Halo kawan-kawan pembaca.. Kembali lagi bersama mimin. Nah, di artikel kali ini mimin akan menyuguhkan kamu dengan artikel yang telah mimin rangkum. Mimin akan membahas artikel yang berjudul Keuntungan Usaha Roti Apa Saja yang Bisa Kita Raih atau Kita Dapatkan?”.

Namun sebelum kita masuk ke topik utama, mimin akan memberikan pengettahuan umum tentang “Apa Itu Roti?”. Penasaran kan? dengan topik yang mimin rangkum kali ini?. Yuk mari kita baca bersama-sama artikel di bawah ini.

 

Apa Itu Roti?

Nah setelah mendapatkan sedikit pemahaman tentang apa itu roti, yuk kita masuk ke topik keuntungan usaha roti yang mimin rangkum di bawah ini.

Keuntungan Usaha Roti

keuntungan usaha roti

Menjalankan suatu usaha roti di zaman sekarang mungkin menjadi salah satu hal yang sulit untiuk dilakukan. Terlebih lagi, biaya awal yang dibuttuhkan untuk membaangun usaha ini sangatlah besar. Dimulai dari harga alat-alat yang mahal, peraturan kesehattan dan pemeliharaan, serta persaingan lokal nya yang ketat.

Namun dibalik semua hal tersebut, jenis usaha yang satu ini masih memiliki beberapa keuntungan yang dapat kamu manfaatkan. Penasaran dengan keuntungan-keuntungan usaha roti yang bisa kamu dapat?. Yuk kita lihat beberapa list nya di bawah ini.

 

1. Produk

Keuntungan pertama yang ada di list ini adalah memiliki kendali atas produk yang kamu jual. Kamu memiliki berbagai macam pilihan produk yang bisa kamu jual. dimulai dari berbagai macam roti, kue kering, kue basah, dan masih banyak lagi.

Namun kamu tidak perlu untuk menjual semua produk-produk tersebut. Fokuslah kepada satu atau dua produk yang ingin kamu jadikan sebagai produk utama kamu. Agar resep dari produk tersebut bisa kamu sempurnakan. Sehingga produk pilihan kamu itu bisa  menjadi produk spesialisasi yang bisa kamu jual di toko kamu kelak.

 

2. Kreativitas

Keuntungan usaha roti yang berikutnya adalah kreativitas. Usaha roti menawarkan potensi untuk bisa mengeluarkan kreativitas yang tak terbatas. Kamu dan tim bakery kamu memiliki kebebasan untuk berkesperimen terhadap resep dari produk yang akan kamu produksi.

Serta kamu dapat mengubah dekorasi ataupun furnitur-furnitur yang ada di toko kamu sesuai selera kamu, dan tim bakery kamu. Sehingga bukan hanya paara konsumen, tetapi tim bakery kamu juga akan puas karena mereka tidak memiliki batas untuk mengekspresikan ide-ide kreatif yang mereka miliki.

 

3. Pasar/Market Yang Tidak Pernah Kesepian Konsumen

Seperti nya untuk poin yang satu ini bukanlah suatu rahasia lagi. Karena nyatanya, masih banyak orang-orang di dunia ini yang membuat roti menjadi salah satu makanan pokok yang dia makan sehari-hari.

Oleh sebab itu, bisnis ini disebut sebagai salah satu bisnis yang tidak akan mati atau sepi akan konsumen. Karena orang-orang diluar sana rela membayar lebih untuk bisa mendapatkan sebongkah roti atau lebih untuk mereka makan. Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa orang-orang sangat suka memakan roti yang masih dalam kondisi segar atau baru matang.

Agar kamu bisa menjaga kualitas ddari produk kamu, kamu bisa saja menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, peralatan yang bersih, serta tempat untuk memajang produk anda agar produk anda tetap higienis dan segar.

Dengan cara itu, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen-konsumen untuk membeli produk kamu dan kamu bisa mengembangkan bisnis kamu lebih besar lagi.

 

4. Potensi Untuk Memperluas Bisnis

Keuntungan usaha roti terakhir yang bisa kamu dapatkan adalah kamu dapa mengembangkan bisnis sesuai kebutuhan. Terkadang kamu mendapatkan suatu kesempatan untuk memperluas bisnis kamu seperti pindah ke tempat yang lebih luas, dan menambah fasilitas yang menunjang bisnis kamu.

