiapkan rencana bisnis atau business Plan.
  2. Menentukan jenis usaha laundry dan layanan yang akan ditawarkan.
  3. Analisis strategi bisnis dan kelemahan pesaing.
  4. Menyiapkan modal serta barang-barang yang diperlukan.
  5. Menyiapkan strategi pemasaran yang menarik.
  6. Membuat standar oprasional bagi prosedur pelayanan.
  7. Membuat daftar harga dan promo yang menarik pelanggan.
  8. Siapkan layanan antar jemput

3.Jenis-jenis Layanan yang Ditawarkan

Ada banyak jenis fasilitas yang ditawarkan oleh usaha laundry. Layanan tersebut ialah berupa:

  1. Cuci Kering.
  2. Cuci Kering + Setrika.
  3. Cuci Baju + Celana.
  4. Cuci Tas.
  5. Cuci Sprei.
  6. Cuci Karpet, dan lain sebagainya.

4.Jenis-jenis Usaha Laundry

Sebelum membuka usaha laundry, kalian harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu, sebagai berikut:

1.Laundry Kiloan

Laundry Kiloan termasuk dalam usaha kecil menengah. Dengan awal dua hingga tiga mesin cuci, kamu sudah dapat membuka usaha laundry kiloan. Tarif cuci dan strika yang dihitung, yakni berdasarkan berapa kilo jumlah keseluruhan pakaian yang diberikan pelanggan.

Sebelumnya, kamu harus menetapkan dahulu berapa tarif perkilonya. Laundry kiloan cocok ditempatkan dilokasi perumahan, kampus, dan dekat kawasan kost.

2.Laundry Koin

Untuk yang satu ini, kamu perlu dana yang cukup banyak untuk melever mesin cuci dalam jumlah banyak pula. Namun sisi baiknya, kamu bisa mengikuti untuk menjual berbagai kebutuhan laundry, seperti detergen, pewangi, kantong laundry, dan sebagainya. Konsep laundry koin, yaitu self-service. Artinya, pelanggan mencuci sendiri bajunya dengan mesin cuci yang kamu sediakn. Mereka perlu memasukkan koin supaya mesin cuci dapat bekerja.

Keuntungan dari laundry koin, kamu tidak perlu banyak-banyak mempekerjakan orang untuk mengurus pakaian. Kamu hanya perlu meminjam jasa servis untuk memberikan perawatan pada mesin cuci secara berkala.

5.Tujuan

Adapun beberapa tujuan cara membuka usaha laundry, seperti berikut:

  1. Tujuan Rencana Bisnis adalah membantu anda agar tetap kereatif dan fokus pada tujuan yang telah ditetapkan saat awal ingin membuka sebuah bisnis.
  2. Agar pelanggan dapat mengetahui jenis layanan apa yang ditawarkan.
  3. Strategi bisnis dibuat agar dapat memajukan usaha.
  4. Menyiapkan modal bertujuan untuk membeli barang-barang kebutuhan usaha.
  5. Strategi pemasaran yang menarik bertujuan agar dapat menarik pelanggan dengan mudah.
  6. Standar oprasional prosedur dapat memberitahukan hambatan yang akan dihadapi karyawan
  7. Membuat daftar harga dan promo bertujuan untuk, memperlihatkan kepada pelanggan perapakah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli jasa tersebut dan untuk menarik pelanggan dengan adanya promo atau potongan harga.
  8. Agar mempermudah pelanggan untuk menggunakan jasa yang telah ditawarkan.

6.Penjelasan

Adapun penjelasan mengenai langkah-langkah cara membuka usaha laundry, sebagai berikut:

