Resep Cake Coklat Nikmat yang Diminati Semua Kalangan

Resep Cake Coklat

Cake merupakan salah satu makanan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau, cara pembuatannya yang mudah dan tidak memakan waktu yang lama, serta rasanya yang berfariasi. Makanan ini sering dihidangkan saat acara- acara tertentu maupun sebagai oleh-oleh karena terbilang cukup mewah. Berikut adalah berbagai informsi dan resep cake coklat nikamt yang diminati semua kalangan.

Pengertian Cake

Cake adalah produk makanan semi basah yang dibuat dengan pemanggangan adonan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, susu, lemak, dan bahan pengembang atau tanpa penambahan bahan tambahan makanan lain yang diizinkan.

Sedangkan Cake beras merupakan cake yang dibuat dengan menggantikan tepung terigu sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita gluten intolerance.Pembuatan cake beras menggunakanlemak berupa margarin sebagai bahan pembantupembentuk citarasa, warna, aroma, kelembutan,dan moistnesscake. Penggunaan margarin menyebabkan kadar lemak cakeberas cukup tinggi.

Menurut Saputra(2013), kadar lemak cakeberas sebesar 16,84%. Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pengaruh buruk akibat konsumsi makanan berkadar lemak tinggimendorong terciptanya cakeberas rendah lemak.

Sejarah Cake

Resep Cake Coklat

Cake dan Bolu berasal dari daratan Eropa, dan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia oleh bangsa Belanda selama masa penjajahan. Di Eropa sendiri setiap negara setiap negara sedikitnya memiliki satu jenis cake yang begitu istimewanya sehingga terkenal diseluruh dunia.

Misalnya Shachertorte dari Australia, Dobos Torte dari Hongaria, Fruit Cake dari Inggris, ScwarzWaider Kirch Torte dari Jerman, Torta Genovese dari Italia dan Moscovische dari Belanda. Selanjutnya oleh karena pada abad XVIII bangsa Eropa mulai menjelajahi daratan Amerika, maka Cheese Cake dikenal sebagai kue khas dari Amerika.

Pada awalnya, cake juga dikenal oleh bangsa Mesir kuno. Cara pengolahan dan bahan-bahannya sangat sederhana, cake ini dibuat untuk keperluan upacara-upacara keagamaan.

Saat ini, kualitas dan rasa cake pasti telah jauh berbeda, karena dengan wawasan yang semakin berkembang, pembuatan cake sering menambahkan dan mencampurkan berbagai macam bahan dan aroma dalam adonan, sehingga cake sudah sangat bervariasi, bahkan dari satu resep cake, bisa diolah menjadi beberapa variasi rasa dan aroma yang berbeda.

Jenis- Jenis Cake

Resep Cake Coklat

1. Layer Cake

Layer cake umumnya dihias dan disajikan untuk acara-acara tertentu misalanya ulang tahun dan pernikahan. Bahan yang biasanya digunakan untuk menghias layer cake selain butter cream yaitu whipping cream dan pastry cream.

2. Birthday Cake

Birthday cake atau kue ulang tahun dapat dibuat beraneka ragam, pembuatan kue ulang tahun biasanya disesuaikan dengan umur yang berulang tahun. Misalnya untuk anak-anak atau orang dewa

3. Wedding Cake

Wedding cake biasanya dibuat untuk acara pernikahan yang dapat dinikmati keindahannya maupun untuk dicicipi cita rasanya.

4. Spesial Cake

Spesial cake biasanya dibuat untuk kesempatan-kesempatan khusus, misalnya New Year cake, Valentine cake, dan Idul Fitri Cake.

5. Sponge cake

Sponge cake adalah bolu dengan tekstur yang empuk dan lembut seperti sponge.

6. Butter cake

Butter Cake adalah bolu yang memiliki ciri lebih padat dari sponge cake namun penggunaan mentega lebih banyak.

7. Cotton cake

Cotton cake adalah kue yang memiliki tekstur lembut seperti kapas.

8. Chiffon cake

Chiffon cake adalah sejenis bolu yang bertekstur halus.

9. All in one 

All in one adalah cake yang dibuat dengan mencampur semua bahan menjadi satu hingga tercampur.

Bahan Cake

1. Bahan Utama

a) Tepung Terigu

Tepung terigu yang digunakan untuk pembuatan Cake adalah tepung terigu berkadar protein antara 8-10% dan harus mempunyai daya serap air yang rendah. Di Indonesia tepung ini dikenal dengan tepung terigu cap segitiga yang mempunyai warna putih dan memiliki tekstur lembut.

