Cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat, hal ini  sering dibicarakan oleh para peternak ayam. Dipastikan para peternak  akan mengoptimalkan dan mematuhinya dengan baik dalam hal pemeliharaan  dan pengelolaan, baik di dalam kandang maupun di luar kandang.
Selain itu, jika berbicara tentang bobot ayam, tidak jarang beberapa peternak  bertemu dengan  peternak lain saat berkomunikasi hanya untuk menanyakan “berapa berat ayam Anda?” Kunci keberhasilan peternakan ayam broiler adalah tercapainya bobot badan ayam yang memenuhi atau melebihi standar.. Yuk simak cara menambah bobot  broiler dengan cepat!? :

 

cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat1

1. Pemilihan Bibit

Untuk berhasil beternak ayam broiler, hal penting pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih bibit ayam terbaik dan berkualitas tinggi. Hal ini sangat penting karena jika kualitas rasnya kurang baik atau tergolong buruk maka sering timbul permasalahan dalam beternak ayam broiler. Di bawah ini ciri-ciri bibit ayam broiler yang baik dan sehat:
  1. Kaki ayam besar dan lembar.
  2. Ayam terlihat lincah dan agresif.
  3. Ayam mempunyai mata yang cerah.
  4. Tidak menderita penyakit terutama penyakit pullorum, jamur dan imphalitis.
  5. Ayam memiliki bobot diatas 37 – 45 gram.

Jika ciri-ciri tersebut anda temukan pada ayam broiler maka dapat dipastikan ayam tersebut akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Tentu saja penambahan bobot ayam juga akan terjadi sesuai rencana.

2. Pemberian Pakan yang Tepat

1. Beri makan dengan bebas

Ayam pedaging yang diberi makan gratis adalah metode pemberian pakan yang tidak terbatas namun terkontrol kepada ayam. Dengan kata lain, pola makan ayam sehari-hari perlu disesuaikan dengan menghitung kebutuhan pakan ayam berdasarkan bobot badan ayam broiler.
Dengan menerapkan cara ini, pakan yang diberikan pasti dapat memenuhi kebutuhan harian ayam broiler. Oleh karena itu, Anda harus selalu memastikan bahwa makanan selalu tersedia di tempat ayam makan. Hal ini dilakukan untuk mendorong pesatnya pertumbuhan tanaman ayam.

2. Sesuaikan jumlah tempat yang disediakan untuk orang

Jumlah tempat makan  ayam yang tidak memadai dapat menyebabkan ayam bersaing untuk mendapatkan makanan. Jika hal ini terjadi maka  bobot badan ayam broiler akan seragam. Ayam yang mendapat pakan lebih banyak pasti bobotnya akan lebih banyak, begitu pula sebaliknya, ayam yang kesulitan mendapat pakan pasti bobotnya akan  lebih sedikit. Pemberian fasilitas pakan dan minum berdasarkan jumlah ayam merupakan  bagian dari pengelolaan pakan ayam. Hal ini sangat penting  bagi para peternak pemula, khususnya yang baru mengenal dunia peternakan.

 

3. Perhatikan Bentuk dan Tekstur Pakan 
Definisi yang dimaksud dengan parafrase adalah mengubah atau menyampaikan ulang suatu teks dengan mengganti struktur kalimat atau kata-katanya, tetapi tetap menyampaikan maksud yang sama. Ketahuilah cara melihat bentuk dan tekstur makanan. Terdapat berbagai bentuk pakan ayam yang dapat diberikan sesuai dengan tahap pertumbuhan ayam broiler. Makanan ini termasuk pelet, kibble, dan makanan bubuk atau tanah.
Untuk menjamin kualitas makanan yang diberikan, Anda bisa menyiapkan pakan ayam sendiri. Untuk mempermudah produksi makanan hewan, Anda bisa menggunakan Mesin Pembuat Pakan Ayam.. Dengan menggunakan Mesin ini Anda dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga lebih efisien dan Anda tidak perlu lagi menghawatirkan kualitas pakan ternak ayam Anda. Karena kualitasnya bisa terjamin karena Anda membuatnya sendiri. .
Salah satu metode untuk cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat adalah melalui menjaga kebersihan ayam dan kandang dengan baik. Hal yang penting untuk diketahui adalah bahwa penempatan ayam broiler di kandang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap upaya peternak untuk meningkatkan bobot ayam tersebut. Seringkali pertumbuhan ayam broiler melambat disebabkan oleh kurangnya pengelolaan kandang. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesejahteraan ayam antara lain kondisi suhu di dalam kandang yang tidak optimal, keterbatasan ruang di dalam kandang, dan juga kebersihan yang buruk yang berpotensi menyebabkan penyakit pada ayam.
× Whatsapp Kami!