Briket batok kelapa pun sangatlah bermanfaat sebagai energi alternatif pembakaran yang efisien.Lebih lanjut Mari kita bahas bagaimana cara membuat briket batok kelapa dan apa saja manfaat yang didapat dari tumbuhan kelapa.

Indonesia merupakan komoditas  kelapa terpenting. Akibatnya hampir disetiap wilayah menghasilkan banyak pohon kelapa. Masyarakat sudah mengenal pohon kelapa sebagai tanaman yang mempunyai berbagai fungsi dan manfaat, Dari akar hingga daunnya.

Letak dan juga kondisi Indonesia berada di iklim tropis yang cocok untuk menanam pohon kelapa. Keberadaan pohon kelapa di daerah tropis ini disebabkan karena pohon kelapa dapat hidup dimana saja walaupun struktur tanahnya berbeda-beda. Pohon kelapa banyak kita temui di pesisir pantai, dataran dan pegunungan.

Pohon kelapa ini banyak dimanfaatkan dari bagian daun, batang, daun, dan buahnya tetapi masih ada komponen pada pohon kelapa yang masih bisa kita manfaatkan dan gunakan yaitu batok kelapa. Batok kelapa dapat kita manfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan dan bahan bakar seperti briket batok kelapa.

Pemanfaatan Batok Kelapa Menjadi Briket.

Briket Batok Kelapa

Batok kelapa yang kita olah bisa menghasilkan nilai tambah, Batok kelapa terbukti praktis digunakan sebagai bahan bakar dibandingkan jika kita menggunakan kayu bakar, Bentuk batok kelapa yang bulat dan keras juga memudahkan para pengrajin batok kelapa untuk dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan.

Tetapi saat ini yang menjadi topik perhatian dan penggunaan terbesar dari batok kelapa adalah sebagai penyimpan energi yang efisien dan ramah lingkungan.

Berbagai Manfaat yang didapat dari Pohon Kelapa

 

Daun Kelapa

Daun Kelapa

Ada banyak manfaat yang didapat dari daun kelapa diantaranya bisa kita manfaatkan sebagai bingkai lemari, menjadi hiasan janur atau dekorasi pada acara adat maupun kontemporer , Tulang dari daun kelapa dapat menjadi bahan baku sapu lidi, Manggar , pangkal pelepah daun kelapa juga banyak diolah untuk dijadikan ragi dan gula.

Daging Buah Kelapa

Daging Buah Kelapa

Daging dari buah kelapa mengandung bermacam zat gizi dan minyak nabati , Daging dari buah kelapa dapat kita manfaatkan sebagai santan untuk membuat sayur atau hidangan lain. Seperti  membuat camilan , Selain diolah menjadi makanan Daging dari buah kelapa juga terbukti mengurangi kerutan di wajah dan melembabkan wajah.

Air Kelapa

Air Kelapa Muda

Selain dapat di minum langsung air kelapa yang difermentasi juga dapat dijadikan nata de coco, Selain itu air kelapa juga memiliki banyak manfaat lain seperti Menjaga pola makan, Memperlancar pencernaan , Menetralisir racun, Mencegah batu ginjal dan memperbaiki sirkulasi darah.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

 

Buah dari pohon kelapa juga bisa kita olah sebagai miyak , minyak kelapa pada umumnya dimanfaatkan sebagai minyak untuk menggoreng tapi selain itu ada banyak manfaat dari minyak kelapa yaitu, Meningkatkan imunitas tubuh, Mengendalikan diabetes, Memperkuat gigi, Mempercepat proses penyembuhan luka dan melawan infeksi virus.

Batang Kelapa

Batang Kelapa

Batang Kelapa yang sudah terlihat kecolatan dan keras dapat kita manfaatkan sebagai Furnitur, Komponen bangunan rumah, Jembatan darurat, Papan kayu dan lain lain.

Akar Pohon Kelapa

Akar Pohon Kelapa

Siapa sangka akar pohon kelapa menginspirasi teknologi pondasi cakar ayam seperti seperti di Bandara Soekarno-Hatta oleh Sedyatmo, Selain itu akar pohon kelapa juga memiliki manfaat seperti melancarkan peredaran darah, Meredakan demam, Mengatasi wasir, Dan lain lain.

