Modal usaha kelapa parut. Kelapa parut adalah hasil parutan buah kelapa yang bentuknya berupa serabut-serabut berwarna putih. Di dalamnya terkandung kadar air yang banyak, karena biasanya kelapa parut akan diolah menjadi santan yang gurih setelah melalui proses pemarutan dan pemerasan.

Secara garis besar, kumpulan barang atau sejumlah dana yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis adalah pengertian dari modal. Suatu bisnis atau usaha pasti membutuhkan modal untuk menjalankannya. Misalnya, usaha kelapa parut.

Untuk menjalankan usaha ini kita membutuhkan modal usaha kelapa parut yang bervariasi. Besar kecilnya modal tergantung pada skala usaha atau bisnis yang kita jalankan. Langkah pertama untuk menjalankan usaha ini adalah kita harus mempunyai modal yang cukup untuk membeli beberapa alat.

Seperti mesin parut, mesin santan, dan yang pasti bahan bakunya yaitu buah kelapa. Selain membeli alat dan bahan utamanya, kita juga harus memikirkan berapa biaya operasionalnya. Bisnis atau usaha kelapa parut ini sangat sesuai dijadikan usaha industri rumahan sebagai peluang untuk menambah penghasilan.

Karena pada saat ini kelapa parut belum banyak dipasaran sehingga peluangnya semakin cemerlang. Hal ini akan memudahkan kalian para wirausaha pemula, karena sedikitnya pesaing di pasaran.

 

Analisa Modal Usaha Kelapa Parut

Bisnis atau usaha kelapa ini memang sangat mudah dan menguntungkan. Agar usaha ini dapat berjalan dengan maksimal, kita harus memantapkan pilihan terlebih dahulu. Sebelum memutuskan memilih usaha atau bisnis kelapa, sebaiknya kita membuat analisis terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting karena dengan membuat analisis kita bisa memprediksi keuntungan dan kerugiannya. Berikut adalah analisis singkat usaha kelapa parut:

1. Perkiraan Modal Usaha Kelapa Parut

Jenis KebutuhanHarga
Sewa lahan rumah produksiRp. 1.500.000
Mesin parut kelapaRp. 1.225.000
Wadah (baskom / ember)Rp. 40.000
Mesin pengeringRp. 875.000
Mesin pengemasRp. 460.000
PisauRp. 30.000
Peralatan lainnyaRp. 100.000
TotalRp. 4.230.000

 

2. Analisa Biaya Tetap Usaha Kelapa Parut

Penyusutan PeralatanNilai
Sewa lahan ukuran 1/40 x Rp. 1.500.000Rp. 37.500
Mesin parut kelapa 1/48 x Rp. 1.225.000Rp. 15.520
Wadah kelapa 1/24 x Rp. 40.000Rp.1.666
Mesin pengering 1/60 x Rp. 875.000Rp. 14.583
Mesin pengemas 1/60 x Rp. 460.000Rp. 1.666
Pisau 1/12 x Rp. 30.000Rp. 2.500
Peralatan tambahan lainnyaRp. 100.000
Gaji karyawanRp. 1.200.000
TotalRp. 1.373.435

 

3. Analisa Biaya Variabel Usaha Kelapa Parut

KebutuhanNilai
KelapaRp. 300.000 x 30 = Rp. 9.000.000
PlastikRp. 41.000 x 30 = Rp. 1.230.000
Gas LPGRp. 22.000 x 4 = Rp. 88.000
ListrikRp. 200.000 per bulan
AirRp. 150.000 per bulan
Biaya tambahan lainRp. 50.000 x 30 = 1.500.000
TotalRp. 12.168.000

 

 

Pilihan Sumber Modal Usaha Kelapa Parut

modal usaha kelapa parutSetelah memilih ide bisnis yang cocok, modal adalah hal yang harus dipikirkan. Modal adalah salah satu faktor penting dalam hal memulai usaha atau bisnis. Salah satu elemen penting dari kesuksesan dalam menjalankan usaha atau bisnis adalah kemampuan untuk mendapatkan modal yang cukup.

Modal usaha berupa dana ini sangat berperan penting dalam proses pengembangan bisnis. Mengumpulkan modal usaha memang tidak mudah dan memakan waktu yang cukup lama. Tetapi jangan takut untuk mencoba hal baru. Mungkin beberapa pilihan sumber modal dibawah ini bisa membantu kalian untuk memulai usaha atau bisnis baru.

