Apa itu Mesin Penghancur Kertas?

Mesin penghancur kertas adalah mesin atau alat yang digunakan untuk menghancurkan dan mencacah kertas sampah yang tidak lagi digunakan. Karena biasanya kertas yang sudah tidak terpakai ini akan dilakukan pendaur ulang menjadi kertas baru.

Dalam pengoperasian mesin penghancur kertas ini sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menggunakannya. Mesin ini dapat mencacah kertas menjadi ukuran kecil-kecil tetapi tetap sama besar.

Spesifikasi Mesin Penghancur Kertas

Gambar Mesin Penghancur Kertas

 

Kapasitas:100 – 200 Kg/jam
Hasil Cacahan:4 mm
Pisau:Roller
Penggerak:Motor 1,5 – 2 HP
Body:Plat Mild Steel
Rangka:Besi Siku L
Dimensi:700 mm x 650 mm x 750 mm
Fungsi:Mencacah Sampah Kertas dengan Ukuran Sama

Baca juga Mesin Penghancur Kertas New 2021!!!

Simak Cara Menggunakan Mesin Penghancur Kertas

Supaya hasil dari cacahan kertas dapat tercacah sama besar dan juga mesin tidak mudah rusak, ada cara yang perlu anda perhatikan. Ikuti petunjuk dalam penggunaan mesin penghancur kertas berikut ini :

  1. Yang pertama anda harus memasang steker ke stop kontak kemudian nyalakan mesin penghancur kertas tersebut.
  2. Kemudian tunggu sampai mesin nyala, setelah itu anda dapat memasukkan kertas ke dalam corong mesin penghancur kertas. Dapat kita lihat hasil dari cacahan kertas akan keluar kecil-kecil dan halus dan sangat cepat. Ukuran dari hasil cacahan kertas tersebut juga sama besar.

Keunggulan dan Manfaat Mesin Penghancur Kertas

Banyak sekali keunggulan yang didapat mesin penghancur kertas. Anda dapat menggunakan ini untuk membantu pekerjaan anda dalam mengolah kertas lebih cepat selesai karena tidak memerlukan waktu yang lama. Kemudian hasil produksi nya juga akan lebih banyak. Berikut keunggulan dari mesin penghancur kertas:

  • Hasil ukuran dari kertas yang dicacah halus dan sama besar
  • Diciptakan dari teknisi yang sudah terpercaya dan handal
  • Anda dapat request sesuai dengan kebutuan anda
  • Pengoperasian mesin pencacah kertas sangat mudah
  • Mudah dipindah-pindahkan ke tempat yang anda sukai dan dijinjing pun ringan
  • Tidak perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra
  • Harga yang relatif masih terjangkau

Jenis-Jenis Kertas | Mesin Penghancur Kertas

Dalam penggunaan kertas sangat berbeda-beda tergantung penggunaan dan kebutuhan kita. Maka dari itu jenis kertas sangat banyak. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kertas :

1. Kertas HVS

Jenis kertas hvs sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, karena kertas ini mudah ditemukan dan sering digunakan. Disetiap tempat fotocopy atau percetakan pasti menggunakan kertas ini untuk mencetak dokumen. Saat ini kalangan mahasiswa atau pelajar paling banyak menggunakan kertas ini untuk mencetak tugas-tugas mereka, atau skripsi.

Kertas ini bertekstur agak kasar dan memiliki dua ukuran yaitu A4 dan folio, warna umum dari kertas ini adalah putih, sehingga sangat cocok digunakan untuk menulis ataupun mencetak dokumen.

2. Art Paper

Ciri dari kertas art paper mempunyai bahan yang permukaannya licin, jadi kurang cocok digunakan untuk menulis dokumen. Biasanya kertas ini digunakan untuk media iklan promosi atau juga bisa digunakan untuk mencetak kartu undangan. Kita dapat menemukan kertas ini diberbagai jasa percetakan.

Ada banyak pilihan jenis kertas art paper berdasarkan gramasinya, yang juga menentukan ketebalan serta berat kertas.

3. Art Carton

Jika anda menginginkan pemesanan untuk membuat kartu nama atau kalender kantor, anda dapet menggunakan jasa percetakan yang murah dan berkualitas. Jenis kertas yang dapat anda gunaka untuk membuatnya adalah kertas art cartoon, kertas ini sangat populer untuk membuat kartu nama maupun kalender.

