Pakan Ternak merupakan semua bahan pakan yang bisa diberikan kepada hewan ternak guna mendukung timbulnya pengaruh positif untuk ternak. Hewan ternak menggunakan zat-zat nutrisi dalam pakan untuk memenuhi keperluan dasar mereka dan untuk produksi mereka sendiri. Untuk membuat pakan ayam yang baik, tentunya Anda terlebih dahulu harus mengetahui cara membuat pakan ayam supaya ayam cepat bertumbuh besar dan sehat. Simak artikel dibawah ini yang membahas mengenai beberapa hal tentang pakan ternak agar Anda bisa membuat pakan yang baik dan benar untuk hewan ternak Anda.

cara membuat pakan ayam supaya cepat besar

1. Kandungan Gizi

Pembuatan pakan ayam berkualitas harus dimulai dari menghitung komposisi nutrisi yang seimbang. Protein, karbohidrat, lipid, vitamin dan mineral harus diberikan dengan proporsi yang benar dan tepat.  Sumber protein tinggi seperti kedelai, jagung, dan dedak padi sangat bisa jika dipakai sebagai bahan pembuatan pakan ternak. Pastikan juga pakan mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, dan E serta kalsium dan fosfor guna meningkatkan kesehatan tulang.

2. Pemilihan Bahan Baku

Perlu Anda ingat bahwa, kualitas bahan baku yang digunakan dalam produksi pakan ayam sangatlah penting. Pastikan bahan baku yang digunakan bebas bakteri dan tidak terkontaminasi oleh jamur. Bahan baku yang tidak berkualitas dapat menyebabkan ayam keracunan dan berakibat fatal untuk ternak.

Pilih sumber biji-bijian dan bahan nabati segar dan bernilai gizi tinggi untuk di jadikan bahan pakan ternak. Dengan menggunakan bahan-bahan yang bagus dan memiliki kualitas maka pakan yang dihasilkan pun pasti dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk pertumbuhan ayam.

3. Suplemen Pendukung

Selain bahan dasar, penambahan asupan tambahan pada pakan juga dapat meningkatkan laju pertumbuhan ayam. Contohnya seperti jika Anda menambahkan pemberian probiotik dan prebiotik maka hal tersebut dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi yang makan oleh ayam ternak. Selain itu, penggunaan enzim pencernaan juga dapat memaksimalkan efisiensi pakan. Jika ayam dipelihara di tempat yang minim akan sinar matahari, dalam hal vitamin D juga dibutuhkan guna menjaga kesehatan tulang.

Saat membuat pola makan ayam yang optimal, penting untuk mengetahui serta memahami perbedaan kebutuhan nutrisi pada setiap tahap perkembangan ayam. Singkatnya, ayam pedaging yang digunakan untuk dimanfaatkan hasil dagingnya memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan ayam petelur yang dimanfaatkan untuk menghasilkan telur. Berkonsultasikan dengan ahli gizi  atau dokterhewan untuk memastikan pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan ayam sesuai degan jenis yang dipelihara.

Memproduksi pakan ayam dengan kualitas yang baik agar dapat mermberikan pertumbuhan yang sehat bagi ayam memerlukan pemahaman menyeluruh mengenai kandungan nutrisi, kualitas bahan baku, dan penggunaan suplemen yang benar. Dengan adanya penerapan ketiga cara tersebut, peternak ayam dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan kesehatan ayamnya sehingga dapat menghasilkan produk ternak yang berkualitas serta bermutu.

Tentu untuk mencapai hasil yang maksimal pakan yang diberikan haruslah terjamin kualitasnya, jika Anda ingin menghasilkan pakan yang berkualitas alangkah baik jika Anda membuat sendiri pakan ternak Anda dengan tentunya menggunakan bahan-bahan pilihan Anda. Ini merupakan salah satu cara membuat pakan ayam supaya cepat besar. Untuk mempermudah hal ini, Anda bisa memanfaatkan Mesin Pembuat Pakan Ayam modern. Jadi, dengan menggunakan Mesin Pembuat Pakan Ayam ini  memungkinkan Anda untuk membuat pakan ternak ayam Anda sendiri tanpa harus mengkhawatirkan kualitas pakan tersebut. Dengan demikian

× Whatsapp Kami!