  1. Perencanaan bisnis atau business plan adalah aktivitas atau kegiatan penting yang harus anda siapkan sebelum membuka sebuah usaha. Dalam business plan, anda perlu menuliskan secara detail tentang teori bisnis, keuangan, pemasaran, dan hal terkait lainnya.
  2. Menentukan jenis usaha laundry dan layanan yang ditawarkan adalah hal yang penting, karena jikalau belum ditentukan pada akhrinya akan kebingungan ketika akan melayani pelanggan.
  3. Dalam analisis strategi bisnis, pelaku usaha dapat mengetahui strategi bisnis yang saat ini tengah diterapkan sudah efisien untuk mencapai sasaran bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya. Kelemahan adalah berasal dari internal perusahaan anda. Hal-hal yang dapat anda terapkan dan dapat berubah.
  4. Untuk mempersiapkan modal usaha terkait dana maka seseorang dapat menyisihkan dana dari pendapatannya dan dikumpulkan hingga mencapai jumlah tertentu. Tentunya cara menyisihkan atau menabung ini memang memerlukan waktu yang cukup lama terlebih jika bisnis yang akan dijalankan membutuhkan dana yang cukup besar. Barang-barang yang perlu dipersiapkan itu menyesuaikan, tergantung pada jenis usaha laundry dan layanan yang ditawarkan.
  5. Strategi pemasaran yang menarik adalah strategi yang digunakan agar dapat memenangkan persaingan secara berkesinambungan.
  6. Standar operasional prosedur merupakan proses dokumentasi yang dimiliki suatu perusahaan untuk memastikan bahwa layanan dan produk disampaikan atau diberikannya secara konsisten setiap waktu.
  7. Salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan ialah dengan membuat promo atau diskon menarik untuk pelanggan.
  8. Layanan antar jemput barang adalah sebuah fitur yang sangat membantu pelanggan, karena jikalau pelanggan tidak dapat keluar dari rumah maka pelanggan bisa menggunakan fitur tersebut.

Baca Juga Artikel Ini: Cara memulai usaha tanpa modal.

7.Keuntungan dan Kekurangan

  • Keuntungan Membuka Usaha Laundry

Sebelum kita membahas tentang keuntungan usaha laundry per bulan, kami ingin menginformasikan beberapa keuntungan bisnis laundry di rumah yang selama ini bisa jadi belum Anda perhitungkan, diantaranya yaitu:

1.Bisnis Dikerjakan Di Rumah, Tapi Tetap Bisa Dapat Pelanggan Dari Mana Saja

Keuntungan usaha laundry yang pertama adalah dapat dikerjakan dari rumah. Saat anda membuka usaha laundry, Anda tidak harus keluar rumah untuk menjual jasa. Cukup duduk di rumah dan menunggu pelanggan datang.

Jika pelanggan puas dengan hasil cuci laundry Anda, maka mereka akan menjadi pelanggan tetap. Selain itu, mereka juga akan menyarankan laundry Anda ke orang lain, sehingga pelanggan baru pun berdatangan.

2.Produk Bisnis Lebih Mudah Daripada Bisnis Rumahan Lain

Di atas sudah dijelaskan secara singkat bahwa bisnis laundry dapat mendatangkan pelanggan tanpa terlalu banyak promosi. Ini dikarenakan tujuan promosi bisnis laundry adalah kepuasan.

Setiap pelanggan laundry punya alasan sendiri kenapa selalu tetap memilih satu laundry untuk mencuci pakaian. Andaikata karena harum parfumnya, cepatnya mencuci, kehalusan hasil setrika, dan sebagainya.

Saat buka bisnis laundry, Anda hanya melayani konsumen sebaik mungkin. Produk Anda akan berhasil hanya dengan melakukan ini.

3.Dapat Dilakukan Bersamaan dengan Aktivitas Lainnya

Selain jualan online, bisnis laundry termasuk bisnis rumahan yang dapat dikerjakan dengan kegiatan lain. Saat mesin-mesin cuci sibuk mencuci pakaian pelanggan, Anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Tidak dibutuhkan 24 jam berdiri diam di depan mesin cuci.

4.Tidak Perlu Lelah Membuat Produk

Profit usaha laundry selanjutnya adalah Anda tidak perlu susah payah menciptakan produk. Cukup manfaatkan mesin cuci yang anda miliki, setrika, dan membeli deterjen serta pengharum. Setelah itu Anda hanya harus mencuci pakaian konsumen, menyeterika, dan melipatnya serapi mungkin.

5.Untung Lebih Banyak Dari Bisnis Rumahan Lainnya

Pendapatan usaha laundry yang terakhir adalah profit lebih banyak dibandingkan bisnis rumahan lainnya. Banyak orang meremehkan penghasilan dari usaha laundry, karena produknya memang tidak kelihatan. Padahal kalau dari segi keuntungan, jumlahnya bisa jauh lebih banyak daripada jualan produk yang terlihat wujudnya lho.