Namun, perluasan yang bisa kamu lakukan tidak hanya dari segi fisik toko roti kamu saja. Kamu pun bisa memperluas bisnis kamu untuk menjadi lebih besar lagi dengan cara menambahkan teknik marketing secara digital, serta menambah varian-varian darri produk yang kamu jual.

 

Setelah kamu mengetahui beberapa keuntungan usaha roti diatas, mimin juga telah menuliskan beberapa analisa singkat untuk bisnis roti yang satu ini. Mari kita simak topik nya di bawah ini.

 

Analisa Usaha Roti

keuntungan usaha roti

Bagi kamu yang ingin membuka usaha-usaha yang menjanjikan dan bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Bisnis roti mungkin bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu kandidat yang menjanjikan.

Tanpa memerlukan modal awal yang besar pun, kamu bisa memulai usaha yang satu ini bahakan dari dapur rumah kamu. Apalagi dengan bantuan internet di zaman sekarang. Kamu bahkan tidak perlu untuk menyewa toko agar bisa memajang produk-produk yang kamu jual.

Kamu bisa berjualan secara online, yang bisa membuat modal awal nya ditekan hingga tidak terlalu besar. Apabila usaha roti kamu berjalan dengan sangat lancar, barulah kamu mulai mencoba untuk menyewa toko fisik sebagai usaha kamu dalam memperluas usaha kamu tersebut.

Oleh karena itu, mimin telah menyiapkan kamu analisa singkat untuk menjelaskan modal dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan di usaha ini. berikut analisa usaha roti nya.

 

Asumsi Awal

Modal

Pengeluaran :

Alat-alat : Rp.10.000.000

Biaya Operasional Bulanan : Rp.5.000.000

 

Keuntungan

Jika pada satu hari kamu bisa menjual produk kamu yang berharga Rp.5000 per buah sebanyak 100 buah. Maka laba kotor yang bisa kamu dapatkan sehari adalah

Laba kotor : Rp.5000 x 100 buah = Rp.15.000.000

Kemudian keuntungan kotor tersebut kita bagi dengan biaya operasional bulanan yang dibutuhkan. Maka :

Laba Bersih = Laba kotor – Biaya Operassional Bulanan

Laba Bersih = Rp.15.000.000 – Rp. 5000.000

Maka laba bersih =Rp.10.000.000

Perlu diingat bahwa perhitungan diatas adalah perhitungan jika kamu bekerja sendiri. Karena perhitungan diatas belum termasuk dengan gaji karyawan yang bekerja di toko kamu jika kamu menyewa karyawan. Anggaplah bahwa kamu mempekerjakan 1 orang karyawan dengan gaji standar nya adalah Rp.2000.000. Maka :

Laba bersih – Gaji Seorang Karyawan

= Rp.10.000.000 – Rp.2.000.000

= Rp.8.000.000

 

Maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam sebulan adalah Rp.8.000.000

 

Lama Balik Modal

Untuk menghitung seberapa kamu bisa balik modal, maka kita akan menghitung dengan rumus berikut.

Lama Balik Modal : (Modal / Keuntungan) x 1 bulan

Lama Balik Modal : (Rp.15.000.000 / Rp.10.000.000) x 1 bulan

Maka lama Balik Modal = 1,5 bulan

Kamu akan balik modal dalam jangka waktu 1,5 bulan jika usaha kamu berjalan sangat lancar.

 

Peluang Usaha Roti

Roti merupakan salah satu makanan populer pengganti beras/nasi. Jenis bisnis yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer diantara beberapa jenis usaha yang lain nya. Mengingat bahwa roti ini sudah ada dari zaman kerajaan-kerajaan zaman dahulu.

Roti juga bisa kamu jadikan sebagai teman untuk meminum kopi ataupun teh ketika lagi istirahat ataupun lagi nyantai ketika tidak memiliki kegiatan apa-apa di hari itu. Roti juga bisa menjadi salah satu menu sarapan untuk mengganjal perut lapar kamu di pagi hari.

