Bingung cara membuat galantin ayam?Tenang, kali ini saya akan memberikan resep untuk cara membuat gelantin ayam.  Nah, saya kali ini akan memberikan tutorial cara membuat gelantin ayam. Tapi, saya akan memberitahukan sejarah gelantin ayam dulu.

 

Sejarah tentang cara membuat galantin ayam

cara membuat galantin ayam

 

Galantin atau galantine adalah salah satu makanan yang berasal dari Perancis. karena proses pembuatanya cukup sulit pada saat itu galantin termasuk ke dalam makanan mewah yang hanya disajikan pada acara-acara khusus saja.Bahan yang utama pembuatan galantin yaitu adalah ikan dan juga beberapa daging ternak seperti sapi, kambing, ayam, babi, bebek, dan lainnya”. paling terpopuler Indonesia sendiri pun biasanya dibuat menggunakan dari bahan daging sapi dan daging ayam. walaupun  galantin berasalnya dari negara Perancis, kemudian di Indonesia galantin cukup identik dengan kota Solo yang biasanya dijadikan sebagai hidangan utama di berbagai acara hajatan contohnya seperti pernikahan, sunatan, dan acara besar lainnya.  biasanya  dalam bentuk satu piring terdapat galaantin dengan bahan pelengkapnya contohnya seperti wortel, buncis, kentang, dan sayuran lainnya.

 

Bahan-bahan dan cara untuk membuat galantin ayam

cara membuat galantin ayam

Bahan-bahan membuat galantin ayam

  • 500    gram daging sapi yang sudah di cincang 
  • 50      gram suun, potong 10 cm,setelah itu rendam sampai lunak
  • 2       ‘potong roti tawar, kemudian direndam air panas, kemudian diperas
  • 2        butir telur, kocok sebentar
  • 1        sendok tehh kecap manis
  • ½       sendok tehh merica bubuk
  • ¼       sendok tehh pala bubuk
  • 1        sendok tehh garam

Saus :

  • 1        buah bawang putih, dicincang halus
  • 4        buah bawang merah, dicincang halus
  • 1        sendok makan margarin, (untuk menumis)
  • 150    cc kaldu
  •  2       sendok makan kecap manis
  • 1        sendok makan saus tomat
  • ½       sendok tehh merica bubuk
  • ¼       sendok tehh pala bubuk
  • ½       sendok tehh garam
  • 1        sendok teh tepung maizena, yang dicairkan dengan menggunakan sedikit air”

 

Untuk cara membuat  galantin ayam

  1. Langkah pertama, campurkan daging dengan bahan lainnya, setelah itu aduk sampai rata. Ambil kaleng bekas susu kental manis kemudian cuci bersih, alasi dengan daun pisang/ plastik setinggi 2 cm.
  2. kemudian, masukkan adonan ke dalam kaleng, kukus sampai matang. Angkat,terus keluarkan dari dandang, dinginkan. kemudian Keluarkan dari cetakan, lalu digoreng dengan menggunakan margarin. Iris setebal 1 cm. Hidangkan dengan menggunakan saus, kentang goreng, dan sayuran rebus.

Latar belakang tentang galantin ayam

cara membuat galantin ayam

Selat Solo termasuk masakan tradisional khas kota Solo Jawa Tengah yang dalam penyajiannya sudah memiliki pengaruh dari masakan negara Eropa dikarenakan pada masa kolonial belanda orang orang Eropa telah membawa bahan masakan serta teknik teknik masakan khas negara Eropa’. Sajian Selat Solo sendiri terdiri dari Galantine, sayur wotel, buncis, selada air, kentang goreng serta saus asam manis yang berasal dari perbaduan buah tomat dan kecap manis yang
dikentalkan.