  • Perhitungan Keuntungan dan Kerugian Usaha Laundry Kiloan Per Bulan

Buat Anda yang tidak percaya pendapatan bisnis laundry bisa berkali lipat dari bisnis rumahan lain, berikut ini kami tunjukkan buktinya.

Kita anggap Anda sudah membuka bisnis laundry, dengan awal mula sebuah mesin cuci dan setrika. Dalam satu bulan, biaya debit listrik Anda adalah Rp400,000, untuk pencucian 200 kilogram pakaian per bulan.

Untuk mencuci, Anda membutuhkan 1 kilogram deterjen seharga Rp10,000/10 kg baju dan ½ botol parfum setrika seharga Rp5,000/20 kg baju. Selama sebulan, Anda mengeluarkan uang sebanyak Rp20,000 untuk membeli bungkus plastik laundry.

Anggap saja Anda menentukan biaya jasa laundry sebesar Rp5,000/kg, maka laba yang akan Anda dapatkan adalah:

Total harga jasa = Rp5,000 X 200 kg = Rp1,000,000

Jumlah keuntungan = Rp1,000,000 – Rp570,000 = Rp430,000

Dengan demikian, dengan perkiraan mencuci 200 kg per bulan, Anda akan mendapat keuntungan sebesar Rp430,000. Angka ini akan semakin tinggi jika pemesan jasa Anda semakin banyak.

  • Kekurangan dari menjalani bisnis laundry

Beberapa masalah di bawah ini mungkin dapat menjadi peninjauan tambahan selain kemudahannya dalam membuka usaha laundry.

pemimjauan yang dilakukan pada masalah yang mungkin dihadapi, dapat membantu Anda mencegah hal-hal yang merugikan.

  1. Persaingan tinggi. Masalah satu ini hadir karena mudahnya dalam membuka usaha laundry sendiri. Namun, masalah ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara untuk mencari ide baru pada usaha yang akan didirikan.Anda dapat meneliti cara-cara atau program yang dijalankan oleh pesaing di sekitar Anda. Cari kekurangan yang mereka miliki dan jadikan kekurangan itu sebagai ide baru untuk usaha Anda.
  2. Sulit mencari pelanggan. Meskipun keperluan mencuci sangat penting bagi setiap orang, nyatanya, tidak dapat dihindari bahwa hampir di setiap rumah, semua orang telah memiliki mesin cuci sendiri.Mungkin hal ini dapat menjadi masalah bagi anda yang masih mempertimbangkan untuk membuka usaha ini. Namun, tidak perlu takut.Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu untuk bisa membuka usaha laundry anda yang dibutuhkan oleh orang lain. Misalnya, membuka jasa lain selain mencuci, seperti menyetrika, atau mencuci dengan cara yang ramah lingkungan hingga mencuci pakaian khusus yang tidak bisa dicuci sendiri.
  3. Biaya perawatan tergolong mahal. Mesin cuci, mesin pengering, dan mesin setrika yang digunakan hampir setiap hari, pastinya tidak akan lepas dari kerusakan.Oleh karena itu, ada baiknya lakukan pemeriksaan setiap bulannya terhadap mesin-mesin yang anda pakai untuk usaha anda sebelum kerusakan terjadi.
  4. Memahami kebutuhan pelanggan. Tumpukan pakaian dari berbagai pelanggan harus anda selesaikan sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan, atau bahkan sesuai dengan waktu yang diminta pelanggan tertentu.Mengelola waktu dengan baik sangat dibutuhkan ketika anda memutuskan untuk membuka usaha laundry. Apalagi jika Anda pun menyediakan pelayanan antar jemput.
  • Keuntungan dan Kerugian Usaha laundry Koin

Salah satu bisnis yang saat ini sedang naik daun adalah bisnis koin laundry. Bisnis kecil yang membidik konsumen super sibuk ini menjanjikan banyak keuntungan. Bahkan uniknya, pelanggan dapat mengerjakannya sendiri. Kini pelanggan tidak perlu risau jika hasil cuciannya kurang bersih atau mungkin pakaiannya akan hilang atau tertukar karena mereka dapat mencuci pakaian mereka sendiri secara langsung. Kelebihan inilah yang memanifestasikan bisnsi koin laundry banyak diminati.

