namun sebelum terjun ke pembahasan utama, temen-temen harus mengerti apa itu arti atau konsep dasar dari usaha/kewirausahaan. Berikut ini penjelasan singkat perihal usaha/kewirausahaan

 

konsep usaha roti

Konsep Dasar Tentang Usaha Atau Kewirausahaan

Percaya atau tidak, setiap orang memiliki sisi atau jiwa kewirausahaan dalam dirinya. Namun, ada yang lebih memilih untuk mengembangkannya,dan ada pula yang memilih jalur lain untuk ditempuh.

ketika kita dihadapkan pada situasi pandemi yang menyulitkan ekonomi, sisi kewirausahaan itulah yang tampaknya perlu kita bangkitkan dalam diri kita. Bagaimanapun, berjualan, berwirausaha, berbisnis, atau apa pun istilah katanya, dapat menjadi solusi untuk bertahan hidup, ketika kita menghadapi situasi ekonomi sulit pandemi.

Berangkat dari alasan inilah, ada pentingnya temen-temen semua mengetahui konsep dasar kewirausahaan. Pentingnya pemahaman akan konsep dasar kewirausahaan ini sebetulnya sudah diajarkan sejak kita masih di bangku sekolah atau kuliah. Namun, apakah Anda masih ingat apa saja konsep dari dasar usaha/kewirausahaan ini?

Pengertian Kewirausahaan

Wirausaha adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis mandiri dengan kondisi seluruh sumber daya dan upaya dibebankan kepada sang pelaku usaha dalam mengenali produk baru, menentukan konsep dan proses produksi, menyusun strategi hingga memasarkan serta mengatur uang permodalannya. Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk menghasilkan sesuatu hal yang bernilai lebih tinggi dibandingkan saat sebelum diolah.

Orang atau pelaku yang menjalankan kegiatan wirausaha disebut dengan wirausahawan. Dialah yang bertanggung jawab dalam menyusun manajemen operasional dari keseluruhan proses kegiatan, mulai dari pengadaan sampai dengan pemasaran produk. Wirausahawan juga selayaknya mempunyai kemampuan untuk bisa membaca tren pasar agar tidak sampai salah sasaran saat memasarkan produknya.

Manfaat Wirausaha Bagi Kehidupan Masyarakat

Jiwa wirausaha masih belum dimiliki oleh sebagian besar masyarakat/warga Indonesia. Padahal, ada banyak manfaat dan keuntungan ketika kita menjadi wirausahawan. Inilah lima manfaat wirausaha bagi kehidupan masyarakat yang wajib temen-temen ketahui.

1. Membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat

Konsep wirausaha sendiri yaitu menciptakan peluang usaha secara mandiri. Ini bisa menjadi pendorong masyarakat untuk bisa mandiri dalam sektor ekonomi. Bukan berarti semua masyarakat menjadi seorang wirausahawan. Namun, dengan adanya satu atau beberapa orang yang berwirausaha di lingkungan tersebut, tentu peluang terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar juga cukup besar.

Semakin besar dan berkembang usahanya, semakin banyak juga tenaga kerja yang akan dibutuhkan. Dengan begitu, sumber daya manusia yang terserap untuk berkerja juga semakin banyak. Otomatis, masyarakat yang sebelumnya menganggur kini bisa berkerja dan mendapatkan penghasilan.

2. Meningkatkan pendapatan nasional

Dalam berwirausaha, inovasi merupakan salah satu hal kunci suksesnya. Bahkan, inovasi tersebut bisa meningkatkan pendapatan nasional. Sebagai contoh, salah satu wirausahawan di bidang furniture sukses menembus ranah pasar luar negeri dengan membuat produk rumah tangga, seperti meja dan kursi dari rotan ataupun kayu bekas. Produk tersebut dianggap unik oleh masyarakat luar dan memiliki nilai seni tinggi.

