Cara Menanam Kopi Dari Biji. Di era modern ini, kiranya hampir semua orang hobi menikmati secangkir kopi saat senja.Buktinya saja setiap kedai kopi di kota pasti selalu dipenuhi masa dari segala umur dan kalangan.Karena fenomena di atas, tidak heran apabila banyak orang di luar sana yang langsung mencoba terjun ke bisnis ini, maupun itu membuka coffee shop atau budidaya kopi.

Dari kedua peluang di atas, membudidayakan kopi rasanya menjadi pilihan yang lebih mudah dan murah dibandingkan dengan membangun sebuah kedai kopi yang membutuhkan modal puluhan juta.

Terlebih lagi, menanam kopi bisa kamu lakukan di pekarangan rumah sendiri, enggak perlu luas-luas lagi!

Cara Mudah Menanam Kopi Dari Biji

Beli Biji Kopi Bermutu

Tanaman kopi memang mudah ditanam dan dirawat, namun membutuhkan perhatian dan ‘kasih sayang’ yang khusus agar bisa tumbuh dengan sehat.Kamu bisa menemukan biji-biji kopi pada supplier tanaman bebas, atau di toko bibit tanaman terdekat.

Biji yang akan kamu dapatkan dalau satu pak biasanya bisa memadai antara 4 sampai 6 pot berukuran medium.

 

Siapkan Biji Kopi untuk Ditanam

Cara menanam kopi yang kedua adalah mempersiapkan biji siap tanam.

Sebelum kamu menanam biji ke dalam tanah, rendam dulu di dalam mangkuk berisi air hangat selama kurang lebih satu malam.

Pada keesokan harinya, keringkan biji-biji tersebut dan bagi semuanya dengan rata untuk ditanam di dalam pot yang sudah tersedia.

 

Proses Penanaman

Biji kopi akan tumbuh lebih cepat apabila media tanam yang tersedia di dalam pot merupakan tanah subur.

Maka dari itu, sebelum memasukan tanah ke dalam pot, campurkan dulu dengan pupuk kandang atau organik dengan perbandingan 1:1.

Pot yang kamu sediakan juga harus berukuran medium ke besar karena kopi merupakan salah satu dari tanaman yang berbatang cukup tinggi dan lebar.

Tanam biji sedalam sekitar 1/3 dari besar pot, apabila kamu memilih tanah pekarangan sebagai media tanam, gali lubang yang lebih dalam, sekitar 30 cm, untuk menanam biji kopi.

Baca Juga:cara mengetahui kopi yang baik dan karakteristiknya

Proses Pertumbuhan

Simpan pot atau biji kopi yang sudah kamu tanam di tanah pekarangan pada area yang terkena sinar matahari secara langsung untuk mempercepat proses pertumbuhan.

Siram secukupnya dan jaga kelembaban tanah dengan baik.

Pastikan tanah tidak terlalu kering atau terlalu basah, tenggelam oleh air.

Inilah mengapa menanam kopi lebih disarankan untuk dilakukan dengan media pot, karena kita akan lebih mudah memeriksa kadar air yang terdapat di dalamnya dibandingkan lahan pekarangan rumah yang terlalu luas.

 

Proses Perawatan

Setelah sudah cukup besar, kira-kira mencapai 20 cm, pindahkan tanaman kopi dari pot ke lahan yang lebih luas atau media penanaman yang lebih besar.

Setelah itu, tunggu lagi sampai tanaman kopimu tumbuh setinggi 60 cm, dan pindahkan lagi ke tempat yang lebih besar.

 

Tips Menanam Kopi yang Sehat

Seperti yang sudah kita bahas di atas, kopi merupakan tanaman manja yang membutuhkan perhatian sang pemilik untuk tumbuh dengan benar.

Kamu harus bisa menjaga kelembaban tanah dan ketinggian batang agar tidak cepat patah atau melengkung.

Siram sebanyak sekali sehari pada sore hari, dan biarkan tanaman kopi kamu terpapar sinar matahari.

Dengan perhatian yang cukup dan sistem penyiraman yang baik, tanaman spesial ini bisa tumbuh sampai 200 cm, lho, Sahabat 99!

Akan tetapi, setelah panen, kamu akan mendapatnya kira-kira ratusan kopi pada setiap satu tangkai besarnya.

Kopi ini akan kamu dapatkan dari buah yang tumbuh dari proses penyerbukan bunga pada tangkai kopi.

 

× Whatsapp Kami!