Selat Solo memang sudah memiliki sejarah yaitu makanan khas Kota Surakartanya yang sudah merupakan warisan dari jaman pendudukan bangsa Belanda”. Kata selat diadopsi dari bahasa Belanda slachtje yang artinya adalah hasil penyembelihan daging yang dijadikan kecil.Namun pada saat itu lidah orang pribumi susah menyebut kata slachtje lantas mereka sering mengucapkannya dengan menggunakan kata selat”.asal mula lahirnya makanan ini sudah berawal dari sejak benteng Vastenburg dibangun,tepat di depan gapura keraton Surakarta”, memang sering terjadi pertemuan dan rapat antara pihak keraton dan pihak Belanda. Setiap pertemuan itu pun pasti disediakan dengan makanan namun tidak sesuai dengan selera masyarakat orang Belanda yang menginginkan makanan berbahan utama daging, sedangkan sang raja terbiasa dengan makanan sajian sayur.

Maka masalah dari kedua pihak tersebut di tindak lanjuti dengan menciptakan sebuah menu baru dengan mengkombinasikan bahan contoh kentang,wortel,buncis, ketimun, daun selada, telur, dan kuah kecap.setelah dari pertemuan dua kebudayaan tersebut melahirkan sebuah kuliner khas dari Kota Surakarta yaitu selat solo. ( Amad Saeroji, 2017 : 3) Galantine sendiri biasa disebut sebagai hidangan yang utama atau main course yang pada umumnya berbasis daging contoh: daging sapi, ayam,bebek atau unggas lainnya.Pada dasarnya galantine adalah masakan continental maka dari itu selat solo galantine disebut juga makanan tradisional yang memiliki pengaruh dari masakan Eropa.

Galantine biasa dihidangkan dalam keadaan dingin dengan siraman saus.Galantine ini biasanya berupa seperti daging sapi atau daging ayam giling yang diadoni dengan menggunakan tepung panir , telur, bawang putih, bawang bombay, lada bubuk, pala bubuk dan garam, yang setelah itu dikukus lalu digoreng dalam penggorengan dengan menggunakan teknik deep frying atau menggoreng dengan minyak yang banyak. ”Penyajian galantine biasanya menyerupai bistik klasik pada umumnya yakni dalam piring datar potongan serong galantinedan yang dikelilingi oleh selingan pendamping yakni irisan sebuah wortel, buncis, kentang goreng,daun selada yang”  pada umumnya dressing atau siraman untuk galantine adalah bumbu saus yang manisnya dan kentalnya menyatukan berbagai unsur tadi, ditambah sedikit saus mustard manis di atasnya daun selada. Jika siraman saus cukup manis,saus mustard manis tersebut bisa diabaikan. ”Kelebihan dari produk Galantine sendiri yaitu dalam pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama dan bahan yang mudah didapat”.

Proses pembuatannya sendiri galantin membutuhkan bahan utama yang berupa daging sapi atau daging ayam dengan campuran tepung roti dan bahan lainnya kemudian diolah dengan cara dikukus.Kekurangan dari sebuah produk Galantine sendiri adalah terletak pada harga penjualannya yang relatif mahal karena dari bahan baku adonan yang mengandung 80% daging dan terdapat 20% bahan campuran lain berserta bumbu.Sorgum yang memiliki nama latin Sorgum bicolor (L) moench adalah tanaman yang termasuk dalam golongan serealia di Indonesia. sudah banyak petani yang membudidayakan sorgum, terutama pada musim panas. ”Sorgum sendiri jika sudah diproses menjadi’ tepung sorgum jika dicampurkan dengan adonan galantine maka dapat menggurangi penggunaan tepung panir. bahan dasar dari tepung panir adalah gandumyang diimport dari luar Indonesia, sehingga penambahan sebuah tepung sorgum dapat menjadi salah satu pemberdayaan dari bahan baku lokal khas asal ‘Indonesia pada pembuatan galantine.Kelebihan sorgum yaitu memiliki potensi besar sebagai bahan pangan yang bergizi”.

