Cara Membuat Jentik Manis yang Sederhana

Halo teman-teman semua, masih tentang makanan juga kali ini kita akan membahas sebuah makanan tradisional yaitu tentang Cara Membuat Jentik Manis. tentunya kalian sudah pada tau dong makanan manis yang satu ini karena selalu ada di acara-acara formal seperti hajatan atau syukuran biasanya kue jentik manis ini selalu ada pada kemasan nasi kotak atau snack makanan ringan. rasanya yang manis membuat kue ini begitu enak dinikmati oleh semua kalangan terutama anak-anak, remaja, dewasa, sampai orangtua sekalian sangat senang mencicipinya.

Selain rasanya yang manis makanan ini mempunyai warna yang indah dan dapat memanjakan mata kalian karena kue ini terbuat dari sagu mutiara yang diberi warna warni dan tepung maizena membuat kita begitu sangat penasaran dengan rasanya seperti apa. untuk cara membuatnya sangat mudah jadi simak artikelnya sampai habis ya teman-teman.

Jentik Manis pada akhir2 ini jarang terlihat karena kalah saingan dengan makanan-makanan modern lainnya. tapi jangan khawatir karena di toko oleh-oleh dan jajanan pasar masih banyak sekali orang-orang yang menjual makanan manis tradisional ini dikarenakan masih banyak orang memesannya untuk makanan atau snack ringan dalam sebuah acara formal maupun nonformal.

Sejarah Kue Jentik Manis

Zaman dahulu, kue ini biasanya disajikan untuk santapan berbuka puasa. bisa dibilang, kuliner ini menjadi pengganti bila tidak ada buah kurma.  Teman- teman sekalian bisa pergi ke pasar-pasar tradisional, diantaranya Pasar Beringharjo Jogja, Pasar Gede Solo, dan Pasar Johar Semarang. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000. Jika kehabisan untuk membelinya ke pasar tradisional, bisa langsung mencarinya ke toko kue. biasanya, harganya sedikit lebih mahal, kurang lebih harganya Rp7.000-Rp10.000.

Seperti namanya “jentik manis”, salah satu jenis kue basah ini memang memiliki bentukan yang cantik karena warnanya dan manis karena rasanya yang seperti itu. kue tradisional atau jajanan pasar satu ini dapat dengan mudah ditemukan di Pulau Jawa. beberapa daerah tertentu sering menyebutnya juga dengan sebutan cente manis.

Berbahan dasar tepung hunkwe dan identik dengan tambahan mutiara berwarna di dalamya, adonan kue ini biasanya dibuat dengan warna putih dan merah muda. ada yang sudah pernah mencobanya? beberapa orang mungkin sudah tak asing dengan rasanya karena sudah pernah mencobanya saat membeli. namun bagaimana jika membuatnya sendiri? mau tahu cara membuatnya? Yuk, simak terus artikel cara mmebuat jentik manis dibawah ini! Sederhana dan cukup mudah loh ternyata, dijamin teman-teman bisa membuatnya kok.

Kumpulan Jentik Manis dan Cara Membuatnya

1. Cara Membuat Jentik Manis Mutiara

Cara Membuat Jentik Manis

Ini dia jentik manis mutiara yang warna dan bentuknya indah dipandang dikarenakan penampakan mutiara yang berwarna merah itu menyelimuti si jentik manis ini. terlihat biasa saja bila hanya dilihat tapi pas kalian mencobanya dijamin ketaghan dengan rasa manisnya. jadi ayo kita cari tau resepnya berikut ini  adalah bahan apa saja yang harus disiapkan dan langkah membuat jentik manis mutiara.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat jentik manis mutiara

  • Tepung hunkwe – 70 gram
  • Sagu mutiara atau pacar cina – 50 gram
  • Santan – 500ml
  • Daun pandan yang diikat simpul – 3 lembar
  • Garam ½ sdt
  • Gula pasir – 100gr
  • Vanili bubuk – 1 sdt
  • Plastik bening pembungkus – secukupnya

Cara membuat jentik manis mutiara :

  1. Rebus sagu mutiara di dalam air yang sudah mendidih. rebus sampai matang, lalu angkat dan saring kemudian masukkan ke dalam air dingin supaya mutiara tidak menempel satu sama lain.
  2. Larutkan tepung hunkwe dalam 250ml cairan santan (dari 500ml santan), selanjutnya sisihkan.
  3. Rebus sisa santan bersama daun pandan kemudian masukkan garam, gula dan vanili bubuk sambil diaduk hingga mendidih.
  4. Tuangkan larutan tepung hunkwe, kemudian aduk rata. masak sambil diaduk terus hingga meletup-letup.
  5. Angkat adonan yang sudah matang kemudian matikan kompor.
  6. Masukkan sagu Mutiara lalu aduk rata sampai sagu mutiara menyebar ke seluruh adonan.
  7. Ambil adonan menggunakan sendok ke dalam plastik yang sudah disediakan sebelumnya untuk membungkus. kemudian lipat plastik yang sudah terisi adonan. lakukan terus hingga adonan habis.
  8. Biarkan hingga dingin dan kue jentik manis siap dihidangkan.