Semakin tinggi jumlah permintaan pada produk tersebut, maka semakin banyak pula jumlah produksi yang akan dibuat. Hal ini akan dicatat dalam buku pendapatan nasional. Dalam pendapatan nasional, nilai yang tercatat adalah nilai output akhir dari produk yang diproduksi dalam satu tahun terakhir. Semakin tinggi jumlah produk dibuat oleh suatu negara, maka semakin tinggi juga pendapatan nasional negara tersebut. Semua kegiatan ini akan diukur dalam kurun satu tahun terakhir.

3. Terciptanya lapangan pekerjaan baru

Lapangan pekerjaan yang terbatas tentu membuat persaingan dalam pekerjaan juga menjadi semakin ketat. Dengan bertambahnya kegiatan kewirausahaan, maka peluang tercipta lapangan pekerjaan juga akan semakin bertambah besar.

Sayangnya, yang dibutuhkan saat ini bukan hanya sekadar kegiatan wirausaha saja. Namun bagaimana para wirausahawan bisa berpikir dalam membuat inovasi yang jauh lebih besar. Sebagai contoh, dahulu pengemudi ojek mungkin hanya bisa mendapat tiga sampai lima penumpang saja dalam sehari.

Berbeda dengan saat ini, dengan perkembangan teknologi dan informasi, mereka bisa mendapatkan order yang banyak. Tidak hanya penumpang, ojek online juga kini merambah pada layanan kurir atau pengantaran barang dan makanan. Konteks inilah yang disebut dengan inovasi lapangan pekerjaan baru.

konsep usaha roti

 

Contoh Prospek Usaha Roti Yang Sukses

Tentunya sudah banyak usaha roti yang berhasil dengan menerapkan beberapa tips di atas. Roti O adalah salah satu cafetaria yang berhasil mengembangkan salah satu inovasi produk roti mereka. Berikut ini cerita singkat dari cafetaria Roti O

Roti O

Roti’O merupakan sebuah produk makanan asal Indonesia. Dikenal sebagai salah satu franchise dengan produk roti andalannya, yakni coffIee bun. didirikan sejak 23 Meri 2012, gerai pertama yang dibuka Roti’O berada di Stasiun Kota, Jakarta Barat.

Roti’O merupakan brand yang berada di bawah naungan langsung PT. Sebastian Citra Indonesia. Perusahaan tersebut tidak hanya bergerak di bidang makanan, tetapi juga di bidang pakaian, yakni produk busana Polo.

Brand yang bergerak di bidang food and baverage service tersebut, diketahui telah memiliki 500 lebih outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun, Roti’O dikenal lebih luas oleh masyarakat karena dijual di bandara dan stasiun, yang membuat Roti’O meraup keuntungan tersendiri.

Tidak hanya itu, Roti’O juga gencar melakukan promosi melalui platform sosial medianya. Roti’O memiliki slogan tersendirir yaitu “Dedikasi dalam Menyajikan Roti Berkualitas”. Brand tersebut mengklaim setiap roti yang disajikan merupakan roti yang berkualitas. Selain itu, Roti’O mengklaim dapat menyajikan roti dalam keadaan hangat dan langsung dari panggangan untuk pelanggan.

Untuk makanannya sendiri tersedia beberapa menu seperti Signature Coffee Bun, pastry yang meliputi chocolate, chesee, almond, tuna, bananabuttersaussage, dan masih banyak lagi. Untuk minumannya, tersedia beberapa Menu seperti Hot & Cold yang melputi Black Tea, Americano, Cappuccino, Chocolate, Caramel Latte, dan lainnya.

Sementara untuk Menu Blended, tersedia seperti Chocolate Blend, Mocha Blend, Caramel Blend, Oreo Blend, dan masih banyak lagi. Harga menu roti atau coffee bun di Roti’O dibanderol dengan harga yang relatif sama, yakni sebesar Rp 12.000.

Namun, untuk menu minuman harga menyesuaikan dengan lokasi ouletnya. Roti’O juga kerap menghadirkan kebijakan promo menarik, tetapi tergantung situasi di daerah sekitar outlet.