Dulu sorgum memang masih dianggap sebagai bahan makanan yang belum terlalu dikenal di Indonesia, jika masih dalam bentuk biji dan belum dikupas. Sorgum biasanya digunakan untuk makanan ternak, uanggas atau makanan burung. Saat ini sorgum sendiri memang sudah mulai dikonsumsi oleh masyarakat sebagai pengganti beras maka diinginkan adanya variasi makanan new dalam pemanfaatan sorgum jika diolah menjadi selain  makanan pokok.Kelebihan sorgum sebagai bahan pangan, pakan, dan industri yaitu kaya akan komponen pangan fungsional. bermacamnya antioksidan,unsur mineral terutama Fe, serat, oligosakarida, dan β-glukan termasuk
”komponen karbohidrat nonstarch polysakarida (NSP) mempunyai kandungan dalam biji sorgum yang menjadikannya potensial sebagai sumber pangan fungsional”.

Keunikan sorgum adalah mempunyai adanya tanin dana asam fitat yang mengangkat kontroversi negatif dan positif terhadap kesehatan. Sifat antioksidan tanin ini lebih tinggi daripada vitamin E dan C, kemudian juga antioksidan antosianin sorgum ini  lebih stabil. Unsur pangan dan fungsional yang mengandung komponen bioaktif memberikan efek fisiologis yanag multifungsi bagi tubuh, termasuk memperkuat daya tahan tubuh, dan mengatur ritme kondisi fisik, memperlambat penuaan,dan membantu pencegahan penyakit degeneratif (Suarni, 2012 : 3).Kekurangan sorgum yaitu kandungan tanin, senyawa tersebut memberi warna yang  kurang baik, warna sorgum yang keruh dan aroma tidak sedap.

apek yang terdapat dalam biji sorgum menjadikan sorgum kurang disukai karna bisa dapat mengurangi kualitas hasil akhir dari produk pangan berbahan dasar sorgum. Kurangnya pengembangan produk dan olahan sorgum menjadikan sorgum sebagai bahan makanan yang kurang begitu populer, di Indonesia sendiri tanaman sorgum hanya dapat dibudidayakan saat ketika musim panas tiba ( Suarni, 2012 : 4) Galantine sorgum yaitu  makanan main course yang pada umumnya berbasis daging – dagingan,dan dalam pembuatan galantine sorgum pada campuran bahannya ditambah menggunakaan tepung sorgum yang digunakan sebagai substitusi atau pengganti dari tepung panir, sehingga menjadi 4 produk galantine sorgum.

‘Galantine sorgum dapat dihidangkan dengan sayuran pendamping berupa wortel, buncis, daun selada,dan kentang goreng sebagai karbohidrat dan saus atau dressing dengan rasa asam manis”. ”Pemilihan sebuah tepung sorgum dalam penelitian ini bertujuan untuk pemsubstitusian bahan dalam permbuatan galantine sorgum, galantine sorgum sendiri yaitu salah satu makanan pelengkap pada selat solo.Berdasarkan pada uraian yang” telah sudah dijelaskan diatas maka perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan resep galantine dan pemanfaatan tepung sorgum, mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk serta mengetahui kandungan dalam gizi dari produk tersebut.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan tahapan perancangan 2 resep acuan, uji produk dan uji sensoris 2 untuk mendapatkan 1 resep acuan terpilih,melakukan perancangan resep dan pengembangan dengan menentukan prosentase penggunaan bahan serealia, uji coba dengan membandingkan 3 resep pengembangan dengan resep acuan terpilih, uji produk dan uji sensoris 3 resep pengembangan dengan resep acuan terpilih, melakukan validasi, uji sensoris oleh panelis semi terlatih dan uji panelis tidak terlatih. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berhasil serta diterima oleh masyarakat dan dapat menambah variasi produk olahan tepung sorgum yang lebih sehat.

Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang ada di atas maka dapat diidentifikasi masalah yang ada diantaranya :

  •  Galantine mempunyai harga yang relative  mahal karna bahan utama yang berupa daging sapi atau daging ayam.
  •  Belum banyak yang mengetahui tentang produk makanan yang dapat diolah dengan menggunakan bahan campuran sorgum.
  •  Belum banyak juga upaya masyarakat untuk menggunakan sorgum untuk sebagai variasi makanan, selain diolah menjadi makanan pokok pengganti nasi putih.
  •  Belum diketahui resep pembuatan galantine yang dapat disubstitusi dengan menggunakan tepung sorgum.
  •  Belum banyak dilakukan penelitian tentang mengenai produk galantine sorgum
  •  Belum diketahui mengenai kandungan gizi yang ada dari galantine sorgum.

