Ayam merupakan hewan ternak yang sangat umum dipelihara di berbagai negara, mengingat hewan ini dapat dimanfaatkan baik itu telur ataupun dagingnya. Karena banyaknya manfaat yang dapat diambil dari ayam, jadi tidak perlu heran jika banyak orang memperternakkan hewan ini. Tantunya untuk mendapatkan hasil produktivitas ayam yang maksimal, peternak harus memberikan makanan tertentu yang menunjang pertumbuhan ayam dan pastinya harus berkualitas. Berikut artikel ini membahas mengenai beberapa jenis terbaik makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk:

makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk

1. Jagung Giling

Rekomendasi pertama makanan ayam supaya cepat besar dan gemuk yaitu jagung digiling. Hal ini dikarenakan jagung mengandung banyak sekali manfaat dan nutrisi yang sangat bagi kesehatan dan pertumbuhan ayam. Antaranya yaitu vitamin B, asam lemak, serat, vitamin C, hingga kalium. Dengan kandungan-kandungan tersebut dapat dipastikan pertumbuhan ayam akan menjadi lebih maksimal. Karena jagung dapat menjadi sumber energi, protein dan serat yang sangat baik untuk ayam.

2. Limbah Gandum

Limbah gandung atau sering disebut Pollard berasal dari limbah penggiling gandum yang menjadi terigu. Dengan memberikan pakan berupa Pollard yang memiliki kandungan energi metabolisme rendah dan serat kasar ini, tentunya pasti akan sangat baik untuk pertumbuhan ayam. Dengan catatan, pemberian makanan ini sebaiknya diselingi dengan berbagai makanan lainnya agar dapat mengoptimalkan kualitas ayam nantinya.

3. Nasi Putih

Nasi putih juga dapat menjadi makanan terbaik bagi ayam. Hal ini dikarenakan, dalam nasi putih terdapat kaya akan kandungan karbohidrat yang siap memenuhi kebutuhan ayam. Namun, walaupun begitu nasi putih cukup dijadikan sebagai selingan saja, hal ini dilakukan agar ayam diharapkan bisa bertumbuh dengan baik dan maksimal.

4. Singkong

Singkong juga dapat menjadi pilihan makanan yang bagus untuk menggemukkan ayam. Dikarenakan di dalam singkong terdapat berbagai macam kandungan energi seperti jagung. Namun pemberian singkong sebagai selingan pakan ayam sebaiknya tidak terlalu sering karena dapat menyebabkan feses ayam menjadi basah. Dampak yang akan terjadi jika faces ayam basah adalah terjadinya diare, dehidrasi, dan penyakit-penyakit lainnya yang tentu saja sangat berakibat fatal jika semacam itu menimpa ayam peliharaan kita.

5. Dedak

Bekatul atau juga dikenal dengan sebutan dedak adalah salah satu makanan andalan untuk pakan ayam. Dedak merupakan limbah dari penggilingan bekatul, beras putih, natrium, lemak, dan protein. Namun, walaupun hanya limbah dari pengolahan biji-bijian seperti gandum atau beras, tetapi dedak sangat kaya akan manfaat bagi hewan ternak, terutama untuk ayam. Karena dedak dapat menjadi sumber energi, protein, serat yang tentu sangat berguna untuk pertumbuhan ayam.

Tentu untuk mencapai hasil yang maksimal pakan yang diberikan haruslah terjamin kualitasnya, jika Anda ingin menghasilkan pakan yang berkualitas alangkah baik jika Anda membuat sendiri pakan ternak Anda dengan tentunya menggunakan bahan-bahan pilihan Anda. Untuk mempermudah hal ini, Anda bisa memanfaatkan Mesin Pembuat Pakan Ayam modern. Jadi, dengan menggunakan Mesin Pembuat Pakan Ayam ini  memungkinkan Anda untuk membuat pakan ternak ayam Anda sendiri tanpa harus mengkhawatirkan kualitas pakan tersebut. Dengan demikian

Dalam tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ayam agar cepat besar dan gemuk, sangat penting untuk memperhatikan faktor-faktor kunci yang telah dibahas dalam artikel ini. Nutrisi yang tepat, seperti pakan yang berkualitas tinggi dan pemberian protein yang mencukupi, merupakan hal yang tidak bisa diabaikan jika ingin sukses dalam berternak. Pemberian pakan yang bijak dan perawatan kesehatan yang baik juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Selain itu, lingkungan yang bersih adalah faktor yang sering diabaikan tetapi memiliki dampak besar pada pertumbuhan ayam.

× Whatsapp Kami!