Bingung dengan resep cireng bumbu rujak? Tenang, Kalo anda pecinta kuliner pasti anda tahu cireng bumbu rujak Nah, saya akan memberikan tutorial membuat resep cireng bumbu rujak yang mudah. Tapi, saya akan memberitahukan sejarah cireng dahulu,yuk simak.

 

Sejarah cireng

Resep Cireng Bumbu Rujak

Seiring  adanya perkembangan dengan zaman, cireng sudah terinovasi sehingga sudah mendapatkan varian rasa yang sudah mencakup dengan daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan sudah ada inovasi yang tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya seperti cimol. Sekarang Cireng juga tidak hanya ditemukan di Priangan saja, tetapi sudah tersebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara. Cireng  dulu pada umumnya dijual oleh seorang pedagang yang menaiki sepeda dengan membawa peralatan pembuat cireng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) yaitu makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat menggunakan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sudah sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam bermacam macam bentuk  dan variasi rasa. Makanan ini sudah cukup terkenal pada era 80-an.Bahan :

  • Tepung tapioka sekitar 400 gram
  • Bawang putih bubuk secukupnya (atau bawang putih yg dihaluskan dan ditumis sebentar)
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Seledri cincang dan bawang daun cincang secukupnya
  • Air panas sekitar 200 ml.

Asal usul resep cireng bumbu rujak

resep cireng bumbu rujak

Cireng, aci digoreng adalah camilan khas daerah sunda Kota Bandung khususnya yang memang tidak pernah tergerus zaman. Walapun sudah ada sejak dari dulu,namun cireng tetap eksis hingga sampai sekarang. Padahal sudah banyak sekali makanan-makanan modern bermunculan, namun jajanan tradisional ini yang mampu bertahan.Aci digoreng merupakan dari bahasa Sunda yang memiliki arti ‘tepung kanji digoreng’. Dalam proses pengolahannya, adonan yang memiliki berbahan dasar tepung kanji atau tapioka serta dengan bagian luarnya, tetapi dalamnya tetap agak basah serta kenyal.

 

Baca juga: cara membuat otak otak ikan

 

Resep cireng bumbu rujak

Tips biar terjamin enak dan tidak lengket

Untuk menghasilkan adonan cireng yang enak dan empuk, pastikan air benar-benar mendidih ketika dicampur tepung. Saat menggoreng, gunakan wajan lebar dan besar, hal ini bisa menghindari cireng menempel satu sama lain. Cireng bumbu rujak ini bisa buat camilan akhir pekan yang menyenangkan.

Kelebihan resep cireng bumbu rujak

Enak & Gurih dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam Lembut Tetap lembut walau sudah dingin Sambal Pas, Sambal rujak dengan komposisi asam manis dan pedas yang pas. favorit di makan bersama keluarga.

Usaha cireng yang masih bisa mengeruk keuntungan

Cireng adalah makanan khas dari bandung yang murah meriah, jajanan tradisional ini salah satu khas kuliner kota Bandung yang kini sangat terkenal. Cireng memiliki rasa yang enak dengan harga terjangkau dan murah meriah, rasanya nikmat, kenyal, sedikit alot. Hal tersebut membuat jajanan cireng ini makin banyak disukai oleh masyarakat luas di beberapa kota di Indonesia terutama di kota Bandung.

makanan gorengan ini sudah menarik minat masyarakat luar daerah kota Bandung karena keunikannya. Tak heran bila banyak sekali para penjual cireng yang memasarkan jajanan tradisional ini ke berbagai daerah. Hal tersebut menjadikan banyak orang mengetahui dan kebanyakan sudah di vacuum sealer

Kini telah banyak disekitar kita yang menjual cireng khas kuliner Bandung ini, jadi anda tek perlu ke Bandung untuk mencari jajanan asli khas bandung ini. Cireng terbuat dari bahan dasar aci saja yang kemudian digoreng dengan menggunakan tambahan bumbu. Berawal dari cireng original kini sudah berkembang menjadi cireng dengan aneka rasa dan memiliki isian yang nikmat.

Cireng saat ini telah berkembang menjadi jajanan camilan untuk masyarakat dan sudah banyak berubah. Guna menunjang kenikmatan dan menambah kelezatan pada jajanan cireng ini maka banyak pelaku bisnis yang kreatif dan sudah membuat atau menciptakan varian baru yang akan membuat cireng ini semakin nikmat. Cireng banyak dikombinasikan dengan berbagai jenis isian atau dengan diberi tambahan sambal sebagai cocolan untuk membuat rasa cireng semakin enak. Salah satu jenis cireng yang sangat nikmat dan enak dan sesuai dijadikan sebagai camilan yang menyenangkan ialah rujak cireng. Hingga penyajiannya yang di cocol dengan bumbu rujak dan orang biasa menyebutnya rujak cireng.