Spesifikasi Produk Yang Dikembangkan

”Galantine dengan substitusi bahan tepung sorgum termasuk hidangan utama yang terbuat dari sebuah tepung sorgum, daging ayam, telur”. Cara pembuatannya dengan menggunakan cara teknik olah boiling, steaming, dan deep frying.Teknik olah boiling digunakan sebagai proses pengolahan sayuran pendamping dari galantine sorgum. Proses steaming digunakan dalam.
proses pengolahan atau (pengukusan) galantine sorgum. ”Proses deep frying 6 digunakan pada tahap akhir proses pembuatan galantine sorgum yaitu adalah menggoreng galantine sorgum untuk mendapatkan warna keemasan”.

”Teknik penyajian atau plating dari galantin sorgum bisa menggunakan dinner plate dengan pendamping sayuran contoh daun selada, wortel dan buncis”. Tambahan dengan makanan kentang goreng sebagai sumber karbohidrat dan disiram dengan menggunakan saus dressing asam manis.Pemorsian galantine untuk 1 takaran saji adalah 50 g dan penyajian galantine dapat dihidangkan sebagai main ”course bersama dengan sayuran pendamping dan dressing saus yaitu 200 g”. Penyajian galantine menggunakan piring dinner plate berdiameter 26 cm dan ditata dengan baik pada piring saji tersebut.

Batasan Masalah

Masalah dengan penelitian ini dibatasi pada penentuan resep yang tepat untuk di buatnya galantine dengan menggunakan substitusi tepung sorgum,
mengetahui dengan tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk tersebut,dan analisis kandungan gizi produk tersebut.

Rumusan Masalah

  •  Bagaimana dengan cara  menemukan resep dalam pembuatan galantine dengan substitusi tepung sorgum?
  •  Bagaimana dengan daya terima konsumen kepada masyarakat terhadap galantine dengan substitusi tepung sorgum?
  •  Bagaimana informasi denga nilai gizi pada galantine dengan substitusi tepung sorgum?

Tujuan Penelitian

  •  ”Untuk Menemukan sebuah resep yang tepat dalam pembuatan galantine dengan substitusi tepung sorgum”.
  • Untuk  Mengetahui daya terima konsumen masyarakat terhadap galantine dengan substitusi tepung sorgum.
  •  Menentukan sebagai  informasi nilai gizi pada galantine dengan substitusi tepung sorgum

Manfaat mengembangkan galantin ayam

1. Bagi peneliti :

  •  Menambah variasi makanan sebagai pangan lokal yang berbasisi seralia yang sebelumnya kurang dimanfaatkan.
    .
  • Untuk mengetahui produk lokal tersebut apakah memiliki nilai yang baik dan dapat memiliki manfaat kesehatan karna kandungan gizi yang terdapat pada produk tersebut.

2. Bagi Masyarakat

  • Mengetahui tentang apa manfaat dan kandungan gizi galantine sorgum sehingga dapat mengolahnya sebagai makanan yang bermutu dan memiliki nilai jual tinggi.
  •  Dapat untuk menjadi peluang usaha.

3. Bagi Universitas Negri Yogyakarta

  • Sebagai menambah informasi mengenai olahan produk makanan dengan bahan pangan lokal.
  • Menjadi salah satu referesnsi pengetahuan dan ilmu yang bisa dapat dikembangkan sebagai penelitian lebih lanjut.

Resep galantin ayam yang memiliki rasa burger

 Resep Galantin Ayam Burger ini bentuknya sekilas mirip dengan rolade.tetapi dari segi rasa,  dari Resep Galantin Ayam Burger ini jelas memiliki cita rasa yang berbeda, karena ada tambahan siraman saus spesialnya.Mari,

Bahan cara membuat galantin ayam yang memiliki rasa burger

Bahan:

  • 200 gram daging giling
  • 200 gram ayam giling
  • 6 lembar daging burger, dihancurkan
  • 2 sendok makan tepung roti
  • 2 sendok makan bawang goreng
  • 8 butir telur
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk

Cara membuat Galantin Ayam rasa burger

1. Campur semua bahan galantin sampai merata. masukkan ke dalam plastik es mambo.kemudian Kukus di atas api sedang selama 30 menit hingga matang. Dinginkan.