Sebagai camilan, roti bisa menjadi makanan yang dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Semua kalangan yang dimaksud dimaksud adalah anak-anak, remaja, pekerja, hingga lansia. Sebagian besar dari mereka-mereka pasti menyukai roti.

Tak hanya itu, Camilan yang berbahan tepung ini juga sering ditemukan di berbagai acara-acara. Seperti arisan, pengajian, seminar, hingga pesta pernikahan, roti selalu digunakan sebagai salah satu suguhan.

Tinggi nya kebutuhan serta minat dari masyarakat kepada roti menunjukkan poin penting bahwa jenis usaha yang satu ini sangat bisa untuk berkembang menjadi lebih besar lagi di Indonesia. Oleh karena itu, jangan kaget jika banyak orang yang tiba-tiba ingin mencoba usaha ini.

 

Nah setelah kita membahas keuntungan usaha roti dan juga peluang usaha roti, mimin akan menambahkan beberapa tips untuk memulai usaha roti. Berikut merupakan tips-tips yang telah mimin siapkan.

Tips Dalam Memulai Usaha Roti

keuntungan usaha roti

Nah, bagi kamu yang ingin membuka usaha roti, inilah beberapa tips usaha yang mungkin bisa membantu kamu dalam memperlancar usaha kamu.

 

Tentukan Produk Yang Ingin Kamu Jual

Sebelum kamu membuka bisnis roti, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah menentukan produk-produk yang ingin kamu jual. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan survei-survei ke toko-toko saingan mu atau melakukan riset-riset untuk mencari produk apa yang ingn kamu jual kelak.

Jika kamu tiddak ingin memiliki produk yang sama dengan kompetitor, kamu juga bisa memilih produk-produk yang lebih lawas namun sangat populer di zaman nya dan fokus ke bahan ataupun jenis roti tertentu yang bisa menjadi keahlian kamu.

 

Manfaatkan Dapur Yang Ada Di Rumah, Tak Perlu Untuk Menyewa Tempat

Sebagai permulaan ketika membuka bisnis ini, jangan lah kamu menyewa suatu tempat, melainkan kamu bisa menggunakan dapur rumah kamu sebagai permulaan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat dana-dana seperti dana transportasi dan dana untuk sewa tempat.

Namun, karena kamu bekerja di dapur rumah kamu, pastikan bahwa kebersihan dari dapur kamu selalu terjaga. Karena hal ini merupakan hal penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan higienis.

 

Berikan Sampel Dan Tester Kepada Calon Konsumen

Sebelum memasarkan produk kamu ke target pasar yang lebih luas, tidak ada salahnya jika kamu ingin memberikan beberapa sampel dan tester ke orang-orang yang kamu kenal ataupun kerabat-kerabat kamu.

Selain mereka bisa memberikan saran tentang produk kamu, kamu juga mendapatkan pemasaran gratis yang disebarkan melalui mulut ke mulut.

Apabila roti kamu lezat, menarik, dan memiliki kualitas yang baik, maka, mereka yang kamu berikan tester akan dengan senang hati membantu kamu untuk mempromosikan produk-produk yang kamu jual.

 

Perhatikan Strategi Pemasaran Yang Akan Kamu Gunakan

Strategi pemasaran juga menjadi salah satu poin penting yang berpengaruh bagi kesuksesan toko kamu. Sebagai permulaan, kamu bisa mempelajari serta membuat media sosial dan juga website untuk menjadi media dimana kamu akan mempromosikan produk-produk yang kamu jual nanti nya.

Kemudian jangan lupa untuk memodifikasi konsep dari kedua media tersebut menjadi menarik. Serta pajanglah foto-foto terbaik dari produk yang kamu jual untuk menambah poin kecantikan nya agar para calon pembeli tertarik untuk membeli produk-produk yang kamu jual.

 

Belajarlah Dari Kesuksesan Dan Kesalahan Pesaing Kamu

Kamu juga perlu untuk belajar dari pesaing yang ada di dekat kamu, dari cara dia bisa menjadi sukses hingga kesalahan yang telah mereka lakukan. Dimulai dari kesuksesan mereka, apakah mereka sukses dikarenakan produk yang mereka jual itu adalah kue basah.