2. Cara Membuat Jentik Manis Lapis Cokelat

Cara Membuat Jentik Manis

Ternyata jentik manis memiliki rasa yang mix atau varian yang lain seperti yang satu ini berlapis cokelat dibawahnya. yang membuat jentik manis ini terlihat sangat mirip seperti ager atau pudding. namun tetap saja ini adalah jentik manis hanya ditambahkan lapisan cokelat saja dan menjadi lebih enak tentunya. jadi ayo kita cari tau resepnya berikut ini  adalah bahan apa saja yang harus disiapkan dan langkah membuat jentik manis lapis cokelat.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat jentik manis lapis cokelat

  • Tepung hunkwe – 60 gram
  • Mutiara/pacar cina – 4 sdm
  • Pewarna merah – 1 tetes
  • Gula pasir – 6 sdm
  • Santan – 500 ml
Bahan untuk membuat lapisan coklat
  • Daun pandan – 1 lembar
  • Tepung hunkwe – 60 gram
  • Garam – 1/2 sdt
  • Santan – 500 ml
  • Coklat bubuk – 2 sdm
  • Gula pasir – 4 sdm
  • Kental manis coklat – 2 sachet
  • Garam – 1/2 sdt
  • Daun pandan – 1 lembar

Cara membuat jentik manis lapis cokelat :

  1. Siapkan bahan bahan.
  2. Rebus air sampai mendidih, masukkan sagu mutiara. masak sampai butiran sagu mutiara menjadi bening (tidak ada bintik putih di bagian tengahnya). simpan dalam saringan besar, tiriskan dengan tuangan air matang. kemudian sisihkan.
  3. Lapisan putih Campur semua bahan lapisan putih sampai rata dan tidak menggumpal. masak sambil terus diaduk menggunakan api kecil sampai adonan mengental dan meletup.
  4. Tuangkan sagu mutiara ke dalam adonan, lalu aduk rata. setelah itu tuang ke dalam cetakan sampai setinggi setengah cetakan.
  5. Lapisan coklat campur semua bahan sampai rata dan tidak menggumpal. masak sambil terus diaduk menggunakan api kecil hingga adonan mengental dan meletup. tuang ke atas adonan putih sampai cetakan penuh. lalu dinginkan.
  6. Sajikan setelah adonan menjadi padat dan dingin. memang jajanan tradisional ini lebih nikmat di lidahku. enak banget

3. Cara Membuat Es Jentik Manis

Cara Membuat Jentik Manis

Selain dijadikan makanan ringan jentik manis juga bisa dibuat menjadi minuman segar untuk makanan penutup. sangat segar bila dikonsumsi siang bolong es jentik manis ini bisa dicampur berbagai jenis buah-buahan lain seperti nangka, labu siam dan alpukat. jadi ayo kita cari tau resepnya berikut ini  adalah bahan apa saja yang harus disiapkan dan langkah membuat es jentik manis ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat es jentik manis

  • Tepung hunkwe – 1 bungkus
  • Mutiara/pacar cina – 4 sdm
  • Garam – secukupnya
  • Gula Merah – secukupnya
  • Air – 3 gelas
  • Santan – secukupnya
  • Sirup coco pandan – secukupnya
  • Gula pasir – 50 gram
  • tambahan buah seperti nangka dan agar – agar – secukupnya

Cara membuat es jentik manis :

  1. Masak agar-agar bersamaan dengan air dan 50 gram gula sampai mendidih.
  2. Biarkan membeku setelah itu serut memanjang, kemudian sisihkan.
  3. Masak gula merah, gula pasir, dan air sampai mendidih dan gula larut. Angkat kemudian saring.
  4. Siapkan gelas. campurkan secara beraturan agar-agar, pacar cina, nangka, santan dan air gula.
  5. Tambahkan es batu dan hidangkan segera sebelum es mencair.

