Di zaman modern yang serba maju ini, saya akan memberitahu kamu tentang Peluang Usaha di Desa 2022 yang bisa dilakukan oleh siapapun dengan modal kecil, yang pasti menguntungkan dan mudah dilakukan.

Membuka Peluang Usaha di Desa 2022 di zaman yang modern ini terbilang cukup menguntungkan, hal ini dikarenakan kurangnya usaha yang terdapat pada desa tersebut.

Hal itu dapat kita jadikan sebagai kesempatan yang besar untuk membuka beberapa usaha yang unik dan beragam dengan mudah dilakukan hanya dengan modal seadanyya.

Tinggal di desa bukan berarti kamu tidak dapat berkembang. Kemenangan bukan ditentukan dimana kamu tinggal, tetapi Kemenangan ditentukan oleh sekuat apa perjuanganmu dalam meraih hal itu.

Ketika kamu telah berjuang dengan sungguh-sungguh dan konsisten, maka kamu bisa mencapai kesuksesanmu.

Potensi yang terdapat di desa harus kamu manfaatkan demi mencapai keberhasilanmu. Kamu bisa mengetahui usaha apa yang cocok di desamu.

Buat analisis potensi usaha apa yang bisa dilakukan di desamu, kemudian gabungkan dengan potensi, minat, dan bakat yang kamu miliki, ketika kamu telah menemukan peluang usaha yang cocok untuk kamu jalankan di desamu, maka bertindaklah.

Oleh karena itu, kamu harus segera memulai usahamu setelah menemukan ide usaha yanng cocok didesamu. Mulailah dengan penuh keyakinan.

Mungkin akan ada seseorang yang mengejekmu dalam memulai usaha, jangan dengarkan mereka. Itu adalah tantangan pertamamu. kamu pasti bisa melewati hal tersebut.

Setelah kamu terbiasa menjalankan usahamu, orang-orang yang mengejekmu akan berhenti dengan sendirinya. Ketika mereka melihat keberhasilan yang dapat kamu raih dengan usaha sendiri.

Karakteristik Peluang Usaha di Desa

Sebelum mengetahui peluang usaha di desa, kamu perlu memahami kriteria peluang usaha yang baik. Berikut ini kriteria lengkapnya dalam memulai sebuah usaha:

 

  • Konsisten : konsisten adalah tetap, tidak berubah-ubah, taat asas, atau ajek. Konsisten juga berarti selaras atau sesuai.
  • Investasi : yang artinya adalah menyimpan sebagian uang untuk kebutuhan yang akan datang
  • Tujuan yang Nyata : dalam membuka suatu usaha kita harus tahu tujuan dalam usaha tersebut, tentunya mendapatkan untung yang banyak

 

Berikut adalah beberapa Peluang usaha di Desa 2022 yang akan saya bagikan kepada kalian.

1. Konter Pulsa di Desa

Usaha Pulsa

Bisnis pertama yang cukup cerah dengan prospek bagus adalah konter pulsa. Saat ini kebutuhan utama bagi masyarakat adalah pulsa dan internet.

Hal ini menyebabkan meningkatnya pengguna ponsel pintar. Sebaiknya anda segera menggunakan kesempatan ini untuk memulai usaha konter pulsa.

Kunci kesuksesan Peluang Usaha di Desa 2022 adalah lokasi yang strategis. Contoh nya yaitu di tempat nongkrong atau di dekat pusat perekonomian.

Modal untuk memulai usaha konter pulsa pun tidak begitu besar. Cukup 1 juta anda sudah membeli paket lengkap etalase kaca, deposit pulsa, serta voucher internet.

2. Ternak Ayam Kampung di Desa

Peluang Ternak ayam

Ternak ayam kampung merupakan salah satu komoditas peternakan yang memiliki prospek cukup baik. Untuk memulai ternak hewan yang satu ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Modal awal dan biaya perawatan ayam kampung lebih murah dibandingkan dengan ternak hewan yang lainnya. Jika Anda serius dalam usaha ternak ayam kampung ini, Anda bisa mendapatkan dua jenis hasil yaitu telur dan daging.

Telurnya dapat dijual di pasar pusat atau toko kecil. Sedangkan daging ayam tersebut Anda setorkan kepada pemilik warung makanan atau restoran.

3. Pom Bensin Mini di Desa

Usaha Pom Mini

Jenis usaha yang satu ini cukup menguntungkan di desa yaitu pom bensin mini. Biasanya, desa terletak cukup jauh dari stasiun pengisian bahan bakar. Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan mudah untuk berbisnis.