Karakteristik dari kertas ini hampir mirip dengan art paper, namun bahan dasar dari kertas ini adalah karton. Jadi, kertas art cartoon lebih tebal dibandingkan dengan art paper sehingga gramasinya juga lebih berat.

4. Fancy Paper

Pada jenis kertas ini dapat dimanfaatkan untuk produksi undangan, seperti undangan pernikahan. Anda dapat menemukan kertas ini pada jasa percetakan pembuatan undangan pernikahan. Karena kertas ini memberikan sentuhan yang lebih terlihat premium dengan tekstur kertas yang sangat unik

Masih ada jenis lain dalam kertas fancy paper, mulai dari yang polos, vanguard, dan perpola. Tipe gramasinya juga sangat bermacam-macam, ada yang tebal ada juga yang kurang tebal.

5. Corrugated

Jenis kertas ini dapat kalian temukan dalam kehidupan sehari hari, sekilas kertas ini mirip dengan kardus namun lebih tipis. Karakteristik dari kertas ini mempunyai sisi dalam yang bergelombang.

Ukuran dari kertas ini pun cukup tebal sehingga kertas ini banyak digunakan untuk pengemasan makanan atau packaging, dan juga bisa undangan eksklusif.

6. Ivory

Kertas ini jika kita lihat kertas ini mirip dengan art paper atau art carton. Namun, warna dari kertas ivory nampak lebih buram dan sisi salah satunya mempunyai permukaan yang licin.

Terdapat banyak jasa percetakan yang memanfaatkan kertas ini untuk mencetak poster, menu, dan buku agenda, dan anda juga bisa menggunaka kertas ini untuk kemasan atau packaging makanan anda contohnya makanan kebab dan paper tray.

7. Kertas Manila/BW/BC

Jenis kertas ini sudah sangat populer tentunya dikalangan masyarakat. Hampir sama populernya dengan kertas hvs. Karena kertas ini biasaya digunakan untuk tugas menghias para murid sekolah. Kertas manila dapat anda temukan di berbagai jasa percetakan bahkan di mini market menjual kertas ini, karena banyak dicari. Banyak juga yang memanfaatkan kertas ini untuk membuat halaman depan atau sampul.

Ciri dari kertas ini mempunyai warna yang sangat banyak dan beragam, dan tekstur yang halus.

8. Kertas Samson

Dikalangan masyarakat memang kurang populer kertas ini. Dalam pemanfaatannya kertas ini sering digunakan para penyedia jasa percetakan yang menawarkan produk cetak paper bag atau biasa disebut dengan amplop surat.

Sebenarnya, kertas ini merupakan kertas produk daur ulang. Anda dapat menemukan kertas ini di toko alat tulis sekolah kantor atau juga bisa di percetakan fotocopy

Namun ciri kertas ini hanya memiliki satu warna saja yaitu cokelat.

9. Kertas Duplex

Ketika anda mengunjungi tempat jasa percetakan yang menawarkan jasa cetak kemasan atau packaging makanan, Anda pasti akan langsung dapat mengenali jenis ketas ini

Anda dapat menemukan kertas ini di toko penjual kardus kemasan, ciri atau karakteristik dari kertas ini yaitu  mempunyai sisi luar kertas berwarna putih, sedangkan bagian dalamnya berwarna abu-abu. Namun, ada juga variasi kertas ini yang sisinya berwarna putih. Tekstur dari kertas ini juga kasar.

Cara Daur Ulang Kertas Menjadi Kertas Baru | Mesin Penghancur Kertas

Simak cara mendaur ulang kertas dengan menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan menjadi kertas baru menggunakan mesin penghancur kertas. Berikut alat dan bahan yang diperlukan :

Alat yang Diperlukan :

  1. Kain
  2. Gunting
  3. Dua triplek atau papan tipis
  4. Batu sebagai pemberat
  5. Blender
  6. Mangkok
  7. Sendok
  8. Baskom atau ember untuk wadah
  9. Screen sabln atau bisa bingkai kayu menggunakan kain kasa

Bahan yang Diperlukan :

  1. Kertas yang sudah tidak terpaki
  2. Lem Kayu
  3. Air hangat
  4. Pewarna alami seperti daun suji atau kunyit

Langkah-Langkah Daur Ulang Kertas | Mesin Penghancur Kertas :

Dalam mendaur ulang kertas yang sudah tidak digunakan sebenarnya terdapat 2 tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan kertas dengan hasil kertas berkualitas tinggi.

