Bingung cara membuat tempura udang?  Tenang, kali ini saya akan memberikan cara membuat Tempura Udang. Nah,dan saya juga akan memberikan tutorial cara membuat Tempura Udang yang mudah. Tapi, saya akan memberitahukan sejarah Tempura Udang

 

Sejarah cara membuat tempura udang

Tempura merupakan bukan makanan asli Jepang. Menurut catatan yang dapat dipercaya, cara menggorengnya adalah mencelupkan makanan dengan adonan tepung yang diperkenalkan oleh seorang misionaris Katolik dari Portugis pada abad ke-16. … Pada zaman Edo, tempura sudah menjadi makanan rakyat yang dijual pedagang kaki lima dengan harga terjangkau.

Namun pernahkah berpikir untuk membeli sebuah Tempura (天ぷら)? Walaupun dunia kuliner Jepang telah tercukupi oleh makanan dari banyak negara, tempura tetap menjadi satu satunya “identitas kuliner” Jepang.Salah satu penyebabnya adalah karena proses pengolahan tempura yang mudah. Siapkan bahannya,kemudian buat celupannya yang terdiri dari campuran sebuah tepung, telur, dan air.

Asal mula nama “tempura

Tempura sudah diperkenalkan oleh seorang  Katolik yang berasal dari Portugal kepada rakyat Jepang di Nagasaki, Kyushu, pada abad yang ke-16.Pada saat itu, Jepang sudah berada di masa sakoku (鎖国 = negara terkunci). Pada masa itu Jepang sudah memutuskan hubungan dengan dunia, kecuali dengan Portugal, Belanda, dan Tiongkok yang merupakan pedagang di kota pelabuhan Nagasaki.Para misionaris Portugis ini membuat tempura memang sebagai pengganti daging saat masa Puasa.

Nama “tempura” diambil dari kata frasa Latin “ad tempora cuaresme” yang mempunyai artinya “Di saat Puasa.” karena Jepang salah kaprah dan menamai masakan ini “tempura”.Namun, hal ini masih sering diperdebatkan karena ada negara yang memiliki hidangan serupa. Para pakar sejarah makanan berspekulasi bila tempura Portugal datang dari makanan dari Goa di India yangmempunyai nama Pakora.Terlepas dari asal usulnya, Jepang berhasil menjadi satukan makanan asing dengan budayanya, sehingga menjadi jati diri negara.

Tempura dan minyak

cara membuat tempura udang

”Awal mula pertama kali diperkenalkan, tempura memang tidak begitu populer karena jarang dimasak”. Hal ini karena dalam teknik pemasakan menggoreng merupakan hal yang “asing.Kemungkinan pada masa itu harga minyak sudah begitu sangat begitu mahal. Padahal, tempura membutuhkan banyak minyak.Hal itu berubah pada Zaman Edo pada tahun (1603 – 1867), kemudian saat produksi minyak sayur dan minyak wijen meningkat pesat di negara Jepang.Tempura dikonsumsi sebagai makanan ringan, bukan sebuah makanan hidangan lagi

Cara membuat tempura udang dulu dan sekarang 

pada Awal mulanya, tempura berbahan dasar daging yang cincang, sayur, dan ikan. ”Sekitar pada abad ke -18, para juru masak Jepang telah memulai atau bereksperimen.Mereka mencoba memasak bahan laut dan sayur-mayur menjadi tempura”. Di saat itulah, tempura telah menjadi jati diri Jepang.Kepopuleran tempuratelah menjadi terkenal pada Zaman Meiji (1868 – 1912).kejadian ini terjadi saat di rumah makan tempura bermunculan di Jepang, terutama di daerah Ginza, Asakusa, dan Nihonbashi. Salah satu makanan ”tempura yang paling terkenal saat itu adalah “Ozashiki Tempura”. Juru masak memasak tempura langsung di hadapan pelanggan yang berada di dalam ruang tatami. Jadi, tempura yang dihidangkan tetap garing!

