Ide Usaha Rumahan di zaman sekarang ini yang serba modern dan hanya bermodalkan handphone kita bisa menghasilkan uang dengan gampang. Hal tersebut sudah biasa dilakukan karena canggih-nya teknologi zaman sekarang.

Hal tersebut bisa menjadi Ide Usaha Rumahan Jualan Online buatan sendiri seperti, baju, sepatu, hoodie, dan gantungan kunci dan banyak lagi hal yang bisa kamu lakukan untuk usaha dirumah.

7 CARA MEMULAI BISNIS RUMAHAN

Dukungan Keluarga Itu Penting

Sebagai langkah awal dalam ide usaha rumahan adalah dengan meminta dukungan keluarga. Hal ini mengingatkan bahwa keluarga sebagai faktor penting dalam mendukung kegiatan bisnis nantinya.

Baik itu dukungan secara materi maupun non-materi. Usaha Anda akan susah dijalankan saat anggota keluarga tidak mendukung karena pasti akan ada penghambat yang muncul.

Maka, Anda pun harus membicarakannya dengan baik. Lakukanlah pendekatan dari hati ke hati agar anggota keluarga lain dapat mengerti apa yang ingin Anda jalankan nantinya.

Dukungan keluarga ini akan lebih berarti ketika mereka memberikan dukungan sejak awal merintis usaha sampai sukses nanti.

Pelajari Administrasi

Selanjutnya, Anda harus mempelajari administrasi bisnis dengan baik. Mulailah dari hal sederhana sekalipun. Misalnya dalam membagi modal untuk sektor apa saja, menghitung laba rugi, dan kegiatan administrasi yang lainnya.

Tanpa administrasi yang teratur, maka usaha Anda sudah dipastikan akan mengalami kesulitan untuk berkembang dan maju karena banyaknya kecurangan.

Anda perlu mencatat semua administrasi keuangan secara tertib. Sekecil apapun nilai uang tersebut tetap saja harus Anda catat jika berhubungan dengan usaha. Lalu, jangan sesekali mencampur uang milik pribadi dengan uang untuk kegiatan usaha Anda.

Selalu Berpikir Positif

Sudah menjadi rahasia umum dalam berbisnis itu memiliki dua kemungkinan dan kita harus siap dengan kemungkinan tersebut, yakni kemungkinan sukses bisa juga justru gagal.

Apabila Anda seorang pengusaha yang sejati maupun berpengalaman, tentu tak akan takut untuk memulai hal yang baru dan takut gagal. Meskipun masih pemula sekali pun.

Jika sejak awal saja Anda ragu dan tak yakin dengan bisnis tersebut maka dikhawatirkan bisnis rumahan yang dijalani sudah pasti tidak akan berjalan dengan mulus.

Semakin banyak rintangan yang dihadapi oleh seorang pengusaha, maka semakin kuat pula mental seorang pengusaha tersebut. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk berpikir secara mendalam dan berpikir dahulu sebelum bertindak saat hendak memulai usaha.

Visi dan Misi Harus Jelas

Bukan hanya berpikiran positif saja, dalam memulai Ide Usaha Rumahan hal yang penting harus ada adalah menentukan visi dan misi.

Sekecil apapun bisnis yang dijalankan harusl mempunyai dua unsur ini. Akan tetapi, perlu diingat bahwa membuat visi dan misi ini harusl jelas dan realistis.

Dengan begitu, usaha rumahan anda pun akan berjalan dengan baik dan dapat menentukan target jelasnya dan tepat sasaran. Mustahil bagi Anda mempunyai usaha tanpa visi misi. Anda pun akan kesulitan untuk mencapai sebuah target yang pernah ditentukan sebelumnya.

Modal dan Keuangan Harus Dihitung Rinci

Masalah modal memang menjadi masalah sendiri bagi sebuah bisnis usaha rumahan. Namun, Anda juga sebaiknya jangan main-main dengan modal usaha. Sebab, pengusaha tidak akan bisa menjalankan bisnisnya bila modalnya belum tercukupi.

Misalnya mengenai biaya membeli barang, bahan, maupun menyewa tempat usaha saat diperlukan. Untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan, Anda dapat meminjamnya di salah satu bank atau bisa juga dengan cara patungan bersama teman dekat atau anggota keluarga yang lain.

Pilih Keunikan Tersendiri

Setelah modal dihitung secara terperinci, maka yang harus anda lakukan adalah menentukan produk apa yang harus dijual dan ditawarkan ke pasaran.