Peluang usaha resep cireng bumbu rujak

Makanan rujak cireng menjadi camilan yang banyak dijalankan oleh para pengusaha jajanan. Cireng yang dicocol dengan sambal rujak rasanya segar dan enak menjadikan jajanan ini biasa disebut dengan rujak cireng. Cireng akan terasa lezat dalam menikmatinya bila ditambahkan sambal rujak yang pedas manis dan terasa asam. Hal tersebut memberikan sensasi yang gurih dan menyegarkan dengan sambal rujak. Sangat cocok bila dijadikan camilan andalan mengisi waktu luang, tentunya siapa pun tidak akan melewatkannya.Kini makanan cireng sudah dijadikan bisnis yang menjanjikan dan banyak orang yang menjalankan bisnis kuliner berbahan aci ini. Karena cireng banyak disukai masyarakat dan memiliki peminat yang besar. Bisnis cireng menjadi kesempatan besar untuk siapa saja yang ingin menjalankan bisnis cireng untuk keuntungan.

Bila anda tertarik dalam bisnis kuliner cireng. Maka salah satu jenis menu cireng dapat anda jadikan bisnis adalah rujak cireng yang memang banyak disukai oleh masyarakat. Usaha cireng dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Bila anda mampu menawarkan, mempromosikan dan menciptakan rujak yang nikmat dan berbeda dengan cireng jenis lainnya.

Strategi resep rujak cireng

Bisnis cireng ini bisa dijalankan dengan cara berjualan keliling atau membuka kedai yang menyediakan menu utamanya rujak cireng. Tapi bila anda ingin cepat laris berjualannya tentunya anda harus berkeliling menjajakan rujak cireng tersebut menggunakan gerobak. Anda tak perlu malu berjualan keliling. Karena justru dengan berjualan keliling anda akan mendapatkan target market yang bertambah luas ditiap daerah yang anda lalui. Berikut ada beberapa tahap strategi dalam menjalankan bisnis rujak cireng dapat anda lakukan.

Pilih bahan untuk membuat rujak cireng yang berkualitas tinggi. Serta dapatkan semua bahan pendukung pembuatan rujak cireng ini dalam keadaan yang layak untuk dikonsumsi. Agar hasil rujak cireng menjadi enak dan berkualitas tinggi. Bahan – bahan pembuatan rujak cireng ini dapat diperoleh dengan mudah dipasaran. Karena memang bahan ini cukup sederhana dan bisa didapatkan pada warung atau toko bahan makanan. Anda harus menjaga kualitas bahan pembuatan rujak cireng ini dan harus selalu diperhatikan. Agar jenis makanan yang dikonsumsi oleh konsumen dapat terjaga kebersihan dan juga kehigienisannya.

Tentukan lokasi yang sesuai dalam berbisnis rujak cireng yang banyak dijumpai orang. Tempat tersebut seperti di pinggir jalan, depan pusat perbelanjaan, kawasan kampus atau sekolahan dan aneka jenis tempat lainnya. Agar dapat menunjang larisnya rujak cireng. Bila Anda menjualnya dengan menggunakan gerobak keliling maka jualah rujak cireng pada tempat – tempat banyak orang berkumpul. Seperti di alun – alun kota, tempat pariwisata, tempat les anak, tempat bermain anak dan tempat lainnya.

Siapkan peralatan untuk mengolah cireng hingga bumbu rujaknya peralatan tersebut antara lain. Berikut peralatan memasak dan dagang seperti: kompor dengan bahan bakarnya, peralatan memasak, peralatan makan, meja kursi dan peralatan lain. Kemudian sediakan juga beberapa peralatan seperti peralatan promosi guna menunjang jalannya bisnis.

Anda harus menciptakan rujak cireng yang berkualitas dengan bahan yang bermutu dan cara pembuatan terbaik agar rujak cireng disukai orang. Ciptakan aneka jenis varian rasa makanan seperti aneka isi diberi tambahan isi ayam, daging, bakso, sosis dan aneka seafood lainnya. Agar rasa rujak cireng anda menjadi lebih nikmat dan beda dari lainya. Dengan pilihan varian yang banyak ini maka akan banyak masyarakat yang memilih jenis rujak cireng yang disukai sesuai selera. Agar lebih lengkap jangan lupa untuk menyajikan menu minuman yang menyegarkan sebagai pelengkap dalam menikmati rujak cireng.

Konsumen rujak cireng

Target market bisnis rujak cireng ini sangat luas karena makanan yang terjangkau ini banyak digemari masyarakat. Karena rasa alot, gurih dan nikmat yang membuat ketagihan mencoba dan mencobanya. Semua kalangan menyukainya mulai dari anak – anak, remaja sampai dengan dewasa menyukai menu jajanan ini. Karena memang rasa rujak cireng yang lezat. Harga dari rujak cireng cukup murah sehingga siapa pun tentu dapat membelinya dengan mudah. Harga rujak cireng ini biasa dibanderol kisaran harga Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000 / porsi tergantung jenis cirengnya.