cara membuat tempura udang

Kemudian, munculah sebuah hidangan-hidangan baru seperti Tendon (semangkuk nasi dengan tempura di atasnya) dan sebuah Tempura Soba (soba panas atau dingin dengan lauk tempura).Seiring berjalannya waktu, zaman sekarang, tak aneh jika kita melihat sushi isi tempura. ”Bahkan semakin banyaknya hal yang dijadikan tempura seperti es krim, buah, dan mi.Lalu, bagaimana dengan tempura di negara aslinya, Portugal?” Tidak pudar,  melainkan berganti nama menjadi peixinhos da horta. Hidangan ini sering diolah menggunakan ikan kecil yang menjadi tempura.

 

Cara Membuat Tempura Udang

Apakah Kamu sudah tahu cara membuat tempura udang dengan khas Jepang yang renyah?.katanya, bahan adonan tepung yang benar untuk membuat tepung tempura adalah menggunakan adonan yang encer dan dingin. kemudian bagaimana carayang sederhana untuk membuat tepung tempura Jepang sendiri yang kaya lezat dan renyah?  ”berikut ini adalah resep tempura udang yang sudah terjamin renyah khas jepang”.

Resep tempura udang

Bahan yang dibutuhkan:

  • menggunakan 250 gram udang
  • kemudian 100 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur ayam
  • 200 ml air dingin

Cara membuat tempura udang

a. Cara membuat adonan tepung:

  • Campurkan bahan bahan tersebut seperti tepung, baking powder, dan garam hingga merata.kemudian kocok dan pisahkan kuning telur, dan tambahkan air dingin. Rahasia untuk membuat tempura renyah,adalah menjaga adonan tepung selalu dingin.
  • ”setelah dipisahkan kuning telur. kemudian tuangkanlah campuran telur ke dalam campuran tepung tempuranya”. Aduk adonan tersebut dengan secukupnya saja, nggak perlu sampai merata dan jangan sampai khawatir jika  ada tepung yang menggumpal maka segere haluskan. ”adonan tidak  perlu diaduk terlalu banyak , justru itu bikin tempura tidak akan menjadi renyah”.

b. cara menggoreng tempura udang:

  • ”Taburkan sedikit tepung maizena ke atas udang yang sudah siap atau dibersihkan”.
  • bersihkan udangnya dulu setelah itu, celupkan udangnya ke adonan tepung beberapa kali sehingga seluruh bagian udang sudah terlumuri adonan tepung biar renyah, kecuali bagian ekor udang.”
  • ”Gorenglah udang selama 2-3 menit sampai sudah berwarna keemasan”.
  • ”apakah anda ingin memiliki tempura udang yang mempunyai banyak kulit, maka tuangkan sedikit adonan tepung dan tambahan ke atas udang setelah udang digoreng selama 5-7 detik”.
  • kemudian, Angkat udang dan tiriskan minyaknya. Bila perlu, taruhlah udang yang telah digoreng di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih supaya saat di makan minyak gak belepotan. Sajikan udang selagi panas.
Jenis jenis Udang yang Digunakan pada Kuliner Jepang

1. Amaebi

Amaebijenis adalah sejenis udang yang sering dipilih untuk pembuatan nigirizushi .Ukuran amaebi tidak terlalu begitu besar. tetapi, udang jenis ini dapat memiliki kelebihan yaitu rasanya cukup manis.tidak heran jika amaebi adalah menjadi salah satu udang yang paling baik dinikmati dalam keadaan  mentah.

2. Sakura ebi

Populer di Shizuoka, sakura ebi adalah sejenis udang kecil yang rata-rata memiliki panjang sekitar 4-6 cm dan memiliki warna merah mudah.Sakura ebi lebih banyak ditemukan di dasar laut sehingga mendapat kualitas segar serta memiliki aromanya sedap. Wajar jika sakura ebi memang cocok untuk diolah menjadi masakan apa pun.