1. Tabungan Pribadi

Sumber modal usaha pribadi atau biasa disebut dengan bootstrap, adalah salah satu cara yang efektif untuk modal usaha awal. Khususnya untuk para pengusaha kelapa parut yang baru memulai bisnis. Pengusaha pemula sering mengalami kesulitan mendapatkan modal usaha, oleh karena itu pilihan sumber modal satu ini adalah pilihan yang terbaik.

Dengan menggunakan modal usaha pribadi, kita tidak perlu menunjukkan strategi dan potensi kesuksesan kita kepada orang lain. Dengan tabungan pribadi kita juga bisa berinvestasi. Kita juga tidak perlu repot-repot meminta ke investor karena kita punya kendali penuh atas perusahaan kita.

2. Teman dan Keluarga

Martin Zwilling adalah seorang penulis buku bisnis dan pengusaha terkenal yang berasal dari Amerika Serikat. Beliau mengatakan teman dan keluarga bisa menjadi salah satu sumber dana modal. Kita bisa meminta bantuan atau mengajak mereka bekerja sama.

Sebelum mencari sumber modal usaha di luar lingkaran, kita bisa meminta bantuan kepada orang terdekat yang berada di sekitar kita. Dalam segala situasi, keluarga atau teman akan lebih fleksibel dengan tingkat besar bunga dan lainnya.

3. Angel Investor

Richard Harroch adalah seorang pengusaha yang sukses dan terkenal. Beliau mengatakan ‘investor malaikat’ biasanya adalah seseorang yang berinvestasi di perusahaan rintisan atau perusahaan baru. Seorang ‘investor malaikat’ biasanya berinvestasi dengan imbalan kepemilikan ekuitas.

Angel investment di kalangan perusahaan rintisan sudah meningkat pesat. Dan kisah sukses terkenal seperti WhatsApp, Google,  dan Facebook yang telah mendorong ‘investor malaikat’ untuk memberi bantuan dana kepada perusahaan rintisan atau perusahaan baru.

Selain dapat dijadikan sebagai sumber modal usaha, biasanya mereka juga menawarkan pendampingan atau saran bagi para perusahaan baru.

4. Crowdfunding

Salah satu cara baru untuk mendanai perusahaan baru yang akhir-akhir ini semakin populer adalah pengertian dari crowdfunding. Cara kerjanya, seorang pebisnis akan memperkanalkan bisnisnya dan memasang deskripsi terperinci tentang bisnisnya di platform crowdfunding.

Pebisnis akan menyebutkan tujuan bisnisnya, rencana untuk mendapatkan keuntungan, berapa banyak dana modal usaha yang dibutuhkan, dan lain-lain.

Kemudian konsumen dapat membaca tentang bisnis ini dan memberikan uang jika mereka menyukai ide dari sebuah bisnis tersebut. Siapa pun dapat menyumbangkan modal berupa dana untuk membantu pebisnis yang benar-benar mereka yakini dan mereka sukai ide bisnisnya.

5. Venture Capital

Dana ini dikelola oleh para pengusaha profesional yang jeli mencari perusahaan baru dengan prospek yang bagus. Mereka juga secara efektif memantau kemajuan perusahaan baru tersebut. Perusahaan baru ini yang akan menjadi tempat mereka berinvestasi.

Sehingga mereka harus memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Namun, modal dana dan pembiayaan dari sumber kali ini tidak mudah diperoleh.

Para pengusaha profesional biasanya ingin berinvestasi di perusahaan rintisan dengan potensi pertumbuhan yang tinggi, prospeknya bagus, dan kemajuannya jelas terlihat. Serta perusahaan yang bisa menunjukkan daya tarik.

6. Pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Program KUR adalah salah satu pilihan sumber modal yang cocok untuk para pengusaha pemula. Program ini adalah progam pemerintah yang bertujuan meningkatkan akses pembiayaan kepada para pengusaha Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM).

Yang kemudian disalurkan melalui lembaga keuangan dengan bentuk pola penjaminan. Beberapa bank, seperti BNI, BRI, dan Bank Mandiri, bisa membantu kita melalui progam KUR.

Dana KUR yang disediakan berupa dana keperluan modal usaha, kerja, serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM. Yang berupa individu, badan usaha, atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak diberi modal.

7. Pre-Sale

Cara satu ini juga sangat cocok bagi para pengusaha pemula untuk mendapatkan modal. Kita bisa mendapatkan modal dengan cara menjual produk kita sebelum diluncurkan. Pilihan sumber modal ini sangat efektif untuk para pengusaha pemula, dengan cara mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk membiayai bisnisnya sendiri.

