Di saat berbisnis atau melakoni sebuah usaha tentu saja dalam pengembangannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan tanpa strategi yang jelas. Tahukah kamu bagaimana cara mengembangkan usaha?ketika kamu melakukan kegiatan mengembangkan usaha akan ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan jadikan pedoman.

Pedoman atau strategi yang kemudian akan bisa menjadikan bisnis atau usaha yang kamu lakoni bisa menjadi lebih sukses berkembang dan menguntungkan.Pengembangan suatu usaha atau bisnis adalah tanggung jawab dari setiap pengusaha atau wirausaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas.

Umumnya pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya harus mampu melihat suatu peluang dimana orang lain tidak mampu melihatnya, menangkap peluang dan memulai usaha atau bisnis dan menjalankan bisnis dengan berhasil.

Pengembangan usaha merupakan proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, memelihara, memperoleh klien baru dan peluang bisnis guna meningkatkan pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang. Namun sebenarnya bagaimanakah cara mengembangkan usaha yang optimal agar bisa mencapai keuntungan bisnis yang kamu harapkan? Berikut  adalah panduan memulai karir sebagai pengusaha.

Panduan Memulai Karir Sebagai Pengusaha

Menjadi pebisnis atau pengusaha sukses merupakan salah satu impian banyak orang saat ini. Dengan semakin banyaknya profesi entrepreneur sekarang memang menginspirasi siapapun menjadi tidak ragu lagi untuk menjalankannya. Namun karena dunia entrepreneur  begitu menantang untuk pemula, maka tak jarang orang yang kemudian merasakan kekhawatiran akan resiko dalam kegagalan bisnisnya.

Kekhawatiran ini memang sangat wajar, namun sebagai seorang yang bijak dan profesional, kamu tidak boleh merasa takut berlebihan pada resiko yang ada. Karena dibalik resiko tersebut, kamu juga mempunyai peluang untuk meraih keuntungan yang besar saat menjadi pengusaha. Agar kamu bisa meminimalisir rasa khawatir pada resiko gagal tadi, kamu bisa menyimak panduan memulai karir sebagai pengusaha sukses dibawah ini.

1. Mengenali Diri Sendiri

Panduan pertama dalam memulai karir sebagai pengusaha adalah dengan mengenali diri sendiri. Dengan beragamnya jenis bisnis yang bisa dijalankan, membuat kamu harus jeli dalam memilih bisnis apa yang cocok dengan kepribadian kamu. Untuk memilih salah satu jenis usaha yang tepat maka kamu harus mengenali diri kamu sendiri terlebih dahulu. Untuk apa mengenali diri sendiri? Tujuan pengenalan diri sendiri adalah untuk membantumu memilih salah satu bisnis terbaik yang mampu mengantarkanmu pada kesuksesan.

Untuk menjalankan suatu bisnis dengan penuh motivasi dan dedikasi memang dibutuhkan bakat dan passion yang baik. Kecintaan yang besar atau passion serta bakat ini tentu saja bisa didapatkan dari apa yang terdapat dalam diri kamu. Contohnya jika kamu memiliki bakat dan passion dibidang memasak, maka bisnis yang tepat untuk kamu jalankan adalah bisnis kuliner.

2. Tetapkan Tujuan Yang Jelas

Supaya kamu bisa menjalankan bisnis tanpa rasa khawatir maka diperlukan sebuah tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas bisa berwujud visi dan misi dalam berbisnis. Dengan adanya tujuan ini maka kamu bisa menjalankan dan melangkahkan bisnis kamu pada jalan yang tepat dan benar. Penetapan tujuan ini juga bisa berarti penetapan target marketing untuk bisnis yang akan kamu jalankan. Karena bisnis yang dipasarkan dengan target yang tepat akan menciptakan efektivitas yang membuahkan hasil optimal.

3. Fokus Pada Satu Bisnis Dulu

Untuk sukses dalam memulai karir sebagai pengusaha, kamu memang sangat dianjurkan untuk fokus pada satu bisnis dulu. Dengan memfokuskan pada satu bisnis ini maka kamu bisa memiliki perhatian yang maksimal untuk mengembangkan satu usaha kamu agar sukses. Namun apabila kamu pada awal merintis sudah menjalankan lebih dari satu bisnis, tentu saja kamu akan mengalami kesulitan dalam mencapai keberhasilan.