2. Kemudian goreng galantin sampai kecokelatan,dan Potong-potong miring.

3. Saus, pertama panaskan mentega. Tumis bawang bombay hingga tercium bau harum. Tambahkan tepung. Aduk hingga berbutir. Tuangkan campuran kaldu sedikit            sedikit hingga jadi licin. Tambahkan keju. Aduk hingga larut.kemudian masukkan garam, merica bubuk, oregano, dan krim kental. Aduk rata.

4. Sajikan galantine bersama sausnya.

 

Resep galantin Ayam khas Solo

”Galantin adalah makanan yang terbuat dari daging yang sudah digiling hingga halus kemudian dibentuk lonjong memanjang dan dikukus’. Selain terbuat dari daging sapi, galantin juga dapat dibuat menggunakan dari daging ayam, ikan, daging kambing dan lain sebagainya.

Galantin atau galantine adalah sajian daging khas Jawa yang mendapat pengaruh dari Belanda. Hidangan yang populer di kota Solo ini memiliki sejarah panjang. Konon galantin dulunya disajikan untuk raja dan tamu istimewa dari kerajaan lainnya.

Galantin yaitu variasi dari steak daging. Dibuat menggunnakan bahan utama daging sapi cincang, telur, roti, dan susu yang dibuat menjadi adonan halus. Adonan ini lalu dibentuk menjadi seperti loaf menggunakan daun pisang.

Adonan galantin kemudian dikukus hingga matang. Setelah dingin, galantin bisa dipotong-potong menjadi beberapa lembaran lalu digoreng hingga berwarna kecokelatan.Untuk penyajian, lembaran galantin tinggal disusun di atas piring atau tempat lainya.

 

Bahan Galantin

  • 500 gram fillet ayam,dan di potong kecil-kecil
  • 1/2 buah bawang bombay yang sudah di ”cincang” halus
  • 2 buah butir telur
  • 10 sdm tepung panir
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 2 sdm margarin untuk menggoreng galantine
  • Daun pisang untuk pembungkus / alumunium foil.

Bahan saus lada hitam

  • 6 sdm saus tiram
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt parsley
  • 1 sdt oregano
  • 1 sdm lada hitam bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 350 ml air
  • 1 sdm maizena larutkan dengan menggunakan sedikit air 1/2 buah bawang bombay cincang halus
  • 2 sdm olive oil untuk menumis saus.

Cara Membuat galantin ayam ala khas solo

1. ”Masukkan semua bahan galantine ke dalam blender / food processor”. Setelah halus masukkan ke dalam wadah dan di aduk rata. Koreksi atau cek rasa dengan menggoreng sedikit adonan jika dirasa cukup siapkan alumunium foil atau boleh daun pisang.

2. ”Bagi 2 atau 3 adonan, letakkan adonan ke atas alumunium foil padatkan dan gulung seperti membuat lontong. Rapatkan kedua ujung. Kukus selama 40 menit. Angkat          dan buka adonan. Biarkan dingin.

3. Panaskan 2 sendok makan margarin, goreng utuh galantine sampai kecoklatan. Angkat dan potong-potong. Sajikan bersama saus

4. Cara membuat Saus lada hitam : Untuk bahan saus : Panaskan 2 sdm olive oil dan tumis bombay sampai wangi. Masukkan bahan saus aduk rata. Setelah saus                    mendidih masukkan larutan maizena aduk rata koreksi rasa, angkat dan sajikan galantine bersama pelengkap.

5 .Sajikan

 

Dari semua cara membuat galantin ayam di atas dapat kita lihat betapa pentingya literasi bagi anak muda di Indonesia. Karena Pramoedya Ananta Toer pernah berkata bahwa “orang boleh setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.

× Whatsapp Kami!