Kebanyakan pom bensin mini merupakan usaha waralaba. Sehingga Anda harus menghubungi pemiliknya untuk bisa memulai berjualan.

Jika Anda bekerja sama dengan perusahaan waralaba, Anda hanya cukup menyetorkan sejumlah uang. Kemudian Anda akan diberi paket lengkap untuk berjualan. Cara ini lebih praktis dan mudah.

Anda bisa juga memulai usaha ini secara mandiri tetapi cukup memerlukan waktu untuk mencari dan membeli peralatan secara terpisah. Jika Anda juga mempunyai skill otomotif, Anda juga bisa membuka bengkel di samping usaha pom bensin mini yang Anda kelola.

4. Toko Sembako di Desa

Peluang Usaha Sembako

Kebutuhan masyarakat akan bahan pokok selalu tinggi, tidak peduli di desa maupun di kota. Sayangnya, penduduk desa harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk berbelanja. Keterbatasan ini juga bisa anda manfaatkan untuk membuka toko sembako di desa Anda.

Dengan begitu, masyarakat akan merasa sangat terbantu karena tak perlu lagi berjalan jauh.

Di samping itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih besar dikarenakan minat masyarakat yang tinggi. Sediakan bahan pokok yang paling sering dibeli masyarakat dalam sehari-hari.

Berikan pelayanan terbaik dan pastikan juga toko Anda dalam keadaan bersih dan rapi agar pelanggan lebih nyaman dalam berbelanja di toko anda.

5. Usaha Peternakan Lele di Desa

Peluang Usaha Lele

Di desa, umumnya masyarakat memiliki pekarangan yang luas. Tanah kosong itu bisa Anda manfaatkan untuk beternak ikan lele.

Lele merupakan jenis ikan yang paling mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, modal yang dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar. Sebaliknya, keuntungan yang didapatkan dari usaha tersebut bisa berlipat ganda.

Satu kuncinya, Anda tidak boleh main-main dalam menjalankan bisnis lele. Ada dua jenis lele yang bisa Anda pilih, yaitu pembibitan dan pembesaran. Jika Anda fokus terhadap pembibitan, hasilnya adalah anakan lele yang siap dibesarkan.

Sedangkan untuk ternak pembesaran, Anda perlu membeli bibit lele dari peternak lain dan membesarkannya hingga siap panen.

Selain fokus pada pembesaran bibit lele, Anda juga harus memperhatikan managejen uang dari usaha ternak lele yang Anda jalankan.

6. Warung Makan di Desa

Peluang Usaha warung

Warung makan merupakan salah satu contoh usaha yang menguntungkan di desa. Semua orang membutuhkan asupan makanan namun tidak semua orang memiliki waktu yang luang untuk memasak.

Menjual makanan untuk sarapan adalah salah satu ide yang paling brilian. Masyarakat di desa juga sibuk bekerja sejak pagi dan terkadang mereka tidak sempat memasak makanan.

Kehadiran warung makan Anda di desa tersebut dapat menjadi penolong. Anda bisa menyajikan beberapa menu seperti sayur dan juga lauk.

Untuk menambah pemasukan tambahan, sediakan juga jajanan pasar atau kue. Makanan kecil ini juga disukai oleh masyarakat bahkan anak-anak di pedesaan.

7. Pangkas Rambut di Desa

Peluang Usaha Pangkas rambut

Pangkas rambut sangat dibutuhkan oleh setiap masyarakat di desa, baik laki-laki maupun perempuan. Akan lebih baik jika Anda menyediakan layanan lain seperti cuci rambut dan shampoo gratiss.

Karena anda membuka usaha di pedesaan, sesuaikan tarif pangkas rambutnya dengan pendapatan masyarakat sekitar. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi agar tidak ditinggalkan pelanggan. Berikan juga layanan terbaik anda. Selalu ikuti perkembangan gaya rambut terbaru.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat dan peralatan yang Anda gunakan supaya pelanggan merasa nyaman.

8. Jasa Laundry di Desa

Peluang Usaha Laundry

Karena masyarakat menyukai hal-hal yang praktis. Terlebih bagi mereka yang selalu sibuk.

Tak perlu menyewa ruko, Anda bisa menjalankan usaha ini sendiri dirumah. Cukup bermodalkan mesin cuci, setrika listrik, timbangan, detergen, dan parfum, yang sudah ada di rumah memulai usaha ini.