3. Botan ebi

memiliki warna oranye merah, botan ebi lebih banyak ditemukan pada bulan Oktober hingga Mei di daerah perairan Hokkaido di Jepang, botan ebi lebih sering dipilih untuk membuat ebi tempura, makanan rebusan, hingga potongan untuk nigiri

4.Kuruma ebi

Kuruma ebi atau lebih sering disebut dengan udang harimau, salah satu udang dengan ukuran panjang yang sering dikonsumsi pula oleh masyarakat Jepang.karena udang ini dinamakan udang harimau? Ya, karena memiliki kulit belang-belang seperti harimau. Segar dan amat lezat, udang ini sering lebih di pilih untuk menu rebus-rebusan.

5. Shiroebi

Shiroebi hampir seperti dengan sakura ebi memiliki bentuk yang kecil. Panjangnya sekitar 6cm, dan identik mempunyai warna putih segar.Populasinya lebih banyak ditemukan di daerah Teluk Tokoyama, shiroebi sering dimasak menjadi kakiage atau bakwan khas Jepang

Cara Membuat tempura udang Lurus, Cantik dan Renyah

Sajian sedap sudah mempunyai jawabannya untuk kalian semua.Tempura adalah  udang yang dibalur dengan tepung dan lantas digoreng hingga renyah.Di Indonesia, tempura memiliki sebutan dengan udang goreng tepung.Di negeri asalnya,yaitu Jepang, tempura dibuat dengan cara menggunakan tepung basah dari terigu dan tepung beras.Hasilnya.

Agar Udang Tempura Lurus.

1. Kerat Udang

Kerat bagian punggung udang dengan cara horizontal seperti biasa untuk mengeluarkan kotorannya.kemudian itu, kerat sedikit di bagian bawah tubuh udang secara vertikal. hati hati dalam mengerat jangan terlalu dalam apalagi sampai udang putus atau hancur. Cukup saja di beri keratan halus  yang mempunyai tujuan untuk memotong urat-urat pada tubuh udang. ”Urat urat tersebutlah yang seringkali menjadi salah satu penyebab udang goreng menjadi bengkok”. Soalnya,saat dipanaskan, urat ini akan menjadi ciut dan menarik seluruh tubuh udang. Jadi, kalau uratnya kita putus dengan cara dikerat, udang tempura pasti akan bisa lurus.Setelah dikerat itu kemudian pukul-pukul sedikit udang agar tubuhnya makin lurus dan sedikit pipih.

Agar Udang Tempura Cantik dan Sukses

Agar supaya udang tempura bisa menjadi cantik, cara penggorengan yang menjadi kuncinya. ”kemudian cara membuat udang tempura sendiri,awal mula kita harus membuat terlebih dahulu larutan pencelup tempuranya”.Tapi paling baik menggunakan campuran tepung terigu, tepung beras, air es dan kuning telur.karena perbandingan tepung terigu protein sedang melainkan tepung beras adalah 4 : 1. Artinya didalam 200 gram tepung terigu protein sedang dan 50 gram tepung beras.kemudian itu, tinggal lihat cara menggorengnya.

  •  ”Marinasi dahulu udang dengan bumbu dan perasa”.
  •  Setelah panas segera celupkan udang di dalam larutan tepung.

Cara pertama dengan cara di tumis
  • Panaskan dulu margarin – mentega – minyak goreng
  • Kemudian asukkan aneka bumbu dan rempah, baru masukkan ”salteg egg powder teknoboga”
  • Aduk dengan menggunakan spatula agar bumbu bisa merata, sampai si saus telur asinnya berbusa yang mantap.
  • Setelah itu masukkan lauk utamanya seperti; ayam – ikan – kepiting – udang – cumi, apa saja yang penting sudah digoreng atau direbus duluan.
  •  siap santap.

resep resep tempura dari aneka bahan

1.Cara Membuat Tempura Udang Buncis.