Keunggulan resep cireng bumbu rujak

aroma asam yag nikmat, cabai segar, garam, kacang yang kami proses sendiri mulai dari pemilihan penggorengan dan penggilingan.Dari segi proses, kami sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Hingga pada proses packaging, kami tetap berkomitmen menjaga produk agar tetap higienis.

9 manfaat rujak cireng

Cireng merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari daerah sunda tepat kota bandung. Makanan ini biasa dibuat dengan cara digoreng serta terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan tepung terigu. Nama makanan ini sudah sangat terkenal serta populer terutam di daerah sunda. Kemudian, makanan ini memilki berbagai variasi rasa dari molai rasa daging ayam, rasa sosis , rasa bakso serta rasa keju juga masih banyak lagi jenis rasa yang lainya.

Berbicara tentang makanan ini sekarang sudah menyebar keseluruh wilayah indonesia, karena rasanya yang enak harganya juga tergolong sangat murah. Kemudian, makanana ini sering dikonsumsi oleh anak-anak dan oranga dewas karena rasanya yang empuk namun sangat renyah. Selian itu, ternyata makanan ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat cireng ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah

Khasiat cireng yang pertama adalah bisa membantu anda di dalam mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah. Selain mempunyai senyawa protein dan karbohidrat cireng ini juga terdapat banyak mengandnug kalium. Sedangkan dengan kalium sendiri adalah salah satu senyawa yang bermanfaat untuk mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah. Selain itu juga kandungan kalium yang terdapat pada makanan ini juga baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Mengembangakan otot

Jika anda adalah biragawan, sangat disarankan untuk mengonsumsi cireng ini karena hal ini di sebabkan karena kandungnan senyawa yang terdapat pada protein makanan ini sangat tinggi sehingga bisa menjadikanya makanan sehat yang penting untuk kesehatan serta dapat memperkembangkan otot anda. Sangat baik sekali jika makanan ini dapat di konsumsi oleh biragawan.

3. Menaikkan berat badan

Kandungan yang berada di dalam cireng ini memilki senyawa dan karbohidart yang mampu untuk menambah berat badan anda. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menambah berat badan konsumsilah makanan ini untuk cemilan sehari-sehari, kemudian karbohidart di dalam makanan ini menyehatakan tubuh.

4. Menguatkan tulang

Cireng ini di ketahu banyak mengandung senyawa kalsium, vitaamin k, zar besi, serta serat di dalamnya, maka dari makanan ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang.

5. Meningkatkan energi tubuh

Selain dapat menguatakan tulang makanan ini memiliki beberapa manfaat lain salah satunya meningkatkan energi tubuh. Karbohidart yang ada di dalam makanan ini juga bisa meningktakan energi tubuh anda. Bisa dijadikan sebagai menu makanan tambahan untuk meningkatkan energi tubuh.

6. Menyehatakan sistem pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, perut kembung serta yang lainya. Dengan mengonsumsi cireng sangatlah baik anda lakukan. Hal ini di sebabkan karena makanan ini tidak akan memberatkan sisitem pencenaan anda sehingga perut akan aman dari berbagai macam gangguan sistem pencernaan.

7. Mencegah pengeroposan tulang

Selain mengonsumsi susu, bagi anda yang ingin mencegah pengeroposan tulang bisa dengan mengonsumsi cireng, karena makanan ini mengandung zat besi dan juga tinggi kalsium. Hal ini terjadi karena makanan ini telah di percaya bahwa memilki peranan untuk mencegah pengeroposan pada tulang

8. Mengobati sakit maag

Untuk mengatasi sakit maag banyak metode dan obat yang ditawarkan di pasaran akan tetapi salah satu alternatif terbaik yang bisa anda coba adalah dengan memanfaatkan cireng, makanan ini bisa dengan mudah di peroleh dan juga harganya sangat murah.

9. Menjaga kesehatan jantung

Jika cairan tubuh terlalu banyak akan berakibat buruk untuk kesehatan jantung anda. Jumlah cairan yang terdapat di sekitar dinding jantung akan menyebabkan ketegangan pada jantung, dan berpotensi dapat membahayakan anda. Salah satu tanda terlalu banyak cairan pembengkakan kaki dan lengan. Gejala lainya merupakan kesulitan bernapas, karena terlalu banyak air dapat menekan paru-paru. Maka dari itu. untuk mencegah hal tersebut. Anda sangat di saranakan untuk mengonsumsi makanan ini. hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memilki peranan untuk menjaga kesehatan jantung.

 

Dari semua resep cireng bumbu rujak di atas dapat kita lihat betapa pentingya literasi bagi anak muda di Indonesia dan jika ingin membeli alatnya belilah di rumah mesin. Karena Pramoedya Ananta Toer pernah berkata bahwa “orang boleh setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah

× Whatsapp Kami!