Bunga Kelapa

Bunga Kelapa

umumnya bunga kelapa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan  alkohol, cuka, dan obat tradisional. Bunga kelapa juga dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan.

Batok Kelapa

Batok Kelapa

tempurung kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membuat briket ,Briket dari  batok kelapa sangatlah bermanfaat jika digunakan sebagai energi alternatif pembakaran , umumnya digunakan para pedagang ikan bakar, jagung bakar. Selain dimanfaatkan sebagai bahan bakar batok kelapa juga bisa kita gunakan sebagai bahan baku pembuatan souvenir.

Kandungan Batok Kelapa

Batok kelapa mengandung 75-95% karbon. Batok kelapa juga terdapat kandungan  lain seperti : H2O sebanyak 8,7%; nitrogen sebanyak 2,9%; oksigen sebanyak 7,0%; dan pH 6,4%.

Arang Batok Kelapa

Arang Batok Kelapa

 

Arang batok kelapa  dapat diolah dan digunakan sebagai penyimpan energi listrik, arang dari tempurung kelapa juga memiliki daya serap yang cukup tinggi, karena arang tempurung kelapa memiliki diameter pori yang kecil, dan mampu menampung kapasitas internal yang lebar.

Luas permukaan arang adalah 2 x 104cm2 per gram, tetapi setelah pengaktifan kimia memiliki luas 5 x 106 cm2 sampai 1,5 x 107 cm2 per gram.

Arang tempurung kelapa sangat cocok diterapkan masyarakat indonesia sebagai bahan bakar karena bahan baku yang mudah ditemui.

Arang dari tempurung kelapa merupakan sumber alam yang dapat dimanfaatkan. Sehingga bahan bakunya dapat direncanakan dengan baik, berbeda dengan sumber daya alam seperti batu bara, minyak bumi, yang jika dibandingkan lebih efisien menggunakan arang dari tempurung kelapa.

sangat memungkinkan bagi masyarakat untuk pengembangan sumber energi yang berbahan baku tempurung kelapa dikarenakan indonesia beriklim tropis.

Potensi batok kelapa yang memungkinkan ini  dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan produktif yang dapat meningkatkan nilai tambah. Belum banyak orang yang melakukan pembuatan arang batok kelapa, sedangkan potensi bahan bakunya sudah banyak tersedia di sekitar.

Arang batok kelapa bisa menjadi sumber energi alternatif sebagai alat penyimpan energi yang perlu dikembangkan untuk mengatasi kesulitan energi yang melanda Indonesia dan negara lain di dunia saat ini.

 

Manfaat Batok Kelapa bagi Kesehatan

Tempurung buah kelapa merupakan bagian dari kulit terluar dari buah kelapa, teksturnya yang keras dan dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam kebutuhan dalam melangsungkan kehidupan manusia. Selain tempurungnya, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bahwa tumbuhan kelapa memiliki manfaat yang dihasilkan dari seluruh bagiannya. Mulai dari buah, batangnya hingaa akarnya bermanfaat untuk kebutuhan manusia.

Tempurung kelapa merupakan bagian yang sering dibuang dan jarang dimanfaatkan. Padahal tempurung kelapa juga memiliki banyak manfaat. Terutama ketika tempurung kelapa sudah diolah menjadi arang batok. Ada banyak manfaat  untuk kesehatan anda dapat dihasilkan oleh tempurung kelapa ini.

1.Menjadi Obat untuk Penderita Diabetes

Tempurung kelapa dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes bagi penderitanya. Penggunaannya dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama bersihkan terlebih dahulu tempurung kelapa dari serabut kelapa yang menempel di dalamnya, Jika sudah  bersih, kemudian rebus tempurung kelapan dalam sebuah panci atau wadah namun harus yang terbuat dari tanah liat. Banyaknya air dipastikan hingga tempurung seluruhnya terendam air. Lakukan perebusan hingga air berkurang lebih dari sepertiga banyaknya air sebelumnya. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali dalam satu hari. Rebus ulang tempurung kelapa setiap dua hari sekali.

2. Sebagai Anti Racun

Arang tempurung kelapa adalah penyerap racun yang terbukti efektif. Racun yang dalam tubuh diperoleh dari makanan dapat diserap secara efektif dengan mengkonsumsinya.

