0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Cara Membuat Abon Udang

Bagi Anda para penikmat udang, pasti sudah tau kalau udang bisa diolah menjadi bahan berbagai masakan lezat, bahkan jenis udang besar sudah sering digunakan untuk menggantikan lobster, karena memang rasanya yang enak dan harganya yang lebih murah dari lobster.

Penyajian berbagai jenis masakan udang ini bisa berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Nah kandungan nutrisi udang ini bisa mempengaruhi tingkat konsumsi di kalangan masyarakat. Faktanya, sekarang permintaan berbagai jenis udang terus meningkat, sehingga perlu adanya tindakan nyata dari berbagai pihak, termasuk kita, untuk memenuhi permintaan tersebut.

Penggunaan udang sebagai lauk-pauk sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Biasanya udang dimasak sebagai bahan tambahan pada sambal goreng. Sering juga udang dimasak dalam bentuk udang goreng atau udang tepung yang digoreng.

Nah, dalam bentuk pembuatan seperti itu udang tidak dapat bertahan cukup lama. Bentuk masakan udang yang dapat tahan lama dan sangat gurih rasanya adalah dalam bentuk “abon udang”. Abon udang ini cukup mudah pembuatannya, sedang udang yang digunakan tidak perlu yang besar-besar atau yang baik kualitasnya, Anda dapat menggunakan udang yang kecil-kecil saja.

Saat ini, abon udang memang belum dikenal masyarakat Indonesia. Akan tetapi abon udang mempunyai masa depan yang baik, karena rasanya yang sangat gurih dan mempunyai kandungan protein yang tinggi. Apalagi sekarang Anda sudah bisa menemukan ada berbagai macam cara membuat abon udang yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • Udang basah 1/2 kg
  • Bawang merah 1/2 ons
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar 2 jimpit
  • Kemiri 1/2 ons
  • Gula pasir 2 sdm
  • Garam secukupnya

Alat-alat yang digunakan:

  • Wajan
  • Cobek + muntu
  • Panci
  • Parut
  • Kalo
  • Kompor

Persiapan yang diperlukan:

  • Siapkan semua peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan/digunakan.
  • Siapkan air mendidih satu panci yang akan digunakan untuk memasak udang.
  • Siapkan bawang merah dan bawang putih yang telah dikupas

Cara Membuat Abon Udang yang Gurih dan Enak

  1. Pertama, udang dikupas kulitnya, kepala dan ekornya diambil.
  2. Udang yang sudah dikupas kemudian dicuci dengan air bersih dengan menggunakan panci.
  3. Udang yang sudah bersih lalu dimasak. Caranya, udang yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam air mendidih yang telah dipersiapkan. Dan terus dipanaskan selama kurang lebih 10 menit.
  4. Udang yang telah dipanaskan kemudian diangkat dan ditumbuk sampai cukup halus dan merata, agar hasilnya lebih optimal bisa dengan menggunakan mesin pembuat abon. Kalau ada air bekas masakan, maka air tersebut harus disimpan.
  5. Laos yang kecil digepuk dengan muntu diatas cobek, kemudian ketumbar, gula pasir yang sudah disediakan digerus bersama-sama. Setelah cukup lembut diberi garam secukupnya dan terus digerus sampai lembut.
  6. Udang yang sudah ditumbuk dicampur dengan bumbu yang sudah lembut sampai rata.
  7. Langkah selanjutnya yaitu memarut separuh buah kelapa yang cukup tua.Parutan kelapa diperas tanpa menambah air putih, sehingga diperoleh santan kental. Alat yang digunakan yaitu kalo, panci, dan mesin parut kelapa (agar diperoleh hasil parutan yang baik).
  8. Tambahkan santan secukupnya pada udang yang sudah dibumbui, kemudian tambahkan air bekas masakan pada udang yang sudah dibumbui.
  9. Bawang merah dan bawang putih yang sudah dikupas diiris tipis-tipis. Kemudian irisan-irisan bawang tersebut digoreng sampai cukup masak.
  10. Campurkan gorengan irisan-irisan bawang merah dan bawang putih pada udang yang telah dibumbui dan dicampur dengan air bekas masakan/santan.
    Masak sampai matang

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Abon Udang yang Gurih dan Enak. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda jika ingin membuat atau memproduksi abon udang sendiri di rumah.

Oh ya, selain abon udang, jika Anda ingin belajar bagaimana berbagai macam resep dan cara membuat abon, silahkan bisa Anda pelajari sendiri dirumah, karena ada beberapa jenis abon yang populer di masyarakat. Selamat mencoba dan terima kasih.

WhatsApp chat