Manfaatkan ruang kosong pada rumah anda sebagai tempat pelayanan. Pasanglah tanda nama yang menarik dan mudah terlihat supaya warga cepat mengenal usaha Anda.

9. Penjahit di Desa

Peluang Usaha menjahit

Jasa jahit selalu digunakan di pedesaan. Baik hal terkait jasa pembuatan baju dan jasa celana seperti jeans. Karena itu, masyarakat selalu membutuhkan tenaga ahli untuk membuatkan pakaian dan baju.

Bisnis jasa jahit ini selalu dipenuhi pesanan disaat menjelang hari raya dan tahun ajaran baru. Di hari biasa juga tetap ada pesanan akan tetapi tidak sebanyak dua musim tersebut.

Anda juga dapat menawarkan jahit pakaian atau celana jeans untuk menambah pendapatan di hari biasa. Tidak banyak modal yang diperlukan, anda cukup membeli satu paket mesin jahit dan pendukung lainnya.

Dengan modal tidak sampai lima juta rupiah, Anda sudah dapat membuka usaha praktek untuk menjahit untuk usaha tambahan.

10. Menjual Souvenir Khas di Desa

Usaha di Desa Souvernir

Jika desa anda terdapat produk kerajinan seperti souvernir dan aksesoris, jadikan itu sebagai tempat ladang bisnis. Anda dapat menawarkan barang kepada para pengrajin.

Jadi, Anda berperan sebagai penghubung diantara pengrajin dengan pembeli. Dari situlah Anda mendapatkan keuntungan.

Supaya lebih praktis, Anda bisa memasarkan melalui online shop dan market place. Selain caranya lebih gampang, jangkauan penjualan juga lebih luas jika barang tersebut menarik bagi pembeli.

11. Membuka Warnet / Fotocopy di Desa

 

Warung internet dan usaha fotocopy masih menjadi usaha yang cukup menjanjikan desa. Satu hal yang menjadi keuntungan bagi untuk pelaku bisnis di bidang ini adalah minimnya pesaing yang terdapat di desa.

Anda bisa membuka usaha ini dalam satu tempat. Misalnya di bagian depan, Anda membuka usaha fotocopy. Sedangkan di belakang, anda menyediakan beberapa unit komputer lengkap mouse keyboard dengan ruangannya untuk usaha warnet.

Untuk menambah pemasukan tambahan, Anda juga bisa menyediakan makanan kecil dan minuman ringan. Namun Anda juga tetap harus menjaga agar tempat usaha Anda tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

12. Usaha Pertanian Hidroponik di Desa

 

Hidroponik adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dengan ditambahkan berbagai jenis nutrisi. Jenis usaha ini memang sedang digandrungi di perkotaan namun bukan berarti tidak cocok untuk dijadikan sebagai usaha di desa.

Umumnya masyarakat desa memang biasa hidup dengan pertanian sehingga menjalankan usaha pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit dipelajari dan dijalankan.

Selain itu, jenis peluang usaha di kampung ini memiliki bahan instalasi yang cukup mudah didapatkan dan dirangkai. Sudah banyak berbagai tutorial di kanal Youtube yang menjelaskan bagaimana bertani menggunakan metode hidroponik yang terbilang mudah dilakukan.

Sebagai tambahan, hidroponik merupakan usaha di desa yang menjanjikan ke depannya karena selain menjual hasil panennya, jika kita sudah mahir merangkai instalasinya, kita juga dapat menjual bentuk instalasinya dan bahkan menjadi instruktur bagi orang yang memulai usaha hidroponik.

13. Usaha Sewa Alat Pertanian di Desa

Bagi yang memiliki modal yang cukup banyak dan ingin mencari peluang bisnis di pedesaan, ada baiknya melirik jenis usaha ini. Usaha sewa alat pertanian juga merupakan jenis usaha yang cocok di kampung dikarenakan memiliki target pasar yang jelas.

Apalagi Jika memasuki musim-musim tertentu seperti panen atau menanam di mana permintaan akan alat untuk membajak sawah atau memanen sangatlah tinggi dikarenakan sebagian besar daerah di desa digunakan untuk pertanian.

14. Penjualan Aneka Bibit Tanaman di Desa

Menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan usaha yang menjanjikan di desa karena selain kondisi lingkungan yang sangat mendukung, dan juga seperti jauh dari polusi dan dekat deengan sumber air.

