Air tebu biassanya dikenal sebagai penyedia energi dan glukosa pada tubuh agar tetap segar. Namun, tahukah Anda? Air tebu mempunyai beberapa segudang manfaat untuk kecantikan, kehamilan dan kesehatan tidak hanya sekedar minuman pelepas dahaga. Manfaat air tebu misalnya bisa melawan kanker, mengobati jerawat dan kaya akan protein yang bermanfaat bagi ibu hamil, dan lain-lain.

Tebu juga bisanya di luar negeri disebut sebagai sugarcane bisa dikunyah menggunakan menggunakan gigi dan bisa pula dibuat jus. Air tebu tidak hanya diolah sebagai jus manis seperti kebanyakan tetapi juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

Di dalam air tebu terdapat kandungan sekitar 15% gula alami, protein, karbohidrat yang melimpah, mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, zinc, kalium, vitamin A, B-kompleks, dan vitamin C

Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

manfaat air tebu

Berikut beberapa manfaat air tebu untuk kesehatan:

1. Manfaat Air Tebu dalam Melawan Kanker

Manfaat air tebu melawan kanker mungkin terdengar berlebihan, tetapi air tebu memang telah terbukti mampu melawan kanker terutama kanker prostat dan payudara. Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa fungsi flavonoid dalam tebu menghambat perbanyakan sel-sel kanker, sehingga mengurangi risiko kanker payudara.

2. Manfaat Air Tebu untuk Penderita Diabetes

Apakah air tebu bisa diminum penderita diabetes? Jika Anda berpikir air tebu adalah pilihan yang tidak baik hanya karena Anda menderita diabetes, maka Anda salah.

Berdasarkan fakta, air tebu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, tapi dimoderasi. Tebu mengandung sukrosa yang memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini membantu untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

3. Manfaat Air Tebu untuk Mencegah Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah kerusakan pada gigi. Tebu memiliki sejumlah mineral, seperti kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga kesehatan gigi. Anda bisa mengonsumsi jus air tebu untuk menghilangkan bau pada mulut.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Tebu juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat di dalam air tebu yang mampu menguatkan tulang dan gigi.

5. Meredakan Gangguan Demam

Selain itu, air tebu juga bisa digunakan untuk menurunkan demam pada anak-anak. Demam menyebabkan suhu tubuh meningkat dan hilangnya protein. Dengan memberikan jus tebu pada anak dipercaya mampu mengisi kembali protein dalam tubuh

6. Melindungi Fungsi Hati

Air tebu merupakan pengobatan terbaik untuk penyakit hati seperti penyakit kuning (jaundice). Air tebu dalam pemanfaatannya membantu dalam mempertahankan tingkat glukosa dalam tubuh dan membantu pemulihan dengan cepat. Hal ini juga dapat  membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan melindungi kesehatan hati

7. Melancarkan Pencernaan

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami masalah pada pencernaan, maka Anda sebaiknya memperhitungkan air tebu dalam diet Anda. Kalium terdapat dalam jus tebu dan membantu dalam menyeimbangkan kadar pH dalam perut dan memfasilitasi sekresi cairan pencernaan.

8. Membangkitkan Energi

Jika Anda sering mengalami dehidrasi, air tebu adalah salah satu penawar terbaiknya. Air tebu mampu menambah semangat dan suasana hati ketika meminumnya.

Tebu mengandung gula sederhana (sukrosa) yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan gula tersebut digunakan untuk mengisi kadar gula yang hilang dalam tubuh.

9. Menguatkan Otot

Mengonsumsi air tebu dua kali sehari dipercaya dapat meningkatkan kekuatan otot Anda dengan menyediakan glukosa yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

10. Meredakan Sakit Tenggorokan

Jika Anda merasa gatal-gatal atau iritasi pada tenggorokan, minumlah segelas jus tebu dengan sedikit campuran jeruk nipis dan garam untuk meredakannya.

Vitamin C banyak ditemukan dalam jus tebu, dimana dalam membuat jus tebu bisa menggunakan mesin peras tebu  dan mesin peras tebu ini merupakan alasan utama yang membuatnya menjadi obat yang baik untuk sakit tenggorokan.

11. Mengobati Luka

Selain digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, air tebu juga membantu dalam mempercepat pemulihan luka. Air tebu mengandung sukrosa yang secara alami mampu menyembuhkan luka dengan cepat. Anda juga dapat mengoleskan langsung air tebu pada luka untuk hasil yang lebih baik.

12. Memperkuat Organ Tubuh

Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur bisa membantu dalam menguatkan organ-organ penting sehingga dapat bekerja dengan baik dan sinkron dengan organ lainnya. Air tebu mengandung gula yang sangat penting yang membantu dalam memperkuat organ tubuh kita seperti organ sensorik, organ reproduksi, dan otak.

13. Mencegah Kerusakan DNA

Air tebu bisa melindungi kerusakan DNA yang diakibatkan radiasi yang dapat mempengaruhi otak Anda. Air tebu juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah degradasi oksidatif dari lemak seluler dan lipid serta kerusakan pada DNA.

14. Menurunkan Berat Badan

Air tebu dikenal memiliki kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kita, yang merupakan salah satu alasan utama dalam kenaikan berat badan. Air tebu juga memiliki serat larut tinggi yang dapat membantu mengelola berat badan.

15. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Dengan mengonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan unsur-unsur asing lainnya. Hal tersebut juga meningkatkan metabolisme. Proses detoksifikasi ini secara bertahap menyebabkan penurunan berat badan.

16. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Air tebu mampu membantu dalam menjaga kesehatan ginjal dan mencegah masalah yang terkait dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Air tebu juga dikenal bisa membantu meningkatkan tingkat protein dalam tubuh. Hal ini mampu mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan ginjal seperti batu ginjal, ISK, PMS, dan prostatitis.

17. Menjaga Keseimbangan pH Tubuh

Air tebu memiliki kandungan alkali yang mempunyai manfaat untuk menjaga keasaman di perut dan usus kita. Hal ini juga membantu menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh kita.

18. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Air tebu kaya akan antioksidan penting yang dapat membantu dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini mampu melawan beberapa penyakit, termasuk sistem hati dan pencernaan. Antioksidan ini juga menetralkan kadar bilirubin dalam tubuh.

Manfaat Air Tebu untuk Kecantikan

manfaat air tebu

Berikut beberapa manfaat air tebu untuk kecantikan:

1. Manfaat Air Tebu dalam Mengobati Jerawat

Mengonsumsi air tebu secara teratur diketahui efektif dalam menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Di dalam air tebu terdapat kandungan alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat yang mampu meningkatkan pergantian sel.

Jadi, jika Anda rentan mengalami masalah jerawat, cobalah jus tebu sebagai masker wajah untuk hasil yang efektif.

2. Manfaat Air Tebu dalam Anti Penuaan Dini 

Anda pasti mulai khawatir dengan keriput yang mulai muncul seiring bertambahnya usia. Bahkan keriput di wajah bisa membuat Anda kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya. Jangan khawatir! Anda dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dengan bantuan air tebu.

Kandungan antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenolik yang terdapat dalam air tebu membuat air tebu menjadi pilihan yang baik untuk mencapai kulit yang bercahaya, lembut, dan lembab.

3. Manfaat Air Tebu dalam Menjaga Kesehatan Rambut 

Kekurangan gizi dapat menjadi alasan kerontokan rambut. Rambut akan menjadi kusam dan seolah tak bernyawa jika tubuh kekurangan mineral tertentu. Air tebu adalah sumber mineral yang sangat baik yang mampu mendukung pertumbuhan rambut.

Manfaat Air Tebu untuk Kehamilan

manfaat air tebu

Air tebu adalah salah satu minuman yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa segar dan manis, tak banyak yang mengetahui bahwa air tebu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Walaupun begitu, terdapat beberapa kontroversi apakah air tebu aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Menurut pendapat para ahli, mengonsumsi air tebu aman bagi ibu hamil selama sang ibu tidak memiliki gejala atau penyakit diabetes.

Air tebu banyak mengandung nutrisi dan mineral seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6 yang baik untuk calon bayi. Berikut beberapa manfaat kesehatan air tebu untuk ibu hamil, seperti dilansir oleh Boldsky (13/12).

1. Manfaat Air Tebu dalam Memberikan Energi Instan

Air tebu mampu memberikan energi instan untuk ibu hamil. Air tebu juga membantu ibu hamil untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh dan meredakan rasa haus. Ibu hamil tentunya membutuhkan banyak asupan energi agar tetap bugar dan sehat dalam menjalankan aktivitas.

2. Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik atau glycemic index adalah angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula yang terdapat pada makanan.

Air tebu memang mengandung kadar gula yang tinggi, tetapi sebenarnya juga tak terlalu membahayakan bagi pasien diabetes karena gula alaminya memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini akan mencegah kenaikan tingkat glukosa dalam darah jika dikonsumsi secukupnya.

3. Kaya Protein

Air tebu diketahui memiliki banyak protein yang baik untuk tubuh. Protein tentunya sangat penting untuk tubuh ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan wanita untuk mendapatkan asupan protein yang cukup adalah dengan mengonsumsi air tebu.

4. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (UTI) biasa membantu mengurangi sensasi terbakar yang sering dirasakan oleh pasien infeksi saluran kemih. Karena wanita hamil rentan terkena infeksi saluran kemih, maka minuman ini bisa membantu untuk meredakan atau bahkan menangkalnya.

5. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Air tebu kaya akan antioksidan yang bisa mampu menangkal infeksi. Pada waktu yang bersamaan, air tebu juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini adalah manfaat penting mengapa wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air tebu.

6. Manfaat Air Tebu dalam Melancarkan Pencernaan

Air tebu juga bermanfaat untuk pencernaan. Hal ini karena ir tebu mengandung potassium yang sangat baik untuk mengatasi konstipasi. Wanita hamil seringkali mengalami masalah pencernaan dan konstipasi sehingga akan sangat bermanfaat untuk meminum air tebu.

7. Kaya Antioksidan

Antioksidan dalam air tebu tidak hanya bagus untuk mencegah infeksi, tetapi juga untuk menangkal peradangan dan alergi pada ibu hamil. Antioksidan yang terdapat dalam air tebu adalah flavonoid dan phenolic. Dengan kandungan antioksidan ini membuat air tebu sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Nah, itulah beberapa manfaat air tebu bagi kesehatan, kecantikan dan kehamilan. Semoga bermanfaat.

× Whatsapp Kami!