0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol

Kawan-kawan pasti sering dengar sarden bukan? Dan perlu kalian tahu, kalau sarden itu biasanya pakai ikan tongkol. Nah.. baru ngeh sekarang.

Oke, ikan tongkol adalah salah satu ikan pavorit. banyak orang suka.

Dan salah satu bentuk olahan lain ikan ini adalah abon ikan tongkol. Sesuai dengan namanya, abon ikan tongkol adalah jenis makanan awetan yang terbuat dari ikan tongkol yang diberi bumbu, diolah dengan cara perebusan dan penggorengan.

Kelebihan dari produk yang dihasilkan mempunyai bentuk lembut, rasanya yang enak, baunya khas, dan mempunyai daya awet yang relatif lama.

Menariknya, abon ikan tongkol ini rasanya yang gurih dan lezat membuat abon ikan tongkol banyak digemari oleh pelaku bisnis yang berani berkompetisi di bidang kuliner.

Karena selain enak, abon ikan tongkol juga menyehatkan. Lebih menguntungkan lagi adalah bisa tahan lama, sama seperti abon sapi yang menjadi saingannya.

Banyak diantara kita pasti bakal ketagihan jika makan sesuatu yang ditaburi dengan abon ikan tongkol. Gak perlu makanan mewah, cukup nasi dengan taburan abon ikan pun sudah nikmat sekali, cobain aja deh.

Gimana? mau tau cara membuat ikan tongkol? Kalau dibilang sih cara membuat abon ikan tongkol ini cukup mudah. Kalau kalian mau belajar membuatnya untuk dijadikan peluang usaha, mulailah dengan mengikuti panduan pada resep cara membuat abon ikan tongkol sebagai berikut.

Bahan abon ikan tongkol

  • 500 gram daging ikan tongkol segar
  • 75 gram bawang merah
  • 10 gram bawang putih
  • 150 gram gula merah
  • 10 gram ketumbar
  • 3 tangkai serh
  • 15 gram garam dapur
  • 10 gram jahe
  • 5 gram laos

Cara membuat abon ikan tongkol

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan ikan tongkol dan mengeluarkan limbah makanan di dalam perut ikan termasuk sisa kotorannya, serta buang juga kepalanya.
  2. Kukus ikan tongkol hingga matang. Dilanjut dengan mengambil daging dan menyingkirkan duri-durinya.
  3. Cabik daging ikan dengan menggunakan seperangkat alat dan mesin pencabik daging dan ikan hingga menjadi kecil dan tidak rapi seperti sebelumnya.
  4. Campurkan bumbu rempah dengan cara dihaluskan. Kemudian, masukkan dalam daging ikan tumbuk, aduk hingga rata.
  5. Goreng daging ikan tongkol plus bumbu dengan minyak, aduk terus hingga kering dan warnanya menjadi kuning kecokelatan atau agak kehitaman.

 

Gimana kawan? Mudah dan gampang kan cara membuat abon ikan tongkol ini?

agar lebih sempurna abonnya, kita masih harus menggiling abon matang dengan mesin pengepres dulu agar minyaknya keluar dan abon bisa mengering dengan sempurna.

Setelah dipres, abon kering siap kita taburkan ke makanan yang menjadi menu santapan harian. Kalau mau tahan lama, kita bisa simpan abon di dalam stoples kedap udara.

Kelebihannya kalau buat sendiri kita bisa memilih ikan tongkol yang berkualitas, sehingga kandungan gizi pada ikan tongkol tetap terjaga.

Oke, semua ilmu dah didapat, Just Going On.. 🙂

 

WhatsApp chat