4. Cara Membuat Jentik Manis Jagung

Cara Membuat Jentik Manis

Jentik manis jagung yang satu ini mempunyai cita rasa yang begitu enak dan nikmat, teksturnya yang lembut ketika disantap akan membuat anda merasa ketagihan, apalagi jika anda menyantapnya bersama dengan secangkir teh hangat. jadi ayo kita cari tau resepnya berikut ini  adalah bahan apa saja yang harus disiapkan dan langkah membuat jentik manis jagung ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat jentik manis jagung

  • Tepung hunkwe  – 120 gram
  • Air – 450 ml untuk melarutkan gula
  • Jagung manis  – 2 buah
  • Air – 200 ml  untuk dicampurkan dengan tepung hunkwe
  • Daun pandan – 2 lembar
  • Gula pasir – 175 gram
  • Santan instan  – 200 ml
  • Air – 50 ml

Cara membuat jentik manis jagung :

  1. siapkan panci kecil laliu simpan di atas kompor. kemudian masukan gula yang sudah dilarutkan dengan menggunakan air tadi ke dalam panci..
  2. Siapkan blender, lalu masukan 1 buah atau biji jagung yang sudah disisir tadi ke dalam blender.
  3. Masukan santan yang sudah teman-teman siapkan. lalu blender hingga benar-benar halus. bila sudah, teman-teman bisa menyaringnya.
  4. Tuangkan air sebanyak 200 ml ke dalam wadahnya. lalu aduk-aduk hingga merata. siapkan panci untuk memasak adonan.
  5. Masukan adonan tersebut ke dalam wadah yang sudah teman-teman siapkan. lalu masak dengan menggunakan api yang sedang saja.
  6. Masukan larutan air dan gula, jagung yang sudah diblender dengan santan dan juga sisa jagung lainnya.
  7. Aduk-aduk hingga merata dan adonan menjadi mengental. bila sudah seperti itu, teman-teman bisa langsung mengangkatnya dari kompor.
  8. Ambil sebagian adonan. lalu simpan ke dalam plastik atau tempat kecil, teman-teman juga bisa membungkusnya menggunakan daun pisang.
  9. Lakukan langkah yang sama sampai semua adonan habis. bila sudah, teman-teman bisa langsung mengukusnya selama beberapa menit saja.
  10. Sebelum disajikan, teman-teman bisa mendinginkannya terlebih dahulu.

5. Cara Membuat Jentik Manis Gula Merah Pisang

Cara Membuat Jentik Manis

Jentik manis yang satu terlihat istimewa karena memiliki isian buah pisang yang sangat bergizi tentunya, berbeda dengan jentik manis mutiara yang menggunakan pacar cina namun jentik ini hanya menggunakan adonan dari gula merah kebanyakan. jadi ayo kita cari tau resepnya berikut ini  adalah bahan apa saja yang harus disiapkan dan langkah membuat jentik manis gula merah pisang ini.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat jentik manis gula merah pisang

  • Tepung maizena – 100 gram
  • Santan – 2 gelas
  • Gula pasir – 40 gram
  • Gula merah  – 50 gram  larutkan dengan 100 ml air
  • Garam – sejumput
  • Pisang tanduk kukus – 1 buah

Cara membuat jentik manis gula merah pisang :

  1. Kukus pisang tanduk hingga matang.
  2. Potong-potong/iris pisang kukus.
  3. Campurkan tepung maizena, gula pasir, gula merah, garam dan air. aduk sampai tercampur kemudian panaskan diatas api sedang
  4. Larutkan gula merah dengan air dengan cara dimasak dengan api kecil.
  5. Setelah mengental. bisa langsung diangkat lalu bungkus dengan plastik, pertama letakan pisang, kedua tuang adonan ke atasnya dan terakhir bungkus dengan cara melipat plastik di kedua sisinya, lalu lipat lagi atas dan bawahnya.
  6. Sajikan dan siap untuk dicicipi dengan teh hangat

Manfaat dan Kandungan Gizi pada Jentik Manis

Jentik Manis adalah jajanan tradisional khas nusantara yang berasal dari Betawi. selain warna kue yang cantik serta bercita rasa manis, kue bertekstur lentur serta kenyal ini terbuat dari bahan sagu mutiara, tepung hunkwe, santan, dan gula. nah tepung hunkwe merupakan tepung yang terbuat dari kacang hijau dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh sebagai sumber protein, karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, dan zat besi.

kandungan  gizi dalam kue yang mungkin juga terdapat pada jentik manis, seperti berikut ini :

  • Lemak jenuh 2,269 gram.
  • Lalu ada lemak tak jenuh ganda 0,145 gram.
  • Kemudian ada juga lemak tak jenuh tunggal  0,232 gram.
  • Protein 2,09 gram.
  • Karbohidrat 30,25 gram
  • Serat 1,4 gram
  • Gula 5,68 gram.
  • Kalium 120 mg
  • Sodium 91 miligam.