Tidak hanya untuk para pengusaha pemula, Apple dan Samsung juga memulai pre-order produk mereka jauh sebelum produk resmi diluncurkan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan modal dan membantu persiapan lebih awal bisnis kita untuk memenuhi permintaan konsumen.

8. Pinjaman Bank

Lembaga perbankan juga bisa membantu memberikan sumber dana modal usaha kepada para pengusaha baru. Dengan syarat usaha tersebut memiliki rencana bisnis yang solid. Cara kredit dengan jaminan juga bisa membantu kita untuk mendapatkan modal usaha.

Kita bisa memanfaatkan aset yang kita punya sebagai jaminan untuk mendapatkan dana modal usaha. Seperti menggunakan surat kendaraan atau sertifikat rumah sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman ke bank yang telah kita pilih.

 

Tips Untung Besar Dalam Usaha Kelapa Parut

modal usaha kelapa parutBerikut adalah tips-tips mendapat keuntungan yang besar dalam usaha kelapa parut :

1. Nilai dan Tekad yang Kuat

Niat sangat dibutuhkan untuk bisa sukses dan lancar dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis. Tapi niat saja tidak cukup, karena para pengusaha juga membutuhkan tekad yang kuat dalam memotivasi diri sendiri.

Jika sudah memiliki niat dan tekad yang kuat, keduanya bisa dijadikan modal awal dalam merintis sebuah usaha, misalnya usaha kelapa parut. Kedua hal ini juga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seorang pengusaha.

2. Mengenal Pasar

Mengenal pasar adalah hal yang paling penting karena disana para pebisnis menjual produknya. Para pebisnis kelapa parut harus mengetahui kondisi pasar dan pesaingnya disana. Selain itu, pebisnis juga harus belajar mengenai cara menentukan target potensial. Karena setiap produk pasti memiliki peminatnya masing-masing.

Oleh sebab itu, jika merasa tertarik berbisnis usaha kelapa parut yang begitu prospek. Hal pertama yang wajib para pebisnis lakukan adalah menganalisa pasar, karena disana kita bisa melihat sedikit banyaknya pesaing produk kita. Bukan hanya sekedar mencari konsumen saja, namun para pebisnis juga perlu mengetahui pergerakan harga di pasar.

3. Memperluas Jaringan Kerja Sama

Salah satu trik mendapatkan kelapa dengan harga yang terjangkau adalah dengan menjalin kerja sama dengan kelompok petani kelapa yang berkualitas. Anda yang mengalami kesulitan mendapatkan dana modal usaha juga bisa menerapkan cara ini.

Para pebisnis bisa mengajak kerja sama para petani untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang adil untuk kedua pihak.

Bekerjasama dengan berbagai pihak akan membuat peluang usaha kelapa parut juga berkembang semakin cepat. Karena sesama mitra, kedua pihak bisa berkomitmen untuk saling mempromosikan usaha atau produk satu sama lain. Hal ini membuat jangkauan pasar menjadi lebih luas dan produk kita juga semakin dikenal orang banyak.

4. Memiliki Pemikiran yang Kreatif dan Inovatif

Bagi para pebisnis usaha kelapa parut dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Dengan cara memiliki pemikiran kreatif dan inovatif.

Cukup dengan memiliki pemikiran kreatif dan inovatif kita bisa melihat berbagai peluang yang ada di depan mata. Hal ini juga mendukung kita untuk menciptakan produk inovatif yang berbeda.

5. Pengelolaan Uang Secara Profesional

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha kelapa parut adalah karena pengelolaan keuangan yang bagus. Dalam menjalankan sebuah usaha kita harus pintar dalam hal pengelolaan uang.

Antara income dan outcome harus balance. Jangan sampai kalap dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dan akhirnya menimbulkan kerugian. Tidak hanya kerugian, sebuah usaha bisa bangkrut jika tidak bisa mengelola keuangan secara profesional.

 

Mesin Parutan Kelapa Sebagai Modal Usaha Kelapa Parut

modal usaha kelapa parutDaging buah kelapa merupakan salah satu bagian dari kelapa yang banyak manfaatnya. Dalam memanfaatkan daging kelapa biasanya daging buah kelapa diparut dengan bantuan alat parutan. Alat parutan kelapa biasanya berbentuk kotak dan disertai paku paku kecil yang banyak disepanjang tengah kotaknya.