Tidak masalah ketika Anda menjual produk yang sebelumnya belum ada di pasaran. Akan tetapi, buatlah produk tersebut beda dari yang lainnya.

Contohnya saja mengenai kemasan produk, nama brand, tampilan dan cita rasa tersebut. Ketika Anda memilih brand, usahakan nama yang anda dipilih mudah dihafal oleh pembeli. Atau Anda juga bisa menggunakan brand dengan istilah yang kekinian dengan kondisi masyarakat saat ini.

Lakukan Promosi

Tips memulai ide usaha rumahan yang sangat penting bagi Anda yang baru memulai sebuah usaha rumahan adalah melakukan promosi.

Dalam dunia bisnis apapun, promosi adalah hal penting yang harus dilakukan. Langkah ini dilakukan guna untuk memperkenalkan produk ke pembeli.

Di era yang serba digital seperti sekarang, Anda dapat mencoba promosi dengan menggunakan sosial media seperti facebook,instagram, google, dan onshop lainnya.

 

Tips Memulai Ide Usaha Rumahan

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang dapat kamu siapkan terlebih dahulu. Inilah beberapa cara yang dapat kamu coba sebelum membuka usaha rumahan.

Mempelajari Pengelolaan Administrasi yang Baik

Walaupun usaha rumahan berlangsung dari nol, tidak ada salahnya untuk mempelajari hal awal dari pengelolaan administrasi yang baik. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah jangan pernah mencampurkan uang bisnis dengan pribadi.

Pengelolaan administrasi yang tertib akan memudahkan kelangsungan usaha rumahan yang sedang kamu jalani saat ini. Dengan fondasi yang kuat dan jujur, bisnis pun akan berjalan dengan lancar.

Jangan Takut Gagal

Setiap pebisnis hanya akan berhadapan dengan 2 pilihan, berhasil maupun gagal. Walaupun masih pemula dalam bisnis, kamu harus bisa mengatasi rasa takut akan kegagalan.

Perasaan ini hanya akan menghantui keputusan yang kamu buat dan bisnis kamu akan gagal karenanya. Oleh sebab itu, bangkitkan mental pemenang di dalam diri dan yakinkan bahwa kamu memiliki segala sesuatu yang tidak dimiliki orang lain.

Memilih Usaha Rumahan yang Sesuai dengan Passion

Bisnis tanpa passion hanya akan berujung pada kegagalan. Kenapa begitu? Sebab, jika tujuan awal hanya karena uang, kamu akan mempersulit bisnis yang kamu tekuni karena pikiranmu hanya tertuju pada uang.

Membangun bisnis adalah hal yang sulit, namun bisnis yang sesuai bakat akan membuat segala hal terasa ringan karena kamu benar-benar menyukai apa yang kamu lakukan tanpa adanya beban.

Jika kamu ahli dan suka memasak, buka usaha kuliner di rumah. Apabila suka dengan musik, buka usaha studio musik yang dapat kamu sewakan. Intinya, pilihlah usaha yang benar-benar membuat kamu lebih hidup dan berwarna.

Menentukan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha

Bisnis yang dikatakan selalu berawal dari perencanaan yang baik. Salah satu perencanaan yang harus kamu pikirkan adalah rencana dan kapan eksekusi untuk kamu memulai usaha tersebut.

Jika melakukannya tanpa perhitungan yang matang, bisa jadi usaha yang terbentuk dengan modal tidak sedikit malah berujung pada kegagalan yang hanya berujung pada kekecewaan.

Contoh: Jika kamu ingin memulai bisnis kue di rumah, kamu bisa memulai bisnis menjelang Bulan Ramadhan dan itu akan saangat menguntungkan karena banyak orang membutuhkan kue pada bulan ramadhan.

 

Setelah kalian mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum memulai usaha sekarang anda tinggal memilih usaha apa yang akan kalian mulai yang menurut kalian cocok untuk kalian. Berikut contohnya:

1. Usaha Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Ide Usaha rumahan pulsa

Dengan zaman yang semakin maju, ponsel pintar sekarang telah menjadi komoditas utama yang hampir tidak bisa terpisah dengan kebutuhan manusia.

Melihat situasi ini, berjualan pulsa elektrik tentu saja bisa menjadi Ide Usaha Rumahan yang tidak bisa kamu lewatkan.

Usaha rumahan yang satu ini tidak memerlukan modal yang tinggi. Hal yang diperlukan hanyalah sebuah ponsel pintar untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.

