Kopi hitam dinilai kaya akan antioksidan, yang dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Manfaat kopi hitam tanpa gula. Siapa sangka, minum kopi tanpa gula menjadi salah satu cara sehat minum kopi. Ini mulai dari peningkatan energi dan konsentrasi hingga membantu menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa manfaat minum kopi tanpa gula untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kopi Hitam tanpa Gula

Meningkatkan Daya Ingat

Bertambahnya usia dapat mengurangi daya ingat atau disebut pikun. Nah untuk meningkatkan daya ingat bisa dilakukan degan cara mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula.

 

Meningkatkan Kinerja Fisik

Mengkonsumsi kopi dapat membantu meningkatkan kinerja fisik hingga 100 persen. Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Ini juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.

 

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Meskipun minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1-2 cangkir kopi hitam tanpa gula setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain meminum kopi jangan lupa disertai dengan olahraga.

Baca Juga:Proses Pembuatan Kopi Luwak

Membersihkan Racun

Manfaat lainnya dari mengonsumsi kopi tanpa gula adalah dapat membuang racun dan bakteri jahat pada tubuh. Orang yang minum kopi tanpa gula akan sering buang air kecil, dari situ racun dibuang dalam bentuk urin.

Meningkatkan Kecerdasan

Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bisa bereaksi dengan tubuh, serta memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, dan fungsi kognitif. Dengan demikian membuat kamu lebih cerdas selama periode waktu tertentu.

Mengurangi Resiko Diabetes

Meminum kopi tanpa gula dapat membantu kamu mengurangi resiko diabetes. Selain tidak ada kandungan gula dalam kopi, kopi juga membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin.

Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit yang mematikan dan bisa menyerang siapa pun. Untuk menghindari risiko penyakit kanker, bisa dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. Sebab senyawa dalam kopi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi juga dapat mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama di balik berkembangnya tumor.

Mengurangi Stres

Kerjaan yang menumpuk dapat membuat mudah stres dan depresi. Cara menenangkan pikiran adalah dengan meminum kopi hitam tanpa gula, meminum kopi saat sedang stres bisa membantu mengubah mood kamu jadi lebih baik. Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter penting yang meningkatkan mood. Dengan berkurangnya stres, kamu juga akan lebh awet muda.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Penelitian dalam “European Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa asam klorogenat (chlorogenic acids) dalam kopi hitam dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular. Konsumsi asam klorogenat melalui kopi hitam tanpa gula dapat mengurangi risiko hipertensi, aterosklerosis, dan gagal jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kopi hitam tanpa gula mengandung kafein yang berpotensi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kefein bertindak sebagai imunomodulator, yaitu zat yang dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan memodifikasi respons terhadap ancaman.

× Whatsapp Kami!