 

 

Konsep Usaha Roti Yang Mudah Di Lakukan

Dalam membangun usaha roti, tentunya harus dengan analisis, perencanaan, dan konsep yang matang. Agar teman teman mudah pahami, kita akan mengambil contoh kasus usaha roti bakar.

Roti bakar merupakan salah satu jenis kuliner jajanan roti sederhana yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Roti bakar banyak dijumpai di warung-warung kopi dan stand usaha yang ada di setiap sudut-sudut kota. Bahkan di tempat keramaian seperti mall dan food court maupun tempat pusat jajanan serba ada.

Dengan kepopuleran dan banyak peminat, bisnis roti bakar bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan bagi Anda. Roti bakar sendiri telah menjadi sajian terfavorit di tempat-tempat nongkrong seperti cafe. Sehingga semakin banyak inovasi rasa dan bentuk yang kekinian untuk daya tarik untuk anak muda dan orang kantoran.

Jualan roti bakar memang terlihat sederhana, namun siapa sangka usaha ini ternyata memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Menu makanan roti bakar memang sudah lama eksis dan menjadi tren di kalangan anak muda yang gemar nongkrong atau hangout bersama teman.

Dari hal tersebut, membuat menu roti bakar banyak pilihan serta disukai oleh para anak muda. Roti bakar memiliki tekstur rasa yang renyah dan smooky setelah dibakar serta diolesi dengan mentega margarin. Terdapat beberapa isian yang umum di temukan pada roti bakar seperti coklat meses, selai nanas, selai stroberi, dan telur dadar.

Kelebihan Jual Roti Bakar Unik

Terdapat beberapa kelebihan untuk memilih bisnis roti bakar sebagai pilihan usaha roti Anda. Beberapa kelebihan usaha ini seperti berikut:

  • Pembuatan dan pengolahan roti bakar terbilang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja terutama pebisnis yang baru saja memulai usaha.
  • Bisnis ini dapat dilakukan dengan modal yang kecil.
  • Bisnis roti bakar memiliki prospek usaha yang stabil dan cukup menguntungkan.
  • Peminat atau penyuka roti bakar berasal dari berbagai berbagai kalangan masyarakat.
  • Dapat dikembangkannya inovasi dan kreatifitas pada isian dan varian rasa roti bakar.

 

Semakin besar suatu usaha, maka semakin besar juga tanggung jawab dalam menjaga suatu kepercayaan pelanggan atau calon pembeli. Legalitas atau status resmi usaha akan meningkatkan kepercayaan konsumen yang akan membeli produk usaha Anda. Mereka akan merasa lebih nyaman dan aman sebab usaha tersebut telah terdaftar secara hukum dan telah lolos uji sampel makanan.

Tips Memulai Bisnis Usaha Roti Bakar 

Berikut Beberapa tips jitu untuk memulai usaha roti yaitu sebagai berikut

konsep usaha roti
1. Membuat Perencanaan Awal Bisnis Roti Bakar

Tips jitu pertama ialah membuat perencanaan awal bisnis usaha. Anda dapat membuat perencanaan awal bisnis usaha ini pada dokumen perhitungan digital. Semisalkan dengan menggunakan microsoft excel, atau aplikasi sejenis lainnya. Perencanaan usaha terbilang cukup penting dilakukan, agar usahanya jelas dan berjalan lancar.

Beberapa hal yang termasuk dalam rencana awal dagang roti bakar meliputi perhitungan besaran modal awal membuka usaha. Selain itu, perhitungan dan kalkulasi kebutuhan awal usaha, konsep bisnis, tema bisnis, branding bisnis, daftar perlengkapan usaha. Tidak lupa juga, varian menu yang akan ditawarkan di dalam menu, dan hal berkaitan lainnya.