Tahap pertama yaitu kita harus membuat larutan bubur kertas terlebih dahulu. Berikut caranya :

  1. Gunakan gunting untuk menggunting kertas menjadi ukuran kecil kecil kemudian rendam didalam ember atau baskom. Waktu yang diperlukan pada langkah ini kurang lebih 24 jam. Untuk lebih cepat dalam menghancurkan kertas anda dapat memanfaatkan mesin penghancur kertas.
  2. Setelah itu angkat kertas yang direndam tadi, dan masukkan dengan air ke dalam blender menggunakan perbandingan 1 : 3.
  3. Tunggu blender tersebut sampai halus dan berubah menjadi bubur kertas atau biasa disebut dengan pulip
  4. Isikan ember dengan air, jangan sampai penuh, sekitar seperempat saja, kemudian campurkan bubur kertas itu kedalamya.
  5. Masukkan zat pewarna secukupnya, dan anda dapat menggunakan warna apapun yang anda sukai.
  6. Siapkan mangkok, dan larutkan 1-2 sendok makan llem kayu ke air seperlunya.
  7. Yang terakhir, tunggu sampai lem larut dengan baik, dan tuangkan larutan dalam wadah yang berisi bubur kertas, anda aduk sampai tercampur.

Lanjut Tahap kedua yaitu mencetak pulp dijadikan kertas daur ulang. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda ikuti :

  1. Basahi dengan air, permukaan papan kemudian letakanlah kain diatas papan tersebut.
  2. Masukkan pulp di dalam screen sablon, lalu saring hingga air terlihat hilang dan ratakan seluruhnya
  3. Letakkan screen sablon dengan dbalikkan diatas papan, kemudian gosok bagian kasa secara perlahan
  4. Tunggu pulp terlepas dan jatuh dari atas papan, anda juga harus memastikan kalau bentuknya tidak rusak retak
  5. Setelah pulp sudah rata di atas papan, Anda tutup dengan kain
  6. Kalau anda menginginkan banyak kertas yang akan anda buat sekaligus, anda dapat mengulangi langkah diatas sebelum melakukan langakah dibawah ini
  7. Kemudian tutup dengan papan triplek kedua dan bagian atas nya anda tekan dengan pemberat seperti batu, namun ada juga dapat menggunakan pemberat yang lain
  8. Tunggu sekitar 1 jam, dan angkat papan penutup lalu jemur papan yang berisi pulp
  9. Anda perlu mengingat jangan sampai membuka kain dahulu sampai anda menjemurnya
  10. Setelah anda yakin pulp kering, anda dapap membukanya dengan perlahan, lalu anda dapat menyetrikanya agar hasilnya terlihat rapi.

Kerajinan dari Lintingan Kertas | Mesin Penghancur Kertas

Berbeda dengan kerajinan yang dibuat menggunakan tangan kulit jagung yang harus bergantung saat musimnya, kerajinan kreasi koran akan lebih banyak diciptakan karena bahan utama pembuatan kerajinan ini sangat mudah ditemukan.

Sebagian besar memang kerijanan tangan yang terbuat dari koran bekas biasanya diolah dahulu dengan lintingan. Membuat lintingan ini dibuat dengan bantuan sepotong lidi. Caranya, anda gulung koran di sepanjang lidi, kemudian rekatkan ujung-ujungnya dengan bantuan lem.

Anda dapat menggunakan mesin penghancur kertas untuk memanfaatkannya aga cepat selesai dan hasil yang didapatkan akan sama besar sebelum digulung.

Kapan saja dan dimana saja anda dapat menemukan koran bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Anda dapat mengumpulkan sendiri atau dapat membeli di tukang rosok. Disini ada beberapa kerajinan yang dapat dibuat dari lintingan kertas yaitu :

1. Jam Dinding Unik

Cara membuat kerajinan jam dinding dari lintingan kertas ini dapat kita buat berbentuk ketupat, dan caranya seperti membuat kerajinan tangan dari putungan kayu korek, bedanya nanti anda ganti dengan lintingan kertas dengan panjang yang tidak sama.

