0812.2447.4411
Select Page

Resep dan Cara Membuat Abon Ayam

Pasti hampir semua dari Anda pernah makan abon kan? Mungkin abon ayam, abon, sapi, abon ikan, atau abon dari bahan yang lainnya. Tapi penasaran bagaimana cara membuatnya? Nah, pada kali ini kita akan membahas tentang Resep dan Cara Membuat Abon Ayam yang enak.

Abon adalah merupakan salah satu produk olahan daging masyarakat Indonesia yang bersifat tradisionil, dan banyak dikerjakan oleh industri rumah tangga. Abon pada umumnya disukai masyarakat karena memiliki warna, rasa dan tekstur yang khas.

Abon yang terdapat di pasaran umumnya terbuat dari daging sapi, kerbau, dan daging ayam. Bahkan tidak cuma itu, abon juga bisa terbuat dari ikan, seperti ikan lele, ikan bandeng, ikan gabus, ikan tuna, udang, dan ada juga abon yang terbuat dari bahan jamur.

Proses pembuatan abon terdiri dari perebusan daging, penyeratan daging, penghalusan bumbu, perebusan bumbu dengan seratan daging, penggorengan dan pengepresan. Produk akhir proses pengolahan abon berupa seratan daging yang halus, kering, renyah, berwarna coklat muda sampai gelap, gurih dan lezat dengan penambahan bumbu rempah-rempah. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam pengolahan abon belum dibakukan sehingga terjadi variasi macam dan jumlah bumbu yang digunakan sehingga mengakibatkan abon yang beredar di pasaran sangat beragam.

Pada pembuatan abon, daging  yang sudah direbus dan diserati dicampur dengan rempah-rempah sebagai bumbunya, ditambah dengan garam dan gula sebagai peningkat rasa dan juga berfungsi sebagai pengawet, bahkan untuk membuat variasi rasa, ada yang menggunakan cabe merah ataupun cabe rawit dalam pembuatannya, agar menghasilkan rasa pedas.

Ciri-ciri abon yang baik adalah warna cerah kehitaman, rasanya gurih, dan seratnya lembut.  Kualitas abon dipengaruhi oleh bahan baku, bahan tambahan, bumbu, proses perebusan, proses penggorengan, proses pengepresan, pengemasan, maupun distribusi.

Bahan-bahan

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Cabe merah
  4. Kemiri
  5. Ketumbar
  6. Jinten
  7. Asam
  8. Lengkuas
  9. Daun salam 2 – 4 lembar untuk 1 kg daging
  10. Daun jeruk 3 lembar untuk 1 kg daging
  11. Batang sereh 1 – 2 buah untuk 1 kg daging

Bahan lain yaitu :

  1. Santan 2 gelas dari ¾ butir kelapa untuk 1 kg daging
  2. Kluwih
  3. Garam
  4. Gula

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan abon:

  1. Panci
  2. Kompor
  3. Cobek dan ulegnya
  4. Telenan
  5. Pisau
  6. Alat menggoreng (wajan, sotil, serok)
  7. Blender bumbu
  8. Pengepres abon/spinner
  9. Kain saring
  10.  Baskom plastik

Resep dan Cara Membuat Abon Ayam

  1. Daging ayam dibersihkan dari lemak, dipisahkan kulitnya dan dicuci kemudian direbus sampai empuk atau mudah diserat (Lama perebusan daging ayam 10 menit), kemudian dilakukan penyeratan daging menyerupai benang, proses penyeratan bisa dilakukan dengan mesin pembuat abon agar hasil yang didapatkan lebih optimal.
  2. Keluwih dikupas, dibagi menjadi 4 – 6 bagian memanjang dan direbus 10 – 15 menit, kemudian diserati seperti daging.
  3. Menyiapkan bumbu sesuai prosentase : ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, asam, jinten, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk purut. Ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe merah, jinten, lengkuas dan kemiri dihaluskan, sedang bumbu yang lain tidak, kecuali batang sereh dikeprek, garam dan gula merah disisir halus,
  4. Menyiapkan santan, dari 250 gram kelapa parut dengan 250 ml air
  5. Merebus campuran santan dan bumbu sampai kental, kemudian dagingnya dimasukkan dan dipanaskan sampai asat/kering.
  6. Menggoreng daging tersebut dengan minyak goreng sampai kering, agar abon menjadi renyah atau warna abon menjadi coklat. Goreng 250 gram daging dengan minyak goreng 500 ml selama ± 5 menit, yang penting hanya sampai coklat tidak boleh gosong.
  7. Abon yang sudah digoreng kemudian dikeluarkan minyaknya dengan alat pengepres/spinner selama 5 menit, sehingga diperoleh abon yang kering dan renyah,
  8. Mengemas abon dengan plastik yang cukup tebal dan rapat, agar uap air dalam udara tidak masuk ke dalam plastik,  karena hal ini bisa menyebabkan abon menjadi lembab, dan mudah tengik sehingga tidak awet.

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah kan? Resep dan Cara Membuat Abon Ayam ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan peratalan seadanya, dan juga untuk bahannya Anda bisa menggantinya selain daging ayam, sesuai dengan selera Anda. Semoga informasi mengenai cara membuat abon ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Selamat mencoba dan terima kasih.