Resep Mie Tek-Tek Sehat dan Masakan Rumahan

Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa Resep Mie Tek-Tek Sehat dan Masakan Rumahan. Di Indonesia memiliki beragam hidangan mie yang tersebar di seluruh Nusantara, salah satunya mie tek-tek yang menjadi hidangan khas di Pulau Jawa. Dalam membuat mie juga bisa menggunakan mesin. Yang bisa anda beli di Grosirmesin.

Cara membuat resep mie tek tek rumahan yang satu ini super gampang, dan rasanya juga nggak kalah nikmat sebanding dengan mie tek tek kaki lima ala abang penjual yang menyediakan mie tek tek goreng, mie tek tek nyemek dan mie tek tek kuah yang biasa saya beli.

Tidak perlu jauh – jauh datang ke Jawa Tengah, kalau anda juga bisa membuat mie tek-tek sendiri di dapur rumah untuk disajikan dengan keluarga anda. Yang lebih menarik lagi dari hidangan mie tek-tek ini adalah hidangan yang bisa dimasak dengan dua cara, yaitu versi kering atau yang basah atau kuah dengan cara direbus dengan air kaldu.

Resep ini adalah mie tek-tek versi kering yang bisa santap dipadukan dengan makanan protein lain seperti Ayam Goreng dan toping lainnya.

Mie tek-tek kuah ini biasanya dijual oleh tukang nasi goreng. Dinamai mie tek-tek karena bunyi penggorengan yang diketuk. Bunyinya itu “tek-tek”. Mie tek-tek dapat di bagi menjadi 2 jenis, ada mie tek-tek goreng dan mie tek-tek rebus. Jika nama asli mie tek-tek biasanya digunakan untuk sajian rebusnya.

Banyak sekali pernak-pernik bahan sebenarnya proses pembuatan Mie Tek Tek sangat mudah dan ditanggung hidangan ini juga bakalan cepat ludes. Syaratnya siapkan dulu semua bahan-bahan penyusun seperti di abang penjual itu, kemudian tinggal cemplang-cemplung sesuai urutan. Persiapan bahan ini perlu, karena proses memasukkan bahan yang satu ke yang lain sangat cepat supaya tidak ada bahan yang terlalu lunak atau terlalu matang karena menunggu bahan lain baru disiapkan.

Cerita Mie Tek-Tek

Sebagai bahan utamanya, kamu bisa menggunakan di antara dua jenis mi kuning. Ada mi kuning basah dan mi telur kuning kering. Dalam memasak mie yang jadi favorit banyak orang ini adalah saat memasukkan mi ke dalam wajan, aduk cepat di atas api besar. Selain menghadirkan sensasi smokey pada mie, tekstur mi juga sedikit lebih kering namun melekat sempurna dengan bumbunya.

Anda bisa menambahkan mie goreng atau mie tumis ini bersama pelengkapnya. Apa lagi kalau bukan telur dadar iris, kerupuk, acar mentimun, dan bawang merah goreng? Bahkan kamu bisa lho membuat bakso sendiri.

Mie tek tek, udah pasti bahan bakunya adalah mie ya. Mie yang saya gunakan tukar-tukar aja sih. Kadang mie telur, mie goreng, maupun mie rebus. Mie goreng untuk dijadikan mie rebus juga bisa, tinggal ditambah aja garamnya. Sedangkan mie rebus untuk dijadikan mie goreng, bumbunya tinggal dikurangi aja ya.

Kali ini saya mau berbagi cara memasak mie tek tek dengan menggunakan 3 mie instant rebus. Di rumah itu pada penyuka olahan mie, makanya kalau bikin mie nggak bisa sedikit, hehe… Karena pingin menggunakan kuah yang sedikit aja, jadinya bumbunya saya 2 aja, sementara macam bubuk cabe, minyak, dll nya saya masukkin semua.

Ini pas dimasak ada kuahnya sedikit, tapi karena fotonya kelamaan, kuahnya pun abis meresap, hahah. Penggunaan ebi juga yang bikin mie tek tek ini bumbunya cukup khas. Lalu karena pakai mie instant, rasanya ya udah gurih, jadi walaupun nggak ada kaldunya, udah tetap enak.