Peluang usaha di desa ini memiliki sumber pasar yang lumayan luas, apalagi semenjak hadirnya marketplace yang memunngkinkan kita memasarkan produk secara daring.

Bervariasinya jenis bibit juga bisa membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk melakukan usaha bibit tanaman didesa ini.

Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit dari tanaman buah buahan. Hal tersebutlah yang membuat jualan bibit kini menjadi usaha di desa yang lumayan menjanjikan.

Penjualan bibit juga dapat menjadi usaha produktif di pedesaan karena naiknya trend menanam di masyarakat perkotaan semenjak pandemi dan tren ini kemungkinan akan tetap berlanjut sampai sekarang.

15. Usaha Jasa Servis Parabola di Desa

Untuk desa yang agak terpencil, parabola menjadi alat yang penting bagi masyarakat yang da di desa. Parabola diandalkan masyarakat pedesaan sebagai alat untuk menerima siaran TV. Sama seperti alat-alat elektronik lainnya, parabola juga butuh perawatan dan teknisi khusus jika terjadi bermasalah.

Oleh karena itu, usaha jasa servis parabola dapat menjadi pilihan bisnis di desa terpencil.  Bisnis pedesaan ini mempunyai pasar yang cukup luas dikarenakan dapat melayani di desa satu kecamatan maupun antar kecamatan.

Selain itu, perkembangan teknologi parabola sekarang cukup dinamis sehingga keterampilan ini juga menjanjikan ke depannya di zaman modern ini.

16. Usaha Jasa Titip Ke Kota di Desa

Usaha jasa titip ke kota merupakan bisnis di desa yang menguntungkan di zaman sekarang. Cara kerja bisnis ini adalah dengan membeli suatu barang sesuai dengan permintaan konsumen ketika kita berada di kota dan nantinya konsumen akan membayar kita ditambah dengan biaya jasa titip tersebut.

Bisnis desa ini sangat terbantu dengan kemampuan menggunakan teknologi informasi sehingga menjadi peluang besar usaha di kampung untuk anak-anak muda.

Seperti dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, kita dapat mengumpulkan konsumen dalam satu grup sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan mereka, seperti mengirim foto barang konsumen yang dititipkan untuk memastikan barang titipan sudah sesuai pesanan.

Peluang usaha di daerah pedesaan ini menguntungkan kedua pihak, baik itu untuk pekerja jasa titip maupun untuk masyarakat karena tidak perlu lagi ke kota ketika membutuhkan sesuatu untuk dibeli.

17. Usaha Penjualan Tanaman Hias

Permintaan tanaman hias mengalami kelonjakan yang cukup signifikan disaat seperti ini. Dapat dilihat ketika akhir pekan dengan banyaknya warga kota mengunjungi desa-desa yang memiliki potensi menjual tanaman hias.

Oleh karena itu, budidaya tanaman hias merupakan usaha di desa yang menjanjikan saat ini. Usaha ini juga merupakan usaha produktif di desa karena dapat dibudidayakan dengan mudah karena kondisi lingkungan desa yang cukup mendukung.

Kehadiran market place membantu bisnis desa ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, bahkan sampai lintas provinsi. Hal tersebut juga didukung dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pengiriman barang yang telah men-cover pengiriman tanaman dengan aman.

18. Pembuatan Pot Tanaman di Desa

Meningkatnya pemesanan akan tanaman hias diikuti dengan pemesanan akan pot tanaman. Oleh karena itu, pembuatan pot tanaman merupakan usaha di pedesaan yg menguntungkan saat ini, apalagi ketika kita dapat memenuhi tuntutan aspek estetis dari konsumen.

Karena tidak bisa dipungkiri, aspek kegunaan saja belum cukup, diperlukan aspek estetis yang baik seperti warna dan motif agar laku di pasaran sekarang ini.

Sebagai bisnis yang cocok di desa, usaha ini memiliki banyak pilihan bahan baku, mulai dari bahan seperti semen, tanah liat, plastik, kayu, sampai dengan porselen. Sehingga kita tinggal menyesuaikan dengan alat dan bahan baku yang tersedia di desa, tentunya juga mudah didapat.

Itulah beberapa Peluang Usaha di Desa 2022 yang cukup menguntungkan hanya bermodalkan sedikit uang, cukup mudah bukan untuk memulai suatu usaha jika kita juga berusaha dengan sungguh sungguh!

× Whatsapp Kami!