Jenis-jenis tepung terigu berdasarkan kadar protein:

  1. Tepung terigu protein rendah

Tepung terigu jenis ini memiliki kandungan protein kurang dari 11 persen. Sangat baik untuk membuat berbagai jenis cake , biskuit, kue kering, dan aneka goreng-gorengan.

Kandungan gluten rendah dalam tepung terigu pada adonan biskuit, kue kering dan wafer, akan membuat kue dan gorengan jadi lebih renyah dan nikmat. Terigu jenis ini sangat sempurna untuk membuat kulit lumpia yang tipis, tak mudah robek dan renyah saat digoreng. Kandungan gluten yang rendah membuat daya serap air sangat sedikit maka dari itu hasilnya menjadi renyah.

  1. Tepung terigu protein sedang

Kandungan proteinnya berkisar antara 11,5-13%. Namun, biasanya kandungannya berkisar 11 persen. Kandungan proteinnya yang tak terlalu tinggi dan rendah membuat tepung terigu ini menjadi tepung yang serbaguna.Tepung ini sangat baik untuk membuat semua jenis produk makanan olahan.

  1. Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu jenis ini memiliki kandungan protein 13-14%. Sangat cocok digunakan untuk membuat aneka makanan yang butuh volume besar, produk yang mengembang, dan elastis misalnya roti dan mi.

Pada adonan roti, gluten berfungsi untuk menahan adonan saat mengembang sehingga strukturnya kuat dan tidak menyusut. Sedangkan pada adonan mi, gluten memengaruhi tingkat kekenyalan dan elastisitas mi. Tepung terigu ini memiliki tekstur yang halus dan daya serap air yang tinggi sehingga hasilnya menjadi lembut.

b) Lemak dan Minyak

Berbagai jenis lemak yang umum dikenal yaitu mentega, margarine dan minyak.

c) Telur

Telur yang biasa digunakan dalam pembuatan cake yaitu telur ayam. Bahan ini berfungsi untuk mengembangkan kue dan memberi rasa lembab ketika digigit (moist). Kuning telur kaya akan emulsi alami yang menghasilkan warna panggang yang baik.

d) Gula

Fungsi gula dalam pembuatan cake adalah untuk memberikan rasa manis, membantu mentega untuk menangkap dan mengikat udara sehingga adonan naik atau mengembang. Gula dapat memperbaiki tekstur dan membantu tepung memberi warna coklat.

2. Bahan Tambahan

a) Bahan Cair

Bahan cair yang digunakan dalam pembuatan cake disesuaikan dengan resep yang telah ada. Seperti susu, sari buah, air perasan daun suji atau daun pandan, santan dan air.

b) Bahan Isi

Beberapa jenis cake secara sengaja diberi bahan isi, setelah matang, ketika dipotong, bahan isi terlihat menyebar di bagian dalam cake. Bahan isi memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Bahan isi yang dapat digunakan dalam pembuatan cake adalah kacang-kacangan, buah kering dan manisan buah.

c) Bahan Lainnya

Soda kue dan baking powder berfungsi untuk mengembangkan cake. Aroma yang umum digunakan dalam pembuatan cake adalah vanili, jeruk, moka, rum atau campuran rempah-rempah yang terdiri dari kayu manis, cengkih, pala dan kapulaga.

Kandungan Gizi Cake

Kue Cake adalah makanan cemilan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Kue Cake mengandung energi sebesar 435 kilokalori, protein 7,1 gram, karbohidrat 57,1 gram, lemak 19,8 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 160 miligram, dan zat besi 0,8 miligram.  Selain itu dalam kue cake juga terkandung vitamin A sebanyak 65 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan vitamin C 1 miligram.  Hasil tersebut hasil dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kue Cake, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Resep Cake Coklat

Cake Coklat Moist

Bahan Yang Digunakan :

  • Coklat bubuk 25 gr
  • Tepung terigu 175 gr
  • Gula pasir 150 gr
  • Telur 6 btr
  • Susu cair 25 ml
  • Coklat pasta ¼
  • Margarine 100 gr
  • Bakin powder ½ sdt
  • Emulsifier ½ sdm

Bahan lesan cake :

  • Coklat bubuk 1 sdm
  • Gula tepung 100 gr
  • Mentega putih 100 gr

Cara membuat :

