0812.2447.4411
Select Page

Cara Membuat Abon Dari Daging Sapi

Anda suka makan abon? Sudah tahu cara membuat abon dari daging sapi?  Ya, abon adalah makanan yang terbuat dari daging yang disuwir-suwir atau dipisahkan seratnya, kemudian ditambah bumbu-bumbu dan digoreng. Daging yang umum digunakan untuk pembuatan abon adalah daging ayam, sapi, atau kerbau. Meskipun demikian, semua jenis daging termasuk daging ikan dapat digunakan untuk pembuatan abon.

Abon tergolong produk olahan daging yang awet. Untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan, abon dikemas dalam kantong plastik dan ditutup dengan rapat. Dengan cara demikian, abon dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa bulan.

Dari segi teknologi, cara membuat abon dari daging sapi relatif mudah, tidak memerlukan modal yang besar dan sudah lama dikenal dan digemari oleh semua golongan masyarakat di Indonesia. Sehingga, pembuatan abon sapi ini mempunyai proses yang baik untuk dikembangkan sebagai industri kecil atau industri kecil atau industri rumah tangga.

Cara Membuat Abon dari Daging Sapi

  1. Daging sapi dipotong menjadi tetelan daging. Lemak dan jaringan ikat dibuang dari seluruh permukaannya, lalu potong-potong dengan ukuran 4 x 4 x 4 cm. Selanjutnya dicuci dengan air bersih, sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.
  2. Daging yang telah dieprsiapkan diatas ditimbang seberat 5kg, atau berapapun sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Rebus potongan-potongan daging tersebut dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  4. Setelah didinginkan, tumbuk daging yang telah direbus dengan cobek dan alu, lalu pisahkan serat-seratnya dengan menggunakan garpu. Namun, agar hasilnya lebih optimal dan mudah bisa dengan menggunakan mesin pembuat abon.
  5. Timbang bumbu-bumbu yang diperlukan sebagai berikut: 25g ketumbar, 125g kemiri, 350g gula merah, 150g bawang merah, 50g bawang putih, dan 200g garam dapur.
  6. Tumbuk bumbu-bumbu yang telah ditimbang tersebut satu per satu sampai halus, campur dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  7. Timbang daging kelapa seberat 3kg, lalu parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  8. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  9. Panaskan sebanyak 0.5kg minyak goreng dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna cokelat muda, lalu tiriskan kadar minyaknya dengan menggunakan mesin peniris minyak untuk abon.
  10. Kemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau kemasan lainnya.

Demikian informasi singkat mengenai Cara Membuat Abon dari Daging Sapi. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda jika ingin membuat abon sapi sendiri di rumah, bahkan bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis abon karena memang banyak peminatnya. Selamat mencoba dan terima kasih.