Untuk memulai bisnis yang satu ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai agen dalam distributor pulsa dan paket internet ternama yang dapat kamu cari secara online maupun offline.

2. Usaha Camilan/Makanan Rumahan

Usaha rumahan camilan

Berjualan makanan maupun camilan merupakan peluang bisnis yang tidak akan ada matinya. Dengan potensi yang lumayan besar, kamu juga perlu sedikit riset agar usaha di rumah ini dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa opsi usaha rumahan kuliner yang dapat kamu coba di rumah dengan mudah. Berjualan Aneka Kue Seperti kebanyakan orang, masyarakat Indonesia sangat suka dengan yang namanya camilan. Camilan yang orang Indonesia gemari adalah berikut ini:

  • Brownies kukus
  • Donat
  • Kue Bolu
  • Kue Lapis
  • Risoles

Selain yang di atas, masih terdapat banyak lagi jenis-jenis kue yang sangat popular di Indonesia. Usaha ini juga sangat cocok jika rumah kamu berlokasi di daerah yang ramai seperti yang dekat dengan kampus, perkantoran maupun di sekitar sekolah yang biasanya banyak siswa/siswi.

3. Usaha Laundry Kiloan

Usaha Laundry

Orang zaman sekarang suka sekali dengan hal yang praktis dan mudah karena kesibukan setiap hari. Dengan waktu yang banyak terbuang di kantor, banyak orang lebih memilih untuk “membeli” waktu orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka guna untuk mempermudah.

Salah satunya adalah mencuci baju. Dengan peluang seperti ini, membuka usaha laundry kiloan dapat menjadi ladang emas yang siap kamu keruk.

Dengan lokasi yang tepat dan strategi pemasaran yang matang, usaha rumahan ini akan segera memberikan keuntungan tambahan.

4. Membuka Jasa Penjahit Rumahan

Penjahit Rumahan

Jika kamu mempunyai hobi  dalam menjahit, kamu bisa menekuni Ide Usaha Rumahan ini. Mungkin bisnis yang ini terdengar sangat ketinggalan zaman.

Eitsjangan salah! Usaha ini selalu dijadikan incaran banyak orang karena banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu dapatkan.

Bayangkan saja berapa banyak pernikahan yang terjadi dalam setahun dan hitung berapa seragam pernikahan yang bisa kamu jahit. Dan juga dari pendapatan harian seperti permak dan sebagainya.

5. Usaha Tempat Cuci Motor

Ide Cuci motor

Ini adalah usaha rumahan yang sangat menjanjikan untuk dilakukan di rumahan. Bagaimana tidak? Coba perhatikan usaha cuci motor mana yang selalu terlihat sepi.

Belum lagi disaat musim hujan datang, pelanggan dengan motor kotornya akan semakin banyak yang datang. Dengan modal tidak sampai 8 juta, kamu sudah bisa memulai usaha ini.

6. Membuka Rental Play Station Rumahan

usaha rental ps

Dunia gim akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi. Orang-orang pun tidak mau ketinggalan untuk merasakan kesenangan yang ditawarkan oleh konsol ini.

Jika lokasi rumah strategis yang artiny sering dilewati banyak orang, kamu bisa mencoba usaha rumahan tersebut. Hanya dengan Monitor dan PS 2-4, kamu sudah bisa membuka rental sendiri di rumah.

Walaupun modal yang dikeluarkan cukup besar, bisnis yang satu ini adalah usaha yang cepat balik modal mengingat animo masyarakat, apalagi para remaja, terhadap gim.

7. Usaha Jasa Foto dan Video

foto rumahan

Usaha rumahan yang satu ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan untuk dicoba dahulu. Semua orang mungkin bisa mengambil gambar ataupun merekam video, namun tidak semuanya dapat melakukannya secara profesional.

Inilah saatnya untuk kamu mengisi “gap yang jarang diisi ini. Jasa foto dan video yang kamu buka dapat melayani berbagai macam keperluan seperti acara wisuda, foto keluarga, pernikahan dan masih banyak lagi.

Modal yang kamu perlukan hanyalah ruangan yang bisa dipakai untuk studio, kamera, dan komputer untuk keperluan editing.

8. Ide Jasa Pemberi Feedback untuk Website Baru

usaha feebback web

Usaha seperti ini sudah pasti tidak asing lagi didengar di kalangan freelancer. Dengan modal koneksi internet dan laptop maupun ponsel pintar, kamu sudah dapat melakukan usaha ini di rumah.