Saya akan menampilkan resep mie tektek kuah, mie tektek ala rumahan, Resep Mie Tek-Tek Bakso Kuah, Resep Mie Tek-tek Jawa Spesial, Resep Mie Tek-tek Kuah Seafood, Mie Tek-tek Goreng Palembang dan yaitu :

Cara Membuat Mie Tektek Kuah 

mie tek-tek kuah

Kalau sedang hujan biasanya kita sering merasa lapar. Biasanya, makan makanan seperti mie adalah menu yang menyenangkan. Mie tek-tek adalah salah satu menu yang cukup digemari di saat-saat seperti itu. Namun bila tukang mie tek-teknya sedang tidak lewat sementara kita ingin sekali makan mie tek-tek, sepertinya kita perlu belajar untuk membuat mie tek-tek sendiri.

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus Mi Telur Cap 3 Ayam
  • 2 butir telur
  • 4 siung bawang merah di iris
  • 3 siung bawang putih di iris
  • 3 butir kemiri
  • 5 batang daun bawang
  •  ikat pokcoy
  • 1 buah tomat
  • 5 bakso sapi
  • Secukupnya lada, garam, kaldu jamur

Cara Membuat Mie Tektek Kuah :

  1. Rebus mi telur 3 ayam sampai matang
  2. Goreng dalam minyak: bawang merah, bawang putih, dan kemiri dalam bentuk utuh. Setelah digoreng sebentar, hancurkan dengan blender atau ulek
  3. Tumis bumbu yang sudah lumat hingga harum. Lalu masukkan potongan daun bawang
  4. Masukkan 2 butir telur lalu aduk. Kemudian tambahkan air, sesuai banyaknya kuah yang diingkan
  5. Setelah setengah matang, masukkan pokcoy, tomat, dan bakso sapi
  6. Kalau sudah mendidik, masukkan Mi Telur Cap 3 Ayam yang sudah direbus. Bubuhkan lada, garam, dan kaldu jamur. Koreksi rasa
  7. Sajikan dalam mangkok untuk keluarga tercinta

Itulah resep mie tek-tek kuah yang bisa kamu buat sendiri dirumah. Porsinya juga bisa untuk lebih dari 1 orang. Dijamin enak resepnya.

Resep Mie Tek Tek Ala Rumahan

Kamu tentu tahu kalau kaldu ayam dicampur ke dalam masakan apapun, sudah pasti membuatnya jadi enak dan lezat. Begitu pula jika digunakan untuk mie tek tek. Siapapun yang mencobanya, dijamin akan ketagihan, deh!

Bahan-bahan :

  • 1 Mi Instan (Goreng)
  • 1 Telur
  • 1/2 Tomat, iris tipis
  • 2 Sawi Hijau, potong pendek
  • 1 Siung Bawang Merah, cincang
  • 3 Siung Bawang Putih, cincang
  • 4 Cabai Rawit, iris pendek (jumlah cabai sesuai selera)
  • 2 Cabai Merah, haluskan
  • 3 sdm Saus Sambal
  • 1 sdm Kecap Manis
  • 2-3 sdm Minyak Goreng
  • 1/2 sdt Lada
  • 400 ml air (sekitar 2 gelas)
  • Garam & Gula (tidak wajib, hanya bagi yang suka saja)

Cara Membuat Mie Tek Tek Ala Rumahan :

  1. Pertama tuang & panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bawang merah & bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih. Sambil menunggu, hancurkan 1/4 tomat & cabai merah.
  3. Masukkan mi instan. Diamkan. Tunggu 2 menit hingga mi melunak.
  4. Sambil nunggu mi melunak, ambil telur, lalu kocok.
  5. Kalau mi sudah melunak, tuang telur kocokan tadi sambil diaduk agar telur bercampur rata dengan mie.
  6. Saat sudah setengah matang, masukkan sawi, irisan cabai, dan irisan tomat (serta tomat & cabai yang tadi dihaluskan).
  7. Tambahkan pula bumbu mi instan, kecap manis, saus cabai, dan lada, serta sedikit saja gula & garam (kalau mau). Aduk pelan hingga rata.
  8. Saat air meresap, segera angkat dan tuang ke mangkuk.
  9. Terakhir, taburkan bawang goreng di atasnya.
  10. Kalau kamu tidak suka yang berkuah (meski ini ciri khasnya), maka saat akan dituang ke mangkuk, tiriskan dulu air kuahnya.
  11. Jika mau rasa kuahnya lebih nendang, bisa tambahkan sejumput suwiran ayam dan irisan 2-3 butir bakso atau irisan 1 lonjor sosis.