Bahan:
1/4 buncis, potong dengan potongan sesuai selera

Adonan celup:
– 3 sdm tepung beras
– 1 sdm tepung terigu
– 4 sdm telur kocok
– 1/4 sdt garam dan lada bubuk
– Secukupnya air es

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan adonan celup. kemudian celupkan buncis dan udang diadonan. Aduk dengan menggunakan sumpit, setelah itu goreng diminyak panas dengan api kecil.
2. Goreng dengan menggunakan sumpit agar  buncis dan udang tidak bersatu padu. Setelah matang kemudian tiriskan pada tisu dapur.
3. Hidangkan dengan cocolan sambal atau cabai bubur agar lebih enak.

2.Tempura Wortel

Bahan:
– 2 buah wortel dengan ukuran besar
– 100 gram tepung terigu
– 1/2 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam
– 1 kuning telur
– 150 ml air dingin/air es
– Tepung maizena secukupnya
– Bread crumb tempura secukupnya

Bahan saus:
– 1 sdm minyak sayur
– 5 cm jahe, kupas, parut halus
– 1 siung bawang putih, haluskan
– 1/4 sdt cabai bubuk
– 1 sdt cuka
– 50 ml kecap asin
– 100 ml air

Cara membuat:
1. Saus: panaskan dulu minyak, tumis bawang putih dan jahe parut hingga sudah ada bau harum. Tambahkan cabe bubuk, aduk rata merata.
2. Tuang air, kemudian masukkan cuka dan kecap asin, didihkan selama 5 menit di api kecil.
3. Angkat terus dinginkan. Saring dan Sisihkan.
4. ”Kupas dan potong potong wortel menjadi memanjang dan Sisihkan”.
5. ”Buat” komposisi pencelupnya, aduk tepung, baking powder dan garam hingga merata.
6. Kocok dan lepas kuning telur, kemudian tambahkan air dingin. ”Tambahkan 2 buah es batu dengan mrmiliki tujuannya untuk menjaga adonan supaya tetap dingin supaya hasilnya renyah”.
7. Lalu tuang campuran telur ke dalam campuran tepung. Aduk asal rata saja.
8. Gulingkan wortel ke dalam tepung maizena sampai rata. ”jika adonan tepung sudah jadi masukkan buah wortel ke dalam adonan tepung tersebut beberapa kali hingga seluruh bagian wortel sampai terlumuri adonan tepung. Gulingkan di atas [tepung tempura hingga terbalut dengan rata]”.
9. ”Goreng” dalam keadaan minyak banyak hingga wortel terendam sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan suyu.

3.Cara membuat tempura Bayam.

Bahan utama:
– Bayam yang ambil daunnya

Bahan tepung:
– 200 gr tepung kanji
– 1 sachet penyedap yang rasa sapi
– 1 sachet yang ukuran kecil Easymix Japanese Tempura

Cara membuat:
1. Cuci bersih bayam lepas itu tiriskan.
2. Tepung basah: ambil baskom terpisah kemudian Larutkan dengan air semua bahan tepung.
3. ”Di baskom yang lain, buat adonan basah dengan menggunakan tepung tempura Jepang”.
4. masukkan daun bayam ke dalam adonan tepung yang sudah siap.
4.kemudian goreng dengan minyak panas sampai kering krispi. ”hidangkan atau simpan dalam toples setelah dingin”.

4. Cara membuat empura Terong.

Bahan:
– 2 buah terong
– 200 gr tepung terigu
– 100 gr tepung beras
– 1 sdt garam
– 1/2 sdt penyedap rasa
– 2 batang daun bawang, iris tipis
– 1 sdm ketumbar bubuk
– 1 sdm bawang putih halus
– 150 ml air

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan seperti;  tepung terigu- tepung beras- garam- ketumbar-bawang putih-merica dan penyedap rasa. Campurkan dengan menggunakan air, aduk merata hingga tidak menggumpal.
2. kemudian Masukkan bawang daun, aduk sampai merata dan Sisihkan.
3. Potong terong menyerong tipis tipis atau selera kalian, lalu celup ke dalam adonan tepung setelah itu segera masukkan ke dalam minyak yang sudah di panaskan  dan biarkan terendam minyak.
4. ”Goreng hingga kedua sisi sampai berwarna kecoklatan dan kering”. setelah itu Angkat dan tiriskan.
5.siap makan.