Paku paku kecil ini gunanya untuk memarut daging buah kelapa. Sebelum masuk ke alat parutannya, kelapa harus sudah dibersihkan kulitnya. kemudian dicuci dan dimasukkan ke alat parutan tersebut. Lalu gosok gosokkan kelapa ke alat parutan tersebut dengan arah dari atas ke bawah.

Alat ini akan menghasilkan parutan daging buah kelapa yang berbentuk serat halus. Namun, penggunaan alat parutan kelapa yang manual dirasa kurang efektif jika digunakan pada usaha kelapa parut berskala besar.

Karena alat parutan kelapa manual pasti akan membutuhkan tenaga yang banyak dan waktu yang lumayan lama untuk menghasilkan kelapa parut yang banyak. Hal ini membuat biaya operasional pun terbilang cukup tinggi karena kita harus membayar para pekerja yang banyak.

Jadi, alat parutan kelapa manual lebih cocok digunakan pada usaha skala kecil atau usaha rumahan. Yang hanya membutuhkan sedikit kelapa parut dan tidak dikejar waktu. Bagi kalian para pengusaha kelapa parut berskala besar, tentu membutuhkan alat yang bisa membantu bisnis anda.

Para pengusaha kelapa parut membutuhkan mesin parutan kelapa yang lebih canggih. Saat ini sudah banyak tercipta sebuah mesin canggih yang akan membantu para pebisnis kelapa parut dalam memproduksi kelapa parut banyak dalam waktu yang cukup singkat.

 

Mengenal Definisi, Kelebihan dan Fungsi Mesin Parut Kelapa

Seperti namanya mesin parut kelapa adalah alat yang bisa membantu memarut daging buah kelapa. Dilengkapi dengan fitur dan model yang canggih sesuai perkembangan teknologi. Mesin kelapa parut bisa membuat pekerjaan memarut menjadi lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Tapi, sebenarnya cara kerja mesin parut kelapa sama dengan alat parutan kelapa manual. Bedanya, pada mesin parut kelapa pisau pisau kecil yang berada di dalam mesin lebih besar jika dibandingkan dengan alat parutan kelapa manual. Ukuran dari kedua alat ini juga berbeda.

Jelas ukuran mesin parut kelapa lebih besar, dan daya tampungnya juga lebih besar dibanding dengan alat parutan manual. Dengan kata lain, mesin parut kelapa mampu bekerja otomatis dan lebih cepat dalam memarut kelapa. Tenaga listrik membuat mesin ini bekerja lebih cepat dibanding alat parutan manual.

Sehingga mesin parut kelapa lebih baik digunakan untuk usaha berskala besar, seperti pada pabrik atau industry lainnya. Hasil parutan kelapa dari mesin ini juga lebih banyak dan lebih halus serta lebih lembut. Dengan membeli mesin parut kelapa, tentu akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi para pengusaha kelapa parut.

 

Peluang Usaha Dengan Mesin Parut Kelapa

Saat ini kebutuhan berbahan dasar kelapa semakin meningkat, sehingga banyak sekali pengusaha baru yang jeli memanfaatkan peluang ini untuk menjalankan usahanya.

Mulai dari bisnis jasa parut kelapa, bisnis kuliner, hingga bisnis kelapa tua. Usaha kelapa parut yang sudah berskala besar pasti membutuhkan banyak kelapa. Tidak mungkin jika para pekerja harus memarut kelapa setiap hari dalam jumlah yang banyak. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan santan sebagai bahan utamanya.

Dengan menggunakan mesin ini akan mempermudah para pengusaha kelapa parut dalam menjalankan usahanya. Selain itu, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan, yaitu :

  • Hemat tenaga
  • Hemat biaya operasional
  • Membuat keuntungan profit meningkat
  • Proses kerja lebih efisien dan efektif
  • Hasil parutan yang didapatkan lebih banyak dalam waktu yang singkat
  • Dapat memenuhi target produksi

 

Demikian artikel mengenai modal usaha kelapa parut. Perlu kita ketahui bahwa modal adalah salah satu faktor yang besar dari sebuah usaha. Bagi kalian yang tertarik menjalankan usaha ini, jangan takut mengenai modal usaha kelapa parut. Karena keuntungan yang bisa didapat dari usaha atau bisnis ini sangat menjanjikan.

Jika kalian adalah pengusaha pemula, usaha kelapa parut ini bisa menjadi salah satu tolak ukur yang bagus untuk anda coba. Kuncinya jangan takut akan resiko, karena pada setiap usaha pasti ada resikonya.

× Whatsapp Kami!