  1. Pertama  panaskan margarine memakai api sedang, lalu sediakan sebuah wadah untuk mengocok telur.
  2. Kocok telur dan masukan emulsifier, gula pasir, kocok sampai mengembang dan warnanya menjadi putih.
  3. Masukan baking powder dan tepung terigu, lalu bubuk coklat agar lebih lembut ayak kembali bahan-bahan tersebut.
  4. Setelah lembut, masukan kedalam adonan dan campurkan hingga rata.
  5. Cara membuat cake coklat dengan menambahkan susu cair, yang sudah di takar coklat pasta, dan margarine yang sudah tadi di cairkan, campurkan bahan-bahan tersebut dan aduk samai rata.
  6. Sediakan loyang yang sesuai dengan adonan, sebelum adonan di tuangkan terlebih dahulu simpan kertas roti di atas loyang, kemudian adonan tuangkan kedalam loyang.
  7. Setelah di tuangkan lalu adonan masukan kedalam oven dengan menggunakan suhu 180 º atau sekitar waktu setengah jam.
  8. Cake sudah siap.

Resep Cake Coklat dengan Berbagai Kreasi

1. Resep Cake Coklat Kukus

Bahan Yang Digunakan:

  • 6 btr telur
  • 1,5 gelas gula pasir
  • 1,5 gelas tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1/2 gelas coklat bubuk good quality
  • 1 sashet susu kental manis campur dgn 3 sdm air
  • 1/2 sashet margarin lelehkan

Cara Membuat:

  1. Ayak tepung, coklat bubuk dan susu bubuk sisihkan
  2. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai putih kental berjejak
  3. Masukkan semua tepung bergantian dengan susu kental manis aduk rata
  4. Masukkan margari leleh aduk balik dengan spatula. Pastikan tidak ada endapan margarin. Jangan overmix.
  5. Tuang ke dalam loyang tulban. Kukus dengan api kecil 30 menit.
  6. Tes tusuk jika sudah matang angkat dan dinginkan. Hias dengan coklat leleh dan taburi kacang sangrai.

2. Resep Cake Coklat Moist

Bahan Yang Digubakan:

  • 200 gr gula pasir
  • 180 gr brown sugar/palm sugar/gula pasir
  • 115 gr mentega

Bahan Basah :

  • 3 butir telur
  • 60 ml minyak sayur
  • 240 ml susu UHT
  • Pasta vanila
  • 240 ml kopi panas instan

Bahan Kering:

  • 260 gr terigu
  • 80 gr coklat bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • Secukupnya garam

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kering, ayak, aduk rata, sisihkan.
  2. Campur bahan basah, kecuali kopi (telur, susu, dan minyak,vanilla aduk sisihkan.
  3. Mix gula pasir, palm sugar dan mentega hingga rata, tambahkan bahan basah 1/3 bagian.
  4. Bergantian dengan bahan kering 1/3 bagian, mixer dengan kecepatan sedang saja, lakukan hingga habis, kemudian masukan air kopi, mix dengan kecepatan rendah, jangan sampai over mix ya. Hanya sam.
  5. Bagi menjadi 3 bagian, untuk menghasilkan 3 layer cake.
  6. Panggang kurleb 20-25 menit hingga matang, tes tusuk cake dengan lidi, jika sudah matang maka tidak ada adonan yg menempel pada lidi. Dinginkan cake, siap dihias.
  7. Hias dengan buttercream.

3. Resep Cake Coklat Buah Segar

Bahan Yang Digunakan:

  • 10 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 150 gram gula pasir, ayak
  • 150 gram tepung terigu, ayak
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 100 gram margarin, cairkan

Cara Membuat:

  1. Kocok gula dan telur sampai mengembang.
  2. Masukkan campuran terigu dan cokelat.
  3. Aduk rata semua bahan tersebut.
  4. Campurkan margarin cair dan aduk rata.
  5. Tuang ke dalam loyang 24x24x3 cm yang telah diberikan alas kertas roti dan olesan margarin.
  6. Panggang dalam oven selama 20-25 menit dengan panas sedang.
  7. Setelah matang, potong-potong dan dinginkan.
  8. Berikan potongan buah segar.
  9. Siram atasnya dengan agar-agar bening atau hiasi sesuai selera.