Zaman sekarang, reputasi sebuah produk bisa ditentukan oleh feedback yang diberikan oleh para pembeli, feedback tersebut yang berarti saran maupun kritikan agar website dapat lebih baik lagi kedepannya.

Maka dari itu, kamu dapat mencoba usaha ini untuk mendapatkan keuntungan. Besar kecilnya bayaran dari pekerjaan ini tergantung oleh berapa akun yang dipakai untuk memberi feedback di website perusahaan yang mempekerjakan kamu.

9. Usaha Warung Kopi Rumahan

ide usaha warung kopi

Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya kafe yang menawarkan berbagai jenis kopi di setiap sudut yang ada di kota.

Dengan bermodalkan hanya teras dan mesin kopi, kamu bisa membuka kedai kamu sendiri. Namun, perlu diingat juga kamu perlu latihan untuk mengolah kopi dengan baik.

10. Usaha Budidaya Ikan Hias Rumahan

ide usaha ikan hias

Harga ikan hias terkadang cukup tidak masuk akal. Jika kamu suka sekali dengan ikan dan ingin menjadikannya ladang uang, kamu bisa mencoba bisnis budidaya ikan hias.

Bisnis ini harus dilakukan dengan serius karena kamu bakalan berinvestasi banyak uang di sini. Beberapa cara sukses menjalankan bisnis ikan hias adalah sebagai berikut:

  • Mencari jenis ikan hias yang dihargai tinggi
  • Mempelajari sistem pasar ikan hias
  • Mempelajari cara mengembang biakan ikan agar usaha ini bisa bertahan dalam jangka lama
  • Mengikuti komunitas ikan hias untuk memperbesar komunikasi bisnis
  • Mempromosikan bisnis dengan strategi yang tepat.

11. Usaha Jasa Desain Grafis Rumahan

ide usaha desain grafis

Usaha desain grafis memang tidak asing lagi didengar. Pesatnya bisnis yang satu ini dibantu oleh perkembangan teknologi yang semakin modern seiring zaman.

Selain itu, masyarakat suka dengan hal-hal praktis tentu akan mencari jasa yang bisa memudahkan pekerjaan mereka. Beberapa jenis usaha desain grafis yang dapat kamu coba di rumah meliputi sebagai berikut:

  • Gambar T-shirt
  • Desain web atau blog
  • Animasi 3D
  • Logo, kartu nama, dan banner iklan

12. Usaha Jasa Servis Barang Elektronik Rumahan

ide usaha service elektronik

Bisnis ini memang terdengar ketinggalan zaman. Namun, jangan salah. Banyak sekali orang yang masih memerlukan jasa tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi, tentu cukup banyak barang elektronik yang diproduksi.

13. Usaha Pertamini Rumahan

ide usaha pom mini

Inilah perhitungan kasar modal rincian yang dibutuhkan untuk membangun usaha Pertamini:

  • Harga Pertamini: Rp 5 juta
  • Biaya listrik per bulan: kisaran Rp 60 ribu
  • Alat pemadam kebakaran portabel: Rp 150 ribu
  • Biaya darurat atau tambahan: Rp 1,5 juta
  • Total biaya: Rp 7.460.000

14. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang Rumahan

ide usaha jasa galon

Sebagai salah satu bisnis yang membuat kehidupan lebih mudah, usaha ini sangat menguntungkan dikarenakan orang suka dengan hal yang cukup praktis.

Sebelum memulai bisnis jasa isi ulang ini, kamu perlu membuat beberapa riset terlebih dahulu agar modal yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Setelah mengumpulkan modal uang dan riset, kamu dapat memulai bisnis ini tanpa ragu lagi. Untuk strategi penjualan, kamu dapat mengajak pembeli untuk berlangganan untuk hassil yang lebih maksimal.

15. Usaha Menjadi Youtuber Rumahan

ide usaha creator youtube

Untuk menjadi youtuber, kamu harus memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan dalam menyunting video guna untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Jika kamu memiliki semua kemampuan tersebut, youtuber bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, jika kamu dapat konsisten dalam menghadirkan konten yang berkualitas, penghasilan yang didapat dari usaha ini bisa dibilang murah loh.

Itulah beberapa Peluang Ide Usaha Rumahan yang cukup menguntungkan hanya bermodalkan sedikit uang, cukup mudah bukan untuk memulai suatu usaha jika kita juga berusaha dengan sungguh sungguh dan dengan bantuan dari kelaurga dan teman!

× Whatsapp Kami!