Hal ini dikarenakan kamu tidak akan bisa fokus dalam merancang strategi dan perencanaan bisnis. Jika ingin menjalankan lebih dari satu bisnis, kamu memang perlu membiasakan diri dulu dengan dunia entrepreneur. Setelah kamu sudah terbiasa dan telah mengsukseskan satu bisnis itu, kamu bisa menjalankan bisnis lainnya.

4. Kesungguhan Menjalankan Usaha

Untuk yang terakhir, panduan memulai karir sebagai pengusaha yang bisa kamu jalankan adalah mengerjakannya dengan penuh kesungguhan. Kesungguhan atau upaya kerja kerasmu dalam menjalankan usaha ini memang menjadi kunci dalam meraih kesuksesan. Jika kamu menjalankan bisnis dengan usaha yang biasa-biasa saja atau bahkan dengan bermalas-malasan maka hasil yang kamu dapat juga akan biasa-biasa saja. Namun apabila kamu menjalankan bisnis ini dengan penuh kesungguhan maka hasil yang kamu dapatkan juga akan maksimal.

Jenis Pengembangan Usaha

Ada dua jenis pengembangan usaha yaitu:

  1. Pengembangan usaha vertikal adalah pengembangan usaha dengan cara mengembangkan inti dari bisnisnya.
  2. Pengembangan usaha horizontal adalah pengembangan bisnis yang tidak linear dengan inti bisnis, tetapi dapat memperkuat inti bisnis tersebut.

Aspek Pengembangan Usaha

Tiga buah aspek yang harus kamu perhatikan saat mengembangkan usaha:

  • Yang pertama adalah aspek penjualan memperhatikan bagaimana penjualan barang tersebut, mayoritas umur, asal, dan juga kecenderungan konsumen, dan proses penjualan.
  • Kedua ada aspek manajemen memperhatikan proses manajerial dari bisnis dimulai pembuatan produk, perencanaan pemasaran, hingga perencanaan distribusi produk.
  • Ketiga aspek strategi berisi bagaimana cara mengembangan bisnis dengan meningkatkan kualitas produk, membuat produk baru, atau bekerja sama dengan pihak lain.

Beberapa Cara Mengembangkan Usaha!

1. Cara Mengembangkan Usaha (Memahami Jenis Usaha)

cara mengembangkan usaha

Hal pertama yang harus kamu lakukan dan perhatikan ketika mengembangkan usaha adalah dengan memahami jenis usaha yang akan dilakoni.Pilihlah satu jenis usaha yang sekiranya sudah jelas dan kamu memiliki kemampuan mumpuni di bidang tersebut. Karena nantinya akan memudahkan kamu dalam pengembangan usaha ini, karena sesuai dengan keahlian. kamu. Membuat dan mengembangkan jenis usaha dengan pemahaman yang kamu miliki dan benar akan membuat pebisnis mampu melihat banyak kemungkinan-kemungkinan keuntungan atau kerugian didalamnya.

2. Cara Mengembangkan Usaha (Memastikan Modal Usaha)

cara mengembangkan usaha

Selanjutnya dalam mengembangkan usaha yang paling penting untuk dipahami adalah memastikan adanya modal usaha yang cukup. Karena usaha yang bisa berkembang adalah usaha yang ketika pada awal pembentukannya modal usahanya sudah jelas dan teratur. Dengan modal usaha yang jelas nominalnya akan bisa dialokasikan dengan tepat kedalam berbagai hal seperti untuk pengembangan atau penggajian karyawan.

3.Cara Mengembangkan Usaha (Mempersiapkan Strategi Operasional)

cara mengembangkan usaha

Melakukan pengembangan usaha agar optimal dan berkembang dapat dilakukan dengan mempersiapkan strategi operasional yang baik.Jadi, pelaku bisnis bisa membuat skema strategi dalam operasional kerja atau SOP, karyawan dan pengembangan produk bisnisnya. Dengan membuat strategi operasional harus didasarkan pada kemampuan dan kebutuhan dari pengembangan usaha itu sendiri agar tepat sasaran juga efektif.

4. Cara Mengembangkan Usaha (Meningkatkan Kinerja)

Ketika kamu sedang berupaya untuk mengembangkan bisnis kamu agar semakin maju maka tentu saja peningkatan kinerja harus dilakukan setiap saat. Jangan merasa bosan untuk berinovasi dan berkembang setiap harinya agar bisnis yang kamu sedang jalani tidak berhenti ditengah jalan atau membuat kinerja menurun. Bangun semangat pengembangan kinerja terhadap diri sendiri dan juga karyawan dalam usaha untuk selalu meningkatkan kualitas diri.