4. Resep Cake Coklat Cereal

Bahan Yang Digubakan:

  • 150 gram mentega tawar
  • 125 gram gula halus
  • 5 kuning telur
  • 5 putih telur, kocok hingga lembut
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram tepung maizena
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 100 gram cooking chocolate, di tim

Bahan Hiasan:

  • cooking chocolate atau coklat masak, cairkan
  • cokelat bubuk
  • cereal rasa buah

Bahan Krim Ccokelat:

  • 125 gram mentega tawar
  • 200 gram gula halus bubuk
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 2 sdm rhum/ brandy

Cara Membuat:

  1. Ayak gula pasir, tepung maizena, dan tepung terigu lalu sisihkan.
  2. Kocok mentega tawar, gula halus dan kuning telur sampai lembut.
  3. Masukkan campuran tepung terigu, gula pasir, dan tepung maizena yang telah diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  4. Masukkan cokelat masak yang telah dicairkan dan aduk rata
  5. Tuang adonan ke dalam loyang bulat ukuran 20 cm.
  6. Pangggang dalam oven sampai matang selama 40 menit dengan panas 170 derajat Celcius.
  7. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
  8. Olesi cake dengan bahan-bahan krim coklat yang dicampur menjadi satu.
  9. Hiasi cake yang telah diberi krim dengan coklat masak, cokelat bubuk, dan cereal buah.

5. Resep Cake Coklat Rhum

Bahan Yang Digunakan:

  • 100 gram cooking chocolate (cokelat masak), potong-potong
  • 200 gram margarin/ mentega tawar
  • 300 gram gula pasir halus (gula kaster)
  • 6 kuning telur
  • 6 putih telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 150 gram tepung terigu, ayak dengan cokelat bubuk
  • 50 gram cokelat bubuk, ayak dengan tepung terigu
  • 50 cc brendy atau rhum (minuman)
  • 100 gram kismis yang direndam dalam rhum

Bahan Hiasan:

  • gula halus
  • anggur segar

Cara membuat:

  1. Lelehkan cokelat dan mentega/ margarin lalu sisihkan.
  2. Kocok gula dan kuning telur sampai mengembang.
  3. Kocok putih telur dengan 1 sdm gula sampai kaku lalu sisihkan.
  4. Masukkan campuran terigu dan cokelat ke dalam kocokan telur dan gula.
  5. Masukkan cokelat dan mentega yang sudah leleh.
  6. Aduk rata semua bahan tersebut.
  7. Tambahkan putih telur kocok dan kismis.
  8. Masukkan rhum atau brendy dan aduk rata.
  9. Tuang adonan ke dalam loyang loaf yangs udah diolesi margarin dan ditaburi tepung.
  10. Panggang dalam oven sampai matang.
  11. Setelah matang, dinginkan dan taburi dengan gula halus.
  12. Berikan hiasan buah anggur segar.

6. Resep Cake Coklat Wortel Jahe

Bahan Yang Digunakan:

  • 50 gram mentega atau margarin
  • 25 gram gula cokelat
  • 125 gram puree kurma
  • 2 butir telur, kocok
  • 150 gram parutan wortel
  • 2 ruas jahe, cincang halus
  • 175 gram tepung wholemeal
  • 2 sdt baking powder
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 125 ml susu cair

Bahan Olesan:

  • 50 gram mentega lembut
  • 100 gram gula halus
  • 2 sdm air jeruk
  • 1/2 buah parutan kulit jeruk
  • permen kulit jeruk untuk hiasan

Cara Membuat:

  1. Alasi loyang 22 cm dengan kertas roti.
  2. Campur mentega dan gula lalu kocok hingga menjadi krim yang lembut.
  3. Masukkan puree kurma.
  4. Tambahkan telur.
  5. Masukkan wortel dan jahe.
  6. Ayak tepung wholemeal, baking powder, dan kayu manis.
  7. Masukkan bahan-bahan kering tersebut ke dalam campuran krim.
  8. Tambahkan susu untuk melembutkan adonan.
  9. Masukkan ke dalam loyang dan ratakan permukaan atasnya.
  10. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 40-45 menit.
  11. Lapisi bagian atas dengan kertas roti pada 15 menit terakhir jika adonan terlalu cokelat.
  12. Angkat dan dingin.
  13. Untuk olesan: kocok seluruh bahan olesan sampai lembut dan siram bahan olesan ke atas cake cokelat yang telah dingin.

Untuk mendapatkan cara membuat puding coklat, kunjungi Cara Membuat Puding Coklat Nikmat Simpel.

× Whatsapp Kami!