Peluang Usaha Jentik Manis

  • Konsumen Kue Cente Manis

Kue jentik manis ini sangat khas dan setiap daerah tentu akan sangat familiar dengan kue jentik manis ini.  karena memang kue ini begitu nikmat dimakan pada saat santai sehingga konsumen kue basah ini bisa diperoleh dengan sangat mudah. kue basah berupa kue jentik manis ini pun sangat sesuai dijadikan sebagai peluang bisnis karena memiliki rasa yang nikmat. sehingga konsumen untuk kue jentik manis ini pun sangat mudah dicari.

  • Pemasaran Kue Cente Manis

Dalam memasarkan kue basah jenis cente manis ini sangatlah mudah, teman-teman bisa menawarkan kepada warung – warung makan terdekat yang menyediakan kue basah dalam menunya. teman-teman pun bisa membuat spanduk yang menarik dengan mencantumkan menerima pesanan kue jentik manis ini, tentunya hal ini sangat efektif sekali apabila dijalankan. buat tampilan dari kue cente manis ini yang menarik supaya para konsumen ingin segera mencoba dan mencicipi kue cente manis ini, apabila enak dan banyak disukai tentunya konsumen teman-teman pun akan bertambah.

Analisa Bisnis :

Peralatan Harga
Etalase Rp. 2,000,000
Kompor dan gas Rp. 260,000
Panci Rp. 100,000
Baskom Rp. 30,000
Pengaduk Rp. 50,000
Sendok Rp. 15,000
Piring Rp. 30,000
Spanduk Rp. 25,000
Meja serta kursi Rp. 300,000
Peralatan tambahan lainnya Rp. 30,000
Jumlah Investasi Rp. 2,840,000

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Tetap Nilai
Kerusakan Etalase 1/36 x Rp. 2.000.000 Rp. 55,600
Kendala Kompor dan gas 1/36 x Rp. 260.000 Rp. 7,300
Keawetan Panci 1/24 Rp. 100.000 Rp. 4,200
Baskom Cadangan 1/24 x Rp. 30.000 Rp. 1,300
Penggunaan Pengaduk  1/24 x Rp. 50.000 Rp. 2,100
Kekurangan Sendok 1/24 x Rp. 15.000 Rp. 700
Pecahan Piring 1/36 x Rp. 30.000 Rp. 900
Pembuatan Spanduk 1/24 x Rp. 25.000 Rp. 1,100
Atribut Mebel Meja dan Kursi 1/36 x Rp. 300.000 Rp. 8,400
Antisipasi Peralatan Tambahan 1/24 x Rp. 30.000 Rp. 1,300
Total Biaya Tetap Rp. 82,900
Biaya Variabel
Mutiara Rp. 30,000 x 30 = Rp. 900,000
Daun pisang Rp. 25,000 x 30 = Rp. 750,000
Gula pasir Rp. 18,000 x 30 = Rp. 540,000
Tepung Hunkwe Rp. 15,000 x 30 = Rp. 450,000
Garam Rp. 4,000 x 30 = Rp. 120,000
Vanili Rp. 10,000 x 30 = Rp. 300,000
Daun pandan Rp. 4,000 x 30 = Rp. 120,000
Bahan lain Rp. 5,000 x 30 = Rp. 150,000
Total Biaya Variabel Rp. 3,330,000
Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 3,412,900

Pendapatan per Bulan

Penjualan rata – rata =
     100 buah x Rp. 2,000 = Rp. 200,000
Rp. 200,000 x 30 hr = Rp. 6,000,000
Keuntungan per Bulan
Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp.      6,000,000 3,412,900 = Rp. 2,587,100
Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp. 2,840,000 : 2,587,100 = 1 bln

 

Gimana teman-teman penasaran kan membuat jentik manis ini? dari asal-usulnya sampai peluang usahanya ternyata banyak banget yang bisa kita pelajari dan coba ya, apalagi ada penjelasan kandungan gizi untuk kesehatan juga membuat kita mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada jentik manis ini.  semoga artikel diatas dapat menambah wawasan teman-teman dan bermanfaat untuk kalian semua.

× Whatsapp Kami!