5.Cara Mengembangkan Usaha  (Meningkatkan Promosi)

Jangan lupa untuk memperhatikan point-point berikut jika usaha kamu ingin mengalami pengembangan agar semakin sukses kedepannya, yaitu peningkatan laba usaha. Perusahaan atau bisnis yang sedang kamu jalani akan selalu membutuhkan konsumen bukan? oleh karna itu lakukan promosi berkelanjutan. Walaupun tentu saja ketika bisnis kamu sudah berjalan akan mendapatkan konsumen tetap, namun jangan sampai terlena.

Agar bisnis yang sedang kamu jalani bisa semakin maju, mendapatkan laba yang besar dan bisa semakin besar skala bisnis maka lakukan promosi terus menerus. Buatlah postingan promosi menggunakan media cetak, media massa atau bisa melalui promosi sosial media dan media yang memiliki potensi lainnya. Promosi yang menarik akan merambah berbagai kalangan masyarakat nyatanya akan sangat efektif menaikan jumlah konsumen yang akan kamu dapat.

6.Cara Mengembangkan Usaha (Memahami Kompetitor Bisnis)

Ketika kamu menjalani kegiatan berbisnis maka tentu saja ada yang namanya kompetitor atau pesaing dalam berbisnis dan ini sudah menjadi hal yang wajar. Walaupun sudah menjadi hal yang lumrah dan wajar namun tentu saja jangan sampai kamu tidak mengetahui strategi kompetitor bisnis kamu. Pelajari kemampuan kompetitor, strategi yang diusung atau mungkin kelemahan produk yang ditawarkan agar bisa menawarkan produk yang lebih baik lagi.

7. Melakukan Perluasan Jaringan Bisnis

Jangan lupa untuk membuat usaha kamu berkembang dan semakin maju dengan senantiasa melakukan perluasan jaringan bisnis. Jangan segan-segan untuk menjalin relasi bisnis dengan berbagai orang yang menguntungkan. Bahkan kamu bisa membuat perjanjian kerja sama dengan orang lain agar jaringan bisnis yang kamu jalani semakin luas berkembang. Misalnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan reseller atau memperluas bisnis kamu dengan jaringan franchise.

8. Meningkatkan Sumber Daya Yang Ada

Mengembangkan usaha juga bisa kamu lakukan dengan cara meningkatkan sumber daya atau aset yang ada didalam perusahaan kamu untuk terus dijadikan tenaga pengembang. Sumber daya ini meliputi para karyawan yang kompeten, produk yang ditawarkan, sumber daya gedung dan operasional lainnya. Sumber daya yang diolah dengan cara yang baik akan membantu pengelolaan usaha kamu menjadi lebih maju lagi.

9. Selalu Mengutamakan Pelayanan Terhadap Konsumen

Ketika saat sedang mengembangkan usaha, konsumen merupakan hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu kamu harus senantiasa mengutamakan pelayanan dan kepuasan konsumen atau pelanggan. Dengan membuat produk yang mampu memuaskan konsumen, melakukan promosi yang terbaik dan pelayanan langsung yang ramah pada konsumen.

10. Senantiasa Melakukan Inovasi Produk

Saat dalam upaya mengembangkan bisnis tentu saja inovasi produk kamu menjadi salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan. Banyak perusahaan atau pebisnis yang enggan untuk melakukan inovasi biasanya akan tertinggal dari kebutuhan konsumen yang terus berubah. Oleh karena itu jangan segan-segan dan malas dalam melakukan inovasi produk agar atensi konsumen terus terjaga dan pembelian semakin meningkat.

11. Bekerja Dengan Penuh Dedikasi

Ketika sedang mengembangkan usaha kamu tentu saja dedikasi kerja yang tinggi dan penuh akan membuat jalannya usaha kamu menjadi baik. Jangan sampai kamu malas dan terlena dalam melakoni sebuah bisnis dan terus bekerja dengan penuh semangat pantang menyerah. Kontribusi ini meliputi usaha yang terus berkembang, memahami kebutuhan pasar, berinovasi, mengevaluasi diri dan karyawan dan banyak lainnya.