Tetapi alangkah lebih baiknya jika menggunakan arang yang sudah menjadi karbon aktif. Karena selain jauh lebih efektif, karbon aktif lebih aman karena telah melewati proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman untuk tubuh .

3. Menurunkan Kolesterol

Tidak semua kolesterol harus dikeluarkan dari tubuh Anda, Karena tidak semua kolesterol jahat ada pula kolesterol kolesterol baik. Kolesterol baik maupun jahat sangat dibutuhkan untuk tubuh anda.

Namun harus dalam kadar normal dan tidak melebihi batas normal. Agar mengendalikan kolesterol tinggi, karbon aktif mampu menjadi solusi yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol  yang tinggi.

4.Menjadi Bahan Pengawet Makanan Alami

Tempurung kelapa yang dimanfaatkan menjadi bahan pengawet alami adalah tempurung yang diolah menjadi cairan tempurung. Pengolahan dilakukan dengan melalui pengasapan tempurung kelapa lalu menampung asap cair yang kental yang menyerupai kecap dari pengasapan ini.

Setelah keluar cairan kecap ini sudah bisa digunakan untuk pengawet kayu dari rayap, tetapi belum dapat digunakan untuk pengawet makanan. Jika ingin menggunakannya sebagai bahan pengawet makanan, maka kecap dari tempurung kelapa ini harus diproses lebih dulu. Jika telah selesai, maka tempurung kelapa sudah bisa digunakan untuk menjadi pengawet makanan seperti bakso, ikan, ataupun mie.

5. Membersihkan Sistem Pencernaan

Apakah anda Ingin pencernaan bersih dan lancar? Manfaat arang batok kelapa mampu membantu membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Arang tempurung kelapa dapat digunakan untuk mendetoks atau menghilangkan racun-racun yang ada di organ pencernaan Anda.

6. Mengobati Sakit Perut

Karbon aktif sangat berguna dan mampu mengobati sakit perut. Seperti yang Anda ketahui, bahwa karbon aktif yang terbuat dari batok kelapa merupakan media detoks yang efektif.

Karbon aktif dapat digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran maupun racun yang ada di usus dan sistem pencernaan.

7. Sebagai Obat Inflamasi

Selain mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, arang dari  tempurung kelapa bisa berguna untuk mengurangi peradangan. racun, bakteri, virus, ataupun penyebab peradangan lainnya mampu diserap dengan baik oleh karbon aktif yang berasal dari arang tempurung kelapa.

8. Menyembuhkan Luka

Selain mengobati infeksi yang ada di dalam tubuh, luka yang bernanah pun bisa diobati dengan menggunakan karbon aktif. Caranya cukup sederhana yaitu dengan menempelkan karbon aktif pada bagian luka.

9. Untuk Mengobati Diare

Karbon aktif yang dihasilkan  arang tempurung kelapa juga bisa digunakan untuk obat diare. Seperti yang sudah diketahui, manfaat dari arang tempurung kelapa terutama yang berupa karbon aktif dapat membantu menyembuhkan  diare dan mengeluarkan racun penyebab diare.

10. Mencegah Mabuk

Arang tempurung kelapa, terutama yang sudah berbentuk karbon, dapat digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi bir atau minuman beralkohol . Ini sudah terbukti membantu dan manjur dan sangat dianjurkan untuk digunakan untuk mencegah mabuk setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

11. Memurnikan dan Menjernihkan Air

Karbon aktif dari arang tempurung kelapa dapat dimanfaatkan untuk menyaring berbagai zat dan kandungan berbahaya yang terbawa udara. Karbon aktif juga dapat digunakan untuk menjernihkan dan memurnikan air minum yang anda konsumsi setiap hari.

12. Mempercantik Kulit

Karbon yang didapat dari pembakaran batok kelapa, dapat digunakan untuk mempercantik kulit biasanya digunakan sebagai masker atau scrub. Karbon aktif akan mengangkat kotoran yang ada di permukaan kulit serta mengangkat kulit mati dan menjadikan kulit lebih cerah , putih dan cantik.

13. Untuk Menghilangkan Berbagai Penyebab Penyakit

Adanya zat beracun di dalam butuh bisa menjadi penyebab berbagai penyakit. zat beracun yang ada didalam tubuh anda memicu timbulnya penyakit sperti hati dan ginjal.