 

2. Menghitung Besaran Modal dan Kebutuhan Usaha Roti Bakar

Tips kedua ialah menghitung besaran modal dan kebutuhan usaha roti bakar . Anda perlu melakukan sinkronisasi antara modal yang dimiliki dengan daftar list yang akan di butuhkan oleh usaha roti bakar anda. Jangan sampai, biaya kebutuhan usaha jauh lebih besar dibandingkan dengan kisaran modal yang anda dimiliki saat memulai usaha. Setiap detail kebutuhan perlu dicatat dan dimasukan dalam perhitungan supaya tidak ada hal yang terlewat dan tertinggal.

3. Membuat Konsep dan Branding Bisnis

Dalam suatu usaha, konsep merupakan hal yang menentukan terbentuknya bisnis. Anda perlu memikirkan konsep seperti apa yang pas dan ideal untuk usaha roti bakar. Buatlah konsep yang relevan dengan tren bisnis gaya masa kini, sehingga tidak terkesan kaku dan biasa saja.

Anda dapat menentukan konsep bisnis roti bakar dengan tema desain layaknya gaya hidup anak muda di jaman sekarang. Selain itu, memberikan layanan pemesanan secara online sehingga mengikuti perkembangan teknologi jaman sekarang. Hal yang terpenting juga adalah branding roti bakar sendiri yang merupakan sebuah indentitas tersendiri bagi pelakunya bisnis/usaha.

4. Menguasai Cara Buat Roti Bakar Kekinian

Selanjutnya, hal yang Anda cermati dalam memulai berjualan roti bakar kekinian adalah bisa membuat roti bakar yang lezat dan enak. Menu roti bakar kekinian memiliki daya tarik yang lebih baik daripada menu pada umumnya. Hal ini dapat menjadi peluang bagi bisnis roti bakar Anda, agar menarik hati masyarakat terutama kaum anak muda.

Kalian dapat mempelajari terlebih dahulu mengenai cara membuat roti bakar unik, video tutorialnya sudah banyak di Youtube. Kalian juga bisa melihat menu roti bakar kekinian apa saja yang sudah ada. Serta menu apa yang paling digemari dan disukai oleh kalangan masyarakat.

5. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi usaha sangat berpengaruh dalam sebuah usaha. Oleh karena itu, Anda harus jeli dan cermat dalam menentukan lokasi untuk menjalankan usaha roti. Pilihlah lokasi usaha roti bakar yang dekat dengan keramaian dan pusat berkumpulnya orang.

Selain itu lokasi tersebut juga harus mudah diakses dan dilihat oleh calon pembeli. Beberapa pilihan lokasi yang cocok untuk bisnis roti bakar seperti lokasi yang dekat dengan keramaian pinggir jalan. Bisa juga berlokasi yang berada di pusat jajanan serba ada, bahkan dekat kampus ataupun kantor.

6. Menyediakan Layanan Pembelian Secara Online

Tips jitu terakhir di pembahasan kali ini ialah menyediakan layanan pembelian atau pemesanan secara online. Dengan perkembangan jaman dan sistem digital teknologi, tentunya cara orang membeli produk juga semakin beragam. Usaha yang dapat beradaptasi dengan kemajuan jaman akan mendapatkan keuntungan dari berbagai sisi dan aspek.

Maka sebaiknya, pelaku bisnis ini menyediakan layanan pemesanan secara online yang dapat menjadi daya tarik di jaman sekarang. Anda dapat memanfaatkan platform yang sudah ada seperti Go Food, Grab Food, Shopee Food. Dengan begitulah akan mempermudah Anda, menyediakan layanan pembelian roti bakar kekinian secara online kepada kalangan masyarakat.

Kesimpulan

Dari hasil penjelasan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam membangun usaha roti, kita harus menyiapakan perencaan yang matang serta konsep yang jelas. Dalam hal ini konsep usaha roti ialah hal yang menentukan terbentuknya bisnis, seperti branding, ciri khas, dan hal hal lainnya yang akan menunjang image usaha roti kedepannya agar tetap di kenal di kalangan masyarakat.

sekian terima kasih telah mengungjungi artikel ini…. good bye….
× Whatsapp Kami!