Kini, bisnis ini semakin mudah dijumpai di Indonesia. Banyak pengusaha yang berganti ke bisnis koin laundry dibanding dengan laundry konvensional. Namun apakah sebenarnya untung rugi dari bisnis koin laundry dibanding dengan bisnis lainya? Bagi kamu yang ingin memulai di bisnis ini, berikut ini adalah beberapa untung rugi dari bisnis koin laundry yang perlu kamu ketahui:

  • Keuntungan

1.ROI yang tinggi

Return of Investment dari bisnis koin laundry tergolong tinggi. Diperbandingkan dengan bisnis kecil lainnya, ROI dari bisnis koin laundry sampai 20-35%. Bahkan tingkat kelanjutan bisnis ini selama 5 tahun pertama jauh lebih besar dibandingkan bisnis awalan lainnya. Dengan begini, kamu tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan pengembalian uang.

2.Manajemen yang mudah

Tidak seperti bisnis restoran dan bisnis lainnya yang membutuhkan pekerja yang banyak, bisnis koin laundry justru memiliki kelola yang sangat mudah. Tidak ada peralatan khusus yang membutuhkan kemampuan khusus untuk menggunakannya.

Tidak ada pergantian barang persediaan yang harus terus diperhatikan. Tidak ada pemulangan produk oleh konsumen. Dengan begini, kamu tidak perlu tenaga khusus untuk memperhatikan jalannya bisnis, kamu dapat mengerjakan semua dengan mudah .

3.Tidak musiman

Keunggulan dari bisnis koin laundry lainnya adalah bisnis ini tidak akan pernah sepi. Bisnis laundry koin bukanlah bisnis musiman yang cuma akan ramai pada waktu tertentu saja. Keperluan untuk memperoleh pakaian yang bersih akan tetap ada sehingga bisnis ini akan tetap dibutuhkan sama banyak orang kapan saja.

Tetapi bisnis ini mempunyai jumlah pelanggan yang besar saat liburan tiba. Di saat seperti inilah kamu wajib merencanakan untuk membeli mesin yang baru agar pelanggan tetap dapat menggunakan fasilitas mencuci tanpa harus menunggu pelanggan lainnya selesai mencuci.

  • Kerugian

1.Terlalu banyak pesaing

Bisnis koin laundry memang sedang menjamur. Jadi jangan kaget kalau kamu akan menjumpai banyak pesaing dari bisnis yang sama. Tetapi jangan jadikan ini bak penghalang buat kamu. Alokasikan perbedaan yang menarik dalam bisnis laundry koin yang kamu jalankan untuk menunjukkan nilai tambah dibandingkan yang lain.

Kamu dapat memberi diskon atau hadiah menarik sebagai bentuk dari promosi bisnis saat baru pertama kali dibuka. Memberitahukan bisnis pada pasar seluas-luasnya sangat penting untuk mendapatkan pelanggan selanjutnya.

2.Modal yang besar

Walaupun usaha ini adalah usaha berukuran kecil, tetapi uang yang kamu keluarkan tidak sedikit. Barangkali peralatan yang digunakan tidak terlalu banyak seperti usaha lainnya, namun harganya makin lebih mahal dibandingkan peralatan pada umumnya.

Tak hanya uang untuk mesin cuci dan pengeringnya saja, tetapi juga saluran air panas sampai biaya pinjam tempat usaha. Jumlah yang dibutuhkan barangkali sekitar 100 hingga 300 juta rupiah, tergantung pada seberapa besar usaha yang akan dibuka. Seharusnya kamu bisa bekerjasama dengan teman usaha untuk masalah uang, tetapi seharusnya cari teman yang dapat dipercaya agar usaha bisa berjalan dengan baik.

3.Harus selalu siaga

Memiliki usaha sendiri mungkin membuat kita lebih pintar untuk mengatur waktu, tapi juga harus tetap mau untuk berurusan dengan bisnis kapan saja, apalagi di saat kamu sedang liburan sekalipun, kamu juga wajib untuk memenuhi setiap ajakan pelanggan.

Pelanggan tidak akan menghiraukan apakah kamu sedang liburan atau sedang sakit sekalipun. Mereka hanya tahu bahwa mereka punya uang dan keinginan yang harus dipenuhi. Jika kamu ingin usaha terus berjalan, maka jadilah pemilik yang siap sedia.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara membuka usaha laundry untuk Anda. Jadi, sudah siap jadi juragan laundry? Yuk segera eksekusi sekarang juga!

 

 

× Whatsapp Kami!