Resep Mie Tek-Tek Bakso Kuah

mie tektek bakso kuah

Masakan yang praktis tentu akan jadi pilihan Anda, agar tak terlalu lama mengolah bahan dan makanan bisa langsung siap saji. Sajikan dengan tomat, timun, kol, atau kerupuk favorit teman-teman. Kalau kuahnya mau yang lebih banyak bisa menggunakan 2 gelas air aja, lalu dicobain lagi ya rasa garamnya. Anda bisa membuat mie nya dengan gampang dengan mesin pembuat mie . Pasti anda tidak akan kecapean.

Rebus mie-nya jangan langsung matang dulu ya, nanti kalau pas dicampurkan bisa lodoh. Kalau masak setengah matang dulu, nanti matangnya bisa pas.

Bumbu halus: mesin pembuat mie

– Bawang merah, 4 siung

– Bawang putih, 3 siung

– Cabai merah keriting, 3 buah

– Cabai rawit, 7 buah

– Kemiri sangrai, 3 Sangarai

– Merica, 1 sdt

Bahan lain:

  • 1 bungkus mie instan
  • Air 800 ml
  • Ayam fillet, 100 gr
  • Telur, 1 butir
  • Bakso, sesuai selera
  • Sawi hijau, 1 genggam
  • Kol, 1 genggam
  • Kucai, 1 sdm
  • Tomat, 1 buah
  • Kecap, 1sdm
  • Saus sambal, 1 sdm

Cara Memasak Mie Tek-Tek Bakso Kuah

  1. Potong-potong dan tumis semua bumbu halus
  2. Masukan ayam, tumis hingga berubah warna
  3. Masak air hingga mendidih
  4. Masukan bakso dan tuang telur kocok pada air yang sudah mendidih
  5. Beri garam dan kaldu bubuk sesuai selera
  6. Tambahkan kecap dan saus sambal
  7. Setelah itu masukan sawi, sayur kol, kucai dan tomat yang telah Anda potong-potong
  8. Kemudian masukan mie, tunggu beberapa saat, angkat dan mie tek-tek siap disantap.

Resep Mie Tek-tek Jawa Spesial

Mie tek-tek jawa spesial

Resep pertama adalah mie tek-tek goreng jawa. Hidangan ini sangat mudah untuk dibuat, dengan bahan-bahan sederhana yang tetap menggugah selera.

Bahan-bahan Mie Tek-tek Jawa:

  • 150 gram (gr) mie telur
  • 2 butir telur
  • 5 lembar kol (iris tipis)
  • 10 lembar sawi hijau (potong-potong, jangan terlalu besar)
  • Dada ayam fillet (rebus dan suwir)
  • 450 mililiter (ml) air
  • 1 buah tomat (potong menjadi 6 bagian)
  • 2 sendok makan (sdm) kecap manis
  • ½ sendok teh (sdt) garam
  • 3 buah cabai rawit (ulek kasar)
  • 3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • ½ sdt merica

Pelengkap :

  • Kerupuk kanji
  • Jamur (ditumis)

Cara Membuat Mie Tek-tek Jawa Spesial:

  1. Panaskan air di dalam panci, lalu rebus mie sampai matang (jangan terlalu lembek, ± 3 menit). Angkat lalu tiriskan.
  2. Masukkan minyak ke wajan, panaskan menggunakan api sedang.
  3. Masak telur orak-arik sampai berbentuk butiran. Angkat lalu sisihkan.
  4. Haluskan bumbu halus, lalu tumis di wajan sampai wangi.
  5. Masukkan kol dan sawi, tumis hingga sedikit layu.
  6. Di dalam wajan yang sama, masukkan suwiran ayam dan telur. Aduk sampai tercampur rata.
  7. Tuangkan air sedikit demi sedikit secara perlahan, lalu tambahkan kecap manis, garam, dan cabe rawit.
  8. Masak sampai air mendidih, lalu masukkan mie dan aduk sampai bumbu menyerap.
  9. Angkat dan sajikan di piring.
  10. Tumis jamur untuk pelengkap, lalu masukkan ke piring saji juga dengan kerupuk kanji.
  11. Selamat menikmati!

Cara Penyajian :

  • Tuang mie tek-tek dalam piring saji.
  • Terakhir taburi bawang merah goreng dan bahan pelengkap sesuai selera misal bakso, ayam, sapi, kerupuk, acar, dan lain sebagainya.
  • Sajikan segera.
  • Selamat mencoba.

Resep Mie Tek-Tek Kuah Seafood

Bagi pecinta seafood, resep ini sangat cocok dicoba untuk hidangan malam di rumah. Cara Sederhana Memasak Mie Tek-Tek Kuah Seafood yang paling enak. Angkat mie tektek anda kemudian tuang di atas piring secara perlahan.