5. Cara membuat tempura Sayur

Bahan:
– 150 gr buncis, iris memanjang
– 100 gr wortel. iris korek api
– 150 gr kubis, iris tipis
– 2 batang daun bawang, iris tipis
– 5 siung bawang putih, haluskan
– 175 gr terigu
– 250 ml air
– 1 butir telur
– 1/2 sdt garam
– 1 sachet kaldu jamur
– Bahan saus
– 200 ml air
– 2 siung bawang putih, cincang kasar
– 1/2 buah wortel, potong dadu
– 4 sdm saus tomat
– 2 sdm saus sambal
– 1 sdm cuka
– 1 sdm maizena, beri sedikit air

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu dan bawang putih, kemudian masukan telur, garam, kaldu dan air, lalu aduk sampai merata.
2. ”kemudian itu siapkan sayuran,setelah itu masukkan ke dalam adonan, lalu aduk rata kembali”.
3. Goreng dalam keadaan minyak panas hingga matang.
4. Tumis bawang putih hingga tercium bau harum, masukkan buah wortel, kemudian masukkan saus tomat, saus sambal, cuka dan air.
5. ”Masak hingga wortel sudah matang, lalu masukan larutan maizena, masak hingga meletup”.
6. Sajikan selagi masih hangat.

cara membuat tempura udang sederhana

Bahan-bahan

  • 1/4 kg udang kupas
  • 1/4 sdt bawang putih bubuk
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk\
  • 1/4 sdt garam
  • secukupnya Tepung tempura atau tepung bumbu
  • secukupnya Tepung panir
  • 1 butir telur

Langkah

  • Bersihkan dan pisahkan udang dari kulitnya,kemudian marinasi dgn bumbu,bawang putih, bubuk dan merica bubuk plus garam
  • kemudian Siapkan tepung tempura,atau tepung bumbu beri air secukupnya lalu tambh telur aduk hingga rata,lalu siapkan juga tepung panir di piring
  • Celupkan udang di tepung basah kemudian masukkan ke tepung panir gulung2kan Sampai udang ketutup panir,lakukan sampai habis
  • Dan setelah itu goreng sampai matang sempurna
  • Dan tempura udang siap di sajikan dgn cocolan saos atau mayonaise dan makan bersama keluarga agar kerasa kenikmatanya
Udang tempura

Bahan-bahan

  • 250 Gr Udang (bersihkan, cuci)
  • 1 Siung Bawang Putih
  • 7 Butir Merica
  • 1/2 Sdt Peres Garam
  • 2 Sdt Peres Penyedap
  • 1-2 Butir Putih Telur
  • 2 Sdm Munjung Tepung Terigu
  • Secukupnya Tepung Roti (tuang sedikit-sedikit)

Langkah

  • Pertama Haluskan bawang, merica dan garam. Campur dengan udang dan penyedap.
  • Diamkan di dalam freezer minimal 30 menit atau semalam jangan lebih takutnya nanti gk sesuai espektasi.
  • Kemudian Celupkan ke tepung terigu. Lalu celipkan juga ke putih telur. Kemudian ke tepung roti. Goreng dengan api sedang.
  • sajikan
Dari semua cara cara membuat tempura udang di atas dapat kita lihat betapa pentingya literasi bagi anak muda di Indonesia. Karena Pramoedya Ananta Toer pernah berkata bahwa “orang boleh setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah
× Whatsapp Kami!