Ataupun kesalahan mereka seperti, mengapa bisnis mereka tidak bisa berkembang dan malah bangkrut. Hal-hal tersebut dapat membantu kamu untuk memahami serta menerapkan hal yang membuat mereka sukses, dan hal yang membuat mereka bangkrut agar kamu tidak melakukan hal yang sama.

 

Menetapkan Harga Yang Dapat Membuat Kamu Tetap Kompetitif

Menentukan harga dari produk yang akan kamu jual ternyata tidak sembarangan loh. Karena, jika harga tersebut melampaui harga yang mengikut standar pasaran maka produk kamu akan dihindari calon pembeli.

Sementara, jika kamu membuat harga yang tidak sesuai dengan keseluruhan bahan yang kamu pakai maka bukan nya untung, kamu malah akan merugi. Jadi sebisa mungkin kamu harus menetapkan harga yang kompetitif.

Penghitungan harga bisa kamu lakukan dengan menghitung semua bahan, peralatan, serta ongkos yang kkamu keluarkan selama masa produksi. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau kamu menulis semua pengeluaran yang telah kamu keluarkan selama produksi, agar kamu bisa menentuka harga yang pas untuk produk kamu.

 

Memahami Kondisi Algoritma Serta Pangsa Pasar Saat Ini

Cara untuk memahami algoritma serta pangsa pasar saat ini adalah dengan mencari informasi dari pasar yang telah dimasuki oleh pesaing kamu sebelumnya. Informasi yang kamu pelajari ini selalu berkaitan dengan bisnis yang kamu coba jalankan saat ini, yaitu bisnis usaha kue.

Dan informasi-informasi tersebut tentu saja harus berisikan standar keseluruhan dari jenis kue, harga serta kualitas dari kue saat ini. Dengan informasi tersebut, kamu tidak akan pernah salah dalam memasok bahan serta produk yang bukan standar pangsa pasar saat ini karena hal itu dapat membuat kamu merugi.

 

Rencanakan Bisnis Kamu Secara Matang

Setiap orang dalam melakukan bisnis tentu saja membutuhkan rencana yang matang. Dalam bisnis kue pun, kamu harus merencanakan segala sesuatu nya secara matang, baik itu usaha kue basah ataupun usaha kue kering.

Perencanaan yang matang dapat berguna untuk mengantisipasi segala rintangan yang kamu dapat ketika menjalankan bisnis ini. Kamu benar-benar harus memahami konsep dari bisnis yang akan kamu jalani. Selain itu, minat dan passion pun akan berguna agar kamu tidak akan merasa bosan ketika bertemu suatu hambatan.

 

Mempersiapkan Segala Hal Yang Kamu Butuhkan

Pastikan bahwa kamu memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup tentang bisnis yang akan kamu jalankan, seperti cara untuk membuat kue yang lezat. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan modal yang cukup untuk membeli peralatan dan juga bahan-bahan bulanan yang wajib kamu beli.

Bahan-bahan yang berkualitas pun penting untuk kamu gunakan. Walau resep yang digunakan telah benar, rasa dan kualitas nya akan berbeda jika kamu menggunakan bahan yang berkualitas jika dibandingkan dengan bahan yang tidak berkualitas.

Hal ini merupakan hal krusial yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi kamu yang ingin menggeluti usaha kue kering. Karena rasa dan kualitas dari produk kamu akan sangat berpengaruh tergantung dari bahan-bahan yang digunakan.

Yang artinya, semakin bagus kualitas dari suatu bahan yang kamu gunakan, maka produk kamu juga tidak akan cepat kedaluarsa. Jika kamu melakukan semua hal tersebut, dijamin toko kamu akan selalu kebanjiran dengan pembeli.

 

Mungkin itu aja yang bisa mimin tulis dalam artikel yang membahas tentang keuntungan usaha kali ini, semoga artikel ini bisa bermafaat bagi kamu-kamu yang baca.

Dan jika ada yang kurang dari artikel ini, dari segi topik, hingga penaatan kata yang digunakan, mohon dimaafkan. Kalau begitu, sampai berjumpa di artikel berikutnya!.

 

Baca Juga : Analisa Usaha Roti Bakery Dari Modal Hingga Keuntungan Yang Diperoleh

× Whatsapp Kami!