Untuk alasnya, anda dapat menggunakan kardus yang tebal berbentuk persegi dengan ukuran yang sesuai selera saja. Lalu tempelkan lintingan koran dari yang tengah dahulu lalu ketepian. Tempelkan dengan lem, dan buat lubang di tengah yang nantinya digunakan untuk memasang jarum jam dan mesim jam.

2. Keranjang Multiguna

Jika anda menginginkan rumah anda terlihat rapi, anda bisa menyimpan barang dalam keranjang serba guna yang bisa Anda buat dari koran bekas. Bahan yang dibutuhkan antara lain tripleks untuk keranjang, koran bekas, lem, kuas dan cat.

Bungkus kayu lapis dengan koran, lalu sambungkan ujung boneka koran prefabrikasi ke kayu lapis. Selanjutnya, tekuk koran untuk membentuk sisi keranjang. Ambil gulungan koran lagi dan ikat di sekitar keranjang sampai ketinggian yang diinginkan.

Untuk membuat gulungan kertas dengan ukuran yang sama, gunakan shredder untuk merobek kertas dengan panjang yang sama. Untuk mempercantik keranjang, gunakan anyaman koran terlebih dahulu, lalu tempelkan pada bagian atas keranjang. Langkah terakhir dalam membuat keranjang ini adalah mengecat warna yang Anda suka. Tunggu sampai kering sebelum menggunakan keranjang.

3. Tatakan Gelas

Sebuah koran bekas juga dapat dibuat menjadi tatakan gelas dalam berbagai bentuk: bulat, persegi panjang, segitiga, dan berbentuk bunga. Meski hasilnya berbeda, namun semua tatakan gelas ini dibuat dengan menggunakan teknologi yang sama, pertama dengan membentuk koran menjadi gulungan.

Untuk membuat gulungan kertas dengan ukuran yang sama, gunakan shredder untuk merobek kertas dengan panjang yang sama. Setelah reel siap, kamu bisa mulai memutar reel hingga membentuk lingkaran, segitiga atau persegi panjang hingga ukuran yang diinginkan tercapai. Lingkaran kecil bisa digabungkan menjadi bunga. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan beberapa bentuk.

4. Tempat Tisu

Tempa jaringan juga merupakan salah satu kerajinan koran bekas yang mudah dibuat. Bahan dan alatnya sangat sederhana yaitu koran bekas dan lem. Seperti biasa, Anda harus terlebih dahulu membuat koran linting.

Untuk membuat gulungan kertas dengan ukuran yang sama, gunakan shredder untuk merobek kertas dengan panjang yang sama. Selanjutnya, gulung ikal menjadi lingkaran kecil. Anda juga bisa menggunakan koran yang digulung untuk membuat alas persegi seperti alas kaca. Atur lingkaran kecil dalam bentuk yang Anda suka di kedua sisi alas, lalu rekatkan.

5. Vas Bunga

Kali ini, Anda bisa menggunakan korang dengan barang bekas lainnya. Dengan menambahkan dekorasi dari koran, toples bekas bisa diubah menjadi vas bunga. Guci bekas untuk membuat vas sering dilakukan oleh mak comblang. Selain itu, koran bekas juga bisa digunakan untuk menghias vas dengan cat terkelupas, retak atau cacat kecil lainnya.

Posting di koran bekas akan menutupi noda dan membuat tampilan vas seperti vas baru. Agar lebih menarik, pilihlah halaman koran yang berwarna-warni. Dengan cara ini akan dihasilkan koran bekas dengan tone yang berbeda. Ukuran roller tidak harus sama yang penting untuk menutupi seluruh permukaan dengan rapi.

6. Tempat Majalah

Kotak yang digunakan untuk membuat majalah ini hampir sama dengan kotak yang digunakan untuk membuat tas. Bedanya, jika tote bag terbuat dari koran yang digulung melingkar, majalah terdiri dari beberapa lembar kertas persegi panjang.

Untuk menghubungkan loop untuk membentuk sisi kotak, gulungan koran dan benang dapat digunakan. Sederhana dan mudah, tapi hasilnya sangat bermanfaat bukan? Selain menyimpan majalah, Anda juga bisa menambah ukuran keranjang cucian.

Baca Juga Harga Mesin Daur Ulang Kertas Karya Seni – Mesin Pengolah Kertas Terbaru 2021

× Whatsapp Kami!