Bahan-bahan Mie Tek-Tek Kuah Seafood:

  • 2 bungkus mie instan (dengan bumbu)
  • 50 gr udang buang kepala dan kotorannya
  • 2 butir telur
  • 4 siung bawang merah (haluskan)
  • 6 siung bawang putih (haluskan)
  • Cabai rawit (sesuai selera)
  • Sawi (secukupnya, iris tipis)
  • Wortel (secukupnya, iris tipis)
  • daun bawang
  • 2 sdm saus tiram
  •  merica bubuk secukupnya
  •  garam secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm kecap Manis
  • Air secukupnya
  • Minyak (secukupnya, untuk menumis)

Cara Membuat Mie Tek-Tek Kuah Seafood:

  1. Rebus mie indomie setengah matang.
  2. Siapkan wajan dan masukkan minyak, tumis udang lalu masukkan telur dan orek-orek. Aduk sampai matang.
  3. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Tumis bersama udang dan telur sampai wangi.
  4. Masukkan merica bubuk, garam, kaldu bubuk, dan saus tiram.
  5. Tambahkan air secukupnya, masukkan sawi dan wortel. Setelah beberapa saat, masukkan mie instan dan bumbunya.
  6. Koreksi rasa sampai dirasa pas, tunggu sampai matang.
  7. Angkat dan sajikan.

Cara Penyajian :

  • Tuang mie tek-tek dalam piring saji.
  • Terakhir taburi bawang merah goreng dan bahan pelengkap sesuai selera misal bakso, ayam, sapi, kerupuk, acar, dan lain sebagainya.
  • Sajikan segera.
  • Selamat mencoba.

Cara Membuat Mie Tek-Tek Goreng Palembang

ada kreasi resep mie tek-tek goreng khas Palembang. Hidangan khas ini pasti memanjakan lidah dan membuat nagih.

Bahan-bahan Mie Tek-tek Goreng Palembang:

  • 1 bungkus mie telor
  • 10 batang sawi hijau atau sawi putih sesuai selera
  • 2 lembar kol putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 sdt lada atau merica bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 batang daun bawang
  • Garam (secukupnya, sesuai selera)

Bahan Pelengkap: 

  • Bawang goreng (secukupnya)
  • Acar (sesuai selera)
  • Cabai rawit

Cara Membuat Mie Tek-Tek Goreng Palembang:

  1. Rebus air dalam panci sampai mendidih
  2. Masukkan mie dan masak sampai matang (jangan terlalu lembek, ± 3 menit). Tiris dan sisihkan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lada atau merica bubuk, dan garam (gunakan blender atau ulekan, sesuai keinginan).
  4. Panaskan wajan dan masukkan minyak.
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai wangi.
  6. Tuangkan air perlahan, lalu tambahkan kecap manis. Aduk sampai kuah mengental.
  7. Masukkan sayuran, lalu masak sampai sedikit layu.
  8. Setelah itu, masukkan mie yang sudah direbus dan masak sampai bumbu meresap.
  9. Ambil dan tuangkan mie tek-tek palembang ke piring saji.
  10. Tambahkan bawang goreng, acar, dan cabai rawit sesuai selera.
  11. Selamat menikmati.

Cara Penyajian :

  • Tuang mie tek-tek ke beserta sedikit kuah ke dalam piring saji.
  • Terakhir taburi bawang merah goreng dan bahan pelengkap sesuai selera misal bakso, ayam, sapi, kerupuk, acar, dan lain sebagainya.
  • Sajikan segera.
  • Selamat mencoba.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Semoga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman, terutama bagi yang Menyukai mie dengan bumbu lokal.

Nah Itu dia, lima kreasi resep mie tek-tek yang sederhana tapi tetap menggugah selera dengan kelezatannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk ditemukan di dapur. Anda bisa juga membuat mie aceh lezat.

Jadi, demikian resep mie tek tek yang begitu mudah, simpel dan bisa kamu coba olah sendiri di rumah. Apalagi, bagi kamu yang memiliki banyak waktu luang di rumah, masak sendiri bisa mengisi kegiatan.

Jika ada bahan yang belum lengkap, kamu bisa mencari berbagai macam bahan makanan dan bumbu dapur untuk memasak variasi mie tek-tek dengan mudah.

Selamat Mencoba guys !!!!

× Whatsapp Kami!