Mesin Perajang Rumput – Rumput taman ialah salah satu elemen yang penting dalam sebuah taman. Selain menghadirkan kesan hijau segar, halaman taman juga dapat menjadi tempat bermain yang aman bagi anak. Namun sebelum memutuskan untuk menanam rumput taman, sebaiknya Anda mengetahui harga rumput taman per meter untuk mengatur anggaran Anda.

Harga Rumput Taman Per Meter

Harga rumput taman per meternya bervariasi tergantung jenis rumput yang dipilih. Berikut daftar harga rumput taman per meter untuk beberapa jenis rumput:

1. Rumput gajah kecil: Rp 15.000 – Rp 25.000
2. Rumput Jepang: Rp 20.000 – Rp 30.000
3. Rumput golf: Rp 20.000 – Rp 30.000
4. Rumput Rombong: Rp 20.000 – Rp 30.000

Harga di atas merupakan harga rata-rata dan dapat berubah tergantung kondisi pasar dan lokasi penjualan.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Rumput Taman Per Meter

Selain jenis rumput, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi harga rumput taman per meter, antara lain:

  • Kualitas rumput
  • Lokasi penjualan
  • Kuantitas pembelian
  • Ongkos kirim

Semakin baik kualitas rumput maka semakin tinggi pula harganya. Begitu pula semakin strategis lokasi penjualannya, maka harganya akan semakin mahal dibandingkan dengan lokasi penjualan yang kurang strategis.

Cara merawat Rumput Taman yang Baik dan Benar

1. Tanam di Area yang Terkena Sinar Matahari Langsung

Rumput mungkin gundul karena tidak mendapat cukup sinar matahari. Mungkin lokasinya terhalang oleh pohon besar yang lebat, atau karena letaknya yang dekat tembok atau bangunan besar sehingga menimbulkan bayangan disekitar rumput.

Hal ini mengakibatkan sinar matahari tidak tertangkap sempurna oleh rumput, Ini akan mengakibatkan rumput menjadi gundul Solusinya adalah dengan tidak lagi menanami kembali lahan tersebut dengan rumput.

Gantilah dengan tanaman lain yang lebih cocok di lokasi teduh. Selain itu, area yang teduh dapat digunakan sebagai jalan setapak dengan memasang tangga batu berupa batu alam atau karang yang menarik, serta berfungsi sebagai pintu masuk untuk pemeliharaan dan dekorasi taman.

2. Menyiram dengan Benar

Kebanyakan orang berpendapat bahwa menyiram secara teratur sudah cukup. Nyatanya, tidak hanya sekadar disiram.

Karena walaupun sudah disiram, namun di beberapa tempat, pertumbuhan rumput mungkin tidak sepadat di tempat lain, sehingga terlihat gundul. Saat penanaman dimulai, sekitar 2 bulan setelah tanam, halaman rumput perlu disiram terus menerus pada malam hari.

3. Beri Pupuk dengan Tepat

Jika akar sudah menembus tanah, sirami secara teratur dan beri pupuk. Ada dua jenis pupuk rumput yaitu NPK untuk meningkatkan kesuburan dan urea untuk mempercepat pertumbuhan.

Namun harus hati-hati: rumput yang tumbuh di bawah 2 bulan tidak bisa diberi pupuk karena akarnya belum masuk jauh ke dalam tanah.

4. Rajin Memangkas Rumput

Pemotongan rumput juga sebaiknya dilakukan secara rutin, yakni setiap 2 bulan sekali untuk rumput gajah atau setiap 3 bulan sekali untuk rumput jepang agar proses regenerasi daun selesai.

Daun muda masih tumbuh dan rumput akan tampak lebih hijau. Pastikan juga rumput tidak dihinggapi gulma atau serangga, seperti semut dan ulat.

5. Pastikan Rumput Jarang Terinjak

Rerumputan yang tumbuh dengan baik, daunnya tidak mudah rusak jika diinjak.
Namun jika terlalu sering diinjak akan menyebabkan kegundulan seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, memiliki jalan setapak di beberapa tempat akan membantu mereka terhindar dari kebotakan.

Jalur pejalan kaki berfungsi sebagai jalur sirkulasi bagi orang yang melintas maupun pada saat menyiram kebun.

Kesimpulan
Harga rumput taman per meter bervariasi tergantung jenis rumput dan faktor lain seperti kualitas rumput, lokasi penjualan, jumlah yang dibeli dan biaya pengiriman. Oleh karena itu, sebelum membeli rumput taman, sebaiknya teliti terlebih dahulu untuk mendapatkan harga terbaik.

× Whatsapp Kami!