12. Melakukan Meminimalisir Biaya Operasional

Ketika kamu ingin usaha yang dilakoni berkembang apalagi bagi usaha yang masih pemula maka kamu harus pandai menekan biaya operasional. Jangan sampai pembengkakan biaya operasional terjadi karena akan merugikan pebisnis dan bisa mengakibatkan kebangkrutan. Jangan lupa minimalisir dana operasional dengan menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan pastikan pembagiannya tepat pada divisinya masing-masing.

13. Melakukan Investasi Tambahan

Ketika sedang melakoni sebuah bisnis atau usaha maka kamu jangan segan-segan untuk melakukan investasi tambahan untuk mengembangkan pemasukan. Andaikan saja mengalokasikan keuntungan yang didapatkan dengan membuat investasi gedung, kendaraan operasional atau lainnya. Jangan sampai keuntungan dan pemasukan dana kamu yang didapat malah dihabiskan seketika tanpa dialokasikan pada investasi tambahan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

14. Mengatur Pengelolaan Keuangan Dengan Baik

Prinsip untuk mengembangkan bisnis lainnya agar semakin baik adalah dengan mengatur pengelolaan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan ini biasanya berisi soal kegiatan operasional perusahaan, penggajian atau lainnya. Buatlah pengelolaan dan data seluruh pemasukan keuangan hingga pengeluaran yang ada untuk menjadi data usaha.

15. Senantiasa Melakukan Evaluasi Kerja

Contoh lainnya yang bisa mengembangkan usaha agar bisa menjadi lebih berkembang dan maju lagi adalah dengan senantiasa melakukan evaluasi kerja. Jangan lupa untuk membuat evaluasi kerja mingguan, bulanan atau tahunan sesuai periode yang dibutuhkan untuk kemudian membahas apa saja yang sudah dilakoni. Fungsi evaluasi kerja bisa menjadi salah satu penilaian dan juga pengingat diri dan karyawan untuk semakin meningkatkan kualitas kerja.

16. Selalu Catat Pengeluaran Dan Pemasukan Pada Usaha

Usaha yang baik dan benar adalah usaha yang selalu mengamati pengeluaran dan pemasukan sesuai dengan kebutuhan usaha dan pelanggan. Catatlah selalu pengeluaran dan pemasukan usaha kamu pada proses pembukuan yang benar. Pada pembukaan bisnis baru, tidak ada masalah bagi kamu untuk melakukan pencatatan seluruh transaksi pada proses pembukuan manual, namun seiring berjalannya waktu dan bisnis kamu yang berkembang, ada baiknya untuk menggunakan software akutansi  untuk mempermudah kamu dalam pencatatan dan juga meminimalisir human error.

Strategi Cara Mengembangkan Usaha

Apa Saja Strategi Cara Mengembangkan Usaha Yang Harus Kamu Lakukan?

  • Mulai dari segi produk, pengembangan usaha dilakukan dengan cara yaitu mengembangkan produk sesuai dengan selera pasar, mengeluarkan produk baru yang inovatif, mencari cara efisien dalam produksi sehingga produk berkualitas sama bisa dihasilkan dengan biaya yang lebih rendah.
  • Jika dari segi penjualan, pengembangan usaha dilakukan dengan cara membangun hubungan yang baik dengan konsumen, melakukan penjualan melalui media sosial, memastikan kepuasan konsumen,
  • Integrasi yaitu mengembangkan bisnis kamu dengan cara memperbesar perusahaan. Andaikata suatu perusahaan pembuat makanan ringan berupa keripik membeli toko baru sebagai cabang, membeli perkebunan kentang untuk bahan baku, membeli perusahaan ekspedisi untuk distribusi bahan baku dan pemasaran produk, juga membeli perusahaan percetakan untuk menunjang kemasan dari produk.
  • Sinergisme yaitu membangun sinergi di dalam perusahaan dan memperluas jejaring sosial di luar perusahaan. Sinergisme dapat dibangun dengan menarik pegawai yang memiliki bakat dari bidang usaha, bekerja sama dengan perusahaan lokal maupun nasional untuk membuka pasar baru, dan memperluas jangkauan beberapa pasar.

Nah dari sini kita bisa mengetahui bagaimana cara mengembangkan usaha yang benar, semoga dari artikel diatas bisa menambah pengetahuan kalian dalam membangun usaha kalian sendiri, Sekian Terimakasih .

× Whatsapp Kami!