Mesin Pemotong Rumput – Rumput jepang merupakan tanaman hias yang sering ditanam di taman. Nama latin rumput ini adalah Zoysia Japonica. Di negara-negara berbahasa Inggris, rumput ini dikenal juga dengan nama Korean Lawn Grass.

Bentuknya yang tajam menyerupai ujung jarum sehingga banyak orang menyebutnya Rumput Jarum. Saat Anda duduk, Anda mungkin merasa tidak nyaman, seperti tertusuk jarum.

Jenis rumput ini memberikan kesan hijau yang asri. Selain fungsinya yang estetis, rumput ini juga mudah menyerap air sehingga menghindari genangan air di taman. Rumput jepang sangat populer dan banyak dijadikan pilihan utama untuk rumput taman.

Biasanya rumput memiliki ukuran yang panjang, namun rumput ini pendek seragam dengan tekstur kasar. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa rumput jenis ini dipilih sebagai rumput taman.

Rumput merupakan elemen penting saat mendesain taman. Tanpa rumput, taman Anda tidak akan sempurna. Tumbuhan liar yang tidak dirawat ukurannya tidak merata, sehingga dapat membuat taman terlihat berantakan.

Bukan hanya berfungsi sebagai penutup tanah saja, tekstur dan warna rumput yang cantik bisa menjadi elemen dekoratif yang mempercantik tampilan taman rumah anda.

Menanam rumput jepang di halaman area rumah anda dapat mewujudkan taman impian anda. Ciri khas daunnya yang kecil dan pendek sangat sesuai untuk mendukung tampilan lanskap yang diinginkan.

Sebidang rumput di halaman ini tampak seperti karpet hijau jika dirawat dengan baik. Rumput Jepang ini membutuhkan rumah dengan lahan taman yang cukup dan kondisi tanah yang terawat. Lokasi dalam ruangan yang cukup terang penting agar rumput dapat tumbuh dengan baik.

Tips Menanam Rumput Jepang

1. Tata Cara atau Urutan Menanam Rumput Jepang

  • Buang kotoran dari benih sebelum ditanam
  • Untuk menghindari sinar matahari terlalu terik pada rumput, tanamlah rumput pada sore hari sebelum gelap.
  • Buat lubang tanam dengan jarak sempit 10×10 cm.
  • Taburkan benih pada lubang, lalu tutup dan ratakan kembali.
  • Gunakan alat penyiram atau sprinkler untuk menyiram area yang sudah ditanami benih
  • Ingatlah untuk menyiram secara teratur pada masa awal tanam.

2. Permukaan Media Tanam Harus Rata

Anda perlu menyiapkan tanah 10 hari sebelum menabur benih. Rumput jepang tumbuh baik di media tanam maupun di tanah datar. Kendurkan tanah hingga kedalaman yang cukup.

Pastikan tanah yang sudah dicangkul rata. Singkirkan bebatuan atau tanaman liar di sekitar area tumbuh. Sirami tanah dengan 2,5 kg pupuk per meter persegi.

Sirami kembali tanah agar pupuk dapat terserap sempurna. Diamkan lahan minimal 7 hari sebelum menabur benih.

3. Tanam Pada Pagi Hari

Waktu terbaik untuk menabur benih adalah pada pagi hari. Pertumbuhan rumput harus seragam dan tidak bergelombang. Maka proses penanaman dilanjutkan dengan menggali lubang tanam berukuran 15 x 15 cm dengan jarak 10 x 10 cm. Pertumbuhannya memerlukan sinar matahari penuh.

4. Tanah Berpasir atau Tanah liat untuk Media Tanam

Jenis tanah yang dibutuhkan adalah tanah berpasir yang subur. Media tanam yang diperlukan adalah yang mempunyai struktur berpori/permeabel atau mudah menyerap air.

Akar rumput harus tumbuh bebas dan air tidak boleh menggenang. Pastikan isi media tanam tercampur rata dengan mencangkulnya sedalam 15 hingga 20 cm. Setelah itu sirami tanah dengan pupuk kandang cair dan tunggu hingga siap ditanam.

5. Pemupukan Sebulan Sekali

Nutrisi penting untuk pertumbuhan. Untuk menjamin kecukupan unsur hara bagi pertumbuhan tanaman maka diperlukan pupuk. Jenis pupuk yang sebaiknya digunakan adalah pupuk NPK.

Selain itu, pupuk kompos cair juga dapat memberikan tambahan nutrisi hara agar rumput dapat tumbuh subur dan hijau.

6. Siram Dua Kali Sehari

Pada masa awal penanaman, penyiraman harus dilakukan secara maksimal. Tanah perlu disiram dua kali sehari, pagi dan sore. Saat menyiram, coba gunakan selang dengan ujung gobbler untuk menyemprotkan air agar air memancar

× Whatsapp Kami!