Bahkan zat-zat yang ada di dalam tubuh juga bisa menyebabkan depresi. Mendetoks tubuh dari zat-zat bisa meminimalisir kemungkinan terkena berbagai penyakit yang ada didalam tubuh.

 

Penggunaan Briket Batok Kelapa

Arang tempurung kelapa merupakan sumber energi alternatif dan merupakan penyimpan energi yang murah , ramah lingkungan dan efisien untuk digunakan.

Arang dari hasil pembakaran Batok Kelapa dapat Dimanfaatkan lagi menjadi Briket , Briket dari Batok Kelapa ini bisa digunakan untuk menjadi Bahan Bakar yang sangat cocok untuk  Pembakaran yang memerlukan Waktu yang lama, Briket Dari Batok Kelapa ini umumnya digunakan para Penjual Ikan bakar, Penjual Sate dan Pedagang yang membutuhkan bahan pembakaran.

Cara Membuat Briket Batok Kelapa

Bahan pembuatan Briket Batok Kelapa

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air

Peralatan

  • Mesin bubuk arang / diskmill
  • Printer briket
  • Mesin pengaduk adonan
  • Briket oven

Pengolahan Briket Batok Kelapa

1. Proses Pengarangan

Batok kelapa dibuat menjadi arang dengan melewati proses manual menggunakan tong kemudian dibakar dan ditutup sampai hanya tersisa sedikit ventilasi pada tong arang. Arang ini juga  dapat melalui proses pirolisis, yaitu batok kelapa dimasukkan ke dalam tangki pirolisis tertutup kemudian dilanjutkan dengan proses kondensasikan secepatnya sampai  menghasilkan asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang yang  dihasilkan dari proses pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis lalu dihancurkan menggunakan bantuan mesin diskmill dan dilanjutkan dengan proses penyaringan.

3. Proses Penyaringan

Jika sudah melalui proses penhancuran arang maka setelah itu dilanjutkan dengan proses penyaringan arang, wadah pengayakan dapat menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa kemudian diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Dari proses sebelumnya akan dihasilkan tepung batok kelapa, Tepung batok kelapa  ini kemudian diguncang dengan air dan lem pati. Saat proses pengadukan ini  ditambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa.

5. Proses Cetak Briket

Setelah semua sudah tercampur maka akan dilanjutkan proses mencetak briket arang dengan menggunakan print.

6. Proses Pengeringan Briket

Briket yang sudah dicetak kemudian dikeringkan menggunakan oven pada suhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam, pengeringan dilakukan di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari. Setelah briket kelapa sudah melalui proses pengeringan maka briket kelapa siap dikemas.

Anda bisa membuat briket dengan batok kelapa dengan cara yang sederhana, Atau anda juga bisa membuatnya menggunakan mesin pembuat briket batok kelapa.

Briket yang anda buat dapat anda gunakan sebagai bahan bakar untuk memasak , menggunakan briket sebagai bahan bakar akan membuat masakan anda lebih enak dan nikmat.

Keunggulan Briket Batok Kelapa

  • Lebih murah dibandingkan bahan bakar yang lain
  • Cocok untuk pembakaran yang memakan waktu lama
  • Ramah lingkungan
  • Efisien
  • Bahan baku yang mudah ditemui

 

Bisnis Briket Briket Batok Kelapa

Batok kelapa seringkali hanya dibuang padahal batok kelapa bisa kita manfaatkan sebagai ide bisnis untuk diolah menjadi briket, Briket tempurung setengah jadi pun bisa kita olah lagi untuk membuat produk yang inovatif.

Bisnis briket dari batok kelapa ini bisa menjadi pilihan sebagai salah satu bisnis yang mudah untuk dijalankan di rumah , bisnis briket arang ini merupakan ide yang sederhana.

Bisnis seperti ini tidak membutuhkan banyak pengeluaran dana jadi anda tidak perlu khawatir untuk memuai bisnis seperti ini , yang anda butuhkan hanyalah tekad untuk memulai bisnis ini.

Seorang pengusaha harus memiliki tekad dan mental yang tangguh , untuk mempunyai tekad yang tangguh anda harus berani menerima tantangan dan cobaan karena bisnis tidak dibangun tanpa ada hambatan, hal seperti inilah yang sepatut nya anda perhatikan untuk menjadi wirausaha.

 

 

 

× Whatsapp Kami!